Aset PDAM Tirta Sakti Segera Diserahkan Ke Kota Sungai Penuh

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci akan melepas aset Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sakti ke Pemkot Sungai Penuh. Serah-terima aset BUMD senilai Rp. 44 miliar ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

Seperti dilansir tribunjambi, Kabid Asset BPKAD Kerinci Afdelrisurdita mengatakan aset PDAM yang dihibahkan ke Kota Sungai Penuh sebesar Rp. 44 Milyar. Hanya saja yang ada dalam catatan Simpda sebesar Rp. 11 milyar. Karena aset tersebut merupakan bantuan Dinas Pekerjaan Umum (PU) seperti pembelian pipa dan sebagainya. “Sedangkan 33 Milyar milik PDAM bisa saja bantuan dari pusat dan hasil usaha karena ini adalah BUMD,” ungkapnya

Dikatakannya, sebelum diserahkan maka aset Rp 11 milyar tersebut harus dikeluarkan dulu dari daftar aset daerah. Untuk menyerahkan ini juga harus dapat persetujuan dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci.

“Kita keluarkan dulu dari daptar aset, baru diserahkan. Saat mengajukan ke DPRD Kerinci maka dibuat terpisah. Pertama 11 Milyar, kemudian yang 33 milyar itu menjadi urusan PDAM,” jelasnya

Aset milik PDAM merupakan dari hasil pengembangan usaha, termasuk dari mereka melakukan studi banding. Sehingga aset PDAM harus diberikan kompensasi, namun ini menjadi urusan PDAM dengan Pemkot nanti.

Disamping penyerahan aset, kemunkinan juga diserahkan personilnya atau pegawai PDAM sebagaimana putusan bersama. “Jadi penyerahan dalam waktu dekat, setelah didata dan dikeluarkan dari aset daerah, dan setelah mendapat persetujuan dewan” katanya

Terpisah Wawako Sungai Penuh Zulhelmi katakan Pemkot siap mengelola PDAM baik operasional maupun pegawainya. Bahkan anggaran untuk operasional pengelolaan telah disiapkan Pemkot Sungai Penuh. Seperti aset PDAM Tirta Sakti. Pemkot Sungai Penuh telah menganggarkan di untuk dana operasional awal pengelolaan  PDAM Tirta Sakti yang nilainya mencapai Rp. 800 juta.

Dirut PDAM Tirta Sakti Agussalim, S.AP mengungkapakan bahwa PDAM Tirta sakti sudah melakukan penandatanganan berita acara kesepakan penyarahan aset PDAM Kerinci yang berada di wilayah Kota Sungai Penuh kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh pada Selasa 11/7 lalu di Aula PDAM Tirta Sakti.

Ada 6 point kesepakatan tersebut. Diantaranya adalah;

  1. Pemerintah Kabupaten Kerinci melakukan penyerahan aset PDAM Tirta Sakti yang ada di Wilayah Kota Sungai Penuh kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh paling lambat 30 September 2017.
  2. Hal-hal teknis akan dibahas bersama oleh tim pemerintah Kabupaten Kerinci dan pemerintah Kota Sungai Penuh.
  3. Pertemuan teknis dilaksanakan bergantian antara pemerintah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.
  4. Untuk memperlancar proses penyerahan ini pemerintah kabupaten kerinci dan pemerintah kota sungai penuh meminta fasilitasi BPKP Provinsi Jambi.
  5. Untuk poi ntnt (4) diatas maka pemerintah kabupaten Kerinci, pemerintah kota sungai penuh dan PDAM tirta sakti akan menyurati BPKP Provinsi Jambi sesegera mungkin.
  6. Tim verifikasi data dibentuk oleh masing-masing pemerintah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Berita acara ini ditandatangani oleh A.n. Pemerintah Kabupaten Kerinci H. Jarizal Hatmi, SE Kepala BPKDA, Yulia Roza, SE. M.Si Asiten Perekonomian dan Pembangunan a.n. Pemerintah Kota Sungai Penuh. Pimpinan DPRD Kerinci Murtias, Dewan Pembina PDAM Tirta Sakti Candra  Purnama, dan Direktur PDAM Tirta Sakti. (cr1)

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful