BBTNKS Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Masyarakat Tanda Tangani Kerjasama

BBTNKS Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan Masyarakat Dan Tanda Tangani Kerjasama.

BBTNKS Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan Masyarakat Dan Tanda Tangani Kerjasama.

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – Kebakaran hutan kerap kali terjadi, seperti diketahui dampak yang dirasakan akibat pembakaran hutan sangat berbahaya bagi manusia maupun alam yang ada di sekitar hutan.

Hutan menjadi rusak, matinya flora dan fauna yang hidup di dalam hutan, kabut asap yang akan mengganggu pernafasan manusia,pemanasan global dan masyarakat kehilangan cadangan air bersih.

Dengan melihat banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari kebakaran hutan, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) beberapa waktu lalu , Sabtu (21/4) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan kepada masyarakat Desa Sungai Ning.

Acara yang di gelar bertempat di kantor kepala desa Sungai Ning Kecamatan Sungai Bungkal dihadiri Kapolsek Kota Sungai Penuh Yudi Stira, Perwakilan Danramil Sungai Penuh, A Febriandi, Sekcam Sungai Bungkal, Kepala Desa Sungai Ning, Ahmad Kamil, penyuluh Pertanian,tokoh Adat, tokoh masyarakat, karang taruna/pemuda, Lembaga Swadaya masyarakat serta jajaran perangkat desa Sungai Ning ini menghadirkan dua orang nara sumber Aidil Nizar,SE, Penganalisis data BBTNKS dan Hendri Dunan Sitio,S.Hut , PEH BBTNKS.

Di hadapan puluhan peserta Aidil Nizar,SE mengungkapkan bahwa kebakaran hutan seringkali terjadi salah satu faktor penyebabnya karena masyarakat guna membuka ladang atau lahan pertanian masih dilakukan dengan cara pembakaran hutan ,padahal cara-cara tersebut tidak dibenarkan dan menyalahi aturan serta ada sangsi hukumnya.

Lebih lanjut Aidil mengatakan menjaga kelestarian hutan dari ancaman kebakaran sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab bersama semua pihak untuk menjaganya, sebab itu di butuhkan kesepakatan antar masyarakat.

Pserta Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan Masyarakat

Pserta Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan Masyarakat

Sementara itu Hendri Dunan Sitio,S.Hut menjelaskan sosialisai pencegahan kebakaran hutan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan pada akhirnya menghasilkan sebuah komitmen masyarakat untuk bersama menjalin partnership atau kerjasama masyarakat dengan BBTNKS.

Sebagai wujud dan bentuk peduli khususnya masyarakat Desa Sungai Ning yang mayoritas mata pencaharian sebagai petani melalui Perwakilan tokoh adat,tokoh masyarakat, tokoh pemuda/karang taruna bersama Kapolsek Sungai Penuh,Danramil,Camat Sungai Bungkal, Kepala Desa Sungai Ning telah dilakukan berita acara penandatanganan kesepakatan kerjasama pencegahan kebakaran hutan. (Emi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful