* April 15, 2015 HOT NEWS

Jurnalisme online dalam hukum media di Indonesia berita bentrok brimob dan kostrad di gorontalo dalam

Jurnalisme Online dalam Regulasi Media di Indonesia

Dalam perspektif hukum, sifatnya media online yang berbeda dengan media konvensional ini memunculkan konsekuensi etis maupun hukum yang berbeda pula. Sebagai medium penyampai pesan dan ranah kebebasan berekspresi, tentunya perkembangan jurnalisme online selayaknya mempunyai aturan sendiri. Sampai hari ini aturan hukum yang digunakan oleh pemerintah untuk mengatur jurnalisme online masih dikembalikan kepada UU Pers.

Aturan hukum yang dimiliki Indonesia berkaitan dengan jurnalisme online cukup parsial. Tidak jelas mana yang lex spesialis, mana yang lex generalis. Di sisi lain, peraturan baru yang hendak dibuat dan masuk dalam agenda program legislasi nasional, belum menjanjikan keputusan hukum yang mampu mewadahi perkembangan jurnalisme online, mengingat lahan ini sangat dinamis sampai hari ini.

Jurnalisme online dalam hukum media di Indonesia masih dipayung dengan Undang-undang No.40 tahun 1999 tentang Pers. Dalam pasal 1 ayat (1) Undang-undang Pers disebutkan bahwa yang dimaksud dengan Pers adalah :

Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi, baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

 

Undang-undang ini dinilai masih bisa diberlakukan untuk mengatur jurnalisme online karena dalam pasal 1 Undang-undang tersebut, jurnalisme online masih masuk dalam pengertian pers yang digagas oleh UU. Secara terminologi berdasarkan pasal 1 UU Pers yang masuk dalam kategori pers adalah segala kegiatan jurnalistik baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, data, grafis, maupun bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia. Jurnalisme online masuk dalam kategori media yang menggunakan ranah elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia. Oleh karenanya, jurnalisme online masih bisa menggunakan undang-undang ini sebagai payung hukum.

Persoalan yang kemudian muncul adalah jurnalisme online mempunyai karakter yang berbeda dengan jurnalisme konvensional. Sementara undang-undang pers dibuat masih memuat konteks jurnalisme konvensional meskipun dalam pengertian undang-undang itu kata ‘media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia’ dianggap bisa mewakili jurnalisme online. Terdapat beberapa persoalan jurnalisme online yang memang masih bisa dipayungi dengan undang-undang Pers karena memang sifatnya masih sama atau mirip dengan kasus untuk media cetak dan media penyiaran. Namun begitu ada beberapa persoalan dalam jurnalisme online yang tidak bisa ditampung dan dipayungi oleh undang-undang pers karena karakternya yang sudah berbeda.

Konferensi internasional di Pusat Jurnalisme Warsawa Polandia pada 11-12 Oktober 1997 mencatat bahwa ada hal mendasar mengenai kasus jurnalisme berinternet (Journalism in Cyberspace) yang hampir sama dengan dengan kasus pada jurnalisme cetak dan elektronik. Persoalan-persoalan tersebut meliputi, hal-hal yang menyerang kepentingan individu, pencemaran nama baik, pembunuhan karakter/reputasi seseorang. Kemudian hal-hal yang sifatnya menyebarkan kebencian, rasialis, dan mempertentangkan ajaran agama. Selain itu berkenaan dengan masalah kesusilaan seperti menyebarkan hal-hal tidak bermoral, mengabaikan kaidah kepatutan menyangkut seksual yang menyinggung perasaan umum, dan perundungan seksual terhadap anak-anak. Hal-hal yang bersifat kebohongan publik juga tidak diperkenankan misalnya melakukan kecurangan, tidak jujur, termasuk menyampaikan promosi/iklan palsu. Yang terakhir adalah masalah hak ciptacipta (copyright) dan Hak Atas Karya Intelektual (HAKI, atau Intelectual Property Right/IPR). Dalam jurnalisme cetak, jurnalisme penyiaran, maupun jurnalisme online, masalah-masalah tersebut cukup fundamental dan tidak boleh dilakukan. (Priyambodo, 2008)

Namun begitu ada pula persoalan-persoalan dalam jurnalisme online yang khas dan khusus terjadi hanya dalam jurnalisme online saja. Sebagaimana dikutip Priyambodo, Johnson mencatat kecenderungan kasus khusus yang terjadi dalam cyberjournalism. Kasus-kasus tersebut dalam catatan Johnson lebih berkisar pada persoalan kewilayahan dan sifat journalisme online yang mengglobal dan melintasi batas wilayah secara geografis maupun ideologi. Johnson mencatat kasus yang khusus muncul dalam cyberjournalism itu seperti, persoalan azas tuntutan hukum, karena cakupan penyebaran berita di Internet dan sistem kinerja cyberjournalism bersifat lintas batas kewilayah negara. Selain cakupan berita juga berkenaan dengan kinerja jurnalis yang juga memungkinkan lintas negara. Yang tak kalah krusial adalah persoalan ekonomi mengenai ketentuan pajak lintas negara, karena kecenderungan ekonomi global juga mempengaruhi kinerja cyberjournalism, terutama menyangkut proses transaksi jual beli hak cipta atas berita. (Priyambodo, 2008)

Bercermin dari catatan-catatan di atas, yang jelas belum diatur dalam undang-undang pers di Indonesia adalah ketentuan jurnalisme yang dilakukan lintas negara berikut implikasi yang mengikutinya. Persoalan kegiatan pers yang dilakukan lintas negara, dalam undang-undang pers yang diatur baru mengenai keberadaan pers asing dan pengembangan pemberitaan melalui kantor berita. Hal ini termaktub dalam pasal 14 dan pasal 16 Bab VI undang-undang pers. Dalam pasal 14 disebutkan

Untuk mengembangkan pemberitaan ke dalam dan keluar negeri, setiap warga negara Indonesia dan negara dapat mendirikan kantor berita

 

Sedangkan pada pasal 16 disebutkan :

Peredaran pers asing dan pendirian perwakilan perusahaan pers asing di Indonesia disesuaikan dengan ketentuan-ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Yang diatur oleh pasal 14 dan 16 undang-undang pers ini lebih berkisar pada persoalan perusahaan atau institusi pers asing. Padahal dalam praktiknya, lembaga asing berbasis online di Indonesia lebih banyak bermain menggunakan jurnalis mereka yang dikirim ke Indonesia daripada mendirikan perusahaan pers di Indonesia. Lagipula dalam persoalan jurnalisme online, perusahaan pers tidak perlu mendirikan perusahaan secara fisik di wilayah teritorial Indonesia karena mereka menggunakan wilayah cyber yang kaplingnya tidak dibatasi secara teritorial. Sebagai gantinya mereka mengirimkan jurnalisnya untuk mendekati objek berita.

Persoalan wartawan ini juga menyisakan pertanyaan ketika kita bersinggungan dengan jurnalisme online. Pasalnya, dalam wilayah online tidak semua penyumbang tulisan terinstitusionalisasi secara resmi. Dalam wilayah online, ada yang disebut sebagai citizen journalism atau jurnalisme warga yang memberikan kemerdekaan berekspresi kepada warga masyarakat guna menyebarluaskan informasi. Pada konsep citizen journalism mereka yang menulis bukan selalu wartawan profesional dengan institusi pers yang terinstitusionalisasi, namun warga masyarakat secara umum. Lalu, dengan rutinitas menulis informasi yang mereka posting di website mereka dan menyatakan diri sebagai bagian dari citizen journalism, si penulis ini bisa disebut sebagai wartawan?

Dalam Pasal 1 ayat 4 undang-undang pers disebutkan bahwa wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik. Selanjutnya dalam pasal 7 undang-undang pers disebutkan bahwa, (1) wartawan bebas memilih organisasi wartawan, (2) wartawan memiliki dan menaati Kode Etik Jurnalistik. Dengan ketentuan tersebut, maka secara lebih lanjut siapapun yang melaksanakan profesinya sebagai wartawan berhak mendapatkan perlindungan hukum sebagaimana termaktub dalam pasal 8 undang-undang pers.

Mereka yang aktif menulis dalam bilik-bilik citizen journalism seperti yang terjadi dalam kompasiana, liputan6.com dan detik.com tentunya masih berada di wilayah abu-abu untuk disebut sebagai wartawan atau bukan. Pasalnya, aktivitas jurnalisme yang mereka lakukan bukanlah aktivitas jurnalis sebagaimana mereka yang menjabat reporter maupun redaktur resmi dalam sebuah media. Nah, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah dengan kebebasan berekspresi yang mereka lakukan, bagaimana perlindungan hukum yang berlaku untuk mereka. Jika mereka disebut sebagai wartawan, jelas akan kembali pada pasal 1 ayat 4, pasal 7 dan pasal 8 undang-undang pers. Namun, jika mereka tidak bisa dimasukkan dalam kategori wartawan, perlindungan kebebasan bicara yang mereka lakukan menjadi seperti apa?

Fakta bahwa aktivitas jurnalisme melalui media baru akan membuat makin banyaknya jurnalis yang muncul dalam wilayah ini sebenarnya sudah diprediksi oleh De Bens dan Ostbye yang melakukan penelitian terhadap Pasar Surat Kabar di Eropa. Pada kesimpulannya yang termuat dalam Media Policy :Convergence, Concentration, and Commerce, De Bens dan Ostbye menyebutkan bahwa

New technologies have diminished the number of print workers but increased the number of journalists. One could argue that the new technologies (and the search for advertising revenues) has increased the editorial output of most newspapers (more special columns, more inserts). New technologies have also improved layout, colour printing, and so on. The next step in the introduction of new technologiy is probably linked to new forms of distribution of information. (De Bens and Ostbye, 2002 : 20)

 

Sebenarnya jika dirujukkan kepada undang-undang lain, Indonesia memiliki undang-undang No. 11 tahun 2008 mengenai ITE (internet dan Transaksi Elektronik) yang secara khusus membahas persoalan-persoalan di wilayah online. Hanya saja, persoalan jurnalisme online dalam hal ini aktivitas yang dilakukan oleh aktivis jurnalisme warga tidak bisa serat merta dipayungi dengan undang-undang ini. Meskipun dalam konteksnya, kegiatan jurnalisme warga ini bisa dimasukkan dalam aktivitas mendistribusikan dan mentransmisikan informasi atau dokumen elektronik. Akan tetapi, undang-undang ini dibuat bukan dalam rangka menggagas persoalan distribusi informasi sebagai bagian dari aktivitas jurnalisme.

Selain mengenai persoalan wartawan, yang patut diperhatikan dalam payung hukum jurnalisme online adalah persoalan speed dan interaktivitas yang melekat sebagai ciri khas jurnalisme online. Speed adalah persoalan penting yang membuat jurnalisme online hidup. Mereka yang bekerja di wilayah ini tidak perlu menunggu waktu untuk cetak ataupun waktu untuk siar guna menayangkan beritanya. Ketika berita itu terjadi, wartawan tinggal menulis atau merekam lalu mengunggahnya di situs beritanya, seketika masyarakat langsung bisa mengakses. Misalnya berita mengenai bom Cirebon kemarin. Pengeboman terjadi pada sekitar pukul 12.30, tidak perlu menunggu cetak dan jam siar, selisih beberapa menit kemudian melalui situs-situs berita online, kabar mengenai pengeboman ini langsung bisa kita akses. Speed memang menjadi andalan utama dalam jurnalisme online. Yang kemudian patut diperhatikan dari persoalan speed pada jurnalisme online ini adalah mengenai akurasi berita dan kelengkapan berita.

Berbeda dengan cetak dan penyiaran yang menunggu lengkapnya 5W dan 1H serta berbagai aspek nilai berita lainnya untuk bisa tayang, jurnalisme online memperbolehkan tayangnya berita singkat meskipun elemennya belum lengkap. Kelengkapan berita dalam wilayah online, terhubung dengan adanya hyperlink. Di satu sisi, dalam satu peristiwa berita yang bisa dimuat melalui peristiwa tersebut bisa banyak dan berangkaian. Pembaca pun bisa memilih berita mana yang mereka butuhkan dan berita mana yang tidak mereka butuhkan. Namun karena sifat pengumpulan fakta dan elemen pemberitaan yang mengandalkan hyperlink karena mengejar speed ini kelengkapan informasi dan akurasi pemberitaan menjadi hal yang terabaikan. Jika distribusi informasi untuk audiens ini hanya berkisar antara audiens dan media saja, maka tidak menjadi persoalan pelik. Masalahnya, dalam perkembangan jurnalisme online ini, wilayah percakapan (oral) sebagai bagian dari distribusi informasi di Indonesia masih belum bisa dilepaskan. Ketika berita muncul di internet, kabar yang muncul tidak selalu berhenti pada pembaca yang mengakses berita. Berita online bisa menyebar melalui share yang dilakukan oleh pembaca melalui media online, maupun menyebar melalui perbincangan yang dilakukan tanpa medium online.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Merlyna Lim, melihat bagaimana internet mengambil peran untuk memobilisasi massa melalui distribusi informasi yang dilakukan oleh para cyberactivism melakukan penelitian terhadap distribusi informasi melalui internet dalam kurun waktu 4 tahun mulai dari tahun 1999-2003. Lim mencatat bahwa mereka yang aktif di dunia maya melanjutkan (forwarded) setiap informasi yang mereka dapatkan baik melalui websites, mailing list, maupun email personal yang diunduh, dicetak, digandakan, dan disecarkan ke publik. Aktivitas ini tak ubahnya sebagai aktivitas komunikasi secara oral yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. (Muliana, 2008:34)

Model Komunikasi Online dan Offline di Indonesia

 

Melalui diagram di atas Lim berargumen bahwa two step flow communication menjadi penentu keberhasilan distribusi informasi di Indonesia. Selama reformasi tahun 1998 interconnectedness antara pengguna online media ini memainkan peranan penting. Teori Lim tentang interconnectedness ini dikatakan bahwa satu pembaca mengkopi atau melanjutkannya kepada lebih banyak orang, sebagai efek snowball dan kemungkinan berita itu kemudian akan dibaca oleh orang yang jumlahnya menjadi lebih banyak lagi.

“This interconnectedness of all actors from all these layers created the necessary multiple effect for information dissemination to result in mase mobilization and political reform.” (Muliana, 2008 : 35-36)

 

Dari sini kita melihat bahwa tanggung jawab atas akurasi pemberitaan, meskipun speed menjadi tuntutan adalah mutlak diperlukan. Selain itu, hyperlink yang menjadi solusi atas kelengkapan pemberitaan hanyalah salah satu karakter jurnalisme online yang menonjol. Dalam undang-undang pers secara tegas disebutkan dalam pasal 4 ayat (3), “Untuk menjamin kebebasan pers, pers nasional mempunyai hak untuk mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.” Pasal ini mendukung kegiatan jurnalistik dan penyebarluasan informasi. Namun yang perlu menjadi catatan, bagaimana jika informasi dalam aktivitas jurnalistik tersebut belum lengkap dan memungkinkan timbulnya hoax, sementara dengan prinsip speed informasi tersebut harus segera tayang?

Secara lebih lanjut dalam pasal 6 huruf (c) disebutkan peranan pers nasional sebagai, “Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar.” Artinya, berita yang sifatnya masih kemungkinan dan membuka peluang terjadinya hoax tidak boleh ditayangkan sebagai berita. Meskipun dari running pemberitaan di waktu kemudian elemennya akan menjadi lengkap, namun untuk menghindari berita yang sifatnya hoax, seharusnya hal ini diatur. Paling tidak untuk menghindari distribusi informasi yang salah. Apalagi dalam beberapa pemberitaan, acapkali ditemukan berita dengan menggunakan narasumber yang nilai ketokohannya, sebagai salah satu elemen pemberitaan, tidak mempunyai kelayakan.

Media online berdalih, untuk menghindari hoax atau jika pembaca merasa tidak nyaman dengan pemberitaan yang ada dalam media, mereka bisa langsung berinteraksi dengan redaksi mengenai pemberitaan yang bersangkutan. Ini adalah satu lagi sifat jurnalisme online yang berbeda dengn jurnalisme cetak maupun penyiaran. Feedback dari audiens pada media online bersifat langsung dan seketika. Berbeda dengan media cetak maupun penyiaran dimana feedbacknya tertunda karena tidak bisa dilakukan secara langsung. Tanggapan audiens dalam jurnalisme online dapat dilakukan secara langsung melalui kolom-kolom online yang disediakan oleh redaksi baik dengan cara harus register maupun tanpa register.

Reaksi pembaca atas pemberitaan dalam jurnalisme online ini menjadi perubahan pula dalam wajah jurnalisme dari sisi penggunaan hak jawab dan hak koreksi. Dalam undang-undang pers dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan hak jawab adalah hak seseorang atau kelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya. Sedangkan hak koreksi adalah hak setiap orang untuk mengoreksi atau membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh pers, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain. Pada media konvensional hak jawab dan hak koreksi ini dilakukan secara prosedural. Bahkan secara lebih lanjut mengenai hak jawab Dewan Pers mengelurarkan Peraturan Dewan Pers Nomor 9/Peraturan-DP/X/2008 mengenai Pedoman Hak Jawab dalam persoalan pers.

Adanya forum dan tempat berkomentar yang ada dalam setiap pemberitaan jurnalisme online juga menjadi wajah baru hak jawab. Audiens , baik itu audiens secara umum maupun narasumber yang membaca pemberitaan mengenai dirinya dapat melakukan feedback langsung melalui ruang yang difungsikan untuk interaktivitas antara redaksi dengan audiens. Sayangnya, yang patut dicatat dari ruang ini adalah dalam wajah jurnalisme online hari ini acapkali feedback yang terjadi adalah perdebatan terbuka antara audiens yang satu dengan audiens yang lainnya dalam forum tersebut tanpa moderasi. Secara tidak langsung ini mengganggu kenyamanan publik karena mengganggu audiens yang lain.

 

Kesimpulan

Dari uraian di atas, paling tidak ada tiga persoalan penting dalam wilayah jurnalisme online yang masih patut diperhatikan terkait dengan pembahasannya di wilayah hukum. Pertama, mengenai wilayah jurnalisme online di daerah global village yang menghalalkan terjadinya aktivitas jurnalisme online lintas negara, sementara payung hukum kita belum cukup mengakomodasi hal tersebut. Kedua, mengenai kedudukan wartawan. Hadirnya wilayah online, bukan berarti wartawan kehilangan pekerjaannya, justru muncul wartawan-wartawan baru termasuk mereka yang aktid di wilayah citizen journalism. Sayangnya, kedudukan mereka sendiri dan aktivitas kebebasan berekspresi mereka belum terpayungi oleh hukum. Ketiga, mengenai persoalan speed dan akurasi dalam jurnalisme online. Di satu sisi memberikan alternatif informasi, namun di sisi lain memungkinkan terjadinya hoax, banjir informasi, dan tuntutan media literasi bagi audiens untuk memahami konteks peristiwa yang diberitakan. Keempat, persoalan interaktivtas antara redaksi dan audiens dalam dunia maya membuat hak jawab dan hak koreksi menjadi abu-abu.

Menilik perkembangan jurnalisme online di Indonesia hari ini, sebagai medium penyampai pesan dan ranah kebebasan berekspresi, tentunya perkembangan jurnalisme online selayaknya mempunyai aturan sendiri. Mengingat, sifat dari jurnalisme ini berbeda dengan jurnalisme konvensional yang muncul sebelumnya dengan konsekuensi kebebasan berekspresi yang berbeda dengan jurnalisme konvensional. Sampai hari ini aturan hukum yang digunakan oleh pemerintah untuk mengatur jurnalisme online dikembalikan kepada Undang-undang Pers dan sebagian ke Undang-undang ITE.

Bisa dikatakan sampai hari ini regulasi media di Indonesia belum cukup proporsional memberikan kepastian hukum bagi terselenggaranya jurnalisme online. Proporsionalitas dari aturan ini tentunya dilihat berdasarkan kepentingan publik yang harus dibela dalam undang-undang dan bagaimana kebebasan pers jurnalisme online seharusnya dituangkan dalam peraturan hukum. Kebutuhan Indonesia akan aturan yang tegas dalam ranah online pun, tak bisa menunggu esok. Pasalnya, perkembangan ranah online sampai hari ini sudah tak terbendung. Jangan sampai perkembangan teknologi yang sedemikian pesat dan memberikan sentuhan perubahan pada pers tidak selaras dengan aturan yang berlaku.

Sumber:

https://muftipages.wordpress.com/2011/06/13/menilik-aturan-jurnalisme-online-sebagai-jurnalisme-masa-depan-dalam-regulasi-media-di-indonesia/

Kerincitime.co.id, Berita Jambi – Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono melakukan mutasi sejumlah perwira di jajaran Polda Jambi. Hal ini sesuai dengan Surat Telegram yang ditandatangani Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan R, atas nama Kapolda Jambi.

Dalam Surat Telegram nomor ST/689/V/KEP/2023 tersebut, ada sejumlah perwira menengah dan perwira pertama yang dimutasi.

Berikut daftar jajaran Polda Jambi yang dimutasi:

  1. Kompol Ayani dimutasikan sebagai Pamen RO SDM Polda Jambi (Dalam rangka Sespimmen Polri Dikreg ke-63 TA. 2023)
  2. Kompol Sandy Mutaqqin Pranayudha, Wakapolres Sarolangun diangkat dalam jabatan baru sebagai PS Koorspripim Polda Jambi
  3. Kompol Afrito Marbaro, Kasatreskrim Polresta Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolres Sarolangun

4 Kompol Indar Wahyu Dwi Septiawan, Kanit 1 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasatreskrim Polresta Jambi

  1. AKP Lumbrian Hayudi Putra, Kasatreskrim Polres Merangin diangkat dalam jabatan baru sebagai Ps. Kanit 1 subdit 4 Ditreskrimsus Polda Jambi
  2. Iptu Mulyono, Kapolsek Sungai Manau Polres Merangin diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasatreskrim Polres Merangin
  3. Iptu Muhammad Yusu, asattahti Polres Tebo diangkat dalam jembatan baru sebagai Kapolsek Sungai Manau Polres Merangin
  4. Kompol Amos Yosua Viclonar Lubis, Wakapolres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda Jambi
  5. Kompol Marhara Tua Siregar, Kabagops Polres Muaro Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Wakapolres Merangin
  6. AKP Bagus Faria, Kapolsek Sungai Penuh Polres Kerinci Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kabagops Polres Muaro Jambi
  7. AKP Awaluddin Kasubbagstrajemen dan RB Bagren Polres Kerinci Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolsek Sungai Penuh Polres Kerinci
  8. AKP David Raditya Yudhistira, Paur Sisim Subdit Regident Ditlantas Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kasitatib Subditgakkum Ditlantas Polda Jambi
  9. Kompol Handres, Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi Dimutasikan Sebagai Pamen Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Sespimmen Polri Dikreg Ke-63 Ta. 2023)
  10. Kompol Johan Christy Silaen, Kanit 1 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru Sbg Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi
  11. Kompol Rinto Haivan Simbolon, Wakapolres Bungo Dimutasikan sebagai Pamen RO SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Sespimmen Polri Dikreg Ke-63 Ta. 2023)
  12. Kompol Roslinda RM, Kasubbidprovos Bidpropam Polda Jambi diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Wakapolres Bungo
  13. Kompol Nanda Diana Tarulina Sihombing, Kasifasmatsbst Subditregident Ditlantas Polda Jambi dimutasikan sebagai Pamen RO SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Sespimmen Polri Dikreg Ke-63 Ta. 2023)
  14. Kompol Dhery Fajariandono, Pamen SPN Polda Jambi diangkat dalam Jabatan Baru sebagai Subditregident Ditlantas Polda Jambi.
  15. Kompol Agung Pratama, Kabagops Polresta Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubdit 5 Ditintelkam Polda Jambi.
  16. Kompol Army Sevtiansyah, Kasatsamapta Polresta Jambi diangkat dalam Jabatan baru sebagai Kabagops Polresta Jambi
  17. AKP Dedi Kurniawan Susilo, Panit 1 Unit 2 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Jambi diangkat dalam Jabatan baru sebagai Kasatsamapta Polresta Jambi
  18. AKP Sri Martono, Kapolsek Pemayung Polres Batang Hari Polda Jambi dimutasikan sebagai Pama RO SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik Sespimma Angkatan Ke 69 Ta. 2023)
  19. AKP Yawan Feriandy, Kapolsek Bathin VIII Polres Sarolangun diangkat dalam jabatan Baru sebagai Kapolsek Pemayung Polres Batang Hari
  20. Iptu Fikrur Riza, Kanit 4 Satreskrim Polres Tebo diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Bathin VIII Polres Sarolangun
  21. AKP Reni Ara, Kasubbagrenmin Bidpropam Polda Jambi dimutasikan sebagai Pama SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik Sespimma Angkatan Ke 69 Ta. 2023)
  22. AKP Sampe Nababan, Kaurbinplin Subbidprovos Bidpropam Polda Jambi diangkat dalam Jabatan baru sebagai Kasubbagrenmin Bidpropam Polda Jambi
  23. AKP Junaidi Anton, Kanit 1 Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kaurbinplin Subbidprovos Bidpropam Polda Jambi
  24. AKP Hermanto, Kanit 2 Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasatpolairud Polres Tanjab Barat
  25. Ipda Ahmad Syayuti, Kanitreskrim Polsek Tungkal Ulu Polres Tanjab Barat diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit 2 Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi
  26. AKP Helrawaty Siregar, Panit 1 Unit 1 Subdit 2 Ditreskrimum Polda Jambi yang semula diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Jambi Selatan Polresta Jambi
  27. AKP Suwondo, Kasiaga 1 Bagdalops Roops Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Jambi Selatan Polresta Jambi
  28. AKP Rita Purnama Sari Kanit 1 Sitatib Subditgakkum Ditlantas Polda Jambi diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasatlantas Polres Tanjab Barat
  29. AKP Iwan Wahyudi, Kasatlantas Polres Tanjab Barat diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kanit 2 Satpjr Ditlantas Polda Jambi
  30. Iptu Alwi Yansyah Kanit 2 Satpjr Ditlantas Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kanit 1 Sitatib Subditgakkum Ditlantas Polda Jambi
  31. Iptu Septia Intan Putri, Kasatreskrim Polres Tanjab Barat Polda Jambi Dikukuhkan sebagai Kasatreskrim Polres Tanjab Barat (Dikukuhkan)
  32. Ipda Adinda Kurnia, Pama Polda Jambi Dimutasikan sebagai Pama Polres Tanjab Barat
  33. Iptu Yosua Adrian, Panit 1 Unit 3 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi Dikukuhkan Sbg Panit 1 Unit 3 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi (Dikukuhkan).
  34. AKP Syofyan Harahap Kasatbinmas Polres Kerinci Polda Jambi Dimutasikan Sebagai Pama Polres Kerinci (Dalam Rangka Pensiun)
  35. Iptu Asep Syaefudin Kaurbinopsnal Satbinmas Polres Kerinci Polda Jambi Diangkat dalam Jabatan Baru sebagai Kasatbinmas Polres Kerinci
  36. Kompol Budiyono Kabagren Polres Muaro Jambi Dimutasikan sebagai Pamen Polres Muaro Jambi (Dalam Rangka Pensiun)
  37. Kompol Ferry Siswara Kasibinkommas Subdit Binpolmas Ditbinmas Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kabagren Polres Muaro Jambi
  38. AKP Purwanto, Paur Subbagkompeten Bagbinkar SDM Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasibinkommas Subdit Binpolmas Ditbinmas Polda Jambi
  39. Ipda Irpantri, Kanitgakkum Satlantas Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Paur Subbagkompeten Bagbinkar Ro SDM Polda Jambi
  40. AKP Suhendry, Kapolsek Jambi Selatan Polresta Jambi Polda Diangkat dalam Jabatan Baru sebagai Kasatresnarkoba Polres Sarolangun
  41. Iptu Yudhi Prastyo, Kasatresnarkoba Polres Sarolangun Dimutasikan sebagai Pama Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik S1 Stik-Ptik Angkatan Ke 81 Ta. 2023)
  42. Ipda Sarjaya Pamin 3 Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Pamin 7 Subbagrenmin Bidpropam Polda Jambi
  43. AKP Elfian Yusran Ritonga, Kapolsek Mendahara Ulu Polres Tanjab Timur Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kanitriksa 3 Subbidprovos Bidpropam Polda Jambi
  44. Iptu Rudi Rusadi Paur Subbagkhirdinlur Bagwatpers Ro SDM Polda Jambi Diangkat Dalam Jbtn Baru sebagai Kapolsek Mendahara Ulu Polres Tanjab Timur
  45. Ipda Ridho Kurnia Saputra, Kanit 1 Satreskrim Polres Tanjab Timur Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Paur Subbagkhirdinlur Bagwatpers RO SDM Polda Jambi
  46. Iptu Sriyanto Kapolsek Serai Serumpun Polres Tebo Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolsek Rimbo Ilir Polres Tebo
  47. Ipda Sarif Hidayatullah Kanitgakkum Satlantas Polres Tebo Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Serai Serumpun Polres Tebo
  48. Kompol Dedi Subandi Kapolsek Kumpeh Ilir Polres Muaro Jambi Dimutasikan sebagai Pamen Polres Muaro Jambi (Dalam Rangka Pensiun)
  49. AKP Mardianto Kasubbagrenprogar Bagren Polres Muaro Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Kumpeh Ilir
    Polres Muaro Jambi
  50. AKP Rodi Hambali, Kapolsek Jambi Luar Kota Polres Muaro Jambi Diangkat Dalam Jabatan Subditbintibsos Ditbinmas Polda Jambi
  51. Iptu Ojak P Sitanggang, Panit 2 Unit 2 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolsek Jambi Luar Kota Polres Muaro Jambi
  52. Kompol Budi Suhartono Kabag SDM Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Parik 1 Itbid 2 Itwasda Polda Jambi
  53. AKP Yul Brinner, Kasubbagbingadik SPN Polda Jambi Diangkat Dalam Jbtn Baru sebagai Kabag SDM Polres Merangin
  54. AKP Echo Halasan Sitorus, Panit 2 Unit 3 Subdit 1 Ditreskrimum Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasikum Polres Merangin
  55. AKP Sudar, Kapolsek Dendang Polres Tanjab Timur Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 2 Unit 3 Subdit 1 Ditreskrimum Polda Jambi
  56. Iptu Hengky Lesmana, Pamin 5 Subbagrenmin Rolog Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Dendang Polres Tanjab Timur
  57. AKP Devita Efrina, Kasubbagkhirdinlur Bagwatpers Ro SDM Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasubbagpangkat Bagbinkar Ro SDM Polda Jambi
  58. Kompol Novrizal, Wakapolres Tanjab Barat Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasubbagkhirdinlur Bagwatpers Ro SDM Polda Jambi
  59. Kompol Jan Manto Hasiholan, Kabagops Polres Tanjab Barat Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Wakapolres Tanjab Barat
  60. AKP Julius Sitepu Paur Subbagdalpro Bagdalprogar Rorena Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kabagops Polres Tanjab Barat
  61. Iptu Fajar Nugroho Kapolsek Tabir Selatan Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 1 Subdit 3 Ditintelkam Polda Jambi
  62. AKP Fatkur Rohman, Kapolsek Batang Asai Polres Sarolangun Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Tabir Selatan Polres Merangin
  63. Iptu Afnedi Ka SPKT Polres Sarolangun Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolsek Batang Asai Polres Sarolangun
  64. AKP Muhamad Ruhyat, Kaurlitpers Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi Dikukuhkan sebagai Kaurlitpers Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi
  65. Iptu Rifqi Abdillah, Panit 1 Unit 4 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi Dimutasikan sebagai Pama Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik S1 Stik-Ptik Angkatan Ke 81 Ta. 2023)
  66. Iptu Charisma Fajar Angkasa Putra, Kanitreskrim Polsek Jambi Selatan Polresta Jambi Dimutasikan sebagai Pama Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik S1 Stik-Ptik Angkatan Ke 81 Ta. 2023)
  67. Iptu Bagus Satya Dhira, Kanit 2 Silaka Subditgakkum Ditlantas Polda Jambi Dimutasikan sebagai Pama Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik S1 Stik-Ptik Angkatan Ke 81 Ta. 2023)
  68. Iptu Gede Santoso, Kaurbinopsnal Satreskrim Polres Tebo Dimutasikan sebagai Pama Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik S1 Stik-Ptik Angkatan Ke 81 Ta. 2023)
  69. Bripka Laxmi Afriyanti, Pamin Urtoring Subbagdumasanwas Itwasda Polda Jambi Dimutasikan sebagai Bintara Itwasda Polda Jambi (Dalam Rangka Dik Sip Angkatan 52)
  70. Bripka M. Indra Eka Putra, Pamin 2 Subbagrenmin Rorena Polda Jambi Dimutasikan sebagai Bintara Rorena Polda Jambi (Dalam Rangka Dik Sip Angkatan 52)
  71. AKP Adi Prayitno Kapolsek Limun Polres Sarolangun Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Danki 1 Yon C Pelopor Satbrimob Polda Jambi
  72. AKP Berlin Tarigan Danki 1 Yon C Pelopor Satbrimob Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Limun Polres Sarolangun
  73. AKP Harianto Sitepu, Kapolsek Bangko Polres Merangin Diangkat Dalam Jembatan Baru sebagai Kasikesjas Satbrimob Polda Jambi
  74. Iptu Ramadhan Agustiansyah, Kapolsek Tabir Ulu Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Bangko Polres Merangin
  75. Iptu Deni Saepudin, Kapolsek Jangkat Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Tabir Ulu Polres Merangin
  76. Iptu Amrullah Wakapolsek Lembah Masurai Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Jangkat Polres Merangin
  77. AKP Agus Alexander Purba, Kapolsek Kumpeh Ulu Polres Muaro Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 1 Unit 3 Subdit 2 Ditreskrimum Polda Jambi
  78. Iptu Oktonis Weaman Saragi Allagan, Kaurbinopsnal Satintelkam Polres Muaro Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Kumpeh Ulu Polres Muaro Jambi
  79. Iptu Oyon Zaidi Pama Polres Batang Hari Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasattahti Polres Batang Hari
  80. Iptu Badriah Kanitbintibsos Satbinmas Polresta Jambi Diangkat dalam jabatan Baru sebagai Kasiwattah Subditharwattah Dittahti Polda Jambi
  81. Ipda Desri Iswandi, Kanitreskrim Polsek Geragai Polres Tanjab Timur Diangkat Dalam Jembatan Baru sebagai Panit 1 Unit 2 Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi
  82. Ipda Eri Kurniawan, Kasikum Polres Sarolangun Polda Jambi Dimutasikan sebagai Pama Polres Merangin
  83. Ipda Ade Chandra, Kanitreskrim Polsek Pelepat Polres Bungo Dimutasikan Sbg Pama Polres Muaro Jambi
  84. Ipda Wilson Simamora, Wakapolsek Batang Asai Polres Sarolangun Dimutasikan sebagai Pama Polres Batang Hari
  85. AKP Rizal Ariyanto Kanit 4 Satpjr Ditlantas Polda Jambi Dimutasikan sebagai Pama Yanma Polda Jambi (Dalam Rangka Demosi)
  86. Ipda Erwin Susanto, Kaurbinopsnal Satlantas Polres Merangin Dimutasikan sebagai Pama Polres Tanjab Timur
  87. Ipda Vovo Imam Harianto, Kanitregident Satlantas Polres Batang Hari Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Pamin 1 Sifasmat Sbst Subditregident Ditlantas Polda Jambi
  88. Iptu Albert Kurniawan Ramza, Pamin 5 Subbagrenmin Ditreskrimsus Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 1 Unit 1 Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Jambi
  89. Bripka Dika Ari Purnomo, Bintara Ditreskrimsus Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Pamin 5 Subbagrenmin Ditreskrimsus Polda Jambi
  90. Ipda Sunoko Agus Cahyo, Pamin 3 Subbagrenmin Ditreskrimsus Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 1 Unit 2 Subdit 1 Ditreskrimsus Polda Jambi
  91. Ipda Jhon Sihar Denny Hasudungan P, Kaurbinopsnal Satintelkam Polres Tanjab Timur Diangkat Dalam Jembatan Baru sebagai Panit 1 Unit 2 Subdit 5 Ditreskrimsus Polda Jambi
  92. Ipda Nakma Nulhakim, Kaurbinopsnal Satresnarkoba Polres Sarolangun Dimutasikan sebagai Pama Polres Muaro Jambi
  93. Aiptu Bernard Riyansah Saragih Bintara Ditreskrimsus Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Pamin 2 Subbagrenmin Ditreskrimsus Polda Jambi
  94. Aipda Vertikal Lature, Bintara Ditlantas Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 2 Unit 1 Satpjr Ditlantas Polda Jambi
  95. Bripka Weshi Hidayati Kaurmintu Satreskrim Polres Tebo Dimutasikan sebagai Bintara Ditbinmas Polda Jambi
  96. AKP Rodiyat Kaurren Subbagrenmin Biddokkes Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kaurtu Subbagrenmin Rumkit Bhayangkara Tk. II Jambi Biddokkes Polda Jambi
  97. Penata Diana Andayani, Kaurmintu Subbagrenmin Biddokkes Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kaurren Subbagrenmin Biddokkes Polda Jambi
  98. Penata Margalitcu Historya. Pamin 4 Subbagrenmin Biddokkes Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kaurmintu Subbagrenmin Biddokkes
    Polda Jambi
  99. Penda Desy Hariani Pamin 5 Subbagrenmin Roops Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kaurren Subbagrenmin Ditpamobvit Polda Jambi.(*)

Sumber : jambilink

 

Kerincitime.co.id, Kerinci5 orang komisioner KPU dilaporkan ke DKPP, sebab mereka dinilai telah melanggar kode etik, berikut pelanggaran yang diadukan ke DKPP;

1.    Peristiwa yang Diadukan dan / atau Dilaporkan :

I. SK KPUD Kerinci Nomor 01 Tahun 2012, ditandatangani bukan oleh

pejabat yang berwenang.

 

a. Waktu Kejadian                     :  8 Oktober 2013

b. Tempat Kejadian                   :  KPUD Kerinci

c. Perbuatan yang dilakukan  :

Bahwa pada tanggal 8 Oktober 2012, Teradu/Terlapor I MULFI, SE telah menandatangani Surat Keputusan KPU Kabupaten Kerinci Nomor 01 Tahun 2012 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Tahun 2013 yang menetapkan Hari Pencoblosan pada tanggal 4 Juli 2013. Sedangkan Teradu/Terlapor I MULFI, SE pada tanggal 8 Oktober 2012 belum sah menjadi ketua KPU Kabupaten Kerinci karena Teradu/Terlapor I baru sah menjadi ketua KPU Kabupaten Kerinci pada tanggal 9 Oktober 2012 sesuai dengan SK KPU Propinsi Jambi Nomor …………  (Photo Copy bukti P1, P2  terlampir)

 

Bahwa berdasarkan Peraturan Bersama KPU, BAWASLU dan DKPP Nomor 13 Tahun 2012, Nomor 11 Tahun 2012 Nomor 1 Tahun 2012 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum, Teradu/Terlapor I MULFI, SE,  secara sadar dan sengaja tidak mengindahkan ketentuan :

Pasal 11 berbunyi :  Dalam melaksanakan asas kepastian hukum, Penyelenggara Pemilu berkewajiban:

a.   melakukan tindakan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu yang secara tegas diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan;

b.   melakukan tindakan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu yang sesuai dengan yurisdiksinya;

c.   melakukan tindakan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu, menaati prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan; dan

Pasal 15 berbunyi  :  Dalam melaksanakan asas profesionalitas, efisiensi, dan efektivitas, Penyelenggara Pemilu berkewajiban:

a.   menjamin kualitas pelayanan kepada pemilih dan peserta sesuai dengan standar profesional administrasi penyelenggaraan Pemilu;

b.   bertindak berdasarkan standar operasional prosedur dan substansi profesi administrasi Pemilu;

c.   bertindak hati-hati dalam melakukan perencanaan dan penggunaan anggaran agar tidak berakibat pemborosan dan penyimpangan;

II. SK KPUD Kerinci Nomor 01 Tahun 2012, tidak diumumkan sesuai ketentuan yang berlaku.

a. Waktu Kejadian                  :  8 Oktober 2013

b. Tempat Kejadian                :  KPUD Kerinci

c. Perbuatan yang dilakukan  :

Bahwa Teradu/Terlapor I telah jelas dan nyata sama sekali tidak mengumumkan Surat Keputusan KPU Kabupaten Kerinci Nomor 01 Tahun 2012 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Tahun 2013 yang menetapkan Hari Pencoblosan pada tanggal 4 Juli 2013.

 

Bahwa berdasarkan Peraturan Bersama KPU, BAWASLU dan DKPP Nomor 13 Tahun 2012, Nomor 11 Tahun 2012 Nomor 1 Tahun 2012 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum, Teradu/Terlapor I, II, III, IV dan V sama sekali tidak mengindahkan ketentuan :

Pasal 12 berbunyi :        Dalam melaksanakan asas jujur, keterbukaan, dan akuntabilitas, Penyelenggara Pemilu berkewajiban:a.                              menjelaskan keputusan yang diambil berdasarkan peraturan perundang-undangan, tata tertib, dan prosedur yang ditetapkan;

  1. membuka akses publik mengenai informasi dan data yang berkaitan dengan keputusan yang telah diambil sesuai peraturan perundang-undangan;
  2. menata akses publik secara efektif dan masuk akal serta efisien terhadap dokumen dan informasi yang relevan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. menjelaskan kepada publik apabila terjadi penyimpangan dalam proses kerja lembaga penyelenggara Pemilu serta upaya perbaikannya;
  4. memberikan penjelasan terhadap pertanyaan yang diajukan mengenai keputusan yang telah diambil terkait proses Pemilu; dan
  5. memberikan respon secara arif dan bijaksana terhadap kritik dan pertanyaan publik.

 

Pasal 16 berbunyi :  Dalam melaksanakan asas tertib, Penyelenggara Pemilu berkewajiban:

a.   memastikan seluruh informasi yang disampaikan kepada publik berdasarkan data dan/atau fakta;

b.   memastikan informasi yang dikumpulkan, disusun, dan disebarluaskan dengan cara sistematis, jelas, dan akurat;

c.   memberikan informasi mengenai Pemilu kepada publik secara lengkap, periodik dan dapat dipertanggungjawabkan; dan

d.memberitahu kepada publik mengenai bagian tertentu dari informasi yang belum sepenuhnya dapat dipertanggungjawabkan berupa informasi sementara.

III. KPUD Kerinci melakukan pelanggaran dalam seleksi PPK dan PPS.

 

a. Waktu Kejadian                  :  19 Desmber 2012 s.d. 4 Maret 2013

b. Tempat Kejadian                :  KPUD Kerinci

c. Perbuatan yang dilakukan  :

Bahwa Teradu/Terlapor secara sadar melanggar tahapan yang telah ditetapkannya sendiri dalam proses seleksi PPK dan PPS Surat Keputusan KPU Kabupaten Kerinci Nomor 01 Tahun 2012 untuk hari pemungutan suara pada tanggal 4 Juli 2013

 

Bahwa berdasarkan Peraturan Bersama KPU, BAWASLU dan DKPP Nomor 13 Tahun 2012, Nomor 11 Tahun 2012 Nomor 1 Tahun 2012 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum Pasal 11 poin (c) dan poin (d)

Pasal 11 berbunyi         :  Dalam melaksanakan asas kepastian hukum, Penyelenggara Pemilu berkewajiban:

c.   melakukan tindakan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu, menaati prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan; dan

d.   menjamin pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Pemilu sepenuhnya diterapkan secara tidak berpihak dan adil.

Bahwa pada Undang-undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelengaraan Pemilihan Umum Pasal 40  ayat (3)

ayat (3)  berbunyi     :  “PPK dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota paling lambat 6 (enam) bulan sebelum penyelenggaraan Pemilu dan dibubarkan paling lambat 2 (dua) bulan setelah pemungutan suara”

 

Berdasarkan Undang-undang Nomor 15 tahun  2011 tersebut dan Peraturan KPU Nomor 63 Tahun 2009 tentang Pedoman Penyusunan Tata Kerja KPU Propinsi, KPU Kabupaten Kota, PPK, PPS, dan KPPS dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang telah diubah dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2010 pada  Pasal 20 ayat (2) :

ayat (2) berbunyi : “Pengumuman seleksi calon Anggota PPK dan Anggota PPS sebagaimana dimaksud pada poin (1) dilakukan paling lambat 7 (tujuh) bulan sebelum hari pemungutan suara dengan cara menempelkan pada papan-papan pengumuman dan/atau dapat melalui media cetak dan/atau elektronik”.

 

Berdasarkan Pasal 20 ayat (2) diatas jika hari pemcoblosan adalah tanggal 4 Juli 2013, maka pengumuman seleksi calon anggota PPK dan PPS harus sudah diumumkan pada tanggal 4 Desember 2012, pada kenyataannya secara jelas dan nyata Teradu/Terlapor I Mulfi, SE mengumumkannya pada tanggal 19 Desember 2012. Kemudian dilanjutkan pada ayat (3) (Photo Copy bukti P11 terlampir)

ayat (3) berbunyi      :     “ Dalam pengumuman seleksi calon anggota PPK dan anggota PPS sebagaimana dimaksud ayat (2), wajib disebutkan” poin c berbunyi :  “uang honorarium tiap bulan”

Teradu/Terlapor I dalam pengumuman pembentukan PPK dan PPS sama sekali tidak mencantumkan besaran uang honorarium yang akan diterima setiap bulan (Photo Copy bukti P11  terlampir)

Kemudian tergugat juga melanggar Pasal 21 ayat (1) :

ayat (1) berbunyi :   “KPU Kabupaten/Kota melaksanakan tes tertulis dan wawancara terhadap calon Anggota PPK dan Anggota PPS paling lambat 14 (empat belas) hari pada bulan pertama dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 ayat (2)”

Dengan jadwal hari pencoblosan tanggal 4 Juli 2013, maka pasal ini sudah nyata dan terang benderang Teradu/Terlapor I, II, III, IV dan V sama sekali tidak mengindahkan pasal 21 karena pada kenyataannya jadwal seleksi telah memasuki bulan kedua dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 ayat (2)

Selanjutnya pada Pasal 21 ayat (3) :

ayat (3) berbunyi  :   “Pengumuman tes tertulis dan wawancara paling lambat 7 (tujuh) hari pada bulan pertama dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (2), yang menghasilkan paling sedikit 10 (sepuluh) orang calon Anggota PPK pada masing-masing kecamatan dan paling sedikit 6 (enam) orang calon Anggota PPS pada masing-masing desa/kelurahan dalam wilayah kabupaten/kota yang bersangkutan”.

Terhadap jadwal hari pencoblosan tanggal 4 Juli 2013, Teradu/Terlapor secara nyata dan jelas dan secara sadar telah melanggar ketentuan yang dimaksud Pasal 21 ayat (3) karena penetapan 10 (sepuluh) calon anggota PPK jatuh pada tanggal 10 Januari 2013 yang sudah masuk pada bulan kedua dari tahapan tersebut.

Pihak Teradu/Terlapor I, II, III, IV dan V juga secara sadar dan sengaja melanggar ketentuan tentang pengucapan sumpah/janji anggota PPK yaitu ketentuan pada :

Pasal 22 berbunyi : “KPU Kabupaten/Kota memandu pengucapan sumpah/janji Anggota PPK dan Anggota PPS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 56 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 paling lambat 1 (satu) hari pada bulan pertama dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 ayat (2)”

Berdasarkan pasal 22 diatas Pelantikan atau pengucapan sumpah/janji anggota PPK seharusnya dilaksanakan Teradu/Terlapor I adalah 1 (satu) hari pada bulan pertama seleksi PPK yaitu pada bulan Desember 2012,  pada kenyataannya Teradu/Terlapor I melaksanakan memandu pengucapan sumpah/janji anggota PPK berdasarkan Surat Keputusan KPU Kabupaten Kerinci Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pembentukan dan Pengangkatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Tahun 2013 dalam Kabupaten Kerinci tanggal 4 Maret 2013 pada tanggal 4 Maret 2013,   hal ini berarti pengucapan sumpah janji dilaksanakan pada bulan ke empat dalam tahapan yang ditetapkan, pelaksanaan kegiatan ini tentunya jauh sekali dari ketentuan yang ditetapkan Pasal 22 dimaksud. (Photo Copy bukti P12  terlampir)

Tindakan Teradu/Terlapor I, II, III, IV dan V sudah jelas,  nyata dan terang benderang melanggar Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2010 pasal 10

Pasal 10 berbunyi :  “Tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi dan/atau KPU Kabupaten/Kota wajib dilaksanakan secara tepat waktu”.

 

  1. IV.  KPU Kabupaten Kerinci melanggar prosedur penundaan tahapan Pemilukada Kabupaten Kerinci dari hari pemungutan suara tanggal 4 Juli 2013 ke tanggal 8 September 2013

a. Waktu Kejadian                     :  8 Oktober 2013

b. Tempat Kejadian                   :  KPUD Kerinci

c. Perbuatan yang dilakukan  :

Bahwa berdasarkan Peraturan Bersama KPU, BAWASLU dan DKPP Nomor 13 Tahun 2012, Nomor 11 Tahun 2012 Nomor 1 Tahun 2012 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum Pasal 11

Pasal 11 berbunyi :  Dalam melaksanakan asas kepastian hukum, Penyelenggara Pemilu berkewajiban:

a.   melakukan tindakan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu yang secara tegas diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan;

b.   melakukan tindakan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu yang sesuai dengan yurisdiksinya;

c.   melakukan tindakan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu, menaati prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan; dan

d.   menjamin pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Pemilu sepenuhnya diterapkan secara tidak berpihak dan adil.

 

Pasal 15 berbunyi  :  Dalam melaksanakan asas profesionalitas, efisiensi, dan efektivitas, Penyelenggara Pemilu berkewajiban:

a.   menjamin kualitas pelayanan kepada pemilih dan peserta sesuai dengan standar profesional administrasi penyelenggaraan Pemilu;

b.   bertindak berdasarkan standar operasional prosedur dan substansi profesi administrasi Pemilu;

c.   bertindak hati-hati dalam melakukan perencanaan dan penggunaan anggaran agar tidak berakibat pemborosan dan penyimpangan;

Bahwa Teradu/Terlapor I menerbitkan Surat Keputusan KPU Kabupaten Kerinci Nomor 1 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Keputusan KPU Kabupaten Kerinci Nomor 1 Tahun 2012 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Tahun 2013 tanggal 27 Februari 2013.

Perubahan jadwal pemilukada Kabupaten Kerinci sudah jelas dan nyata tidak sesuai dengan kewenangan Teradu/Terlapor I, II, III, IV dan V, dan keputusan Teradu/Terlapor sudah jelas bertetnangan dan melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2005 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pasal 149 ayat (5)

Ayat (5) yang berbunyi : “Penundaan seluruh atau sebagian tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota diajukan oleh Gubernur kepada Menteri Dalam Negeri dengan tembusan kepada Bupati/Walikota atau usul KPUD Kabupaten/Kota melalui Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota”.

 

  1. V.   KPU Kabupaten Kerinci melanggar tata naskah dinas standar formal Komisi Pemilihan Umum

a. Waktu Kejadian                     :  8 Oktober 2013

b. Tempat Kejadian                   :  KPUD Kerinci

c. Perbuatan yang dilakukan  :

Bahwa berdasarkan Peraturan Bersama KPU, BAWASLU dan DKPP Nomor 13 Tahun 2012, Nomor 11 Tahun 2012 Nomor 1 Tahun 2012 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum Pasal 15

Pasal 15 berbunyi  :     Dalam melaksanakan asas profesionalitas, efisiensi, dan efektivitas, Penyelenggara Pemilu berkewajiban:

a.   menjamin kualitas pelayanan kepada pemilih dan peserta sesuai dengan standar profesional administrasi penyelenggaraan Pemilu;

b.   bertindak berdasarkan standar operasional prosedur dan substansi profesi administrasi Pemilu;

Teradu/Terlapor I dalam melaksanakan administrasi surat-surat keputusan penting lembaga negara sama sekali tidak mengindahkan kaidah naskah-naskah formal dan resmi pemerintahan,  hal ini di buktikan dalam surat keputusan Teradu/Terlapor I tentang kelulusan 10 (sepuluh) besar PPK dan 5 (lima) besar PPK ditemukan bahwa pada konsideran dasar-dasar hukum Mengingat dan Menimbang pada surat keputusannya hanya menggunakan kata “ dst “, hal ini menimbulkan keabsahan keputusan tersebut menjadi sama sekali tidak memiliki dasar hukum sehingga implikasinya keputusan yang tidak menyebutkan pertimbangan dasar hukum yang kuat adalah keputusan yang cacat hukum dan atau batal demi hukum. (Photo Copy bukti P14 dan P15  terlampir)

Teradu/Terlapor I secara jelas dan nyata melanggar PKPU Nomor 04 Tahun 2009 tentang Tata Naskah Dinas Komisi Pemilihan Umum pada

Pasal 5 berbunyi       :                 “Tata Naskah Dinas Komisi Pemilihan Umum sebagaimana dimaksud dalam Peraturan ini, wajib  ditaati dan dilaksanakan oleh penyelenggara pemilihan umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dan Pasal 3 termasuk Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, Sekretariat PPK dan Sekretariat PPLN”.

 

Sehubungan dengan kejadian tersebut diatas, kiranya DKPP agar memeriksa dan memutuskan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu dan DKPP memberikan keputusannya dalam waktu yang tidak terlalu lama, mengingat tahapan Pemilukada Kabupaten Kerinci akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2013.

Selanjutnya mohon DKPP didalam keputusannya terkait dengan penundaan hari pemungutan suara dari tanggal 4 Juli 2013 ke tanggal 8 September 2013 merekomendasikan dan memerintahkan kepada pihak berwenang dalam hal ini Mendagri Bapak Gamawan Fauzi,  Gubernur Jambi Bapak Hasan Basri Agus, Pimpinan DPRD Kaupaten Kerinci dan KPU Propinsi Jambi untuk membatalkan pelaksanaan pemilukada Kabupaten Kerinci  tanggal 8 September 2013,  ini dikarenakan keabsahan dan legalitas Pemilukada Kabupaten Kerinci akan tetap menjadi masalah.

  1. 2.    Alat Bukti
    1. Surat Keputusan KPU Provinsi Jambi Nomor      Tahun 2012 tentang ….(Photo Copy bukti P1 terlampir)
    2. Surat Keputusan KPU Kabupaten Kerinci Nomor 01 Tahun 2012 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Tahun 2013. (Photo Copy bukti P2 terlampir)
    3. Surat Pimpinan DPRD Kabupaten Kerinci ke Bupati Kerinci Nomor: 280/62/DPRD/2013 perihal Koordinasi dan Konsultasi tentang Pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Kerinci Tahun 2013 tanggal 05 Februari 2013 yang pada badan surat tersebut menyatakan bahwa tahapan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kerinci belum ada. (Photo Copy bukti P3 terlampir)
    4. Surat  PANWASLU Kabupaten Kerinci ke KPU Kabupaten Kerinci Nomor: 32/Setkab/Panwaslu-Krc/2013 sifat Penting Perihal Perekrutan Ulang PPK dan PPS tanggal 05 Februari 2013 pada badan surat tersebut pihak Panwaslu menyatakan Tahapan Pemilukada belum ada. (Photo Copy bukti P4 terlampir)
    5. Kesepakatan Bersama rapat Koordinasi Persiapan Pemilukada  Kabupaten Kerinci Tahun 2013 tanggal 19 Februari 2013 yang ditandatangani oleh pihak PEMDA Kabupaten Kerinci, DPRD Kabupaten Kerinci, Panwaslu Kabupaten Kerinci dan pihak tergugat sendiri, dimana pada poin ke 8 telah nyata dan terang benderang pihak Tergugat belum mempunyai tahapan. (Photo Copy bukti P5 terlampir)
    6. Pemberitaan media massa (JAMBI EKSPRES tanggal 05 April 2013) tentang Tahapan Pilkada Kerinci Diminta Dievaluasi. (Photo Copy bukti P6 terlampir)

Usaha-usaha untuk mengklarifikasi dan memperbaiki tahapan sudah dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pada tanggal 25 Maret 2013, 26 Maret 2013 dan tanggal 3 April 2013 bersama dengan OKP dan LSM yang ada di Kabupaten Kerinci Pengadu/Pelapor telah berusaha melalui DPRD Kabupaten Kerinci meminta klarifikasi dari Teradu/Terlapor, tapi pihak Teradu/Terlapor sama sekali tidak mengindahkannya (Photo Copy bukti P7, P8, P9  terlampir)
  2. Pada Tanggal 16 Juni 2013  Pengadu/Pelapor bersama LSM dan OKP Kabupaten Kerinci telah menyurati Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang legalitas tahapan Pemilukada Kabupaten Kerinci, tapi sampai hari ini pihak Mendagri sama sekali tidak memberi respon. (Photo Copy bukti P10 terlampir)
  3. Pengumuman KPU Kabupaten Kerinci Nomor 143/KPU.Kab-005.656382/XII/2012 tentang Pendaftaran Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Tahun 2013 dalam Kabupaten Kerinci. (Photo Copy bukti P11 terlampir)

10. Surat Keputusan KPU Kabupaten Kerinci Nomor  2 Tahun 2013 tentang Pembentukan dan Pengangkatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Tahun 2013 dalam Kabupaten Kerinci. (Photo Copy bukti P12 terlampir)

11. Surat Keputusan KPU Kabupaten Kerinci Nomor : 010.030/KPU-KAB/005.65.656382/I/2013 tentang 10 besar calon PPK tanggal                     10 Januari 2013 (Photo Copy bukti P13 terlampir)

12. Surat Keputusan KPU Kabupaten Kerinci Nomor : 016.030/KPU-KAB/005.65.656382/I/2013 tentang 5 besar anggota PPK tanggal               21 Januari 2013 (Photo Copy bukti P14 terlampir)

10000

suku anak dalam ajmbi-kubukerincitime.co.idjambi Komunitas  Adat Terpencil,  sebuah istilah yang diberikan pemerintah pusat terhadap masyarakat terasing di tanah air  yang tersebar  pada 30 propinsi  di Indonesia. Di Propinsi Jambi Komonitas Adat Terpencil disebut Suku Anak Dalam atau Orang Kubu atau Orang Kelam. Bagi masyarakat di Popinsi  Jambi  lebih mengenal  dengan sebutan  Orang Kubu atau Orang Rimbo.

Direktur Komunitas Adat Terpencil Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial  Hartono Laras  kepada penulis di Jakarta  beberapa waktu yang lalu mengemukakan  secara nasional, selama ini program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil Suku Anak Dalam   pada Departemen Sosial RI diletakkan  paling bawah dalam tata urut struktur program di lingkungan Direktorat Pemberdayaan Sosial Departemen Sosial RI, kini ditempatkan paling atas dalam tata urut. Perubahan  dapat dilihat sebagai pergesaran paradigma  baru dalam pemberdayaan komunitas adat terpencil dari yang selama ini dilakukan.  pergeseran paradigma ini sebagai hasil dari pemikiran kritis, bahwa penyandang masalah kesejahteraan sosial terutama yang bersifat keterlantaran, seperti balita dan anak terlantar, perempuan rawan sosial ekonomi, perumahan tidak layak huni, lanjut  usia terlantar, dan keluarga rentan dapat ditemukan pada komunitas adat terpencil.

Berdasarkan  alur pikiran di atas,  maka pemberdayaan Komonitas Adat Terpencil Suku Anak Dalam sekaligus sudah menyelesaikan berbagai permasalahan sosial. Pemberdayan Komunitas Adat Tterpencil merupakan salah satu program strategis untuk menyelesikan permasalahan sosial.

Isu global mengenai indigenius peoples (komunitas adat) yang di dalamnya termasuk  Komunitas Adat Terpencil di Propinsi Jambi. Pada tahun 1994, PBB mengeluarkan  “Declaration  on  the right of indogenous people”.  Oleh PBB pada tanggal 9 Agustus  2004 ditetapkannya  sebagai hari “Internasional Days of the World’s indigenoud people”.

Di dalam  Keputusan Presiden RI Nomor 111 Tahun 1999, diuraikan karateristrik Komunitas Adat Terpencil, yaitu berbentuk komunitas kecil, tertutup, dan homogeni. Pranata sosial bertumpu pada kekerabatan, terpencil secara geografis, relatif sulit dijngkau, hidup dengan sistem ekonomi subsistem, menggunakan peralatan dan teknologi sederhana, ketergantungan pada lingkungan alam setempat relatif tinggi, dan terbatasnya  akses pelayanan sosial, ekonomi, dan politik. Pengertian tersebut cukup lengkap karena di dalamnya mencakup aspek lingkungan, fisik, sosial, dan budaya. Pelayanan sosial, teknologi, ekonomi, politik, dan perlindungan sosial.

Meskipun demikian, keterpencilan lingkungan fisik bukan menjadi ciri mutlak Komonitas Adat Terpencil Suku Anak Dalam karena pada kenyataannya banyak masyarakat yang mendiami lingkungan fisik yang tidak terpencil tetapi mereka secara sosial budaya dan ekonomi menjalani kehidupan yang jauh tertinggal dari tata kehidupan yang manusiawi. Oleh karena itu, menurut hemat kami ciri-ciri terpencil secara geografis dan relatif sulit dijangkau tidak relevan lagi.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja  dan Transmigrasi Kabupaten Tebo Drs.Alfi Rinaldi,MM  kepada penulis di Jambi  mengungkapkan  menurut para pakar KAT ( Komonitas Adat Terpencil)  Suku Anak Dalam bukan  persoalan terpencil dan tidak terpencil secara fisik dan geografis tetapi terpencil dalam pengertian bagaimana mereka dapat menjangkau pelayanan sosial dasar.Komunitas Adat Terpencil sebagai bagian dari masyarakat dalam bangsa yang besar ini, maka sumber daya manusia.Komunitas Adat Terpencil harus memperoleh pemberdayaan serta lingkungan fisik tempat tinggal mereka harus dibangun agar suatu saat  kelak mereka bisa memperoleh kehidupan yang layak.

Dengan demikian, maka starting point atau titik masuk untuk memajukan  Komunitas Adat Terpencil adalah membangun manusia dan membangun lingkungan melalui berbagai kegiatan sesuai kebutuhan riil warga. Data terakhir  menyebutkan saat ini jumlah Komunitas Adat Terpencil di Propinsi Jambi   terdapat sekitar  6.773  KK  atau  28.886 jiwa, tersebar di 8 kabupaten dalam Propinsi Jambi masing-masing di Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muara Bungo, Kabupaten Muara Tebo, Kabupaten Batanghari,  Kabupaten Muara Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Menurut  Alfi Rinaldi kawasan Kecamatan Muaro Tabir Kabupaten Tebo juga termasuk kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas dengan jumlah Populasi yang cukup banyak,disamping Kecamatan  Muara Tabir  pada beberapa lokasi terdapat pemukiman Suku Anak Dalam Tradisional yang tersebar dan terpencil,sebagian besar masih membutuhkan upaya pembinaan dan pemberdayaan dari pemerintah,dunia usaha dan pihak pihak yang peduli terhadap persoalan sosial warga Suku Anak Dalam yang masih sangat tertutup dan terpencil.

Dari 15 lokasi sebaran yang telah di petakan 10 wilayah lokasi belum diberdayakan oleh pemerintah  maupun oleh dunia usaha. Jumlah populasi warga Suku Anak Dalam di wilayah  Kabupaten Tebo belum terdata seutuhnya, medan lokasi yang terpencil.sulit dijangkau dan kebudayaan nomaden (melangun) merupakan faktor penyebab sulitnya pendataan dilakukan

Mengingat kehidupan mereka yang nomaden,maka untuk menentukan posisi wilayah pemukiman mereka relative agak sulit,akan tetapi bila melihat luas wilayah yang dijadikan zona melangun atau nomaden kita dapat mengetahui keberadaan kehidupan  yang sangat sederhana dan serba terkebelakang, kehidupan warga Suku Anak Dalam di wilayah Kabupaten Tebo sangat terikat dengan aturan adat hukum  adat tradisional /norma,sedangkan kepercayaan dan upacara ritual sangat klasik dan uniek, sentuhan agama sangat sedikit yang menyentuh kehidupan mereka.

Dikabupaten Tebo secara umum Suku Anak Dalam mendiami kantong kantong pemukiman yang masih terisolir dan sulit dijangkau,mereka hidup berkelompok dalam jumlah kecil antara 5 KK – 10KK ( Pesaken) setiap Pesaken terdiri  kedua orang tua,anak anak,menantu dan cucu, gabugan beberapa pesaken terjadi satu wilayah territorial  kepemimpinan    adat yang disebut Temenggung .kondisi daerah sebaran mereka yang terpencar sehingga sulit mendapat pemberdayaan dan perlindungan baik kepada manusianya maupun sumber daya alamnya, keterbatasan dan ketertutupan  yang meng kungkung mereka sejak berabad abad yang silam meng akibatkan mereka dalam kondisi yang memperihatinkan, terpuruk dan semakin terpencil dalam pengertian segala bentuk sarana dan prasarana yang tersedia.

Menurut Alfi Rinaldi dalam rangka  melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Suku Anak Dalam memiliki nilai strategis dalam mendorong percepatan otonomi daerah ,bagaimanapun, globalisasi merupakan fenomena yang tidak terbendung.Selain disiasati secara kritis dengan mengambil inisiatif dalam mematahkan berbagai problem yang membelengu komunitas masyarakat adat.Untuk mencapai harapan tersebut,maka pembinaan Suku Anak dalam hendaknya didasarkan pada beberapa pertimbangan diantaranya adalah:

  • Pertama pemberdayaan Suku Anak dalam hendaknya didasarkan pada sistim nilai budaya yang berlaku dalam lingkungan masyarakat setempat,hal ini dimaksud agar upaya pemberdayaan tersebut bisa lansung menjawab kebutuhan rill mereka.pemikiran ini sejalan dengan gagasan otonomi daerah yang menekankan pentingnya meng – akomodasi nilai nilai lokal dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan.
  •  Kedua pembinaan Suku Anak dalam perlu dilaksanakan secara partisipatif,mereka tidak lagi  menjadi objek,tetapi menjadi subjek pembangunan,kekuatan pemberdayaan Suku Anak Dalam bertumpu pada masyarakat setempat,sementara negara lebih berperan sebagai fasilitator,masyarakat harus terlibat aktif dalam seluruh proses pengambilan keputusan,sebab merekalah yang paling paham dengan kondisi setempat,problem problem yang dihadapi serta solusi alternatif pemecahannya.
  • Ketiga,Pembinaan dan pemberdayaan Suku Anak dalam perlu lebih difokuskan pada upaya peningkatan kualitas pendidikan,baik jalur pendidikan formal maupun informal,Pendidikan sangat berperan untuk membantu Suku Anak Dalam dalam memahami persoalan hidupnya,mampu berpikir mandiri,kreatif menciptakan peluang usaha dan peka terhadap tuntutan keremajuan zaman,dengan kasatmata kita dapat melihat bahwa  di kantong kantong pemukiman Suku Anak dalam kita melihat lemahnya kemampuan kritis masyarakat Suku  Anak Dalam. dan kurangnya jumlah kaum terdidik dikalangan komunitas mereka.

Jika ketiga langkah tersebut dilaksanakan  secara terencana dan konsisten  menurut Drs.Alfi Rinaldi,MM akan mampu mendorong terwujudnya pemberdayaan Suku Anak dalam sehingga mereka secara aktif dapat berperan secara aktif dalam membangun dirinya secara kritis,kreatif  dan mandiri.

Sejak beberapa tahun terakhir,perhatian Gubernur Jambi dan kalangan dunia usaha dan lembaga swadaya masyarakat telah menampakkan hasil yang cukup menggembirakan,hal ini ditandai dengan semakin banyaknya jumlah warga Suku Anak Dalam yang telah membuka diri   dan sebagian telah bersedia untuk hidup menetap layaknya masyarakay kebanyakkan disekitar mereka(BJ).

Bung Karno tokoh proklamator dan presiden pertama Republik Indonesia pernah mengatakan bahwa kita jangan sekali kali melupakan sejarah,kalimat ini terasa singkat namun bermakna dalam ketika dikaitkan dengan kontek kekinian.

Sebagai tanggung jawab moral terhadap ranouh kincai yang telah memberi ruang dan memberikan nafas kehidupan, dalam waktu dekat Lembaga Bina Potensia Aditya Mahatva Yodha dan Sanggar Seni Incung Alam Kerinci kembali akan menerbitkan buku sejarah tentang reformasi di alam Kerinci.

Buku ini diharapkan akan membuka mata dan mengetuk pintu anak anak di negeri ini untuk memahami makna reformasi yang terjadi di alam Kerinci dan sebagai sebuah cermin bagi para pemimpin yang ada di dua daerah otonum Kerinci dan Sungai penuh untuk belajar dari sebuah sejarah perjuangan anak anak negeri yang melakukan gerakan reformasi.

Penulis mencoba untuk merajut rangkaian peristiwa yang mulai terhapus dari memori kolektif anak anak negeri masa kini, dan berikut ringkasan dan kutipan rancanga buku yang segera akan di terbitkan

Dalam tulisan penulis utama Budhi Rio Temenggung penerima PIN Emas dan Anugerah Kebudayaan Tingkat Nasional itu menyebutan bahwa Badai Prahara kembali menimpa bangsa Indonesia dan merupakan siklus 30 tahunan, tragedi dan kemelut politik kembali berulang menjadi krisis multidimensional yang dimulai dari krisis moneter pada pertengahan tahun 1977

Pada awal Mei 1998 terjadi gerakkan Reformasi,di Ibukota Negara terjadi aksi gelombang Demontrasi yang melibatkan segenap komponen mahasiswa di seluruh Indonesia yang dipelopori mahasiswa Universitas Trisakti Jakarta,aksi Demontrasi yang dipelopori mahasiswa Universitas Trisakti ini menimbulkan korban jiwa.

Pada tanggal 20 Mei 1998 Prof.Dr.H.Amin Rais,MA mempelopori Demontrasi besar besaran yang melibatkan mahasiswa dan masyarakat,aksi demontrasi yang dipimpin Ketua Umum DPP Muhamadiyah itu digelar di halaman muka gedung MPR/DPR RI yang intinya menuntut agar Presiden Soeharto agar meletakkan jabatannya.

Desakan arus masyarakat dan mahasiswa yang menuntut Pak Harto untuk Lengser ke prabon membuahkan hasil, Pak Harto yang mendapat gelar Bapak Pembangunan itu pada tanggal 21 Mei 1998 secara resmi meletakkan Jabatan,dan diganti Prof.Dr.Ing.H.Baharuddin Yusuf Habibi, dan susunan Kabinet Reformasi BJ Habibi dilantik di Istana Negara pada tanggal 23 Mei 1998.

Dikalangan tokoh tokoh nasional,Prof.Dr.H.Amin Rais,MA dikenal sebagai sosok yang paling berani dalam menyuarakan isu suksesi kepresidenan di banding dengan individu manapun.

Pengalaman penulis bertatap muka dengan tokoh Reformasi ini saat mengunjungi Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin,sosok Amin Rais terlihat sederhana sejuk tenang, santun dan dalam merangkai kata kata beliau sangat sistematis dan mudah dipahami oleh banyak kalangan,mata beliau menatap tajam pada lawan bicaranya,dan pikirannya tidak mengembara.

Sosok Prof.Dr.H.Amin Rais,MA menyusun pokok pokok pikirannya kedalam beberapa cara yang cermat,dan para audiene yang berbicara dengan beliau dapat mencemati dan mengikuti alur pikiran dan gagasan gagasan yang beiau sampaikan.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Sosok H.Amin Rais adalah tokoh yang memiliki banyak peran,ia seorang Profesor ilmu politik di Universitas Gajah Mada, beliau juga memimpin organisasi Muhamadiyah,sebuah organisasi muslim yang memayungi lebih 30 juta orang anggota yang memainkan peran dalam pemberdayaan umat melalui kegiatan kegiatan sosial dan pendidikan.

Beliau juga bersekutu dengan politisi oposisi Megawati Soekarno Putri,dan beliau dengan berani mengancam akan membawa masa pendukungnya turun kejalan untuk memprotes pemerintahan Presiden Soeharto.

Prof.Dr.H.Amin Rais adalah pendiri sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional, sebuah partai politik yang terbuka yang multi etnik dan multi agama dan beliu juga pernah mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia.

Figur Amin Rais menyerupai KH Ahmad Dahlan pendiri Muhamadiyah tahun 1912 yang lebih dikenal sebagai tokoh moderat yang peduli terhadap pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan,Amin Rais bergabung dalam barisan Muhamadiyah mengikuti jejak pendahulunya seperti KH Mas Mansyur(1936-1942) Ki Bagus Hadikusumo (1942-1953) dan AR Mansyur (1953-1959),Semuanya adalah tokoh yang menjadi tokoh nasional karena prestasinya pada bidang pendidikan dan kepeduliannya pada pemberantasan kemiskinan melalui lembaga lembaga pendidikan dan institusi sosial yang dimiliki oleh Muhamadiyah.

Prof.Dr.H.Amin Rais,MA merupakan tokoh Reformasi yang memiliki peran pentig yang sangat besar dalam gerakkan pembaharuan dan perjuangan yang dilakukan oleh Mahasiswa Kerinci dan tokoh tokoh masyarakat Kerinci yang memperjuangkan suksesi kepemimpinan di Kabupaten Kerinci.

Mayoritas Mahasiswa Kerinci yang di pelopori Ikatan Mahasiswa Kerinci Indonesia(IMKI) dan mayoritas Masyarakat Kerinci melakukan aksi Demontrasi dan menduduki Gedung DPRD Kerinci menyuarakan aspirasi untuk melakukan perubahan termasuk suksesi kepemimpinan.

Mayoritas Rakyat Kerinci menginginkan agar Bupati Kerinci di pilih dari putra terbaik Kerinci bukan pemimpin yang di import dari luar yag nota bene bukan putra terbaik masyarakat Kerinci,seperti masyarakat lainnya di nusantara, masyarakat di alam Kerinci juga menuntut kebebasan,transparansi,keadilan,demokrasi yang dilandaskan pada nilai nilai hak asasi manusia,tanggung jawab asasi,serta keamanan umat manusia (human security)dalam waktu yang sesingkat singkatnya.

Pada tahun 1998, Tim Reformasi Kerinci yang di pimpin dr.H.Nasrul Qadir dan perwakilan Mahasiswa Kerinci yang terdiri Alfian,Syofyan Sori,Emil,dan kawan kawan bersama tokoh tokoh mahasiswa Kerinci menghadap Tokoh Reformasi Nasional Prof.Dr.H.Amin Rais, dan Pengacara Dr.Adnan Buyung Nasution untuk meminta dukungan .

Prof.Dr.H.Amin Rais menyambut baik kedatangan tim Reformasi Kerinci, dan secara pribadi beliau mengirimkan surat kepada Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Letnan Jenderal Syarwan Hamid, yang intinya meminta agar Mendagri untuk menerima delegasi/ tim reformasi Kerinci.

Menteri Dalam Negeri Syarwan Hamid menerima kunjungan tim Reformasi Kerinci dan delegasi Mahasiswa Kerinci yang menyampaikan aspirasi suksesi kepemimpinan Kerinci, hasil pertemuan itu membuah hasil berupa penyaringan dan penjaringan Calon Bupati Kerinci di lakukan proses ulang.

Dilain pihak pada tanggal 31 Mei 1998 di Gedung Nasional Sungai Penuh dilakukan pertemuan Danrem Gapu Jambi dengan tokoh masyarakat beserta wakil Ormas dalam Kabupaten Kerinci,Pada pertemuan tersebut diperkenalkan Calon Bupati Kerinci yang tidak dikenal oleh sebagian besar masyarakat penghuni ranouh Sakti Alam Kerinci

Mantan Aktifis PB IMKI Devanan Munir dan Alfian,SE mengemukakan (wawancara 23-24 Maret 2015) Suksesi Kepemimpinan di Kabupaten Kerinci berlansung bersamaan dengan suksesi kepemimpinan di tingkat nasiona Pada tahun 1998 Bupati Kerinci Kolonel (Purn) TNI H.Bambang Sukowinarno akan mengakhiri tugas dan pengabdian sebagai bupati Kerinci

Dalam waktu yang bersamaan pada saat itu ditengah tengah masyarakat berkembang informasi bahwa DPRD Kerinci mencalonkan figur pengganti H.Bambang Sukowinarno yang di droping dari atas, dan calon yang diajukan itu tidak dikenal oleh masyarakat di Sakti Alam Kerinci

Calon pengganti Bupati H.Bambang Sukowinarno juga telah mendapat restu dari Muspida Propinsi Jambi. Dilain pihak rakyat sakti alam Kerinci berkeinginan mencalonkan AD yang berasal dari putera daerah Kerinci, meski masyarakat telah mengusulkan namun pihak AD pada saat tetap pada calon semula.

Munculnya nama Imam Santoso yang belum dikenal secara luas oleh masyarakat Kerinci,kondisi ini membuat masyarakat di Kerinci menolak secara tegas calon Bupati yang di droping dari pusat,sebagian besar masyarakat di alam Kerinci menginginkan putra terbaik Kerinci untuk menjadi Bupati Kerinci.

Keinginan sebahagian besar masyarakat Kerinci untuk melakukan perubahan kepemimpinan ditanggapi dingin oleh sebagian besar anggota DPRD Kabupaten Kerinci,situasi dan keadaan di masa orde baru merupakan salah satu faktor yang membuat anggota DPRD dimasa itu tidak bisa menolak adanya calon titipan dari pemerintah pusat.

Seiring dengan Reformasi yang terjadi di pusat ,mendorong mahasiswa mahasiswa Kerinci dan tokoh tokoh masyarakat ikut ambil bagian untuk menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kerinci

Pada tanggal 25 Mei 1998,sekitar 100 orang lebih Mahasiswa Kerinci dari Jambi dan Padang mengadakan aksi Demontrasi di depan kantor DPRD Kabupaten Kerinci.aksi demontrasi mahasiswa ini mendapat dukungan oleh masa reformasi lainnya yang sudah ada di Kabupaten Kerinci,Pada intinya masa pendemo mengajukan tuntutan agar elakukan pemilihan Bupati Kerinci yang baru sesuai dengan aspirasi dan tuntutan masyarakat Kerinci, masa pendemo menyatakan menolak kandidat yang tidak dikekendaki oleh masyarakat Kerinci.

Setelah melakukan aksi demontrasi,beberapa hari kemudian terjadi pendudukan terhadap gedung DPRD Kerinci, beberapa saat berhasil menduduki Gedung DPRD Kerinci,maka sebagian anggota DPRD Kerinci menyatakan setuju memilih kembali calon Bupati Kerinci.

Pada tanggal 25 Juni 1998 Lembaga Kerapatan Adat Alam Kerinci melaksanakan rapat yang dilaksanakan di Gedung Nasional Sungai Penuh guna membicarakan soal pimpinan daerah Kerinci untuk masa yang akan datang, pada pertemuan itu Lembaga Kerapatan Adat Alam Kerinci meminta agar calon Bupati Kerinci diambil dari putera daerah yang terbaik.

Pada tanggal 26 Juni 1998 dilaksanakan pembicaraan dengan Ketua DPRD Kerinci M.Jono Junis dan dihadiri anggota Muspida Kabupaten Kerinci, dan pada saat itu juga secara resmi dibentuk Tim Kerja Gerakan Reformasi Sakti Alam Kerinci dengan Komposisi tim kerja gerakkan Reformasi Sakti Alam Kerinci terdiri dari Penasehat Drs.H.Thaher Ahmad,H.Burhan Ilyas, Depati.H.Miftah Yunus.H.Zakaria Angku Mudo,H.Darwis Alqaimi,H.Dasiba,Depati. KH. Wali Ahmad.

Sedangkan Ketua Tim Kerja Gerakkan Reformasi Sakti Alam Kerinci ditunjuk Depati.dr.H.Nasrul Qadir, Wakil ketua masing masing H.Sutan Kari,BA, Drs H.Daraqtuni Dahlan dan H.Nasrul Madin.Sekretaris Drs.Kisran Rachim,Wakil sekretaris Bustari,SH dan Depati Hedy Gustian, Bendahara Depati Amiruddin Gusti. Tim kerja dibantu dan didukung Pembantu Umum dan beberapa bidang

Pada Tanggal 8 Agustus 1998 dilaksanakan Musyawarah Besar Mahasiswa Kerinci se Indonesia yang dilaksanakan di Gedung Nasional Sungai Penuh, Musyawarah tersebut pada pokoknya membicarakan soal pimpinan daerah Kerinci,Para mahasiwa Kerinci se Indonesia berpendapat bahwa calon Bupati Kerinci hendaklah dari putera daerah Kerinci terbaik.

Aspirasi dan harapan mahasiswa mendapat dukungan dan respon positif dari segenap lapisan masyarakat dan anggota DPRD Kerinci,dan pada tanggal 4 September 1998 adalah penetapan jadwal kegiatan,peraturan tata tertib dan pengumuman mulai dibukanya penyaringan bakal calon Bupati Kerinci masa bhakti 1999-2004.

Pada tanggal 19 September 1998 tim Reformasi Sakti Alam Kerinci telah melakukan dialog dengan anggota DPRD Kerinci, Pada tanggal 25 September 1998 dilakukan penutupan penjaringan bakal calon Bupati Kerinci,proses berikutnya pada tanggal 6 Oktober dimulai dialog antara calon Bupati Kerinci dengan anggota DPRD Kerinci selama 3 hari dengan perincian: Pada hari Pertama tanggal 6 oktober 1998 dilaksanakan dialog dengan Bapak Drs Syarifuddin dan bapak Drs, Sa’adudin, Pada hari kedua tanggal 7 Oktober dilaksanakan dialog Bapak Letkol.Czi(Purn)H.Fauzi Siin dan Bapak Kolonel (pol) Syamsir Karim dan pada hari ketiga tanggal 8 Oktober 1998 dilaksanakan dialog Bapak Kolonel Czi Iman Santoso dan bapak Dr.Firwantan,SE,Mec,Dea.Ing

Pada tanggal 6 Oktober 1998 diperoleh informasi dari DPRD Kerinci yang menyatakan bahwa dari 6 orang kandidat balon bupati Kerinci,salah seorang diantaranya di coret,sehingga calon kandidat tinggal 5 orang yang bakal di usung oleh DPRD Kerinci kepada Menteri Dalam Negeri RI.

Pihak Kementerian Dalam Negeri RI menetapkan 3 orang calon untuk di pilih oleh anggota DPRD Kerinci masing masing H.Fauzi Siin,Drs Sa’adudin dan Drs.Ec.Syarifuddin.

Proses Reformasi untuk mendapatkan sosok pemimpin/bupati pilihan rakyat alam Kerinci semakin jelas, dan pada pada tanggal 27 Januari 1999 didalam gedung DPRD Kerinci dilaksanakan sidang Paripurna dengan agenda utama Pemilihan Bupati Kerinci. Hasil Pemilihan yang demokratis itu akhirnya Letkol.Czi(Purn) meraih 14 suara, Bapak Drs.H.Sa’adudin meraih 12 Suara dan Bapak Drs.Syarifuddin meraih 4 suara.

Hasil Pemilihan Bupati Kerinci pertama era Reformasi ini disampaikan oleh pimpinan DPRD Kerinci kepada Menteri dalam negeri melalui Gubernur Jambi, dan pada tanggal 3 Maret 1999 Gubernur Jambi Bapak Drs.H.Abdurahman Sayoeti dalam sidang Paripurna Khusus DPRD Kerinci atas nama Menteri Dalam Negeri Melantik dan mengambil sumpah jabatan Letkol.Czi(Purn) H.Fauzi Siin menjadi Bupati Kepala daerah Kabupaten Kerinci.Upacara pelantikan Bupati Kerinci mendapat sambutan hangat dari segenap lapisan masyarakat di bumi sakti alam Kerinci.

“Kilas Balik Peran Mahasiswa Kerinci dalam Proses Reformasi”

Era Reformasi memberikan angin segar menyeluruh dalam kehidupan di negara Republik Indonesia yang amat kita cintai,Bersamaan dengan runtuhnya tembok kekuasaan rezim orde baru dan berbicara tentang Reformasi di alam Kerinci kita tidak hanya mengenal tokoh tokoh formal, banyak sosok tokoh aktifis Mahasiswa yang berada di belakang layar,diantara motor dan lokomotif penggerak reformasi itu tercatat nama Aktifis Mahasiswa dari Jambi misalnya Devanan Munir tim /korinator media, Alpian, SE, MM Ketua Umum PB IMKI/ Ketua Senat Akubank Muhammadiyah Jambi Svempri, S,Pd Ketua Senat Mahasisiwa FKIP Universitas Jambi Raisul Jamal Jahidin, SE Presiden BEM Universitas Jambi Jafar Ahmad, M.Si Presiden BEM IAIN Sutlan Thaha Syaifuddin Zahirman, SH PB IMKI (Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kerinci Indonesia) Sofyan Sori, SP,pengurus senat unja dan PB IMKI (Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kerinci Indonesia) Suhardiman, SH /KETUM BPMF Hukum Unja/Sekjend PB IMKI Firman Edy Warta, S.Pd /mantan ketua senat fkip Sekum PB IMKI A.Martono, S.Pd ketua MPR unja /aktivis PB IMKI dan Petisi 5 Mensediar, S.Pd Gubernur BEM FKIP Universitas Jambi Ika Sonizar Ketua Senat Fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi Fajran, SP Ketua FKMK Mendalo / ranting IMKI Elfi Prasetya, SE Senator Mahasiswa Universitas Jambi Toni Indrayadi, S.Pd Ketua FKMK Mendalo / ranting IMKI Wazirman, S.Ag Ketua IMKI Cabang Sungai Penuh Firnando, S.Ag Aktivis IMKI Cabang Kerinci Darmadianto, S.Pd Aktivis PB IMKI Devia Efriza, S.Pd Aktivis PB IMKI,Mustahiddin,SP. Ketua IMK Jambi,Sasli Rais,SH,Mantan Ketua IMK Jambi, Rodi Candra,Spd,Mpd Sekum PB IMKI,Abidin,SE,Mantan Ketua IMK Jambi,Dedy Gusrizal,S.Pd Mantan Ketua IMK Jambi,Muzakir Walad,Mantan Ketua IMK Cabang Jambi, Purwadi,Emil Peria,S.Ag,Syafwandi Ketua PMII Cabang Kerinci

Sementara aktifis Mahasiswa dari Padang –Sumatera Barat sejumlah aktifis Mahasiswa Kerinci tercatat sejumlah mahasiswa diantaranya ialah Gusrizal Nuzran Joher Al Fadli Abbas Dr. Deri, Dr. Iwan ,Mahmud,ST, Irmanto,S.pd dan dikalangan mahasiswa ketokohan Drs.H.Nizam Hasan Majelis konsultsi PB imki merupakan panutan mahasiswa dan pemuda kerinci yang berada di Kota Jambi.

Dalam rangka untuk mewujudkan Reformasi di Kerinci selain mahasiswa Kerinci se Indonesia dan OKP OKP, banyak tokoh tokoh masyarakat Kerinci ikut terlibat,sebagian diantaranya memberikan bantuan dalam bentuk dukungan moral termasuk menyediakan secara gratis kenderaan untuk mengantarkan para mahasiswa Kerinci di Jambi untuk menggelarkan aksi demontrasi untuk memperjuangkan harapan masyarakat Kerinci yang menginginkan Pemimpin(bupati) Kerinci harus berasal dari putra terbaik Kerinci.

Tercatat puluhan tokoh yang terlibat lansung dalam tim kerja gerakan Reformasi Sakti Alam Kerinci, diantara tokoh itu ialah Drs.H.Thaher Ahmad, H.Miftah Yunus, dr.H.Nasrul Qadir,H.Dasiba,H.Zakaria Angku Mudo,H.Darwis Alqaimi,KH.Wali Achmad,BA,H.Sutan Kari,BA,H.Nasrul Madin, Bustari,SH, Drs.Kisran Rachim, H.Amiruddin Gusti dr.H.Walid Adnan,H.Buhari Rain,BA,Drs.H.Khusairi,H.Mansurdin Gusti, Hedy Gustian, Salipah Dauh, Dahmunir. Suriname, Supratman Yunus, Drs.Anizar, H.Rusdi Usman, Drs.A.Wahab Karimi, Syabaruddin,Nila Sutria,S.Pd,Nazar Idris,SH,Hazairin Zaini

Meski tidak berbuat terlalu banyak memberikan konstribusi,penulis yang juga ketua umum Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kerinci (IPPMK) Kabupaten Sarolangun Bangko mendapat tugas memimpin Organisasi Ikatan Mahasiswa Kerinci-Indonesia (IMKI) Kabupaten Sarolangun Bangko, dengan sekretaris Umum Ampera,SE dan sejumlah aktifis Mahasiswa Kerinci yang melanjutkan pendidikan di STKIP YPM Bangko, dan markas IMKI Sarko merupakan salah satu terminal persinggahan bagi aktifis Mahasiswa dari Jambi dan Tokoh masyarakat Kerinci yang melanjutkan perjalanan untuk memperjuangkan Reformasi di Bumi Sakti Alam Kerinci

Reformasi dan suksesi di Kabupaten Kerinci membuktikan bahwa perlawanan rakyat yang dimotori oleh mahasiswa terlalu kuat untuk diabaikan dan di taklukkan, bahkan Prof Dr.H.Amin Rais di hadapan Mahasiswa di Universitas Trisakti Jakarta mengatakan: Kalian(mahasiswa) adalah anak kandung rakyat! Seragam,senjata,dan pelurunya dibeli dengan menggunakan uang rakyat,dan semuanya dimaksud untuk melindungi rakyat!.

Devanan Munir (wartawan) dan Wazirman,S.Ag,MM-Mantan Ketua Ikatan Mahasiswa Kerinci Indonesia Cabang Kerinci (wawancara:24:3:2015) gerakan Reformasi yang di motori oleh Mahasiswa mahasiswa Kerinci merupakan mata rantai dari gerakan Reformasi di tingkat Nasional yang menginginkan perubahan kepemimpinan, dalam hal perjuangan rakyat Kerinci yang menuntut perubahan kepemimpinan di Kerinci,peran dan dukungan pak Amin Rais cukup besar, dengan dukungan dan surat yang beliau tujukan kepada Menteri Dalam Negeri merupakan jalan lapang untuk mewujudkan reformasi dan suksesi kepemimpinan di bumi Sakti Alam Kerinci.

Melalui suratnya tertanggal 5 Juli 1998, Tokoh Reformasi Nasional Amin Rais meminta agar Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Letnan Jenderal Syarwan Hamid untuk dapat menerima dan memberi ruang untuk menerima Tim Reformasi Kerinci yang di utus ke Jakarta.

Hasil pertemuan dengan Mendagri Syarwan Hamid pada intinya Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia memback up dan mendukung gerakan reformasi yang dilakukan oleh Mahasiswa Kerinci dan segenap masyarakat Kerinci.

Selain tim Reformasi Kerinci yang di pimpin dr.H.Nasrul Qadir dan sejumlah perwakilan mahasiwa Kerinci, puluhan tokoh tokoh Kerinci di Jabodetabek ikut turun tangan memberikan dukungan dan bantuan moral dan material kepada tim Refoemasi yang memperjuangkan aspirasi masyarakat Sakti Alam Kerinci

Diantara Tokoh Tokoh Himpunan Keluarga Kerinci se Jabodetabek tercatat nama Fahmi Mukhtar, Ir. H.Syahruddin Semat,Mustafa Kadir Ir.H.Syafruddin Ahmad, Alvenstony dan puluhan tokoh HKK,masyarakat dan Mahasiswa Kerinci di Jakarta dan sekitarnya.

Pada awal perjuangan Reformasi yang dilakukan oleh mahasiswa Kerinci di Jambi terdapat sikap pro dan kontra diantara sesama tokoh dan masyarakat Kerinci,sikap pro dan kontra terlihat jelas di kalangan sesama anggota DPRD Kerinci, sikap ini timbul tak lepas karena sistim yang berlaku pada saat itu merupakan sisa warisan produk orde baru yang dominan Top Down dalam memilah dan mengangkat Pemimpin(Bupati) Kerinci.

Akan tetapi setelah Mahasiswa melakukan Demontrasi dan setelah Tim Reformasi berhasil melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri membuahkan hasil, maka sikap kontra secara perlahan berubah menjadi pro, demikian sikap sejumlah organisasi masyarakat(ormas) kembali menyatu.

Diantara Ormas Islam yang ada di Kabupaten Kerinci, Ormas Muhamadiyah Cabang Kerinci termasuk salah satu ormas yang sejak awal telah memberikan dukungan terhadap gerakan reformasi yang dilakukan oleh para mahasiswa yang menginginkan perubahan terutama perubahan kepemimpinan di Kabupaten Kerinci.

Pimpinan Muhamadiyah Cabang Kerinci, H.Hasyimi,BA termasuk tokoh yang berteriak lantang melakukan orasi di DPRD Kerinci, bahkan diantara banyak organisasi dan individu yang memberikan dukungan ,Muhamadiyah Kerinci menyediakan bangunan asrama Putri Panti Asuhan Aisyiah Kerinci untuk dijadikan sebagai salah satu sekretariat dan ruang inap bagi(Posko) bagi para mahasiswa Kerinci, dalam hal ini peran Pimpinan Panti Asuhan Hj.Djamaliah sangat besar,ia tidak hanya mendukung,lebih dari itu beliau memberikan asupan makanan bagi para mahasiswa termasuk para aktifis yang melakukan demontrasi

Reformasi di alam Kerinci yang di motori oleh para mahasiswa kerinci dan mendapat dukungan dari tokoh tokoh masyarakat dan segenap masyarakat sakti alam Kerinci berakhirnya dengan dilakukannya Pemilihan Bupati Kepala Daerah Kerinci pertama Era Reformasi, berbagai agenda pembangunan daerah di program dan di susun oleh Bupati Kerinci dan DPRD Kerinci dengan tetap memperhatikan aspirasi masyarakat se alam Kerinci.

Banyak program dan gebrakan pembangunan yang telah dilakukan oleh Bupati Kerinci H.Fauzi Siin, meskipun dilain pihak masih banyak kekurangan yang mesti dilakukan perbaikan dan pembenahan.

Sama seperti manusia ciptaa Tuhan yang lain, jelas H.Fauzi Siin bukanlah manusia yang sempurna apalagi paripurna,Sebagai putra daerah ia telah memperjuangkan dan melakukan berbagai upaya pembangunan untuk mensejahterakan masyarakatnya, meski di sana sini masih terdapat ketidak sempurnaan.

Sebagai prajurit TNI, H.Fauzi Siin dikenal sebagai sosok orang yang disiplin dan tegas serta memiliki tekat yang kuat yang terkadang mengundang resiko,tapi H.Fauzi Siin menurut pengamatan penulis adalah type seorang pemberani dan berkemauan keras yang bertanggung jawab.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang beliau miliki, ia telah mengabdikan dirinya untuk mengangkat harkat dan martabat serta berupaya untuk mensejahterakan masyarakat Kerinci yang amat ia cintai.

Untuk membuka keterisolasian Kabupaten Kerinci bagi wisatawan mancanegara yang akan mengunjungi Kabupaten Kerinci,pada saat itu Gubernur Jambi Drs.H.Zukifli Nurdin yang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kerinci (15/1-2000) bersama Mantan Menteri Pariwisata seni dan budaya Repubik Indonesia Drs.H.Mazuki Usman,MA kepada Bupati Kerinci H.Zulkifli Nurdin mengusulkan agar landasan pacu Bandara Depati Parbo yang saat itu hanya memiliki panjang 650 meter agar ditingkatkan menjadi 1.250 meter sehingga Bandara ini dapat didarati oleh pesawat CN 135,CN 235, dan Foker 28.

Pada saat mengunjungi Bandara Depati Parbo tanggal 15 Januari 2000 Gubernur Jambi H.Zukifli Nurdin mengemukakan bahwa potensi alam Kabupaten Kerinci sangat indah dan menawan dan memiliki nilai layak jual kepada dunia internasional

Menurut Gubernur jambi pada waktu itu untuk memperpendek waktu tempuh ke Kabupaten Kerinci yang jarak tempuhnya 8-10 jam dari ibu kota Propinsi Jambi maupun dari Muara Labuh Sumatera Barat melalui jalun darat,untuk itu masalah transportasi udara ini harus diupayakan

Bupati Kerinci H.Fauzi Siin pada saat melakukan Halal Bil Halal dan Silaturahmi Gubernur Jambi H.Zulkifli Nurdin dengan masyarakat Kerinci mengemukakan bahwa luas Kabupaten Kerinci 420.000 Hektar, dari luas wilayah itu 51 % atau 215.000 Hektar merupakan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNS) dan hanya 48,31% atau 205.000 Hektar merupakan lahan budidaya.

Sebagai masyarakat yang bermata pencarian di sektor pertanian maka kendala utama yang dirasakan oleh masyarakat untuk mengembangkan usahanya adalah terbatasnya ruang gerak dalam usaha ekstensifikasi pertanian karena dibatasi adanya Taman Nasional Kerinci Seblat.

Menurut H.Fauzi Siin sebenarnya Kabupaten Kerinci memiliki potensi sumber daya alam berupa bahan galian tambang seperti andesit,andesit pirogsi,tas,kaolin,phospat,batu gamping,batu bangunan,mar mar,batu kali,obsidian,belerang,gamping,kristalin,grano,diosit,emas dan batu bara,dan semua potensi sumber daya alam itu semuanya berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Fauzi Siin memahami betul bahwa Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan kawasan yang luas memiliki ekosistim yang alami atau kawasan spesifik,Tidak ada kegiatan eksplotasi, diserta manajemen yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan alami secara maksimum tetapi terbuka bagi pengunjung secara spesifik.

Agar tidak terjadi perambahan hutan TNKS dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat , Bupati Kerinci H.Fauzi Siin mengusulkan perlu adanya suatu kompensasi dari TNKS bagi masyarakat bukan hanya dana pengamanan TNKS bagi masyarakat yang berbatasan lansung dengan TNKS seperti yang telah diterapkan selama ini,akan tetapi kompensasi ini diberikan kepada semua masyarakat petani yang tidak dapat menggarap lahan TNKS tersebut.

Fauzi Siin yang pernah menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bogor-Jawa Barat melihat kondisi sarana infra struktur jalan dari dan Kekerinci selama bertahun tahun tak pernah membaik, dan ruas jalan di Kerinci menuju daerah luar hanya ada 3 jalur yakni jalur Tapan-jalur Muara Labuh dan jalur Bangko.

Fauzi Siin kepada Gubernur Jambi H.Zulkifli Nurdin pada kesempatan tatap muka dengan Gubernur dan tokoh tokoh masyarakat Kerinci diawal masa tugasnya sebagai Bupati Kerinci mengharapkan agar di buka jalan alternatif yakni jalan tembus Pungut Mudik-Tanah Tumbuh Muara Bungo ke Kabupaten Kerinci.

H.Fauzi Siin juga mengharapkan agar ruas jalan Sungai Penuh- batas Sumatera Barat dan ruas jalan Sungai Penuh-Batas Merangin yang merupakan jalan Propinsi agar dapat di tingkatkan statusnya menjadi jalan negara.

Ruas jalan Sungai Penuh-Batas Merangin kondisinya saat itu sangat memprihatinkan,ruas jalan ini sangat rawan lonsor dan terdapat tikungan tajam dan tebing yang terjal yang sangat membahayakan bagi pengguna jalan, kondisi jalan yang sama juga berada di jalur Sungai penuh-Tapan batas dengan Sumatera Barat.

Banyak hal yang telah Fauzi Siin lakukan untuk membangun Sakti Alam Kerinci, dan salah satu karya monumental yang beliau lakukan ialah memekarkan Kabupaten Kerinci menjadi dua daerah otonum dan membentuk Kota Sungai Penuh sebagai daerah otonum baru, hasilnya pembangunan Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci berkembang cukup pesat kendati belum dapat disebut optimal, pertumbuhan ekonomi masyarakat di dua daerah otonum semakin menggairahkan,dibeberapa titik tumbuh pusat perekonomian baru, sarana infrastruktur transportasi menunjukkan kemajuan yang cukup menggembirakan.

Pada masa periode Pemerintahan Bupati H.Fauzi Siin berbagai pembangunan infrastruktur terus dilakukan, berbagai event berskala nasional Regional dan Daerah digagas oleh H.Fauzi Siin sebagai salah satu cara untuk lebih memperkenalkan Kabupaten Kerinci kedunia luar

Diantara gagasan H.Fauzi Siin yang fenomenal ialah kegiatan “Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci “(FMPDK) yang masih bertahan hingga saat ini.Beliau juga berhasil mengharumkan nama Kabupaten Kerinci pada Pekan Olah Raga Provinsi jambi (PORPROV)XVII Tahun 2006 di Kabupaten Kerinci.

Mengawali Gebrakannya sebagai Bupati Kerinci, H.Fauzi Siin melakukan gebrakan yang cukup membanggakan, Fauzi Siin dengan dukungan Gubernur Jambi dan Kementerian Pariwisata Seni dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1999 menggelar pesta akbar “Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci” yang pertama di pusatkan di kawasan wisata danau Kerinci(Sanggaran Agung)

H.Fauzi Siin memahami bahwa Kabupaten Kerinci yang berada di puncak andalas pulau Sumatera banyak menyimpan potensi wisata alam,seni dan kebudayaan yang sangat beragam, alam Kerinci memiliki panorama alam yang aduhai indahnya dikelilingi oleh pegunungan dan bukit bukit yang berbaris rapi mengililingi sakti alam Kerinci.

Di lembah terdapat hampara sawah yang menghijau ibarat permadani yang terbentang luas sesayup mata memandang,dan di bagian selatan terdapat danau Kerinci yang memiliki riak gelombang dan pemandangan yang indah di kala senja.

Alam Kerinci dengan hutan Taman Nasional Kerinci Seblatnya menyimpan Flora dan Fauna langka dan alam Kerinci termasuk salah satu pusat peradaban tua di nusantara yang kaya dengan tangible dan intangible.

Potensi dan kondisi ini lah yang mengilhami H.Fauzi Siin untuk mengagas sekaligus menggelas event Pariwisata nasional pertama di Propinsi jambi yakni “Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci, yang tahun 2014 yang lalu merupakan kegiatan FMPDK ke 13 yang merupakan kelanjutan FMPDK pertama yang digagas dan di dirintis oleh H.Fauzi Siin.

Ketika penulis melakukan wawancara dengan H. Fauzi Siin (1999), event Nasional FMPDK ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk memperkenalkan dan memasarkan potensi wisata alam seni dan budaya yang di miliki oleh sakti alam Kerinci.

Dan Menurut H.Fauzi Siin kala itu, kegiatan FMPDK merupakan kegiatan rutine tahunan untuk mempromosikan aset Pariwisata,Seni dan Budaya yang ada di Kerinci,Festival ini sendiri untuk pertama kali dllaksanakan tahun 1999, dan dengan adanya agenda kegiatan FMPDK terlihat terjadi peningkatan arus kunjungan wisatawan sebelum dilaksanakan kegiatan festival, meski belum memenuhi harapan dan belum mampu sepenuhnya menyedot “dollar”akan tetapi dengan Festifal ini setidaknya dunia internasional telah mengenal Kabupaten Kerinci dalam arti yang seluas luasnya,apa yang kita lakukan saat ini merupakan langkah awal untuk mempromosikan aset yang ada di negeri kata kata H. Fauzi Siin.

Memang salah satu perioritas Pemerintah kabupaten Kerinci yang telah di tuangkan dalam Surat Keputusan Bupati nomor 166 tahun 1999 tentang lima program pokok pembangunan daerah Kerinci adalah mengembangkan pariwisata dengan meningkatkan sarana dan prasarana objek wisata serta perluasan informasi/promosi wisata.

Secara nasional even FMPDK merupakan gerakan awal dalam upaya memeilihara serta membina budaya bangsa,seiring dengan kebersamaan dalam pembangunan kepariwisataan

Dalam rangkaian kegiatan Porprov H.Fauzi Siin berhasil membangun sarana prasarana olah raga seperti Lapangan tenis, penataan Gelanggang Olah raga(Stadion KONI) Pancasila di Tanah Kampung,Pembangunan sarana Panjat Tebing,Padepokan Pencak Silat dan pembangunan berbagai sarana olah raga /fasilitas pertandingan yang memenuhi persyaratan tekhnis

Pada Porprov yang dipusatkan di Kabupaten Kerinci sedikitnya ada 20 tangkai cabang olah raga yang dipertandingkan,dan kegiatan Pekan Olah Raga yang dilaksanakan di Kabupaten Kerinci merupakan PORPROV yang paling sukses dilakukan di luar kota Jambi pada zamannya, dampaknya di Kota Sungai Penuh yang saat itu merupakan ibu Kota Kabupaten Kerinci memiliki sarana olah raga paling lengkap diantara sarana olah raga yang ada di Kabupaten tetangga.

Untuk melancarkan sarana transpotasi udara satu satunya Bandara yang ada di luar Kota Jambi saat itu, Fauzi Siin melakukan perbaikan,peningkatan dan perluasan Bandara Depati Parbo sehingga mampu di darati pesawat jenis Foker 50, Peningkatan Kualitas Bandara Perintis ini merupakan upaya Beliau untuk memperlancar transportasi udara yang pada gilirannya dapat mendukung program pembangunan sub sektor kepariwisataan di Kabupaten Kerinci.

Pada masa pemerintahan Bupati Kerinci H.Fauzi Siin ,dengan dukungan Gubernur Jambi Drs.H.Zulkifli Nurdin dan Kementerian Pekerjaan Umum,meski berhadapan dengan sejumlah prostes dari sejumlah NGO Lingkungan hidup dalam dan luar negeri, H. Fauzi Siin dengan tegas dan berani menerobos pembangunan jalan baru dengan memotong sejumlah kawasan perbukitan dan sejumlah tikungan berbahaya mulai dari Muara Hemat hingga kawasan Batang Merangin, dampaknya mimpi Nek Fauzi Siin yang ingin memperlancaran transportasi darat yang mengubungkan dari dan ke Kerinci

Akhirnya pada era Kepemimpinan Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus.MM ruas jalan Sungai penuh – Bangko Via Muara Hemat saat ini semakin mulus dan nyaman untuk dilalui kenderaan angkutan barang dan penumpang.

Selama 10 tahun masa kepemimpinan H.Fauzi Siin sebagai Bupati Kerinci,berbagai sarana infrastruktur terus dilakukan pembenahan, Untuk meningkatkan kesejahteraan Petani, H.Fauzi Siin ia bersama Gubernur Jambi Drs.H.Zulkifli Nurdin memperjuangkan pembangunan terminal agri bisnis di sentra pertanian di Kecamatan Kayu Aro,

Melalui bantuan Kementerian Pertanian terminal Agri Bisnis dapat terwujud meski hingga terminal tersebut belum dimanfaatkan secara optimal oleh para pelaku bisnis hasil pertanian, Kepada Penulis pada acara peresmian Terminal Agribisnis beliau menyampaikan harapannya agar terminal agro bisnis diharapkan mampu untuk mendukung usaha pertanian yang dilakukan oleh para petani dan pelaku bisnis.

Pada masa H.Fauzi Siin menjabat Bupati Kerinci,beliau telah melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk “merayu” investor dan BUMN di pusat untuk melakukan investasi di bumi Sakti Alam Kerinci,Pada masa H.Fauzi Siin lah di rintis usaha untuk membangun PLTA di wilayah Batang Merangin, melakukan berbagai terobosan menemui Pemerintah Pusat untuk melakukan survey dan penelitian panas bumi di sejumlah lokasi termasuk di daerah Gunung Raya.

Pada saat itu mimpi H.Fauzi Siin belum semua Ide gagasan dan mimpinya yang terwujud,akan tetapi belakangan ini perlahan namun pasti berbagai potensi sumber daya alam di alam Kerinci mulai digali dengan melibatkan Investor dan Pemerintah Pusat/ Kementerian terkait.

Kondsi Pasar dan PKL di Kota Sungai Penuh yang sembrawut dan tidak tertata membuat Fauzi Siin harus memeras otak, disamping menertibkan PKL, Fauzi Siin melkukan renovasi pasar tradisional dan membangun Pasar Modren “Kincai Plaza”.

Di lingkungan masyarakat adat di Sungai Penuh, Fauzi Siin menyandang gelar Sko Depati dan Fauzi Siin juga membangun Fasilitas Gedung untuk kaum empat jenis,dan dalam kurun waktu 10 tahun kepemimpinannya,beliau telah memberikan perhatian terhadap kemajuan sektor pendidikan, pertumbuhan perguruan tinggi saat itu tumbuh pesat,sedikitnya selama menjadi Bupati jumlah perguruan tinggi yang semula hanya ada 2 perguruan tinggi meningkat menjadi 8 perguruan tinggi

H.Fauzi Siin sangat peduli dengan masalah kesehatan masyarakatnya, beliau membangun memprogramkan dan membangun puluhan Puskesmas,Pustu hingga ke ujung negeri,dan H. Fauzi Siin memprogramkan dan melakukan peningkatan kualitas sarana pelayanan rumah sakit umum daerah MHAT dan mendatangkan sejumlah dokter spesialist untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada segenap masyarakat di alam Kerinci.

Sepanjang usia Kabupaten Kerinci, hanya H.Fauzi Siin yang mampu meraih lambang supremasi Kebersihan Kota Adipura lebih dari 4 kali, dan Pasca Pembentukan Kota Sungai penuh yang beliau lahirkan dan beliau perjuangkan dengan susah payah hingga saat ini tak satupun Penjabat Walikota Sungai Penuh termasuk Walikota Sungai penuh yang depenitif yang mampu menambah Piala Adipura, jangankan membawa pulang adipura,merawat adipura yang ada pun Pemerintah Kota belum mapu ,buktinya ruas jalan yang diperbaiki sebagian amburadul, pada musim hujan air menggenangi sebagian wajah kota, unieknya di daerah hilir yang dulunya pada musium hujan rentan banjir, saat ini justru dibagian hulu khususnya di kawasan tengah kota seperti ruas jalan Kumun, ruas jalan menuju jembatan kerinduan, dan beberapa ruas jalan di sejumlah titik direndam banjir.

Penyebab banjir sudah dapat ditebak, saluran drainase yang dibangun dan ruas jalan yang diaspal kembali rusak sebelum waktunya karena di duga dikerjakan oleh produk kontraktor karbitan alias kontraktor “aji mumpung”

Sosok H.Fauzi Siin dikenal dekat dengan para pemangku pemangku adat, dan akrab dengan pentolan aktifis NGO dan aktifis Mahasiswa, tidak hanya itu saja, dikalangan para seniman dan budayawan beliau dikenal sebagai seorang bapak sekaligus pemimpin (Bupati) yang sangat peduli kepada Kegiatan berkesenian dan berkebudayaan,semua karya seni sangat beliau hargai dan beliau sangat memberi apresiasi terhadap dunia berkesenian dan berkesusastraan, kabarnya beliau merupakan sahabat dekat sekaligus keluarga dekat Pujangga Kerinci Ghazali Burhan Riodja.

Diman-tokoh muda Kerinci dan mantan aktifis mahasiswa Kerinci jambi menilai bahwa sebagai sosok militer H.Fauzi Siin dikenal sebagai sosok yang sangat disiplin dan kadang kadang terkesan pemarah, bila ada yang salah dan bertentangan dengan kebiasaan umum beliau tak segan segan memarahi siapa saja, akan tetapi kemarahan beliau tak berlansung lama, dalam hitungan jam beliau kembali memberikan senyuman,penulis pun suatu ketika pernah kecipratan marah beliau, dan pada waktu itu juga kemarahan beliau kembali reda dan beliau kembali bercanda.

Dikalangan wartawan dan aktifis termasuk tokoh tokoh masyarakat sosok H.Fauzi Siin dikenal royal, bahkan beliau tak segan segan memberikan honor kegiatan beliau untuk membantu masyarakat yang sedang ditimpa kesusahan, dan dikalangan ulama dan tokoh adat termasuk masyarakat awam H.Fauzi Siin selalu membuka diri, jam berapapun sepanjang beliau belum istirahat tidur,beliau menerima para tamu, tidak peduli, subuh,pagi siang atau malam rumah dinas bupati Kerinci tak pernah sepi dari tamu, sikap beliau yang benar benar merakyat membuat beliau di senangi kawan dan dihargai lawan, tak pernah saya melihat H.fauzi Siin menyimpan rasa dendam kepada orang lain ujar Diman mantan Aktifis Mahaiswa Kerinci di Jambi dan di zamannya Fauzi Siin dikenal sebagai Bupati yang paling sering blusukan dan turun kelapangan melakukan inspeksi mendadak ke desa desa

Menurut sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat dimasa lalu kehidupan berkesenian dan berkebudayaan sangat terasa,berbagai acara seni dan budaya dan kenduri sko merupakan rutinitas yang dilakukan hampir di setiap dusun dusun,dan pada waktu waktu tertentu beliau membawa tim kesenian Kerinci ke Kabupaten dan kota tetangga bahkan hingga ke negara negara sahabat, kegiatan rutinan tahunan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) senantiasa ramai di kunjungi wisatawan termasuk sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara, belakangan sejak beberapa tahun terakhir jarang terdengar suara musik seruling bambu di malam hari, jarang terlihat lagi gemulai para penari asyik atau tari tari tradisioanal Kerinci seperti niti mahligai dan tari tauh, kalaupun ada muncul hanya sekali sekali dan itupun bila di butuhkan.

Pada acara Diskusi ringan bersama sejumlah anggota Sarung di Baheoun Buleouh Kincai,penulis menyebutkan saat ini tengah dilakukan pemilihan data disamping mencari data data tambahan untuk melengkapi isi buku,mudah mudahan jika ada kemudahan rezeki buku ini akan di cetak d Bandung, Insya Allah usai Pilwako kita akan launcing buku ini

Apakah Anda seorang jurnalis atau punya niat serius menekuni dunia jurnalis? Tolong baca tulisan ini. Mari kita sharing -bukan bermaksud menggurui-. Dan, mari belajar bijak.

Dunia pers di Provinsi Jambi kian memprihatinkan. Di tengah pesatnya media sosial yang membuat media-media konvensional makin terjepit, perkembangan dunia ini kian lambat dan malah makin mengalami kemunduran.

Ini diperburuk dengan kondisi para pelaku profesi pers atau jurnalis atau biasa dikenal dengan sebutan wartawan, lambat laun mengalami degradasi. Parahnya lagi, jiwa korsa di dalam dada sebagian kawan-kawan jurnalis, mulai hilang bersamaan dengan pesatnya industri media online yang, bisa dikatakan, terlalu cepat dewasa sebelum usianya.

Degradasi Jurnalis

Degradasi dari KBBI dapat diartikan sebagai; kemunduran, kemerosotan, penurunan, dan sebagainya (tentang mutu, moral, pangkat, dan sebagainya). Degradasi jurnalis dapat diartikan; kemerosotan atau lunturnya mutu/nilai, moral, dan norma yang berlaku di diri jurnalis.

Sebelum membicarakan ini, ada baiknya melihat lebih luas fungsi dan kedudukan pers di Indonesia.

Dalam negara demokrasi, kedaulatan berada di tangan rakyat. Rakyat sebagai pemegang kedaulatan berhak mengetahui apa yang terjadi terhadap seluruh aspek yang dapat mempengaruhi kehidupan dan penghidupan rakyat (baca faq tentang peranan pers – Dewanpers.id https://dewanpers.or.id/kontak/faq/start/290).

Pers menciptakan keterbukaan pada pemerintahan sekaligus dimungkinkan adanya alternatif pemikiran, saran, kritik dan pengawasan kepada pemerintah dan para pihak yang terkait yang berujung pada terciptanya tatanan bernegara dan berbangsa yang demokratis. Memenuhi hak masyarakat inilah yang juga sering menyebabkan pers disebut sebagai pilar keempat demokrasi.

Adanya peran memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui inilah yang membuka pintu bagi pers mencari, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, memiliki dan menyiarkan informasi. Pintu ini pulalah yang membuat pers dapat dan boleh mewawancarai mulai dari para pejabat publik, politikus, pengusaha sampai rakyat biasa.

Dengan terbukanya pintu ini pula dalam UU Pers No. 40 Tahun 1999 ditegaskan terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan, dan pelarangan siaran. Tidak hanya itu, sebagai konsekuensinya, bagi mereka yang menghalang-halangi tugas dan fungsi sesuai dengan amanah yang diberikan oleh UU Pers, diancam sebagai perbuatan yang melanggar kemerdekaan pers.

Dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa nilai pers sangat tinggi di mata hukum dan negara demokratis. Sebagai penjaga demokrasi dan pilar ke empat demokrasi, moral dan norma jurnalis sangat dibutuhkan.

Sementara fakta saat ini berbeda jauh dengan harapan. Ibaratnya, jauh panggang dari tiang. Coba kita perhatikan.

Paling dekat, bisa lihat insiden “serangan” salah satu media online di Jambi terhadap sosok jurnalis dari media online lain. Tulisan di media online itu, sangat mencoreng dan memalukan jurnalisme di Jambi. Ini seperti memukul air di dulang, kena muka sendiri.

Seakan tak percaya, berkali-kali dibaca, ternyata memang apa yang ditulis di media online itu sangat subyektif. “Serangan”-nya terfokus kepada media online dan sosok jurnalis di media online yang “diserang” itu.

Jika ada pencatat sejarah, ini adalah catatan terburuk di antara sekian banyak sejarah perkembangan jurnalisme di Provinsi Jambi. Sekali lagi, TERBURUK!

Degradasi jurnalis bisa dilihat begitu kentara di insiden (sebaiknya pakai kata insiden sebagai bentuk ketidaksengajaan -semoga saja begitu) ini.

Di kemanakan nilai, mutu dan moral jurnalis pada insiden ini? Tidakkah yang menulis sadar, bahwa dia adalah jurnalis juga, seseorang yang berprofesi sebagai pewarta? Seorang penjaga demokrasi?

Apakah penulis “serangan” tak sadar, bahwa ketika ia “menyerang” subyek oknum jurnalis, ia juga “menyerang” profesinya sendiri? Ini tak ubahnya, membuka aib rumah tangga sendiri. Orang yang mendengar atau mengetahui akan senang, tertawa, mencemooh dan menghina, bukannya malah simpati dan perhatian. Sadarkah kau, kawan?

Jika sudah begini, perlu diajukan pertanyaan terpenting. Yakni, bisakah dirimu hidup seorang diri? Bisakah kau membela dirimu sendiri ketika kau “diserang” habis-habisan oleh orang di luar dunia jurnalis? Siapa yang akan membelamu (jika kau terbukti sudah menyerang dirimu sendiri)?

Jiwa Korsa yang Mulai Hilang

Pertanyaan-pertanyaan di atas ada kaitan erat dengan jiwa korsa. Ya, jiwa kesatuan. Pers di Jambi mulai kehilangan jiwa korsa-nya.

Dikutip dari laman Wikipedia, Jiwa korsa (bahasa Perancis: esprit de corps) adalah kesadaran korps, perasaan sebagai suatu kesatuan, kekitaan, kecintaan terhadap suatu perhimpunan atau lembaga. Jiwa korsa dapat berupa banyak hal, seperti rasa hormat kepada korps, setia pada sumpah, janji dan tradisi, kesadaran bersama antarkawan dalam satu korps, dan kebanggaan menjadi anggota korps.

Konsep jiwa korsa pertama kali diperkenalkan oleh Napoleon Bonaparte dalam strategi peperangan, bahwasanya tentara dalam satu unit harus saling setia, bahu-membahu dan melindungi untuk memenangkan suatu perang.

Baiklah, jurnalis bukan tentara. Jurnalis juga bukan berada dalam pertempuran nyata. Tetapi, jurnalis berada di pertempuran maya dengan medan menegakkan demokrasi sebagai pondasi negara.

Karena itu, jurnalis semestinya saling bahu membahu dan saling melindungi untuk memenangkan demokrasi demi negara dan rakyat tercinta ini.

Satu diganggu, yang lain ramai-ramai bersatu dan membela. Inilah yang dimaknai jiwa korsa itu. Kuat karena bersatu, lemah karena bercerai.

Bukan malah menggunting dalam lipatan dan menikam dari belakang. Serendah inikah jiwa korsa jurnalis di Jambi?

Kenangan Indah Itu

Padahal, kenangan tentang jiwa korsa yang kuat di kalangan jurnalis, sangat melekat beberapa tahun lalu. Catatan sejarah tak bisa diingkari. Pada kasus Pohon Natal dan Lafaz Allah di Novita Hotel pada 23 Desember 2016, kondusifitas Jambi tak terlepas dari peran pers, aktivis dan seluruh elemen masyarakat.

Sewaktu itu, isu agama sangat sensitif. Apapun terkait isu ini pasca demo 212 di Jakarta, akan mendapat perhatian lebih dari sebagian besar masyarakat. Malangnya, adanya lafaz Allah di dalam gambar telapak kaki bawah pohon Natal dalam Hotel Novita Jambi, membuat emosi masyarakat meledak.

Begitu terekspose ke permukaan, hotel itu diserbu masyarakat Kota Jambi. Amuk massa hampir terjadi jika pemangku kebijakan tak tegas pada malam kejadian itu.

Dini hari, penyebar informasi soal lafaz Allah ini diperiksa. Mulai dari beberapa wartawan hingga beberapa orang aktivis yang menyebarkan konten tentang pohon natal Novita ini ke media sosial. UU ITE mengintai beberapa wartawan dan akvitis.

Tak butuh waktu lama bagi hampir semua jurnalis untuk bersatu membela kawan-kawannya yang sedang diperiksa polisi terkait kasus itu. Betapa indahnya kala itu. Jiwa korsa di dada jurnalis menggerakkan mereka untuk bergantian menjenguk rekan-rekan yang diperiksa di Polresta Jambi. Akomodasi dan konsumsi terus dialirkan selama pemeriksaan. Dukungan moral tak putus-putus!

Kapolda dan Kapolresta Jambi kala itu, meminta agar media tak lagi memberitakan kasus pohon natal Novita. Tujuannya agar tak “membakar” emosi masyarakat sehingga akan memperburuk situasi di Jambi. Bayangan efek demo 212 sangat mengkhawatirkan. Sedikit saja disulut, kemarahan massa akan tak terkendali!

Untungnya pers di Jambi segera paham dan mau bekerjasama. Sejah hari itu, berita soal pohon natal ditahan dan tak dikejar lagi perkembangannya. Sementara, dukungan kepada kawan-kawan jurnalis yang masing diperiksa di Polda Jambi, terus dilakukan secara berkelanjutan.

Dari hari ke hari, mulai pagi sampai malam, awak-awak jurnalis berdatangan mendampingi dan memberi dukungan moral kepada kawan-kawan jurnalis yang diperiksa. Ditambah pendampingan seorang pengacara yang juga mantan aktivis lingkungan kala itu, pemeriksaan dikawal dengan ketat.

Tak pernah satu haripun terlewat dukungan dari kawan-kawan jurnalis. Ini membuat para penyidik kasus itu angkat topi. Beberapa di antaranya mengacungkan jempol atas solidaritas dan jiwa korsa para wartawan yang hadir.

Selain itu, jiwa korsa juga ditunjukkan kawan-kawan aktivis. Seperti jurnalis, mereka juga mengawal pemeriksaan kasus rekan-rekannya yang diperiksa dengan ketat. Sehingga, jurnalis dan aktivis, memenuhi Mako Polda Jambi dengan damai dan penuh perhatian atas kasus itu.

Hasil akhir, pelaku pembuat lafaz di bawah pohon natal Novita Jambi itu terkuak. Penyidikan dialihkan ke pelaku. Sementara, jurnalis dan aktivis yang diperiksa diperbolehkan pulang. Betapa suka citanya kala itu. Seperti memenangkan pertempuran berkat jiwa korsa yang kuat!

Ini salah satu bukti, bahwa persatuan, akan membuat kekuatan tumbuh dengan sendirinya. Jiwa korsa dengan saling melindungi dan mendukung, membuat jurnalis dan aktivis lepas dari jerat UU ITE kala itu.

Apakah ada jurnalis atau aktivis di antara pembaca tulisan ini merupakan pelaku sejarah kasus pohon novita Jambi? Setujukah kau, kawan, tentang jiwa korsa kita ini? Semoga kita bisa menyimpan kenangan “manis” ini untuk selamanya.

Kata-kata Diselesaikan dengan Kata-kata (Tulisan Diselesaikan dengan Tulisan)

Mari lupakan sejenak soal jiwa korsa. Kita beralih ke kasus pidana undang-undang pers.

“Penyakit Lama” yang Terus Berulang

Akhir-akhir ini, “penyakit” lama di tubuh pers kembali “meradang”. Yakni, ancaman pidana gara-gara berita. Lebih jelasnya, KUHP versus Undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999.

Ada beberapa kasus ketika gara-gara berita, pers atau media massa di Jambi, digugat atau dilaporkan ke lembaga hukum dengan menggunakan pasal KUHP. Semisal, pencemaran nama baik atau UU ITE.

Ini sangat tidak baik untuk iklim jurnalisme di Jambi dan Indonesia pada umumnya. Penggunaan pasal KUHP untuk kasus pemberitaan, sangatlah tidak tepat. Yang tepat, mestinya merujuk pada UU Pers nomor 40 tahun 1999.

Diambil dari laman Dewanpers.id (https://dewanpers.or.id/kontak/faq/start/290, tentang apakah uu pers termasuk lex specialis), dari alasan teoritis maupun yuridis Undang-undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers sudah memenuhi syarat untuk dikatagorikan sebagai lex specialis.

Secara teoritis profesi jurnalistik yang diperankan oleh wartawan mendapat tempat yang khusus. Undang-undang tentang pers mengadopsi, mangakui dan menerima teori-teori yang berkembang secara universal dengan cara memasukan ke dalam batang tubuh Undang-undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Dengan demikian, karena secara teoritis profesi wartawan melaksanakan kegiatan jurnalistik diatur secara khusus, maka mekanisme penyelesaian permasalahan yang timbul sebagai akibat pemberitaan pers harus pula didekati dan diselesaikan secara khusus pula.

Undang-undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers mengatur secara khusus mekanisme penyelesaian akibat pemberitaan pers dengan bahasa yang lebih singkat, yakni kesalahan produk jurnalistik diselesaikan dengan mekanisme jurnalistik pula. Kesalahan katakata harus diselesaikan dengan kata-kata juga.

Hak jawab adalah puncak muara dari semua mekanisme ini. Kesalahan jurnalistik diselesaikan dengan mekanisme hak jawab. Undang-undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers secara khusus mengakui, menerima dan mengejewantahkannya.

Bahkan dari dulu hingga kini, Dewan Pers berpegang teguh dengan ini : “Kata-kata diselesaikan dengan kata-kata”. Ada banyak pengaduan yang masuk ke Dewan Pers, rekomendasi yang diturunkan akan kembali ke pondasi dasar Pers, yakni, HAK JAWAB. Bukannya, PI-DA-NA.

Ini berlaku untuk media massa yang bekerja secara profesional. Tertib di dokumen lembaga maupun kode etik jurnalistik. Produk jurnalistik ini pula yang membedakan dengan media sosial.

Medsos wajar diintai dengan KUHP atau UU ITE. Itu karena medsos bukan media massa profesional. Di medsos, cenderung terjadi ketika banyak orang dengan “gegabah” menjadi “wartawan”. Status bukanlah produk jurnalistik. Tetapi berita yang dikeluarkan media massa baik cetak, elektronik maupun daring, barulah masuk ke kategori produk pers.

Setelah menjadi berita dan tayang, maka ini sudah masuk kategori produk pers dan dilindungi UU Pers nomor 40 tahun 1999. Jika ada masalah dengan kata-kata akibat produk pers, ya, harusnya diselesaikan dengan kata-kata, bukannya pidana.

Berkaca dari pengalaman, asal berpegang teguh dengan UU Pers nomor 40 tahun 1999, semoga konflik pers akan selesai dengan mekanisme pers itu sendiri. Jangan mau diseret ke pidana. Jika terseret dan dipaksa diseret-seret, bisa paksakan kembali ke UU Pers dengan menggunakan mekanisme PRA PERADILAN lembaga hukum yang memaksa tersebut.

“Dewasa” Sebelum Saatnya

Fenomena lain yang perlu diteliti, adalah jurnalis yang “dewasa” sebelum saatnya. Kenapa begini? Baik, mari kita bedah secara sekilas. Karena kalau dikupas habis, perlu waktu dan kajian mendalam. Setidaknya, ada gambaran untuk didiskusikan lebih dalam lagi.

Perkembangan dunia internet membuat pertumbuhan media online makin pesat. Dengan cukup bermodal domain name (nama situs) dan sewa hosting (baik share hosting ataupun VPS hosting), seseorang sudah bisa punya media online/daring-dalam jaringan-.

Bermodal template dan CMS –content management system-, pembuatan konten/artikel jadi lebih mudah. Otak-atik sebentar, tambah logo dan seting ini itu, daftarkan ke search console google supaya terindeks di situs pencarian google, bikin fans page di medsos seperti Facebook, Twitter dan Instagram, dan… bang, situs jadi.

Bahkan ada juga yang membuat situs media online menggunakan AGC (Auto Generate Content). Cukup copy dari sana-sini, lalu paste ke situs (manual atau otomatis), dan… bang lagi, lagi-lagi situs jadi. Tiba-tiba ownernya sudah jadi wartawan. Media online siap berlayar mengabarkan informasi.

Dalam waktu singkat, situs media online itu sudah berlayar di dunia maya. Tak peduli siapa jurnalis di belakangnya, pengalamannya maupun mutu tulisannya. Yang penting, situs jadi, link bertebaran di medsos-medsos, maka eksis sudah media online itu. Pemiliknya adalah wartawan, terkadang merangkap segalanya. Mulai dari wartawan dia, redaktur dia, pemimpin redaksi dia, buzzer dia dan ownernya dia. Satu orang untuk pengoperasian media itu.

Sebegitu mudahnya membuat media online saat ini. Dan, sebegitu gampangnya menjadi jurnalis lewat media online. Degradasi jurnalis kembali terjadi.

Padahal… dulu, jauh sebelum media online berkembang pesat, menjadi jurnalis profesional bukanlah perkara gampang. Perlu pelatihan-pelatihan kontinyu, perlu waktu, perlu gemblengan lapangan yang penuh asam-garam, perlu jenjang karir yang jelas hingga akhirnya seseorang bisa dikatakan wartawan yang “dewasa” pada saatnya.

Setidaknya, di zaman kejayaan koran, ada jenjang jurnalis yang tersedia berdasar pengalaman dan prestasi sesuai ketentuan manajemen.

Jenjang jabatan wartawan, antara lain :

  1. Jurnalis magang/wartawan magang (biasanya 3 bulan)

Dalam prakteknya, wartawan magang diwajibkan mengikuti wartawan tetap/senior. Mulai dari peliputan, penulisan hingga pengeditan berita, wartawan magang diwajibkan melekat kepada seniornya. Ibaratnya, sebagai anak balita, wartawan magang ini dituntun dan ditatah oleh kakaknya sang wartawan senior.

Sampai akhirnya sang “balita” bisa berjalan sendiri walau dengan langkah terseok-seok. Dalam proses ini, biasanya wartawan magang ini diberi kode berita CR/MG. CR untuk calon reporter dan MG untuk magang. Penggunaannya seperti (CR01) atau (MG01), jika ia yang pertama jadi wartawan magang. (CR02)/(MG02) kalau dia yang kedua.

  1. Jurnalis/wartawan tetap (sudah diangkat jadi karyawan dan melalui masa magang)

Setelah melalui proses magang dan dinyatakan layak jadi wartawan, wartawan baru ini dinobatkan sebagai wartawan tetap.

Nantinya, si wartawan lulus magang ini akan ditempatkan di pos liputan oleh redakturnya. Di sinilah ia sehari-hari akan berkutat dengan peliputan dan penggalian informasi untuk dijadikan berita. Dan kode di dalam berita akan diubah menjadi inisial sesuai namanya. Atau kode lain yang disepakati oleh si wartawan dan pemimpin redaksi. Semisal, (JNI) untuk singkatan dari JONI.

Proses menjadi wartawan biasa ini, memakan waktu hingga bertahun-tahun. Selama ini pula, si wartawan tetap ini akan dipindah-pindah tugaskan. Dari satu pos ke pos lain sehingga pengalaman dan wawasannya semakin luas.

Semisal, biasanya di pos liputan pemerintahan, akan dipindahkan ke pos liputan hukum dan kriminal. Lalu ke bisnis dan pendidikan. Kalau perlu, dipindahkan dari satu daerah kabupaten ke daerah kabupaten lain. Sehingga, dari tahun ke tahun, mekanisme pengayaan pengalaman ini melekat di diri wartawan itu.

Disadari atau tidak disadari, lambat laun wartawan itu menjadi “penuh” dan benar-benar “dewasa” pada saatnya. “Dewasa” di sisi wawasan, mental dan pengalaman.

Dan sadar atau tidak sadar, instingnya telah tumbuh dengan matang. Mulai dari insting berita –mencium seperti anjing, melihat seperti elang, mendengar seperti kelelawar-, insting keamanan –waspada dan penuh kehati-hatian serta memperluas jaringan keamanan- hingga insting pengetahuan –haus akan pengetahuan baru karena sadar bahwa menghadapi narasumber dan situasi selama peliputan membutuhkan pengetahuan yang luas-.

Ini pula yang menjadikan sarat utama sebagai wartawan menjadi tinggi. Harus sarjana minimal strata 1. Kalau tak sarjana, tak bisa jadi wartawan. Bayangkan jika seorang wartawan lulusan SMA berhadapan dengan nara sumber yang lulusan sarjana, tentu wibawa wartawan itu akan jatuh di mata nara sumber. Sarat utama ini dipegang hampir seluruh media cetak kala itu.

Sehingga, begitu seseorang ditetapkan sebagai wartawan tetap di satu perusahaan pers, tentunya ia adalah sarjana dan punya wawasan yang luas.

  1. Redaktur/Editor

Ini jenjang ketiga jurnalis. Redaktur/editor adalah wartawan “dewasa” yang dirasa sudah layak menjadi editor atau penyunting atau pengedit berita dari wartawan biasa/tetap.

Biasanya, redaktur dipilih dari wartawan-wartawan tetap yang prestasinya lumayan bagus dan berita-beritanya menonjol. Standar utama adalah seberapa sering berita sang wartawan senior itu tampil di halaman utama koran/media cetak. Dan, seberapa gesit dan lihainya ia di lapangan selama meliput.

Standar-standar lain yang tinggi dan ketat, membuat seleksi menjadi Redaktur seperti seleksi eselon III di pemerintahan.

Redaktur bisa diibaratkan “gawang” pertama dari jurnalis ke manajemen/Pemimpin Redaksi. Pemred bisa diibaratkan Sekda di pemerintahan daerah.

Berada di posisi redaktur bukanlah perkara mudah. Wawasan yang dibutuhkan juga menjadi lebih kompleks. Mulai dari wawasan lapangan, wawasan isu terkini, wawasan narasumber, wawasan keamanan, termasuk wawasan bisnis dan tata bahasa yang baik dan benar.

Lewat redaktur, berita-berita dari wartawan diseleksi dan dipoles sedemikian rupa sehingga lebih menarik dan memenuhi kriteria jurnalistik yang bermutu dan bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat.

Di posisi ini, redaktur akan berlomba-lomba menunjukkan kualitasnya lewat kerja keras dan cerdas. Butuh bertahun-tahun untuk seorang redaktur naik ke jenjang berikut.

  1. Koordinator Liputan (Korlip)

Korlip (dibawah redaktur pelaksana-redpel), jika diibaratkan, sudah masuk ke jenjang eselon II di pemerintahan. Kalau di pertempuran, Korlip tak ubahnya perwira menengah. Ia yang mengkoordinir pasukan dan kepentingan pasukan di bawah.

Karena itu, seorang korlip harusnya wartawan dan redaktur yang benar-benar menguasai medan tempur. Bisa menyesuaikan dalam situasi apapun. Cepat menganalisa dan membuat keputusan untuk dibawa ke perwira tinggi untuk kemudian dijadikan perintah yang akan dieksekusi.

Perintah-perintah dari Pemred, diteruskan ke korlip untuk dilaksanakan oleh redaktur dan wartawan. Masalah-masalah wartawan di lapangan diteruskan oleh wartawan ke redaktur dan korlip meneruskan lagi ke Pemred. Gugus koordinasi yang saklek ini membuat sistem jurnalistik di media massa cetak begitu kuat hingga bertahun-tahun lamanya.

Wartawan menjadi nyaman melaksanakan tugasnya karena ada korlip yang menjaga dirinya dan redaktur yang menjaga kualitas dan keamanan beritanya. Terlebih, ada Pemred sang jenderal yang siap pasang badan untuk dirinya jika ia dalam tekanan sementara ia berada di posisi yang benar.

Korlip bisa diibaratkan gawang ke 2 untuk menembus manajemen/Pemred, setelah redaktur.

  1. Redaktur Pelaksana (Redpel)/Wakil Pemred

Setelah lolos jadi korlip dan ditetapkan layak naik jenjang, ia akan menempati posisi eselon II setengah. Yakni, Wakil Pemred/Redpel. Tugasnya seperti korlip, tetapi jauh lebih kepada teknis-teknis keredaksian.

Redpel jauh lebih ke pengawasan para redaktur. Teknis-teknis ke-redaktur-an, diurusi oleh Redpel. Redpel akan berkoordinasi melekat dengan Pemred. Dan mengejewantahkan sebagian instruksi ke Korlip. Juga berkoordinasi soal peliputan dengan Korlip.

Di sebagian perusahaan pers, posisi redpel ini tidak ada. Sebagian lain memakai jabatan ini sebagai “benteng” terakhir ke Pemred.

Untuk mencapai posisi ini, butuh waktu belasan hingga puluhan tahun oleh seorang wartawan. Seleksi alam yang ketat terjadi di posisi ini. Karena dalam satu perusahaan pers, biasanya hanya ada 1 Redpel dan 1 Korlip. Maka, yang mencapai posisi ini, tentunya seorang jurnalis yang sangat terlatih dan sangat “dewasa” baik di lapangan maupun di kantor.

  1. Pemimpin Redaksi (Pemred)

Pemimpin redaksi (pemred) bisa diibaratkan Sekda di pemerintahan dan Jenderal di medan pertempuran. Ia adalah mata dan arah redaksi. Ia juga benteng terakhir perusahaan pers. UU Pers nomor 40 tahun 1999, membuat kaki seorang Pemred sebelah di penjara sebelah di luar. Bisa diibaratkan begitu, saking pentingnya posisi ini di satu perusahaan pers.

Jika menjadi wartawan, redaktur, korlip, redpel, butuh waktu hingga puluhan tahun, bagaimana dengan Pemred? Tentu lebih lama lagi. Tentu melalui proses yang tak sedikit dan sangat kompleks. Butuh wawasan penuh dan tak sekadar “dewasa”.

Pemred harus menguasai segala hal di keredaksian dan di jurnalistik. Kerja-kerja jurnalistik harus dikuasainya dengan matang. Tak boleh ada yang terlewat oleh pemred, kalau tidak, seluruh redaksi akan tergganggu dan pada akhirnya mengganggu perusahaan pers itu sendiri.

Di masa peperangan atau pra kemerdekaan, Pemred adalah Jenderal sekaligus Bos Perusahaan. Baik idealisme maupun bisnis, harus seiring sejalan dengan kebijakan Pemred. Tetapi, di era pers industri ini, Pemred adalah perpanjangan tangan manajemen (Direktur atau Generam Manager). Sehingga, tak jarang terjadi konflik interest antara Pemred dengan jajaran manajemen dalam pembuatan kebijakan dan penurunan berita.

Terlepas dari itu semua, Pemred adalah posisi tertinggi di karir wartawan. Posisi paling tidak enak dan membuat tidur tidak nyenyak. Sebab, seluruh jiwa dan raga, harus siap dipasang untuk kemanan seluruh jajaran redaksi dan manajemen.

Lihat, betapa beresikonya posisi Pemred. Dan, betapa sulitnya menjadi Pemred.

Fakta saat ini, menjadi Pemred berbanding terbalik dengan apa yang dipaparkan di atas. Atau, apa yang terjadi berpuluh-puluh tahun lalu sebelum media daring berkembang pesat.

Wartawan yang –maaf-, baru kemarin sore belajar menulis berita, pagi ini sudah punya media online hingga menjadi Pemred di medianya sendiri.

Apakah itu salah? Tidak. Tentu saja tidak. Asal, ia benar-benar bisa menjalankan fungsinya sebagai Pemred, Sang Jenderal Tempur penjaga redaksi dan dunia jurnalistik di media itu. Agar jurnalisme tak terdegradasi oleh ketidakmampuan dan ketidaktahuannya yang “dewasa” sebelum saatnya.

Melihat dari fenomena yang ada saat ini di Jambi, tak bisa dihindari lagi bahwa degradasi jurnalis makin memprihatinkan. Wahai senior-senior, bergeraklah untuk membina. Wahai junior-junior, belajarlah untuk mengejar “kedewasaan”.

Kembalilah ke nilai-nilai mulia diri kita sebagai seorang penjaga demokrasi! Dan, jangan terbawa emosi. Emosi tak pernah menghasilkan kebaikan, hanya memperburuk keadaan.

Mari kita tegakkan lagi jiwa korsa jurnalis. Bahwa seorang jurnalis diganggu, jurnalis lain akan bersatu untuk melakukan pembelaan. Jangan mau dipecah belah, karena kalau bukan kita yang saling bela, siapa lagi?

Salam hangat dari sesama jurnalis yang ingin belajar bijak dan rindu jurnalisme bermutu-bersatu.

* Monas Junior adalah nama pena dari Alpadli Monas. Pernah menjadi wartawan, redaktur, korlip dan Pemred di harian pagi Jambi Independent. Kini owner di media online Jambiseru.com. Pernah menerbitkan buku kumpulan cerpen “Aum” 2001, “Harimau Sumatera” 2002, “Apa yang Kau Lihat” 2012 dan Novel “Pemburu Emas : Legenda Bermula” 2018.

Berkali-kali terlibat dalam penulisan biografi, mulai dari “Polisi Ditantang Keringatan” Komjen Pol Anang Iskandar, “Ketika Hidup Telah Terpola” AKBP Robert A Sormin, “New Hope HBA” – Hasan Basri Agus, “Surat Dari Sahabat” HBA, “Lawan Macet di Kota Jambi” AKP M Arief.

Kerinci time ,- Jakarta Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI Drs.Hartono Laras ,M.Si dan Direktur Komunitas Adat Terpencil Kementerian Sosial RI,Marsali,SH memberikan apreasiasi dan dukungan  kepada Kelompok Peduli Suku Anak Dalam(kopsad) yang melakukan pemberdayaan terhadap komunitas adat terpencil-suku anak dalam di sejumlah kawasan hutan di Propini Jambi.

suku anak dalam jambi
(Dirjen daya sos,Direktur KAT Kemensos RI dan Direktur Kopsad,gambar kanan potret warga SAD TNB 12 Propinsi Jambi)

Kedepan kita mengharapkan agar masyarakat,dunia usaha dan pemerintah daerah untuk  bersama sama melakukan pemberdayaan terhadap sanak saudara kita yang masih hidup nomaden.Kementerian Sosial RI setiap tahun telah menyediakan dana yang cukup  untuk kegiatan pembedayaan Komunitas Adat Terpencil di tanah air.

Direktur Kopsad Budhi VJ Rio Temenggung kepada Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Direktur Komunitas Adat Terpencil Kementerian Sosial RI menyampaikan  bahwa dengan dukungan dan bantuan Gubernur Jambi Bapak H Hasan Basri Agus,Menteri Sosial dan Menteri PDT.RI  Dinas Sosial Propinsi Jambi para Bupati dan PT.Kresna Duta Agro Indo (PT.SMART.Tbk) saat ini puluhan Kepala Keluarga warga pedalaman mulai hidup menetap dan belajar hidup layak.

Dan sejak 3 tahun terakhir dengan bantuan Gubernur Jambi  sudah 2 orang mantan Temenggung(pimpinan SAD) yang diberangkatkan ke tanah suci Mekah untuk menunaikan ibadah haji, dan dengan bantuan Gubernur ,Bupati dan PT Kresna Duta Agro Indo kita telah membangun 2 Mushalla, 3 unit Paud dan melakukan berbagai upaya pencerahan terhadap warga suku anak dalam muslim.

Direktur Kopsad dan Budayawan Jambi Budhi VJ Rio Temenggung kepada Dirjen dan Direktur  KAT melapokan  bahwa seorang pemuda SAD  bernama ,Besudut adalah salah satu dari anak rimba (suku anak dalam) yang pernah disentuh perberdayaan oleh Kopsad  telah diterima menjadi  Mahasiswa Universitas Negeri Jambi Pogram Studi PGSD,keberhasilan Besudut memasuki jenjag pendidikan tinggi di Unja tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak termasuk  dukungan dan suport yang diberikan oleh  salah seorang  guru SMA Negeri 14 Kabupaten Tebo Bapak Edwar Keliad,S.Pd,

Edward Keliad Guru SMA Negeri 14 Tebo,Alumni Universitas Negeri Medan yang diangkat tahun 2011 sebagai CPNS di SMA Negeri 14 Tebo selama hampir tiga tahun  memberikan dorongan dan motivasi kepada Besudut untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Melalui Telepon Seluler,Edward Keliad yang baru  melansungkan pernikahan di Medan Sumatera Utara-jumat malam 20/12 mengemukakan  bahwa besudut anak didiknya  merupakan  seorang warga pedalaman yang supel dan sopan  dalam pergaulan, ia sangat mudah memahami dan menghapal pelajaran terutama pengetahuan sosial,daya ingatnya tinggi,tapi untuk berhitung ia agak lemah.”Besudut tergolong siswa yang rajin dan cerdas, sepintas kita tidak menyangka jika ia adalah anak rimba.

Ditempat terpisah beberapa  waktu yang lalu CEO.PT.Kresna Duta Agro Indo (PT.SMART ) Antonius Constan dalam pertemuannya  dengan Direktur Kopsad  berjanji  akan mendukung  sejumlah program pendidikan yang digagas oleh Kopsad Propinsi Jambi

Direktur Eksekutif  Kopsad Budhi VJ Rio Temenggung  dalam pertemuan itu  secara tegas  mengatakan harus  diakui bahwa upaya pembinaan dan pemberdayaan yang dilakukan selama ini tidak semata mata dilakukan hanya oleh Kopsad, beberapa   LSM   lain ,   Kelompok   Swadaya  Masyarakat,  pemuka pemuka agama   juga ikut serta    melakukan    proses   pembelajaran dan pemberdayaan terhadap suku anak dalam,  walau  dengan   beragam   corak  dan  warna kegiatan, namun  pada   muaranya  tetap bertujuan sama menyelamatkan  masa depan Suku anak dalam, serta  mempertahan nilai nilai budaya Suku Anak Dalam dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indosnesia..

Kesimpulan  Kopsad  dalam  mengangkat nilai nilai kemanusiaan warga Suku suku anak dalam serta untuk mempertahankan nilai nilai kearifan budaya suku anak dalam dan untuk memperbaiki satus sosial dan untuk memperbaiki ekonomi suku anak dalam   adalah melalui  pendekatan  ilmu dan pengetahuan   (   Knowledge   )   yang   relevan   yang disesuaikan dengan kondisi   habitat   keberadaan suku anak dalam   itu sendiri”kata Budhi Vrihaspathi Jauhari”

Pola pembinaan dan pendidikan serta pembelajaran  yang dilakukan terhadap  warga suku anak dalam  yang hidup menetap  diperkampungan atau kantong  pemukiman  yang  dibangun  oleh  pemerintah atau  masyarakat sangat  berbeda dengan pola dan pendekatan yang dilakukan terhadap warga suku anak dalam  yang masih Nomaden di belantara hutan. Papar  Budhi.VJ”

Dalam pandangan Kelompok Peduli Suku Anak Dalam (Kopsad)  ,persoalan  sosial yang dihadapi oleh warga suku anak  dalam terutama  mereka yang sudah mulai keluar hutan  merupakan  tugas bersama, Pemerintah dan Dunia Usaha harus  bertanggung jawab terhadap perobahan  yang terjadi dilingkungan suku anak dalam, jangan sampai  warga suku anak dalam  menjadi duri dalam daging ditengah tengah  modernisasi yang melanda dunia, penyelesaian  permasalahan sosial suku anak dalam harus dilihat dari hulu dengan mengkaji akar persoalan.

Ada kecenderungan  warga suku anak dalam  sering dijadikan sebagai objek ,dengan  menjual kekubuan kubu  ke dunia internasional, dan sering terjadi  ada oknum yang membonceng dan mengatas namakan memperjuangkan  nasib kubu, ketika perjuangan tidak menuai empati akan melahirkan suku anak dalam yang prustasi dan patah hati.

Sangat bijaksana jika  suku anak dalam (kubu ) dibiarkan untuk  menentukan apapun bentuk pilihannya dengan tidak melakukan intervensi yang berlebihan, lembaga yang  mengaku menjadi pendamping suku anak dalam diharapkan untuk menjadi fasilitator dan mediator dalam menjawab berbagai persoalan suku anak dalam,dan tidak menjadi komporator yang memprovokasi  agar suku anak dalam untuk berbuat negatif.”Imbuh Budhi Vrihaspathi Jauhari”

Kekhawatiran  dan pengalaman menunjukkan, bahwa warga suku anak dalam memiliki tempramen keras,mereka  ibarat  rumput  rumput  kering  yang mudah  terbakar,  pengalaman dan pemahaman yang kita berikan kepada mereka –  mereka terima dengan serta merta tanpa filter penyaring.

Kondisi saat ini ada dua kelompok kubu yang berada di persimpangan jalan, satu kelompok ingin memasuki dunia baru, kelompok lain ingin tetap mempertahankan budaya dan kearifan tradisional yang mereka  warisi secara turun temurun.

Kedua kelompok ini harus difasilitasi, dan pemerintah wajib untuk membantu mereka menjalani kehidupan di alam masing masing, dengan melakukan pembinaan dan pemberdayaan sesuai dengan pola yang mereka anut.

Kedepan  mengingat  kondisi warga suku anak   dalam     berada     diwilayah terpencil dan  saling berjauhan, sudah selayaknya Pemerintah mempertimbangkan    untuk     membangun    sekolah     keliling    untuk warga suku anak dalam    yang   masih   Nomaden   dengan   kurikulum   yang disesuaikan    dengan     kondisi    kehidupan    warga suku anak dalam itu sendiri.

Bagi    warga     suku   anak   dalam    yang   sudah   beragama   Islam misalnya,    pemuda    dan    remaja    suku  anak  dalam   usia  sekolah  dikirim untuk    belajar   dan magang  di  Pondok  Pesantren,   Balai  Latihan  Kerja, Sanggar   Kegiatan  Belajar (SKB).Semoga ( Aditya dan Nurul)

Dukungan Semu Dalam Pemilihan Kepala Daerah

Pola penjaringan oleh Partai Politik Menjadi Kata Kunci, Untuk menemukan Pemimpin Daerah yang baik dan terukur

Oleh : Syamsul Bahri, SE

Pemimpin itu adalah mengelola sebelum keberhasilan masa lalu menjadi keberhasilan masa kini, dan menghilangkan ketidak keberhasilan masa kini, bukan menjelekan masa lalu, itulah tanggung jawab sebagai pemimpin dan kegagalan pemimpin politik selama ini, karena mandat semu yang diberikan pada proses demokrasi politik.

Pemilihan Kepala daerah (Pemilu-kada) yang serentak tahun 2020 sebanyak 224 Wilayah Kabupaten dan 34 Kota dan 9 Pemilihan Gubernur, sudah memasuki tahapam Penyerahan syarat dukungan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur kepada KPU Provinsi (9 Desember 2019–3 Maret 2020), dimana saat ini Partai Politik sedang melakukan proses penjaringan melalui tahapan yang ditentukan oleh Parpol masing-masing.

Masing-masing bakal calon kepala daerah (baca-kada) telah berusaha melakukan pendaftaran dan penjaringan melalui Parpol yang melakukan proses penjaringan, tentunya kegiatan sosialisasi dan klaim mengklaim sampai ke basis lawan tetap akan dilakukan sebagai modal dalam mendukung pelaksanaan survey elektabilitas yang dilakukan oleh masing-masing parpol.

Baliho dan sosialisasi, temu silaturrahmi, road show, penyebaran spanduk saat ini menjadi bagian dari menjaring kekuatan pendukung yang dilakukan oleh masing-masing Baca-Kada ke setiap wilayah Pemilihan, tentunya dengan proses mencoba dan berusaha merangkul tokoh dan yang ditokohkan untuk suatu komunitas dalam wilayah atau daerah pemiihan (DAPIL), terutama tokoh informal yang ada, karena secara prinsip tokoh formal tidak dilegalkan untuk ikut dalam proses ini, karena tokoh formal cenderung berasal dari Kades, ASN dan pejabat public lainnya, namun dinelakang layer tentu mereka ikut aktif.

Salah satu bagian terpenting yang perlu dilihat dalam penyelenggaraan Pilkada 2020,  adalah bagaimana mencari dan munculnya calon terbaik untuk memimpin daerah, tentumya tidak dalam bentuk dukungan semu, yang cenderung akan menjadi permasalahan setelah terpilih nantinya.

Bakal Calon Kepala Daerah (Baca-Kada) terbaik tentu saja hanya akan muncul jika dilakukan proses penjaringan yang tepat dan benar serta sungguh sungguh dan professional yang dilakukan pada proses penjaringan melalui Partai Politik atau gabungan Partai Politik dalam koalisi yang berfungsi sebagai mesin produksi pemimpin politik.

Proses ini sangat menentukan Pemimpin atau Kepala Daerah yang bermutu atau tidak, atau kepala daerah yang memahami dan mengetahui persoalan daerah tersebut secara kongkrit dan memahami cara dan startegi untuk mengatasi masalah yang ada di wilayah tersebut, agar terhindar seorang pemimpin yang mengabaikan prestasi masa lalu dan selalu menyalahkan masa lalu karena tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut dan tidak memiliki prestasi untuk masa kini.

Jika proses penjaringan melalui Partai Politik ini justru hanya berpikir pada loyalitas partai, populis, memiliki financial yang mapan, serta utamanya UANG MAHAR dan uang lainnya dan mengabaikan rekam jejak yang baik dan nilai nilai leadership sang Baca-Kada, tentunya akan lahir pilihan masyarakat yang dilematis, sehingga ditingkat masyarakat atau akar rumput akan muncul keinginan memilih berdasarkan “wani Piro”, yang tentunya “dukungan semu”.

Kepemimpinan politik hendaknya bukan hanya dilihat dari aspek kemampuan financial yang mapan, populis dan terkenal, serta gelar akademis yang Panjang, namun rekam jejak dan pengalaman organisasi serta kedewasaan dalam politik dan kemasyarakatan, serta tidak terkait beban masalah hukum masa lalu hendaknya menjadi bagian utama dalam penjaringan Baca-Kada untuk menjadi Ca-kada.

Karena pemimpin politik itu sebagai kepala daerah, adalah bagaimana mengelola kebelum berhasilan masa lalu menjadi keberhasilan masa kini, dan menghilangkan ketidak berhasilan masa kini, bukan menjelekan masa lalu, sehingga kemapanan manajemen dan rekan jejak serta kedewasaan dalam organisasi social kemasyarakatan menjadi bagian yang penting untuk menjadi pemimpin.

Jika kita cermati kondisi Pelaksanaan Pemilu-kada yang telah berlangsung selama ini, kecenderungan banyak pasangan baik incumbent maupun bukan incumbent ataupun Independent terlalu dinina bobok dengan sebuah fakta dalam dukungan semu, hal ini sudah banyak terbukti, bahwa data dari peta politik hasil pemantauan dilapangan ”seakan-akan berpihak” pada pasangan tertentu, tapi kenyataan pada hari H justru terbalik, sehingga kajian dan analisa Ilmiah belum bisa mengalihkan prediksi kondisi hari H nantinya, karena ada sebuah kekuatan ”invisible hand” yang bermain justru menjelang hari (H), kondisi ini sebuah bukti pembelajaran politik yang tidak baik selama proses demokrasi langsung di Indonesia, apa lagi beberapa indikasi pelanggaran pilkada dan money politik yang selama ini menjadi sebuah permainan yang terkesan dilegalkan oleh sebuah ketentuan Peraturan dan Perundangan melalui pembatasan waktu pembuktian. Money politik yang sangat sulit dibuktikan namun faktanya ini menjadi sebuah kekuatan dan menjadi sebuah permainan dan menjadi dipermainkan oleh masyarakat atau sang calon.

Beberapa catatan bahwa kecenderungan yang terjadi selama ini, Pimpinan Partai Politik/Panitia yang ada di daerah hanya jalur proses penjaringan jika pun difungsikan hanya sebatas rekomendasi, sehingga yang memahami siapa yang layak dan mampu secara benar dan tepat itu sesungguhnya difahami oleh Pimpinan daerah/tim partai yang ada di daerah baik Kabupaten/Kota maupun provinsi, namun keputusan lebih cenderung ada di DPP, yang sesungguya pendapat daerah menjadi acuan utama dalam menentukan Calon tersebut.

Sehingga berlomba-lombalah para Baca-Kada untuk melakukan loby dan pendekatan ke DPP yang tentunya melakukan pendekatan dengan berbagai strategi dan yakinlah kekuatan financial menjadi daya duku utama, bahkan cenderung mengabaikan persyaratan tehnis dan administrative lainnya, mudah-mudahan Pemilu-Kada saat ini, proses penjaringan yang dimulai dari Formulir dan pendaftaran sampai pada keputusan final secara komprehensif antara Panitia Kabupaten/Kota, Propinsi dan DPP bisa merekomendasikan calon Pimpinan Politik menjadi Kepala Daerah yang layak secara manejerial dan layak secara kemampuan tehnis dan adminstratif.

Peran Parpol sebagai jembatan untuk merekrut Pemimpin Kepala Daerah melalui Proses yang dimulai dengan penjaringan bakal calon kepala daerah (raja kecil daerah) dengan mekanisme yang terbuka, jujur, dan adil sangat menentukan kebersatuan Negara Republik Indonesia, yang saat ini cenderung berbentuk antara Kesatuan atau Serikat, karena kita harus menyadarai bahwa pameo ini harusnya menjadi acuan adalah “hasil akhir tidak akan menghianati proses”.

Disamping Pola Penjaringan yang ada saat ini, hampir semua partai di daerah baik Kabupaten/Kota dan Propinsi belum memenuhi syarat jumlah kursi (Gubernur/Bupati/ Wali kota Treshold-KDT) untuk bisa mengusung Calon Kepala daerah secara mandiri, sehingga partai politik membutuhkan koalisi setelah proses penjaringan dilakukan oleh Partai untuk bakal Calon kepala daerah terpaksa kawin siri/kawin paksa untuk mendapat Partai atau gabungan Partai untuk maju Bersama wakil Kepala Daerah.

Kondisi ini sangat memprihatinkan, karena untuk maju sebagai calon Kepala Daerah itu harus satu visi dan misi bersama wakil Kepala Daerah, namun dengan pola ini cenderung belum ada kesepahaman antara Calon Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah, karena mereka dikawinkan secara terpaksa dan mendadak, yang akhirnya mereka sering tidak sejalan dalam pelaksanaan kepemimpinan daerah, bahkan cenderung pecah di tengah perjalanan Kepemimpinan tersebut, serta wakil Kepala Daerah cenderung tidak memiliki fungsi yang jelas, dan ini harusnya menjadi catatan, karena Nomen Klatur Kepala daerah itu adalah Kepala Daerah dan Wakil, sehingga perlu penegasan paran dan tugas dari Wakil kepala daerah tersebut.

Jika dilihat kondisi Proses Pemilu-Kada saat ini, proses penjaringan yang belum sejalan dengan pola satu Kepemimpinan Daerah ( dua menjadi satu) yang sehati, sejiwa dan memiliki kesepahaman yang sama tercermin dalam Visi dan misi Calon tersebut harusnya menjadi Visi dan misi bersama antara Kepala daerah dan wakil Kepala Daerah.

Alangkah baiknya, dalam proses penjaringan yang dilakukan, jika partai yang belum memiliki Kepala Daerah Treshold (KDT) bisa melakukan koalisi lebih awal dengan partai yang memiliki plate form yang sama agar Kepala Daerah Treshold (KDT) terpenuhi atau lebih dan membuka penjaringan bersama secara koalisi.

Begitu juga dengan Baca-Kada juga harus mendaftar Bersama dengan Baca-wakada, tentunya pasangan tersebut sudah kompak dan sudah menysun VM Bersama dan melakukan kalkulasi bersama. Ini semua agar terhindar dari dukungan semu dan perpecahan di saat memimpin daerah dan agar terjadi power sharing antara Kepala

Seyogyannya Partai Politik berusaha membenah diri, terutama pola penjaringan bakal calon kepala daerah, mari sepakat kita hindari, publik dipaksa “membeli kucing dalam karung” dengan mengusung bakal calon kepala daerah yang tidak jelas alasan dan indikator pengusungannya. Partai harus membangun dan melaksanakan mekanisme penjaringan bakal calon yang terbuka dan demokratis.

Agar penjaringan bisa memenuhi keinginan pemilih, seyogyannya penjaringan diserahkan sepenuhnya kepada partai politik pada wilayah Pemilihan sebagai acuan utama, berikut juga dengan mekanismenya. Tetapi, yang mesti ada dalam proses penjaringan bakal calon tersebut adalah adanya kesempatan yang sama bagi setiap kader partai atau non kader partai untuk maju menjadi bakal calon kepala daerah dan proses penjaringan dilakukan secara terbuka bagi setiap bakal calon yang mendaftar kepada partai tersebut.

Proses penjaringan secara transparan tentunya akan memberikan kesempatan kepada publik untuk berinteraksi atau bertanya jawab dengan bakal calon tentang konsep dan misi yang dibawa oleh bakal calon untuk memimpin daerah tersebut. Menghadirkan panelis, seperti akademisi dan tokoh masyarakat dalam proses seleksi tentu akan membuat kedalaman proses seleksi dan penjaringan lebih bernilai.

Elektabilitas, akan ditentukan oleh public melalui uji pablik kedalaman visi dan misi, Rekam jejak, kedewasaan dalam organisasi atau indikator penilaian lain yang bisa dijelaskan oleh partai politik kepada konstituennya.

Sehingga proses dan indicator uji public akan menciptakan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, menjadi Pemimpin daerah yang harmonis dan serasi sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Pilkada tahun 2020 yang merupakan Pemilu-kada serentak, akan mempersempit peluang “wani piro” dan/atau money politik baik oleh Balon atau partai, serta pemilih dengan menerapkan sanksi sistem “Diskualifikasi” terhadap balon/calon serta partai yang melakukan money politik atau politik uang, apakah system efektif atau tidak, memberikan efek jera atau tidak mari kita lihat dan kita saksikan ?????.

Namun klaim mengklaim, bahwa masing-masing Balon telah didukung dan telah dideklarasikan sebagai balon yang didukung oleh kelompok atau etnis tertentu terus berjalan, perang opini di media sosial semakin panas dan memanas, bahkan hampir mengarah pada tingkat emosional tanpa arah dan tidak rasional, dan kondisi ini yang tercipta menjadi sebuah “dukungan semu” baik itu dukungan aspiratif secara tertulis maupun tidak tertulis, baik dari lembaga resmi (non governement) maupun tidak resmi menjadi bagian permainan dan pemain dalam Pilkada langsung, sehingga dukungan semu sebelum proses berjalan belum menjamin sebuah kemenangan, dan belum mencerminkan sebuah kekuatan menuju hari (H), bahkan dukungan basis secara tradisional juga belum bisa dijadikan jaminan yang kongkrit.

Kenapa dikatakan dukungan”semu”, karena politik pilkada sesungguhnya dalam implementasi tidaklah menjadi bagian dari keinginan para elit patai, elit masyarakat, tokoh dan penokohan, melainkan adalah implementasi dari masyarakat pemilih yang terdaftar di DPT secara nyata di bilik suara, sehingga dukungan yang telah diperoleh oleh para balon, terkesan sebuah dukungan “semu”, yang memerlukan proses untuk menjadi dukungan nyata di level pemilih.

Proses Pilkada langsung selama era reformasi telah menciptakan pembelajararn politik buruk di tingkat elite dan akar rumput, yang berindikasi kepada ketidak pedulian pada kelayakan seorang pimpinan daerah apakah Gubernur atau Bupati/walikota, namun lebih mengutamakan kepentingan sesaat yaitu berapa nilai rupiah atas suara yang diberikan, itupun terjadi kompetisi diantara pemilih.

Fakta tersebut sebuah cerminan kegagalan demokrasi dan kegagalan pembangunan ekonomi, karena diperkirakan cukup banyak pemilih berpikir suara mereka dinilai dengan setitik rupiah untuk setitik harapan dalam satu hari.

Jadi apa yang menjadi tujuan demokrasi sebagai system untuk mewujudkan tatanan berbangsa dan bernegara yang diimplementasikan dalam penyelengaraan Negara dari eksekutif, legeslatif dan yudikatif bekerja dan berbuat untuk Negara dalam hal ini “Pemilik Negara” yaitu Rakyat, karena kedaulan rakyat, dengan indicator keberhasilan adalah pada tatanan ekonomi yang mapan di tingkat masyarakat sebagaimana yang diimpikan oleh Pembukaan UUD 1945 yaitu alinea terakhir “…….serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, tidak tercapai.

Karena hasil dari sebuah demokrasi yang benar adalah terciptanya dan terwujudnya keadilan social bagi seluruh rakyart Indonesia, tidak tercapai karena demokrasi yang belum benar, melahirkan sebuah proses Pilkada dengan dukungan semu, yang membawa implikasi pada besarnya cost politik di partai Politik dan money politik, melahirkan sebuah kepemimpinan yang berkerja berdasarkan Investasi Politik dalam bentuk financial (money dan cost politik) maupun non financial yang kemungkinan akan dikonversikan dalam financial, lalu bagaimana Pembangunan bangsa ini sebagaimana diperintahkan oleh UUD 1945.

Jika amati, antara demokrasi dan kesejahteraan rakyat, terkesan seperti telur dengan ayam, demokrasi bertujuan mewjudkan kesejahteraan rakyat, kesejahteraan rakyat sangat sulit terwujud dengan pola dan sistim demokrasi yang menciptakan demokrasi sebagaimana yang terjadi saat ini dimana seluruh kekuatan financial Negara dan bakal calon dan calon dikeluarkan sebagai investasi politik untuk mendukung proses Pilkada langsung masa lalu, namun tidak menghasilkan apa yang diamanatkan dalam demokrasi sebagai alat untuk mewjudkan kesejahteraan social.

Dengan implementasi UU No 10 tahun 2016, tentang perubahan Perubahan ke dua atas UU No 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi undang-undang yang saat ini sedang mengalami proses revisi untuk Pilkada tahun 2020 dengan tujuan adalah dalam rangka mewujudkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota yang demokratis, perlu dilakukan penyempurnaan terhadap penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota;

Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud diatas, perlu merevisi UU No 10 tahun 2016; dan sebagai tindak lanjut keputusan MK antara lain Pencalonan ASN, Anggota Dewan yang maju sebagai calon Kepala Daerah harus mundur, serta ketentuan mantan Narapidana jika maju sebagai calon Kepala daerah, serta ketentuan hokum terkait perbuatan pidana Pilkada antara lain Money Politik dll yang menginginkan proses seleksi balon menjadi calon yang memiliki kompetensi, integritas, dan kapabilitas serta memenuhi unsur akseptabilitas maka selain memenuhi persyaratan formal administratif lainnya serta pemilihan kepala daerah lebih demokratis dengan bobot demokratis yang lebih baik dan lebih menyempurnakan pelaksanaan Pilkada sebelumnya, terutama terseleksinya dari balon menjadi calon yang baik yang memiliki visi yang bisa mengatasi kondisi lokal, nasional dan regional bahkan Internasional berkaitan dengan global dan pasar bebas serta lingkungan.

Penyempurnaan UU tersebut menyangkut pada pola rekruitmen personal Balon dan Calon yang dilakukan oleh Partai politik dengan tetap mengedapankan nilai elektabiltas murni sebagai acuan, bukan elektabilitas berdasarkan nilai yang tertinggi dari aspek financial dan menghentikan adanya upaya-upaya membuat dynasty di suatu daerah.

Begitu juga dengan kompetensi, integritas, dan kapabilitas serta memenuhi unsur akseptabilitas menjadi sesuatu yang sangat penting yang bertujuan untuk mendapatkan Calon yang memiliki minimal 2 (dua) aspek utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Pertama, aspek kompetensi meliputi seluruh pengetahuan, wawasan, dan keterampilan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah; Kedua, aspek integritas meliputi sikap, perilaku, dan karakter yang lekat pada bakal calon kepala daerah yang bisa dilihat dari rekam jejak selama berkecimpung dalam aktivitas publik. Dua aspek inilah yang sesungguhnya merupakan intisari dari konsep leadership (kepemimpinan) yang sayangnya sering diabaikan dalam proses seleksi kepala daerah yang lebih menonjolkan aspek popularitas dan modal (materi), menjadi tanggung jawab partai pengusung.

Dan kompetensi, integritas, dan kapabilitas serta memenuhi unsur akseptabilitas tetap harus dilakukan dalam tahapan penyelenggaraan Pilkada walaupun menjadi kewenangan Partai pengusung, namun hendaknya parta tidak mengabaikan suara masyarakat pendukung dalam menentukan calon terseleksi dalam proses di tingkat partai, karena masyarakat dilibatkan dan turut serta dengan harapan bisa mengetahui apa visi, misi dan kualitas seorang calon kepala daerah yang akan dipilihnya atau diusung.

Dengan penyempurnaan melalui revisi ini beberapa point yang diharapkan dapat terwujud yaitu sebagai berikut

Point (1) sangat diharapkan adalah terseleksinya Pimpinann daerah tidak berbasiskan kekuatan financial, populeritas, penampilan visual saja, namun berbasisiskan aspek utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang kewenangannya berada pada Partai yang melakukan penjaringan, tentunya sebagai mesin pencetak pemimpin peran partai sangat dominan untuk melahirkan pemimpin yang dibutuhkan, yang akan tercermin dari (1) aspek kompetensi meliputi seluruh pengetahuan, wawasan, dan keterampilan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah; (2) aspek integritas meliputi sikap, perilaku, dan karakter yang lekat pada bakal calon kepala daerah yang bisa dilihat dari rekam jejak selama berkecimpung dalam aktivitas publik. Dua aspek inilah yang sesungguhnya merupakan intisari dari konsep leadership (kepemimpinan) yang sayangnya sering diabaikan dalam proses seleksi kepala daerah yang lebih menonjolkan aspek popularitas dan modal (materi), menjadi tanggung jawab partai pengusung.

Point (2) Meminimalkan/mencegah/menghentikan Politik uang atau money politik, sesungguhnya ruang dan gerak untuk Money Politik mungkin agak sempit, apalagi akan diperkuat dengan ketentuan tehnis melalui Peraturan Pemerintah dan Peraturan KPU, namun kelemahan dan peluang tersebut pasti akan dicari peluang oleh para pihak yang berkepentingan untuk memainkan Politik Uang.

Point (3) Terhindarnya dukungan bersifat semu yang mengatas namakan masyarakat/rakyat/etnis dan kelompok sosial/adat/genetik dll oleh para elit adat, politik, masyarakat, para adventure yang cenderung menjual atas nama masyarakat untuk mendapatkan segepok uang dari para Balon/calon untuk mendapat dukungan yang sesungguhnya itu adalah dukungan semu, menuju pilkada yang lebih rasionalitas dan profesionalitas.

Point (4) Terciptanya Pilkada dengan meminimalkan perseteruan dan komplik internal sesama /antar wilayah communitas yang berbasiskan pemilih, baik etnis, kelompok communitas, adat, genetik dll bahkan mencegah terjadi komplik horizontal.

Point (5) Terciptanya Pilkada yang bermartabat dan melahirkan Pemimpin yang bermartabat, melalui proses mulai dari tahapan sosialisasi, penjaringan, persiapan, pelaksanaan yang transparant, elegan, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, yang demokratis dengan bobot demokratis yang lebih baik dan lebih menyempurnakan pelaksanaan Pilkada sebelumnya, terutama terseleksinya dari balon menjadi calon yang baik yang memiliki visi yang bisa mengatasi kondisi lokal, nasional dan regional bahkan Internasional berkaitan dengan global dan pasar bebas.

Point (6) terciptanya pola penjaringan yang sejalan dengan plate form Partai, sebagaimana diketahui bahwa secara umum partai di daerah belum memenuhi koata Kepala Darah Treshold (KDT) untuk maju dengan sendiri pada Pemilu-Kada, sehinga proses penjaringan sebaiknya koalisi berdasarkan plat form untuk melakukan penjaringan, sehingga Baca-Kada juga mendaftar bukan hanya Baca-Kada, melainkan pasangan Baca-Kada yang telah tersusun dan terencana bersama melalui Visi dan misi, untuk menghindari kawin siri dan kawin paksa dan untuk menghindari perpecahan di tengah perjalanan kepemimpinan di suatu daerah.

Point (7) Hendaknya Pemimpin yang muncul berdasarkan rekam jejak yang baik, sehingga diharapkan Parpol untuk tidak menjaring Baca-Kada dengan rekam jejak yang pernah melakukan tindakan Pidana sebelumnya, baik pidana umum, apalgai pidana korupsi, karena Baca-Kada yang diusung mencerminkan Partai Pengusung.

Diharapkan pada Pemilu-Kada tahun 2020 sampai pada Pemilu-Kada 2024, akan lebih baik dan terhindar dari komplik dan kondisi yang jelek selama ini, tidak terulang lagi termasuk kemungkinan komersialisasi jabatan di SKPD dan Sekretaris Wilayah Daerah sebelum dan pasca Pilkada di masing-masing wilayah dan mudah mudahan dengan revisi undang-undang ini Pemilu-Kada akan lebih baik (wait and see).

 

Untuk mengenal lebih dekat seni dan Kebudayaan masyarakat Suku Kerinci yang mendiami lembah alam Kerinci ( Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, Penulis Bj Rio Temenggung Tuo dan Eri Sasmita,S.Hum selama 5 hari mengamati kegiatan penampilan atraksi seni dan dan Kebudayaa Suku Kerinci di Lokasi Festival Masyarakat Peduli Danau Kerincike 14 di kawasan wisata Danau Kerinci, hasil pengamatan, wawancara dengan sejumlah tokoh seniman dan catatan literatur di rangkum dalam artikel ini

1.Seni Tari di lingkungan Masyarakat Suku Kerinci: > Menurut asalnya pertumbuhan seni tari yang terdapat di daerah Kerinci merupakan tarian tradisional, tarian ini sebagai warisan budaya nenek moyang dilandasi oleh corak–corak tradisi yang hidup dan berkembang sesuai dengan semangat zamannya.

Tarian tradisional daerah Kerinci pada pokoknya berasal dari tarian primitif yang berkaitan dengan upacara pemujaan dari suatu tradisi megalitik. Bentuk tari umumnya sederhana memiliki kesatuan gerak dengan sifat kejiwaan, pada klimaks tertentu membuat penari kesurupan (trance).

Gerakan yang terkandung dalam tarian Kerinci meniru gerakan Harimau, elang, monyet, dan sebagainya. Ada juga bentuk gerakan meniru aktivitas manusia seperti bercocok tanam, rumah tangga dan persembahan (pemujaan). Tarian tradisional daerah Kerinci merupakan tari rakyat, milik masyarakat itu sendiri yang tidak diketahui siapa penciptanya.

Satu ciri khas tari daerah Kerinci terletak pada gerakan kaki dengan gerak berkeliling, yang mana langgam ini disebut rentak purba.Tari–tari tradisional daerah Kerinci sesuai menurut fungsinya masing– masing sebagai berikut, adalah : Tari Asyeak, Tari Iyo–Iyo, Tari Tauh, Tari Tolak Bala, Tari Mandi Balimau, Tari Ngagah Harimau.Seni Tari Kreasi, Punawo Satai, Bahumo,Palaho Janem ,Leik nue, Sike, Tari Penyambutan, Yadahdan, Canang, Nyadap Enau,Puti Dayang Indah,Tari Minta Hujan,Tari Ayak,Tari Keris ,Mandi Balimau, Sekapur Sirih, Serengkuh Dayung,Tari negak umah,Tari Turun Kesawah,tari Pukat, Tari sayak.

Asal usul perkembangan seni tari (wawancara: Azhar,Mj ,Azrefli Nurdin,S.Pd dan Harun Nahri:2013) yang terdapat di alam Kerinci berakar dari tarian tradisional yang dilakukan oleh masyarakat suku Kerinci purba atau disebut dengan tarian klasik yang merupakan warisan budaya masa lampau

Kesenian tari tersebut pada pokoknya berakar dari tarian purba yang berkaitan dengan ritual pemujaan terhadap roh roh pada tradisi megalitik pada masa lampau. Bentuk tarian pada umumnya sangat sederhana dan bersahaja memiliki kesatuan gerak dengan sifat kejiwaan, pada puncak klimak tertentu membuat para penari berada dibawah alam sadar/ kesurupan (trance)

Pada dasarnya tarian asli masyarakat suku Kerinci berasal dari tarian masa purba dan merupakan tari rakyat alam Kerinci yang dilakukan secara turun temurun,tarian itu memiliki langgam ciri khas khusus yang terletak pada gerakan kaki.

Tarian tersebut mencerminkan corak tradisi masa purba yang meniru pola gerakkan fauna seperti harimau,elang, siaman,ular sawa.dll.

Tarian asli masyarakat suku Kerinci yang sudah ada pada zaman purba sebagian diantaranya saat ini masih bertahan dan sebagian besar telah mengalami penyesuaian dengan tanpa mengurangi nilai nilai mistik dan supra natural. Tarian purba yang masih bertahan pada era modern tersebut antara lain adalah:

1.Tari Marcok merupakan sebuah tarian yang berkembang di Alam Kerinci bagian tengah,tarian ini merupakan puncak dari rangakaian acara ritual Asyek(Asyik)

2.Tari Tauh,tarian ini dilaksanakan pada acara kenduri Sko atau pada acara kenduri sudah tuai,tarian ini masih bertahan di wilayah Kecamatan Gunung Raya

3.Tari iyo iyo, tarian ini dipertunjukkan pada saat rangkaian acara kenduri sko,penobatan pemangku adat dan ninik mamak

4.Tari ngagah harimau, tarian ngagah harimau merupakan sebuah tarian supranatural yang melakukan kontak dengan satwa Harimau (disebut juga dengan panggilan Ninek tunggou matang) kontak dengan harimau dilakukan secara ghaib melalui pemanggilan terhadap roh

5.Tari Tolak bala,sebuah tarian yang berhubungan dengan ritual tolak bala.

Penampilan tarian ini bernuansa mistik dan supra natural.sehingga pementasannya dilakukan hanya pada waktu acara tertentu,disamping tarian yang tersebut diatas di alam Kerinci masih terdapat puluhan tarian tradisi yang diwaris secara turun temurun dari zaman purba, tarian tersebut antara lain ialah tari rentak purba seperti tari minta lamat,tari mandi di taman.dll.

Tarian yang berkarakter gembira juga terdapat pada tari rangguk, tari rangguk ayak, tari ya dahdan dan tari rentak kudo.Dewasa ini dialam kerinci juga berkembang tarian bernafaskan agama islam antara lain sikea rebana,marhabban dan kasidah, seni ini merupakan perpaduan gerak local Kerinci yang dipengaruhi tradisi kebudayaan arab (Islam).

2.Tarian Tradisi suku Kerinci

Masyarakat suku Kerinci memiliki beragam tarian tradisi megalitik yang menganut kepercayaan purba animisme dan dinamisme dan mengandung nilai nilai ritual yang bersifat magis dan masih menganut kepercayaan kepada roh roh nenek moyang

Para peneliti kebudayaan menyebutkan bahwa suku Kerinci merupakan salah satu suku terkecil di dunia yang memiliki peninggalan tarian tradisi yang telah lahir dan tumbuh sejak zaman purba, diantara tarian tradisi tersebut ialah tari asyek

Masyarakat daerah Kerinci menyebutnya dengan tari Asyek, Asik atau Asaik. Kata Asyek berasal dari kata asik. Jenis tari Asyek ini adalah salah satu tari tradisi yang dulunya digunakan sebagai tari dalam upacara yang berkaitan dengan pemujaan roh-roh nenek moyang dan memiliki unsur magis.

Tari Asyek memiliki bermacam-macam jenisnya sesuai dengan tujuan upacara yang dilakukan. Jenis tari Asyek yang masih berkembang saat ini adalah tari Niti Naik Mahligai, Mahligai Kaco, Tolak Bala, Gagah Harimau, Mandi Taman, Mintak Lamat,  Mandi malimau dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di desa Siulak Mukai Tengah hingga saat ini masih dapat disaksikan tarian tradisi “Tari Niti Naik Mahligai” sebuah tarian purba yang berfungsi sebagai media untuk penyampaian hajat dan maksud dan bersifat magis

Menurut Eva Bram (2006) saat ini yang menjadi seorang pawang tari Niti Naik Mahligai, menjelaskan bahwa tarian ini berasal dari kata niti artinya berjalan di atas suatu benda, naik artinya menuju sesuatu yang tertinggi dan mahligai adalah tahta atau istana.

Tari Niti Naik mahligai menurut Eva Bramantika memiliki makna tarian yang dilakukan secara khusuk untuk mencapai sebuah tujuan yaitu memperoleh tahta atau istana dan tarian ini dimasa lalu digunakan dalam upacara pemujaan yaitu upacara adat penobatan gelar adat bilan salih.

Bilan salih adalah gelar adat yang di sandang oleh anak batino (kaum perempuan) yang bertugas untuk mendampingi tugas pemangku adat yang menyandang gelar sko, yang terdiri dari: Depati, Ninik Mamak, dan Anak Jantan yang disandang oleh kaum laki-laki

Upacara penobatan bilan salih, merupakan upacara yang dilakukan oleh masyarakat Siulak Mukai Tengah secara turun-temurun yang disebut dengan upacara Naik Mahligai.

Pada zaman dahulu tarian ini memiliki fungsi sebagai : (1) sarana komunikasi kepada roh nenek moyang; (2) sarana komunikasi kepada masyarakat; (3)sarana penyembuhan; (4)sarana pengungkapan rasa syukur; dan (5) sebagai sarana pengikat solidaritas masyarakat setempat khususnya antar penyandang gelar adat.

Perlahan sesuai dengan perkembangan zaman dan masuknya agama Islam dan meningkatnya tingkat pendidikan di alam Kerinci yang berdampak pada pemahaman dan perubahan pola pikir, upacara ini mulai ditingkalkan oleh masyarakat adat di alam Kerinci

Dampak dari penyebaran agama Islam dan kemajuan pendidikan masyarakat di alam Kerinci tradisi tarian ini mengalami perubahan fungsi dan penyajiannya .

Para seniman dan budayawan menyebutkan bahwa pada hakekatnya karya seni itu harus berkembang sejalan dengan arus perubahan zaman.

Perubahan bentuk dan penyajian tari Niti Naik Mahligai di lakukan oleh masyarakat pendukung tari ini, mereka menata tari ini sedikit demi sedikit.

Secara keseluruhan tari Niti Naik Mahligai, masih memiliki bentuk penyajian yang sederhana, seperti gerak, musik, pola lantai, property, tata rias dan tata busana.Kesederhanaan bentuk penyajian tari ini merupakan ciri khas yang dimiliki tari tradisional kerakyatan pada umumnya.

Selain itu, tari ini memiliki keunikan dari tari-tarian yang berkembang di Indonesia saat ini, yaitu adanya atraksi yang menantang dan berbahaya. Pada saat dimulai atraksi, saat inilah para penari mulai dirasuki roh-roh nenek moyang yang mereka percayai mendatangkan kekuatan yang melebihi kekuatan manusia. Sehingga, para penari tidak sadarkan diri atau trance, selama atraksi berlangsung.

Selama ritual tarian ini berlansung dilakukan berbagai atraksi yang menegangkan dan mencekam yang mengundang decak kagum, diantara atraksi yang dilakukan oleh para penari yang lemah gemulai itu ialah, Penari melakukan atraksi Niti Gunung Kaco yaitu penari menari diatas pecahan kaca, Atraksi Niti Gunung Tlo(telur) beberapa orang penari berjalan diatas mangkuk mangkuk kecil yang berisikan telur dan telur yang di injak oleh kaki kaki sang penari tidak retak dan tidak pecah disamping itu penari berjalan diatas pohon pisang yang direbahkan dan diatas pohon pisang rebah diletakkan telur telur dan telur yang di pijak oleh kaki kaki penari pun tidak pecah

Atraksi berikutnya Niti Gunung Tajam, para penari dengan gemulai berjalan sambil meliuk liuk kan tubuh menari diatas bambu bambu yang telah di runcing tajam dan menari nari diatas paku paku tajam yang telah di tata

Sebuah atraksi yang membuat jantung berdetak kencang ialah atraksi Niti Gunung Pedam,dalam atraksi ini penari berjalan meniti pedang yang runcing dan tajam selanjutnya atraksi Niti Gunung Daun yakni penari menari diatas daun kelor atau seorang penari sambil menari diangkat dengan sehelai kertas karton dan kertas tersebut tidak robek.

Sebuah atraksi terakhir yang sangat menegangkan ialah Niti Laut Api pada atraksi tarian ini para penari penari menari nari   diatas bara api yang membara ,dan kaki kaki para penari tak satu orang pun yang mengalami luka bakar

Keseluruhan atraksi tersebut menurut sang pawang memiliki maksud dan makna tersendiri. Selain itu, sebelum melaksanakan pertunjukan para penari diwajibkan untuk melakukan ritual yaitu berupa persembahan terhadap nenek moyang dengan harapan agar para penari penari mendapat perlindungan dan diharapkan pertunjukan dapat berjalan dengan lancar

Di samping, atraksi yang unik, para penari tari Niti Naik Mahligai menggunakan kostum tari yang unik juga yaitu pakaian adat suku Kerinci yang berwarna hitam dengan hiasan sulaman benang warna kuning pada dada

Sedangkan untuk hiasan kepalanya menggunakan kuluk atau sungkun yang berwarna hitam dan dihiasi dengan manik-manik dan bunga sebagai penghias. Para penari menggunakan kain sebagai bawahan yang biasa di sebut dengan tahhap, kain yang digunakan adalah kain songket yang berwarna merah. Tentunya kostum yang digukan semuanya memiliki makna simbolis.

A.Tari Asyeik dan Tolak Bala

Tari asyeik dan tolak bala merupakan sebuah tarian purba yang telah tumbuh sejak zaman purba, tarian ini telah ada saat nenek moyang suku Kerinci menganut kepercayaan animism, dinamisme dan tarian ini merupakan sebuah tradisi megalitik yang masih menganut kepercayaan kepada roh roh nenek moyang masyarakat pada masa prasejarah.

Perlengkapan tarian ini sesajian berupa nasi putih, lepat,nasi kuning,nasi hitam,lemang,bunga tujuh warna, warna sembilan,limau tujuh macam, telur ayam rebus, benang tiga warna, sedangkan peralatan yang digunakan antara lain arai pinang,keris, kain tenunan kerinci,cembung putih,piring putih,dalam sesajian harus disedikan satu ekor ayam hitam atau ayam putih, ayam panggang dan kelapa tumbuh.

Acara tari Asyek dilakukan pada malam hari mulai pukul 20.00 Wib hingga dini hari (pukul 04.30) dengan ritual yang dilakukan beberapa episode yakni acara nyerau atau nyaho, masouk bumoi,mujoi gureu, naek tango,mintoak berkeh dan mageih sajin.

Ritual Asyek pada masa lampau berlansung selama satu minggu,berbagai persiapan dilakukanoleh dukun atau bilan salih ,orang yang berobat (keluarganya).

Upacara selama satu minggu disebut”Marcok”pada tingkatan proses akhir roh roh nenek moyang akan memasuki sukma pengunjung atau orang yang berobat,saat roh roh nenek moyang memasuki jiwa tubuh mereka menjadi ringan mereka dapat memanjat batang bambu,menari diatas pecahan kaca.

Tradisi upacara tari asyek di daerah Kecamatan Siulak ,menurut budayawan Azhar,Mj dilengkapi dengan sarana alat alat musik tradisional seperti rebana,gong,seruling bambu,dan di daerah Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci tari asyek memiliki keberagaman, antara lain asyeik niti mahligai, asyeik mandi di taman, asyek ngayun luci, asyeik baparang,asyeik mahligai kaco dan asyeik nyabung,walau memiliki berbagai pola dan perbedaan akan tetapi kebudayaan ini berasal dari satu akar rumpun kebudayaan tradisional megalitik.

Penyebaran tarian asyek ini berkembang di kawasan masyarakat adat Tigo Luhah Tanah Sekudung Kecamatan Siulak, Masyarakat Tigo Luhah Semurup, masyarakat persekutuan adat Kubang dan wilayah Desa Semerah dan Pondok Beringin Kecamatan Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci termasuk di dusun dusun di Kota Sungai Penuh

Tolak Bala pada masa silam dilakukan saat terjadi wabah penyakit yang menyerang sebuah neghoi (negeri) yang mengakibatkan banyaknya korban yang meninggal dunia, ternak dan tanaman padi banyak yang mati. Penyebaran upacara tolak bala tersebar diwilayah Tanah Sekudung Kecamatan Siulak Wilayah Tigo luhah Semurup dan di wilayah Cupak Kecamatan Danau Kerinci

Dimasa lalu upacara ini disesuaikan dengan ico pakai namun tujuan upacara ini tetap sama.Saat ini acara asyeik tidak lagi dijadikan sebagai acara pemujaan atau persembahan terhadap roh roh nenek moyang,akan tetapi telah dikreasikan menjadi seni tari pertunjukan untuk memperkaya khasanah kebudayaan Alam Kerinci.

B.Tari Iyo-Iyo

Tarian ini merupakan tarian missal yang dilaksanakan pada saat kenduri Sko (pusaka) pengangkatan /pemberian gelar adat (Rio, Depati, Mangku, Datuk, dan sebagainya) kepada anak jantan yang dipilih oleh anak batino dari suatu suku/pintu/luhah.

Disamping itu, tarian ini juga dipertunjukkan pada saat setelah panen raya padi di sawah atau penyambutan tamu agung negeri yang berkunjung ke alam Kerinci.

Tari iyo-iyo dibawakan oleh anak batino (perempuan) dengan gerakan yang sangat gemulai diiringi dengan tale (lagu) dan bunyi gong.

Pembukaan tari Iyo-iyo diawali dengan atraksi pencak silat yang disaksikan oleh sesepuh/tetua adat serta para undangan lainnya.

Tarian ini dilaksanakan anak negeri sebagai ucapan kegembiraan atas pengangkatan pemimpin adat mereka. alat musik yang digunakan pada tari iyo-iyo ini, antara lain :Gumbe/Gembe ( Gendang Bambu) dibuar dari bahan baku seruas bambu  yang sudah tua dan sudah kering.

Kulitnya kira-kira selebar dua jari dikupas dan dilubangi sebelah ujungnya, sedang yang sudah dikupas itu di buang kiri dan kanannya sedikit, sehingga bisa di pukul dan berbunyi nyaring.

Disamping dibuat senarnya dari kulit bambu itu juga, yang di cukil kira-kira sebesar setengah kelingking, sebanyak dua buah. Senar ini di pasak dengan kayu kecil, sehingga senar itu terangkat ke atas.

Alat pemukul senar ini adalah jari telunjuk dan jari tengah, sedangkan pemukul lidah yang telah di kupas tadi menggunakan ibu jari,cara memakainya di letakkan di atas paha sambil duduk.

Alat ini sekarang sudah punah, namun kemudian telah di gali kembali dan telah berfungsi kembali. Alat ini gunanya hanya untuk ritme, bukan untuk melodi. Bunyi senarnya mendengung dan bunyi lidahnya agak lembab.

Alat musik lain yang di gunakan ialah gong dan gendang melayu, gong merupakan salah satu alat musik yang di gunakan saat tari iyo – iyo . Gong  terbuari dari tembaga,cara memainkan gong ini adalah di pukul.

Gendang Melayu juga termasuk salah satu alat musik dari tari iyo-iyo.  Gendang melayu terbuat dari kayu dan kulit. Pada sat tari iyo-iyo gendang kayu ini diperlukan dua buah, yaitu disatukan dalam bentuk berdampingan, cara memainkan nya adalah dipukul. Sedangkan Syair lagu/nyannyiannya ialah:

Iyo-iyo rilok tarai kayo sadou rinai iyo-iyo-iyo

Iyo-iyo rayun jaroilah saludeang jateuh iyo-iyo-iyo

Iyo-iyo rantok kakai kudea dibularoi iyo-iyo-iyo

Iyo-iyo semauk tapijeak rideak ralah matai iyo-iyo-iyo

Tari iyo-iyo dibawakan oleh kaum wanita dengan cara berpasangan bisa berjumlah 6 orang bisa juga lebih sesuai dengan kebutuhan. Jumlah pemusik 3 orang terdiri dari 2 orang memainkan gendang dan 1 orang memainkan gong.    Kostum yang di gunakan, pada mulanya masyarakat memakai baju biasal, yaitu baju kurung, sarung, dan tapu. Tetapi sesuai dengan perkembangan zaman, mereka sudah memakai baju adat kerinci.

C.Pencak Silat

Pencak Silat meruapakan salah satu seni olah raga bela diri yang dilakkukan oleh 2-3 orang hulubalang, pada umumnya Pencak silat dilakukan oleh dua orang pria tangguh yang menggunakan sebilah pedang.

Para pesilat mengadu ketrampilan dalam mempermainkan pedang (senjata tajam), biasanya dilaksanakan pada saat penobatan para calon Pemangku Adat yang terdiri Depati dan Permenti di lakukan oleh tetua adat yang di tunjuk. Depati yakni orang yang memenggal putus, memakan habis dan membunuh mati. Keputusan Kaum adat (Depati) adalah keputusan yang tertinggi dan tidak dapat diganggu gugat.

D.Tari Tauh

Tarian ini merupakan tarian khas daerah Lekuk 50 Tumbi Lempur Kecamatan Gunung Raya,biasanya dilaksanakan pada saat ada perayaan perayaan Kenduri Sko dan penyambutan tamu.

Tarian ini dibawakan laki laki dan perempuan (berpasang pasangan)sering dilakukan sambil berdiri dan diiringi dengan musik rebana, gong dan nyanyian klasik yang disebut mantun yang mengisahkan kehidupan masyarakat   desa, percintaan, adat istiadat dan lain lain.

Para penari memakai busana khas Lempur berwarna hitam atau coklat serta memakai tutup hiasan perak.Tari tauh sering kali dipertunjukan dilapangan terbuka namun ada juga di dalam ruangan hal itu sesuai dengan waktu dan ruangan acara.

Pemakaian kostum dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat acara yang sedang berlansung, dan pada saat acara acara yang berhubungan dengan acara adat lazimnya menggunakan kostum adat atau bagi perempuan dapat menggunakan baju kurung,bagi pria dapat menggunakan kostum pencak silat, semuanya tergantung pada situasi yang tengah terjadi, dan secara umum para penari dapat menggunakan kostum sehari hari dan tidak terikat, akan tetapi semestinya di sesuaikan dengan situasi dan kondisi

Pada acara kenduri adat atau pada saat kedatangan tamu kehormatan,lazimnya para penari menggunakan kostum khusus yakni memakai baju beludru hitam atau coklat dengan hiasan kepala Kuluk, tisu (agar mudah di pasang), kecipung (biasa dipakai istri raja), peribut (untuk dayang-dayang raja).

Selain itu juga menggunakan selendang merah yang bermakna keberanian,rok penari wanita dinamakan tanjung beremas. Makna dari kostum tersebut : berjiwa luhur, berlapang dada.

Kesimpulan dialog bersama maestro Tari Tauh Lempur Kecamatan Gunung Raya disimpulkan bahwa kata Tauh dalam tarian ini bermakna ‘ta’ berarti tarap dan ‘uh’ berarti jauh. Jadi, tauh adalah singkatan dari tarap jauh.

Tarap artinya memanggil, mengajak atau meminta seseorang untuk ikut bersamanya. Apabila dalam suatu keramaian di sebuah acara di desa, maka tauh itu berarti mengajak seseorang untuk ikut bernari.
Menari disini bukanlah menari secara berdekatan, tapi menari dengan jarak kira-kira 3 atau 4 langkah secara berpasangan. Mulai saat itulah tauh berarti menarap dari jauh dan mengajak menari secara berjauhan.

Pengertian yang lebih luas lagi tauh adalah mengajak orang lain untuk menari bersama-sama dengan menggunakan jarak, sehingga diantara penari itu tidak saling bersentuhan.

Jadi, arti tauh di desa itu adalah menari bersama-sama atau berpasangan. mari bertauh maksudnya mari menari. Tari tauh hanya ada di kecamatan Gunung Raya, desa Lempur khususnya. Selain di desa ini di desa lainpun juga sudah berkembang, namun asal tari ini konon berkembang di desa Lempur.

Tari tauh termasuk tari pergaulan, tidak saja dipertunjukkan oleh muda-mudi, tetapi juga yang tua-tua, misalnya dalam acara keramaian kenduri sko, maka yang menari adalah tua-muda, laki-laki perempuan, bahkan kaum manula juga ikut menari berpasangan membawakan tari tauh ini. Pasangannnya tidak terikat muda-mudi saja, tetapi boleh juga lelaki saja atau wanita saja.

Dalam tradisi tari Tauh sang Maestro menyenandungkan Mantau, lazimnya Mantau digunakan untuk penyambutan tamu kehormatan.Mantau merupakan pantun pantun/syair syair berima yang di lantunkan pada saat melakukan tarian tauh.

Tarian ini lazimnya di gelar pada saat acara kenduri adat/kenduri pusaka , atau di pertunjukkan pada saat adanya keramaian kunjungan pejabat dan dapat di pertunjukkan pada saat gotong royong beselang/dan atau menuai padi dan tari tradisional Tauh merupakan sarana hiburan masyarakat dan dapat dimanfaatkan sebagai wahana untuk menjalin kasih diantara dua hati yang berpadu

Sebagai pengiring tari ini adalah berupa alat tabuhan dan vokal. Alat tabuhannya adalah dua buah rebana besar yang disebut dap dan sebuah gong. Yang menabuh dap adalah laki-laki, dan yang menabuh gong biasanya seorang perempuan.

Vokal disebut mantau, artinya memanggil dengan suara yang lengking dan lantang oleh seorag wanita atau juga saling bersahutan antara laki-laki dan perempuan. Vokal yang juga disebut seni suara atau nyanyi berisikan pantun-pantun. Ada pantun muda-mudi, pantun nasib dan lain-lain. Irama dari pada mantau tersebut adalah :

Pemuda :

Cubo-cubo klasik julai

Mak tantu padi dengan gento

Cubo-cuo usik dengan kami

Mak tantu budi dengan baso

Pemudi :

Apo di arap padi jerami

Padi idak gento idak ado

Kacang remang jauh sekali

Apo di arap pada kami

Budi idak basi idak ado

Padoman jauh sekali

 

 

E.Tari Naik Mahligai

Naik mahligai adalah suatu acara puncak penobatan secara gaib. Pada seseorang yang memiliki ilmu kesaktian atau kesaktian yang tinggi dan telah memenuhi syarat dan untuk mencapai sangkak tujuh.

Dalam penobatan ini akan dilaksanakan upacara menurut tokoh dan jenjang selama tujuh hari dan tujuh malam,dimana orang tersebut terlebih dahulu diuji kesaktiannya seperti meniti mangkuk diatas telur,meniti diatas duri atau paku dan lain-lain.Setelah ujian ini terlewati, maka pemimpin tersebut diperkenankan untuk menaiki mahligai.

F.Tari Tolak Bala

Tari asyik ini merupakan puncak dari rangkaian acara ritual tolak bala,sebelum acara ritual ini dilaksanakan terlebih dahulu dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan antara lain melaksanakan kegiatan membersihkan lingkungan di dusun

Puncak aktifitas kegiatan ini dengan melakukan kegiatan pengasapan rumah dengan asap api kemenyan dan ritual membuang alat alat ritual upacara dengan cara menghanyutkan di sungai terdekat.

Upacara ini dipimpin oleh 6 (enam) orang belian (pawang), keenam belian ini mempunyai fungsi dan tugas masing-masing, namun demikian ada salah satu pawang yaitu belian tua laki-laki yang ditunjuk sebagai pemimpin dari keenam belian ini, sesuai dengan tingkat kekuatan supranaturalnya.

G.Tari Ngagah Harimau

Tarian ini telah berkembamg sejak paruh abad ke 18,Tarian ini bertujuan untuk menghormati harimau tetapi menurut kepercayaan orang Pulau Tengah harimau tersebut dinamai “nenek”. Pada waktu lampau ketika seekor harimau mati di ladang oleh masyarakat hal ini dipercaya membawa keberuntungan, jadi dibuatlah suatu upacara untuk mengagah harimau yang maksudnya agar jiwa atau roh harimau tadi kembali dan hidup ke dunia lain

Selama menarikan tarian ini yang biasanya ditarikan oleh wanita muda yang mengenakan kostum menyerupai harimau dan setiap gerakan tari ini tangannya membuka seakan-akan ingin menerkam mangsa.

Selama tarian ini berlangsung selalu diiringi dengan lagu untuk memanggil harimau dan diasapi dengan kemenyan. Pada tarian ini juga para penontonnya secara spontan bergerak dan bergabung dengan penari layaknya seekor harimau yang memperebutkan mangsa.

H.Lukah dan Ambung Gilo

Tradisi tua suku Kerinci tidak bisa dilepaskan dari kepercayaan animisme yang dulu tumbuh dan berkembang di seantero alam Kerinci termasuk Lukah dan ambung Gilo.

Lukah dan ambung Gilo merupakan sebuah boneka yang dibuat dari rotan yang dihiasi menyerupai manusia. Masyarakat di desa desa menggunakan lukah sebagai sarana untuk menangkap ikan sedangkan ambung merupakan alat (wadah)alat mengangkut barang yang dihiasi dengan pakaian yang menyerupai boneka manusia yang dapat bergerak sendiri dan dimasa lalu digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dengan sang pencipta dan roh para leluhur

Lukah gilo akan semakin menggila dan-bergerak tak beraturan kekiri dan kekanan mengikuti sang pawang dan gerak semakin lama semakin cepat

Seiring dengan perjalanan waktu lukah gilo sebagai kesenian nyentrik dan merupakan sarana hiburan rakyat yang ditampilkan pada acara kenduri sko dan pada acara acara budaya yang di balut untus magis

dalam kontek seni dan kebudayaan lukah gilo merupakan sebuh pertunjukan yang unik dan merupakan bagian dari ragam budaya masyarakat suku Kerinci

Lukah gilo merupakan permainan/kesenian tradisional masyarakat Kerinci yang dilakukan oleh beberapa orang dalam suasana gembira.

Lukah gilo merupakan permainan yang amat menarik untuk diikuti, karena permainan-ini mengandung unsur magic, dimana lukah (sejenis alat penangkap ikan) dapat memberikan kekuatan yang luar biasa sehingga orang yang melakukan kegiatan ini seolah-olah tidak sanggup meng-hentikan gerakan lukah tersebut.

Dalam permainan ini penonton dilibatkan langsung untuk mencoba mengendalikan Lukah tersebut.

I.Tari Persembahan

Gerak gerik tari tradisi Kerinci tergambar dalam tari ini seperti tari iyo-iyo, tari tauh, tari asyiek, tari mandi taman dan lain-lain.

Dengan penuh rasa hormat dan dengan keramahan para penari dan segenap anak jantan dan anak batino yang ada di dalam luhah dengan suka cita menyambut kedatangan tamu.

Pepatah, petitih dari para depati serta persembahan sirih nan sekapur, rokok nan sebatang yang menyatakan keikhlasan dan ketulusan masyarakat Kerinci menerima tamu dalam arti kata putih kapas dapat dilihat putih hati berkenyataan

Para penari dengan gemulai dan riang hati menari nari, dan sepasang remaja secara perlahan dengan carano di tangan berjalan kedepan menghadap tamu agung seraya mempersilahkan tamu agung untuk mengambil sirih yang sekapur yang ada di dalam carano

 

J.Kesenian Seruling Bambu

Kesenian suling bambu tergolong alat musik masyarakat yang ada di alam Kerinci, sarana /media alat-alat musiknya masih tradisional yaitu berupa suling, tambur, gendang dan gong.

Pengamatan di wilayah adat nenek limo dan nenek empat Hiang, wilayah adat tanah sekudung Siulak da di wilayah adat Depati Nan Bertujuh terlihat beberapa orang pengembala memainkan seruling bambu sambil mengawasi hewan ternak yang di gembalakan.

Beberapa tahun terakhir jumlah pengembala yang memanfaatkan waktu di padang pengembalaan dengan meniup seruling semain jauh berkurang.

Biasanya dimainkan oleh sekelompok orang dan memainkan lagu-lagu kerinci. Belum diketahui secarapasti asal usul music seruling bamboo,kesenian seruling bambumemili kesamaan dengan alat music seruling yang berada di tanah Batak-Sumatera Utara

  1. Maduamo tarian tradisi suku Kerinci

Tari tradisi suku Kerinci yang popoler di sebut tari Maduamo merupakan sebuah tarian purba sisa peninggalan zaman megalitic yang saat itu nenek moyang suku Kerinci masih menganut kepercayaan dinamisme dan animisme

Sebelum ritual tari maduamo ini dilaksanakan para penari harus melakukan upacara ritual nyaho untuk menyeru (memanggil) roh roh arwah nenek moyang dengan sebuah pengharapan agar kegiatan tradisi yang dipertunjukkan ini dapat berjalan lancar dan para penari dapat menghadapi tantangan tantangan yang membahayakan

Setelah ritual nyaho dilaksanakan, maka roh roh (arwah) nenek moyang akan memasuki jiwa /sukma para penari termasuk mereka yang memiliki hajat pada acara ritual ini, pada umumnya upacara ritual maduamo ini dilaksanakan sebagai sebuah rangkaian pengobatan secara tradisional

Manakala roh roh nenek moyang telah memasuki sukma, tubuh para penari akan menjadi ringan dan mereka para penari dengan gemulai menari diatas pecahan kaca piring,keramik dan dapat menghadapi benda benda tajam yang berada di hadapan para penari

Tradisi Madu amo hingga saat masih tumbuh dan berkembang di dusun dusun(desa) tradisional di alam Kerinci

L.Tari Asyek Ngayun Luci

Tari Asyiek Ayun Luci merupakan sebuah tarian mengandung unsur magic. Tarian ini menunjukkan rasa syukur atas rahmat yang diberikan oleh Sang pencipta atas mulai keluarnya isi padi yang ditanam disawah.

Selain itu tarian ini bertujuan pula untuk menolak bala terhadap serangan hama penyakit seperti serangan hama tikus, burung dan hama babi yang mengganggu tanaman kecil-kecil yang berisi sesajian yang digantungkan ke Luci besar yang juga berisi sesajian. Pawang membacakan mantera sambil mengayunkan luci-luci yang bergantungan.

Para penari, menari-nari mengelilingi Luci sambil sesekali memercikkan air bunga cina, semakin lama gerakannya semakin kencang sesuai dengan tempo musik.

Seiring dengan itu penari akan mengalami trance (tidak sadarkan diri), kemudian para penari akan diobati oleh pawang begitulah sampai seterusnya sampai pawang menyatakan bahwa hajat sudah tersampaikan.

M.Tari Bigea Rbeah

Sebagai bagian dari masyarakat Suku Kerinci yang mendiami puncak Andalas Sumatera, masyarakat Kota Sungai Penuh memiliki beradam seni musik dan tarian daerah. Diantara tarian yang berkembang di wilayah Kota Sungai Penuh adalah tari Bigea Rbeah.

Bigea atau Bigau adalah sejenis tumbuhan semak yang hidup di dalam air terutama di daerah rawa rawa/areal persawahan yang tidak di garap.

Tanaman ini secara turun temurun telah dimanfaatkan oleh masyarakat suku Kerinci sebagai bahan utama anyaman.Tanaman ini tingginya sekitar 1,5 sampai 2 meter, Jika dihembus angin tanaman bigau ini meliuk liuk menurut irama hembusan angin.

Liuk kan tanaman ini ibarat seorang gadis yang sedang menari. Dari gerakkan bigau (bigea) inilah seniman mendapatkan inspirasi untuk menciptakan tari Bigea Rbeah.

Pada awalnya tarian ini dibawakan oleh wanita wanita yang telah memasuki manula dan tarian ini dilakukan petani di sawah pada saat beristirahat setelah melaksanakan aktifitas menyiangi atau saat panen ,akan tetapi belakangan ini tari Bigea Rbeah dibawakan oleh anak anak gadis dan perempuan dewasa ,dan tak jarang tarian ini juga digelar pada acara kenduri pusaka atau pada saat acara penyambutan tamu.

N.Tari Ntak Kudo

Tarian ini ini berasal dari Hamparan Besar Tanah Rawang yang pada zaman dahulu hanya ditampilkan pada acara-acara kebesaran tertentu saja dan berbau magic yang gerak langkahnya berasal dari gerak silat dibawakan secara beramai-ramai, serta diiringi oleh musik perkusi (gendang) bertujuan untuk menghidupkan gerakan tari sehingga lebih asyik.

Daya tarik tari ini mampu memikat penonton untuk ikut serta menari dan berdendang, tarian ini mulai berkembang diperkirakan pada tahun 1970. Sejak beberapa tahun terakhir tari rentak kudo semakin populer hingga menembus batas alam Kerinci

3.Seni tari kreasi baru

Seperti daerah lainnya di nusantara, alam Kerinci memiliki berbagai atraksi seni dan kebudayaan baik yang dilakukan secara turun temurun maupun kesenian kreasi baru yang diciptakan dan dikreasikan oleh para seniman

Penciptaan tarian kreasi baru ini telah dimulai sejak decade tahun 1960 an yang dipelopori oleh seniman dan budayawan yang aktif padazamannya, tercatat beberapa tokoh seniman pencipta tari kreasi baru alam Kerinci masing masing H.Norewan.BA. H.Furisyah,Iskandar Zakaria, Fahmi Efendi,Harun Nahri,Rohati dan pada era tahun 1990 an alam Kerinci memiliki koreografer/penata tari kreasi yakni Azrefli Nurdin,S.Pd, Cik Buyuang, Adra Nimires,S.Sn,M.Si

Tarian alam Kerinci yang telah di kreasi barukan itu telah dipertunjukkan pada beberapa kali pagelaran di dalam dan di luar negeri, catatan yang telah dapat dihimpun saat ini terdapat puluhan tari kreasi baru

Sejumlah tinggalan seni dan kebudayaan suku Kerinci yakni seni tari tradisional yang masih tumbuh dan berkembang diantaranya adalah tari rangguk, tari tauh, tari asyik, tari asyik ayun luci, tari asyik naik niti mahligai, tari asyik nyabung, asyik nyambai,asyik ngurak anata, asyik mandi taman, asyik tulak bala,asyik mahligai kaco, Iyo Yo,tari sembah, tari ngagah harimau,tari Yadahdan, Ratib Seman

Sedangkan upacara tradisional yang masih dapat dijumpai hingga saat ini antara lain ialah ,kenduri sko,ngasap neghi,tulak bla,ayun luci,naik mahligai,andin,turun Ke sawah, kenduri ulu taun,kenduri padi,kenduri sudah tuai,kenduri kepalo air,kenduri gembalo padang,ajun arah, nyubeuk,batandang,ngapak siheih,Llek muntain,tuhaun Kaaye, sunat Rasul,tegeak umah,naik umah,naik haji,mandi balimo,ziarah,kematian,dendo,asyik,mintak hujan,umban Talai,pencak silat,ladang-ladangan,lukah gilo,linung,Perang-perangan

4.Perkembangan seni musik di alam Kerinci

Sebuah dokumen kumpulan 17 Lagu daerah Kerinci yang berjudul Maai Batalea merupakan buku perdana kumpulan lagu lagu Kerinci yang disusun oleh 3 maestro seni musik (talea) Kerinci Semat,Senin Iljas dan Riva”i Haris.

Ketiga orang tokoh musisi tersebut adalah pelopor yang menulis kumpulan lagu lagu Kerinci yang pada periode sebelumya nada dan irama belum pernah di tulis dan di bukukan.

Buku tersebut dicetak untuk pertama kali satu tahun setelah Kabupaten Kerinci menjadi daerah otonum terpisah dari Kabupaten PSK-Propinsi Sumatera barat dan buku tersebut dapat di terbitkan dengan bantuan dan dukungan sepenuhnya dari A.P.R.I,Komandan Sektor I Bn, Inf : B” TT-II Sriwijaya, Pemerintah Daswati II Kerinci,Perwakilan P.P&K Propinsi Djambi untuk Kerintji

Buku perdana tentang lagu Kerinci yang berjudul Maai Batalea mendapat apresiasi dan penghargaan dari Mohd.Noeh Ketua Dewan Pemerintah Daerah Peralihan Daswati II Kerinci, dan buku tersebut mendapat sambutan pengantar R.Sukotjo Martowidjojo selaku perantara Perwakilan Kementerian P.P.&K Propinsi Jambi Kabupaten Kerinci.

Perlahan namun pasti pasca terbentuknya daerah Otonum Kabupaten Kerinci,perkembangan seni musik Kerinci semakin mendapat perhatian yang sungguh sungguh dari Pemerintah, Pada tahun 1962 Kabupaten Kerinci di undang oleh Presiden Republik Indonesia Ir.H.Soekarno ke Jakarta dalam rangka pembukaan ASEAN GAMES.

Pada acara tersebut dipersembahkan Tari Rangguk di hapadan ribuan pengunjung di Istora Senayan, pertunjukkan berikutnya dilaksanakan di Gedung Kesenian pasar baru, dan untuk pertama kali sejak Indonesia Merdeka tim kesenian Kerinci di undang untuk menampilkan kesenian Kerinci di Istana Negara.

Rombongan di pimpin oleh Senin Ilyas,Semat dan Zukri Nawas,diantara seniman muda yang ikut mentas saat itu antara lain ialah Sa’adunir dan Zurhaida Madjid.

Pada tahun 1969 tim Kesenian Kerinci kembali di undang dalam rangka memeriahkan Jakarta fair,tim ini di pimpin oleh Rivai Aris ,tim ini tergabung dengan tim pemerintah Propinsi Jambi.

Tampilnya Kerinci ke pentas nasional telah mengharumkan nama baik Kabupaten Kerinci, keberhasilan ini pula yang mendorong dibentuknya kantor Kebudayaan Kerinci di awal tahun 1960 an,lembaga ini di pimpin oleh Senin Ilyas dan pada saat itu direkrut beberapa orang seniman untuk menjadi pegawai kantor Kebudayaan seperti Rivai Aris,Amiruddin Gusti, Nurisma Soelot dan Iskandar Zakaria

Pada Dekade tahun 70 an dan 80 an (Zurhatmi Ismail:Tanjong Bajure: 2007) merupakan puncak perkembangan musik tradisional di alam Kerinci,hal ini disebabkan pemerintah Kabupaten Kerinci pada masa itu memberikan perhatian yang sungguh sungguh dalam mengangkat dan mengembangkan kesenian rakyat,berbagai lomba,festifal dan pagelaran seni pada saat itu memiliki intensitas kegiatan yang sangat menggemberikan.

Iklim dan perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Daerah mendorong dan memotivasi para seniman untuk terus berkreasi dalam mengolah kesenian masyarakat di alam Kerinci

Pada dekade tersebut bermunculan berbagai bentuk musik tradisional yang menggunakan instrumen yang telah ada dan sebagian dari para seniman melakukan musik kreasi dengan mengangkat kembali alat musik tradisional yang telah nyaris punah.

Azhar,Mj seorang seniman /musisi alam Kerinci mengangkat musik Mindulahin dari Siulak dengan mengggali dan mentradisikan kembali musik traisional Kerinci dengan memanfaatkan kembali alat musik gendang buluh dan ketuk kayu sebagai alat musik, dan pada tahun tahun berikutnya tumbuh dan berkembang pula kelompok Zikir rebana, dan grup grup seruling bambu di sejumlah dusun dusun di alam Kerinci..

Sesuai dengan perkembangan zaman instrumen musik yang luwes seperti akordeon dan Biola beradaptasi dengan musik tradisional, perkembangan ini merupakan sebuah fenomena tersendiri dalam perkembangan musik di alam Kerinci, pada masa itu sejumlah orkes orkes berkembang di alam Kerinci, para musisi memadukan alat musik modren seperti biola dan akordeon dengan alat musik perkusi seperti gong, drum set,rapano,ketipung

Di Penghujung tahun 1970 an geliat musik di alam Kerinci semakin semarak, beberapa lagu Kerinci masuk dapur rekaman dengan diawali sang pionir Mahasiswa Kerinci di Bandung Propinsi Jawa Barat, Pada tahun 1977 Ikatan Mahasiswa Kerinci (IMK)-Bandung meluncurkan kaset lagu Kerinci dengan produksi terbatas.

Keberanian Mahasiwa Kerinci di Bandung yang di dukung sejumlah tokoh tokoh HKK di Propinsi Jawa Barat mendorong Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui organisasi Dharma Wanita Kabupaten Kerinci untuk kembali merekam lagu lagu Kerinci, Pada tahun 1978 lagu lagu Kerinci kembali masuk dapur rekaman.

Ibarat kata berjawab-gayung bersambut, seorang seniman Kerinci Atmajar Idris memproduksi albun lagu Kerinci dengan judul album Kanti Batandang Lagu Kerinci kali ini di rekam dengan sponsor Tanama Record.

Sederetan artis artis penyanyi Kerinci yang menyanyikan lagu lagu (Talea) Kerinci pada masa itu hingga saat ini masih dikenang oleh sebagian besar masyarakat di alam Kerinci khususnya di kalangan para seniman dan budayawan di alam Kerinci, beberapa orang penyanyi legendaris yang mempelopori perkembangan musik alam Kerinci diantaranya ialah Atmajar Idris,Muchtar Hadist,Edi Sinir, Nasrul Jas, Sobrina,Itmawati,Ermasni Rais,dan Jalidar.

Semangat untuk merekam lagu lagu (talea) Kerinci hingga saat ini menjadi dorongan bagi bagi para artis dan pencipta lagu untuk melakukan rekaman lagu ,saat ini hampir di setiap Kecamatan di alam Kerinci berlomba lomba merekan lagu lagu tradisional Kerinci, dan lagu lagu kreasi baru yang diciptakan para musisi musik dan sejumlah artis penyanyi.

Catatan yang dihimpun menyebutkan daerah Kerinci tengah( Kota Sungai Penuh) dan Kerinci Mudik (Siulak,Air Hangat) merupakan kelompok masyarakat yang rajin melakukan rekaman lagu lagu Kerinci.

Kehadiran para musisi dan artis dalam menggali,menciptakan dan mengangkat seni musik tempo dulu dan seni musik kreasi memperkaya khasanah lagu Kerinci, secara tidak lansung mendorong masyarakat untuk terus berpartispasi dalam melestarikan nilai nilai lagu tradisi masyarakat di alam Kerinci

Pada awal tahun 1980 an sejumlah lagu lagu khas masyarakat di alam Kerinci semakin melejit dan populer dikalangan masyarakat di alam Kerinci dan di luar alam Kerinci, sejumlah lagu lagu seperti lagu Hujan Rintek,Tung Gayut, Mandiki, Kasih Idak Putuih,Kamai Bujaleang, Dalideu dan Uhang Jauh

Sejumlah penyanyi pendatang baru pada dekade tahun 1980 an banyak bermumculan dalam blantika musik lagu daerah, diantara para artis penyanyi itu tercatat nama Azizah dari Keluru,Elly Muis dari Semurup, Asril Koto dari Sungai Penuh,Marjuta,Wardanis,Ermilawati, dan Lis Helma dari daerah Siulak.

Seiring dengan perkembangan musik alam Kerinci pada masa itu telah lahir gurup Band milik pribadi untuk menyalurkan bakat seni dan lahan bisnis baru, grup grup band ini ikut membidani lahirnya para musisi dan artis artis lagu daerah , diantara Band yang popoler dan memiliki fans yang besar ialah Conserto band milik Mantri Zainal,Andrea Band,Dasira Band Sungai Penuh, Mario Band di Semurup, Kanti Band dan Family Band di Siulak

Sedangkan di daerah Kubang dan sekitarnya berkembang musik gitar akustik tunggal, mereka menamakan jenis musik ini”Musik Klasik Kerinci” dengan gaya paralel antara penyanyi dan musik pengiring.

Pada berikutnya bermunculan lagu lagu Kerinci kreasi baru dalam berbagai warna dan bentuk,Komposi lagu yang di ciptakan tidak terpaku pada pengulangan tema saja seperti bentuk lagu tradisional akan tetapi para musisi telah berani membuat kontras lagu

Demikian juga dengan komposisi syair syair lagu,para musisi dan pencipta lagu sudah banyak yang menulis syair lagu dalam bentuk yang lebih bebas,dan beberapa diantaranya masih cenderung terikat dengan bentuk pantun.

Dusun dusun(desa) yang paling menonjol dalam usaha merekam lagu diantaranya ialah sejumlah desa desa di daerah Siulak,Kubang dan sekitarya, Koto Majidi dan sekitarnya,Sungai Penuh,Keluru dan sekitarnya.

Para penggiat dan musisi lagu daerah yang giat dalam menciptakan dan merekam lagu lagu daerah alam Kerinci tercatat nama Muchtar Hadist,Atmajar, Oesul, Amrie,Rapudin, Sa’adunir, dan Irmansyah,para musisi tersebut pada umumnya saat itu menggunakan aranger studio.dapur rekaman di Kota Padang-Sumatera Barat.

Selain penggiat/musisi tersebut terdapat nama Nurbaity, Zurhatmi Ismail,Suparman Harun, Azhar,Mj, Syafui Manaf,Rustam Syukur yang aktif berkarya sepanjang hidupnya.

Sedangkan musisi muda potensial yang telah mengabdikan diri untuk dunia seni musik tercatat ,Mayri Hardi, Ir.Jamsol Mesra(alm) Zulyendri Soeloet(alm)Syaiful,H.Otma Rosya,SE, Dasni Yatim, dan generasi berikutnya Tony Syahminan,Monalisa,Yuli Zainal, Ujang Perancis,Andy Krinchie, Madala, Popy Susanti,Onex Arel,Fendi,MD,Juanda Albe

Dan pada paruh tahun 2000 an munculnya artis musik dan produk rekaman VCD Lagu lagu Kerinci tidak lepas dari peran dapur rekaman Solfegio Studi Sungai Penuh dan peran musisi Antoni Pasaribu.

Khusus untuk lagu lagu yang di produksi oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci musik pengiringnya di kerjakan oleh Riva’i Aris atau Irmansyah,. Hinggar Binggar Band di alam Kerinci mulai redup seiring dengan masuknya jenis instrumen baru yang akrab disebut Phenomena Organ Tunggal yang tidak membutuhkan personil yang banyak dan lebih praktis dalam mengiringi penyanyi,penyesuaian tangga nada dan memudahkan dalam mengaransir lagu.

Pada tahun 2007 Zurhatmi Ismail Seniman dan musisi alam Kerinci di Jambi dengan dukungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jambi melakukan upaya menyusun buku kumpulan lagu tradisional Kerinci dengan judul buku Tanjon Bajure

Zurhatmi Ismail dengan dukungan sejumlah seniman dan musisi telah mengumpulkan menelaah, menyusun dan menerbitkan buku kumpulan lagu tradisional Kerinci”Tanjon Bajure” yang berisikan 50 lagu lagu tradisional Kerinci.( Erni Sasmita & Bj Rio Temenggung Tuo)

 

 

Oleh Syamsul Bahri, SE

Kantor Gubernur Jambi

Sebagaimana diketahui Provinsi Jambi secara resmi menjadi Provinsi tahun 1958 berdasarkan Undang-undang No. 61 tahun 1958 tanggal 25 juni 1958, terletak secara geografis antara 0º 45¹ 2º 45¹ LS dan 101º 0¹ – 104º 55 BT, ditengah pulau sumatera  mulai punggung tengah bukit Barisan membujur dari barat (litter W-Kabupaten Kerinci) ke arah timur sepanjang pantai timur (Ujung Jabung Tanjung Jabung Timur-berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan), dengan luas 53.435.72 Km², yang terdiri dari 98,82% daratan, 0,82% lautan dan 0,36% wilayah garis pantai, dalam artian sudah mengelola daerah sendiri selama ±61 tahun,

Pembentukan Provinsi melalui proses yang cukup rumit dan memiliki sejarah yang cukup panjang, sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Tengah. Diproses melalui Badan Kongres Rakyat Jambi (BKRD) dalam Kongres Rakyat Jambi (BKRD) pada tanggal 15 – 18 Juni 1956 mengatakan bahwa tuntutanmengenai status daerah Jambi menjadi daerah otonomi setingkat Provinsi merupakan tuntutan atas ketidakadilan (perimbangan keuangan)dan upaya penyelesaian konflik (perimbangan kekuasaan) karena dipadang dari segi geografis, sosiologis, politis dan ekonomidaerah Jambi telah dapat dan sudah selayaknya berotonomi sendiri setingkat Provinsi.

Sampai saat ini sudah 14 Gubernur baik pejabat Gubernur, baik ditunjuk, dipilih oleh DPRD maupun dipilih secara langsung melalui Pilkada Langsung, dari beberapa sumber data Gubernur Jambi dipilih secara langsung melalui pasangan calon Gubernur dimulai dari pasangan pemenang Pemilihan Gubernur  yaitu tahun 2005-2010 yaitu Drs. H. Zulkifli Nurdin, MBA dan Drs. H. Antony Zeidra Abidin, dilanjutkan pada tahun 2010-2015  oleh pasangan Drs. H. Hasan Basri Agus, MM dan Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum, selanjutnya dilanjutkan pada tahun 2016-2020 oleh pasangan  H. Zumi Zola Zulkifli, S.TP, MA  dan Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum, karena ada persoalan kasus Pidana Korupsi dilanjutkan kepemimpinan Gubernur tahun 2018-2020 sebagai gubernur defenitif oleh  Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum.

Bahwa Provinsi jambi memilikikekayaan potensi Sumber Daya Alam yang melimpah, baik pertambangan, perkebunan, kehutanan, pertanian, wisata alam dan budaya dll, serta merupakan sebuah Provinsi di Pulau Sumatera yang kaya dan memiliki sumber Pendapatan Asli daerah yang memadai, bahkan merupakan salah satu Provinsi yang memiliki letak yang strategis kawasan segi tiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapore (IMS-GT), bahkan nilai penting lainnya yang sangat mendukung investasi adalah dominan wilayah relatif aman bencana alam “gempa dan tsunami”.

Dengan kekayaan alam dan peluang investasi yang baik seyogyannya membawa nilai positif dan konsekwensi logis kehidupan sosial ekonomi masyarakat Jambi lebih baik dari aspek pertumbuhan ekonomi, dengan komposisi Penduduk berdasarkan Pekerjaan, didominiasi oleh Petani sebanyak 76,2%, Perdagangan sebanyak 13,1 % dan Jasa kemasyarakatan sebanyak 10,8%, menuju sebuah kesejahteraan yang menjadi cita-cita negara dalam proses pembangunan, yang dimulai dari sebuah proses demokrasi politik, baik demokrasi Pemilihan Pimpinan Daerah era orde baru maupun pola Pilkada era Reformasi, dengan tujuan utama adalam mewjudkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan.

Dari data tersebut diatas, dengan melihat komposisi kewilayahan, jelas penduduk Jambi masih didominasi dengan sumber mata pencaharian Penduduk adalah petani dari kelompok holtikultura, pangan, perkebunan Rakyat, perikanan, peternakan, dalam artian kegiatan pertanian merupakan sumber penghidupan utama masyarakat Jambi.

Berdasarkan data BPS Provinsi Jambi Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Jambi September 2019 sebesar 98,36 atau naik 2,27 persen dibanding NTP bulan sebelumnya. Peningkatan NTP dikarenakan Indeks Harga yang Diterima Petani (It) naik sebesar 1,45 persen sedangkan Indeks Harga yang Dibayar Petani (Ib) turun sebesar 0,80 persen..

Kondisi harusnya menjadi catatan penting bagi para pasangan bacagub Provinsi Jambi tahun 2020, terlepas beberapa faktor yang dominan mempengaruh NTP tersebut seperti harga karet dan sawit, beserta harga komodity petani yang menurun serta bencana asap yang melanda Provinsi Jambi semenjak Juni 2019 sampai Oktober 2019.

Bakal Calon Gubernur (bacagub) Provinsi Jambi yang ingin berkompetisi pada Pilgub Tahun 2020, pada saat era pasar bebas sudah dimulai semenjak tahun 2015 yaitu “Asean Community 2015” atau Masyarakat Ekonomi Asean tahun 2015 (MEA) sudah berjalan dengan daya saing dan tantangan perubahan lingkungan, sehingga pemimpin yang ideal seyogyanya menjadi kebutuhan mendesak dalam memperjuangkan dan mewujudkan visi dan misi negara yang telah di ungkapkan dalam pembukaan UUD 1945, dan di terjemahkan berdasarkan kebutuhan baik nasional, regional kewilayahan Provinsi, Kabupaten Kota.

Pasar bebas itu adalah membiarkan pasar bekerja tanpa distorsi, keyakinan ini berakibat bahwa perusahaan swasta harus bebas dari intervensi pemerintah, apapun akibat sosial yang dihasilkan, sehingga membuka kebebasan arus perdagangan barang dan jasa menjadi indikator utama, bahkan pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, konsultan, perawat, tenaga tehnis dan lainnya.

Persaingan kompetisi produk hasil dari Entrepreneurship/usahawan Provinsi Jambi akan ikut berkompetisi secara fair di pasar bebas atau akan seutuhnya menerima produk negara lain di Provinsi Jambi, begitu juga apakah peluang tenaga kerja profesional yang dididik dari Provinsi Jambi dapat diterima di negara tetangga atau tidak, sebuah tantangan yang sangat berat, bukan berarti tidak bisa.

Tantangan berat tersebut harus bisa di jawab dalam proses Pilkada dengan rezim UU Pilkada No. 10/2016 yang mengamanahkan Pemimpin daerah yang terpilih dalam Pilkada 2020 hanya menjabat selama empat tahun. Itu terjadi karena UU Pilkada No 10 tahun 2016 belum direvisi.

Pelaksanaan Pilkada Gubernur tahun 2020 dilaksanakan bersamaan dengan Pilkada serentak di Kota Sungai Penuh, Kabupaten Tanjung Jabung, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Batanghari dan Bupati Bungo.

Pilkada tersebut menjadi taruhan bagi Provinsi Jambi masa yang akan datang, untuk bisa memanfaatkan MEA atau di manfaatkan oleh MEA, dengan konsekwensi menekan dan memperkecil kemiskinan secara real, bukan hanya pertumbuhan ekonomi secara statistik belaka.

Pilkada untuk wilayah provinsi Jambi, dengan melihat perspektive yang akan datang terutama dengan telah berjalannya MEA, kedepan dibutuhkan dan diinginkan pemimpin yang terpilih memiliki pemikiran pemahaman untuk mencegah dampak negatif dan membuat strategi dalam memanfaatkan MEA untuk kepentingan masyarakat Jambi khusus masyarakat Indonesia pada umumnya, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan dan daya beli masyarakat

Pasar Asean menjadi satu kesatuan pasar tunggal Asia tenggara, keberadaan MEA itu akan menjadikan arus lalu lintas barang, jasa, investasi, dan modal bebas di kawasan Asia Tenggara, apakah MEA itu merupakan berkah atau justru musibah ?, bagi Provinsi jambi bahkan Indonesia.

Begitu juga Bacagub juga diharapkan memiliki visi dan misi yang aplikatif untuk menghentikan dan mencegah bencana asap di Indonesia yang bersumber salah satu dari Provinsi Jambi, bukan hanya pemadaman yang reaktif dan bombastis, melainkan upaya pencegahan dan meminimalkan bencana asap melalui strategi yang terukur dan ternilai, karena bencana asap ini disamping sangat merugikan baik ekonomi, kesehatan, transportasi, pendidikan dll, bahkan merugikan secara politik bagi Provinsi Jambi bahkan Negara Republik Indonesia kecenderungan periodenisasi bencana asap semakin pendek, tentunya tidak kalah pentingnya dari aspek ekonomi, kesehatan, infrastruktrur, yang terukur melalui NTP, HDR dll, adalah ikut menyelamatkan Warisan Dunia yang ado Provinsi Jambi seperti TN Kerinci Seblat, TN Bukit Dua Belas, TN Bukit Tiga Puluh dan TN Berbak dan Sembilang..

Ini menjadi salah satu penilaian untuk siapa yang akan menjadi pemimpin di Provinsi Jambi dan Bupati/Wali Kota dalam Provinsi Jambi, menentukan apakah Provinsi Jambi bisa ikut memberi jawaban atas pertanyaan tersebut diatas, yaitu menjawab tantangan “apakah MEA itu merupakan berkah atau justru musibah ?”

Sepakat atau tidak sepakat bahwa MEA akan tetap berjalan, tentunya pertanyaan tersebut diatas, harus di jawab dengan MEA harus memberi berkah bagi masyarakat Provinsi Jambi, tentunya dibutuhkan Pemimpin yang peka dan memiliki konsep yang jelas dalam memperkuat perekonomian regional Provinsi Jambi menuju MEA.

Lembaga swadaya Indonesia for Global Justice (IGJ) mengatakan pemerintah belum memiliki strategi dan rencana yang tepat untuk melindungi kepentingan petani, nelayan, buruh, dan pedagang tradisional.

Hal ini berpotensi mendorong hilangnya akses rakyat terhadap sumber daya alam dan tingginya angka kemiskinan di pedesaan. Direktur Eksekutif IGJ Riza Damanik menyatakan, nelayan, petani, buruh, maupun pedagang pasar tradisional adalah kelompok paling dirugikan atas pemberlakuan MEA tahun depan

Fakta diatas yang membutuhkan nilai-nilai kepemimpinan sangat menentukan keberhasilan pembangunan dalam rangka mengoptimalkan dan pemanfaatan MEA di Provinsi Jambi, terutama dalam perdagangan bebas, dimana arus barang dan arus manusia terus bergerak tanpa hambatan, apakah sebagai produk, tenaga kerja, wisatawan, perdagangan dll melalui mekanisme pasar sebagai proses yang menentukan, tentu mekanisme pasar terhadap manusia, Entrepreneurship, barang dan jasa yang dikelola dengan manajemen kepemimpinan terutama dalam mekanisme usaha dan bisnis yang memiliki keadilan dan berkeadilan.

Pemimpin di Era globalisasi diharapkan adanya upaya peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk Interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu Negara/Provinsi/Kabupaten/Kota menjadi semakin sempit. Di era ini terjadi proses interaksi antar individu, antar kelompok, dan antar negara yang pada akhirnya menimbulkan saling ketergantungan, keterkaitan dan saling memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas-batas wilayah. Interaksi ini terjadi dalam berbagai aspek kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi dan pertahanan keamanan.

Era pasar bebas diperkuat dengan era teknologi informasi yang sangat cepat seperti telepon genggam, televisi satelit, dan Internet menunjukkan bahwa informasi dan komunikasi lintas benua sangat cepat dan dunia semakin sempit, tentunya akan berpengaruh terhadap eksistensi negara/Provinsi/Kabupaten/Kota. Kondisi ini terlihat dengan indikator pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh organisasi multinasional, dan dominasi organisasi internasional dalam menguasai perdagangan. Disisi lain peningkatan interaksi sosial budaya melalui perkembangan media massa baik televisi, film, musik, dan transmisi berita juga sangat berpengaruh terhadap kinerja organisasi sesuai dengan kemampuan daya saing yang dimilikinya.

Sehingga sesuatu yang harus diperjuangkan Pilkada dapat menghasilkan Pemimpin Provinsi Jambi, baik Gubernur, Bupati maupun walikota, menurut Profesor Chipta Lesamana yaitu pemimpin dengan konsep (1) konsep kepemimpinan yang Progresif adalah Pemimpin hendaknya mampu mengikuti perkembangan zaman, mampu menjawab perubahan zaman dengan segala dasar di dalamnya, serta mampu melayani masyarakat dengan menyandarkan pada konsep-konsep moralitas. (2) Konsep kepemimpinan yang fleksibel terhadap perkembangan zaman bukan berarti kita harus melupakan identitas yang dimiliki.

Selanjutnya, ciri ciri kepemimpinan yang diharapkan menurut Robert L. Katz (1955) dalam jurnalnya Skills of an Effective Administrator yaitu memiliki tiga ketrampilan, yaitu:(1). Ketrampilan teknis (technical skill), adalah pengetahuan dan ketrampilan seseorang dalam proses kebijakan administratif dan/atau teknik; (2) Ketrampilan manusiawi (human skill), kemampuan bekerja secara efektif dengan orang-orang dan membina kerjasama tim; (3) Ketrampilan konseptual (conceptual skill), kemampuan untuk berpikir dalam kaitannya dengan model, kerangka, hubungan yang luas dan rencana jangka panjang (visioner).

Dan diharapkan pemimpin yang terpilih nantinya memiliki gaya kepemimpinan yang dibutuhkan menurut Stephen Robbins (1996) bahwa pemimpin transaksional adalah pemimpin yang memandu atau memotivasi pengikut mereka ke arah tujuan yang ditetapkan dengan memperjelas peran dan tuntutan tugas, yang secara eksplisit termasuk pemimpin task oriented dimana penyelesaian tugas menjadi hal utama dengan petunjuk rinci yang wajib dijalankan oleh pengikutnya. Dan gaya kepemimpinan transformasional adalah pemimpin yang memberikan pertimbangan dan rangsangan intelektual yang diindividualkan dan yang memiliki karisma. Pemimpin seperti ini mencurahkan perhatian pada kebutuhan pengikutnya, mereka mengubah kesadaran pengikut akan persoalan- persoalan dengan membantu mereka memandang masalah lama dengan cara baru dan mereka mampu membangkitkan serta mengilhami para pengikut untuk mengeluarkan upaya ekstra dalam mencapai tujuan kelompok.

Dan kita sebagai rakyat sebagai pemilik kedaulatan harus ingat dan legowo, bahwa Negara kita sudah terbagi dan terkapling oleh kepentingan Parpol dan ini jelas terlihat di Parlemen dan penentuan Caleg dan Kepala Daerah yang melalui Partai Politik, tentunya kepentingan parpol yang sangat dominan dalam pemerintahan (Exsekutif dan legeslatif), yang menyebabkan kepentingan rakyat belum tentu menjadi “kepentingan utama”, yang cenderung mengatas namakan kepentingan rakyat untuk kepentingan Parpol (golongan) yang selalu menjadi prioritas.

Maka Gubernur/Bupati/Wali kotasetelah terpilih harus independen dan mengutamakan kepentingan rakyat baik sebagai pemilih maupun tidak, walaupun mereka terpilih melalui persyaratan administrasi mejanya Parpol, pemimpin yang terpilih diharapkan berjiwa idealis berusaha Istiqomah antara hati, pikiran, dan perbuatannya, tentunya tidak peduli apapun hambatan atau tantangan yang menghadangnya.

Sehingga Kepemimpinan produk Pilkada untuk Provinsi Jambi tahun 2020, diharapkan memiliki atribut individual seperti aspek-aspek kepribadian, temperamen, kebutuhan, motivasi dan nilai-nilai dengan ciri-ciri watak yang relatif stabil dalam berprilaku.

Dari pemahaman tersebut Pemimpin itu adalah seseorang pemimpin dilahirkan, bukan dibuat, sehingga seseorang yang dilahirkan sebagai pemimpin maka akan jadi pemimpin, pemahaman bahwa tidak semua bisa menjadi pemimpin, sehingga seorang pemimpin lebih memiliki kecenderungan untuk membahagiakan masyarakat yang dipimpinnya, dengan mengabaikan kepentingan yang bersifat pribadi atau stafnya.

pemimpin yang ideal dalam era globalisasi ini yang dapat menggerakkan organisasi mencapai tujuan dan sasarannya dengan berbagai dinamika dan konflik yang terjadi didalamnya, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya.

Lembaga swadaya Indonesia for Global Justice (IGJ) menuding pemerintah tidak memiliki strategi dan rencana yang tepat untuk melindungi kepentingan petani, nelayan, buruh, dan pedagang tradisional, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang mulai efektif 2015

MEA bagi Provinsi Jambi sepakat atau tidak sepakat dibutuhkan, ini harusnya dilakukan oleh Pemimpin yang dilahirkan oleh PILKADAL tahun 2015, agar daya saing Asean meningkat serta bisa menyaingi Cina dan India untuk menarik investasi terutama Investasi dalam Negeri dan juga Investasi Asing, Investasikan dibutuhkan untuk menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan.

Dengan potensi baik Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia di Provinsi Jambi cukup membanggakan, namun memerlukan pemimpin yang memahami kondisi dan nilai tersebut, agar penciptaan lapangan kerja melalui enterprenuership yang baik dan memiliki prospek yang cerah, serta penciptaan tenaga kerja profesional yang bisa lintas pulau, Provinsi bahkan lintas negara, sesuatu yang harus menjadi visi dan Misi dari Pemimpin yang akan datang.

Kondisi saat ini, bahwa membanjirnya produk-produk negara Asia tenggara seperti minuman, buah-buahan, menjadi persoalan bagi kita masyarakat, karena penduduk Indonesia yang lebih 250 juta jiwa, hanya di jadikan pasar dari negara Asean, sesungguhnya sangat menjadi persoalan, sehingga untuk memanfaatkan MEA dibutuhkan Pemimpin yang bisa memperkuat pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai masyarakat produktif.

Kekayaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia, merupakan nilai positif dan potensi positif tersebut, tentunya akan dapat diraih dan direbut untuk kepentingan masyarakat Provinsi Jambi sebagai daerah potensial pertanian, pertambangan, perkebunan, pariwisata dll, dengan kepemimpinan yang bisa memahami dan memiliki naluri enterpreneurship dan inovasi yang handal dan diserta naluri bisnis untuk kepentingan pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan didukung oleh memiliki jaringan secara nasional dan Internasional, dan upaya tersebut harus dimulai saat ini.

Diharapkan Visi dan Misi para pasangan Calon Gubernur/Bupati/walikota, tidak  terlalu miskin, hanya berpikir secara lokalistik, namun harus berpikir kondisi global dan pasar bebas, yang tentunya sekarang dan kedepan, Provinsi Jambi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari globalisasi baik ekonomi maupun  lingkungan, dan itu pasti,tentunya terkait dengan bencana asap menjadi catatan sangat penting, untuk dijadikan bagian dari Visi dan Misi utama.

Sehingga perspektif pemimpin yang diharapkan untuk bisa menjadi manajer sebuah perusahaan yang bernama ”Provinsi Jambi”, dengan pemilik aset adalah rakyat Provinsi Jambi, yang sesungguhnya aset yang kaya tersebut sudah bisa mambahagiakan dan mensejahterakan masyarakat Provinsi Jambi masa kini dan yang akan datang.

Tentunya perspektif pemimpin yang akan bisa membaca, berinovasi, berenterprenuer untuk mengoptimalkan nilai – nilai ekonomi aset rakyat dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan, dibutuhkan pasangan pemimpin yang memiliki naluri enterprenuership, anti KKN, tidak menjadikan Provinsi Jambi sebagai bidang usaha, berani dan bertanggung jawab dalam bertindak, berinovasi, memiliki jaringan nasional dan Internasional.

Pemimpin dalam Ketentuan Pilkada adalah pasangan pemimpin yaitu Gubernur/Bupati/Wako bersama-sama dengan wakil atau pasangan, tentunya dalam penentuan atau pemilihan pasangan tidak saja berpikir dari persyaratan yang diajukan oleh Partai Politik, namun harus selektif untuk memperkuat kepemimpinan, terutama dalam mendukung upaya-upaya penguatan enterprenuership, kewirausahaan, dalam rangka menciptakan produk baik barang maupun jasa dalam kompetisi global.

Tentunya pemilihan pasangan atau pendamping tidak memberi kesan hanya untuk persyaratan administratif saja, namun harus sejiwa dan terintegrasi dalam pemahaman dan penyusunan Visi dan misi pasangan, untuk menghindari keterpecahan di tengah perjalanan dan waktu.

Sebagai pasangan Pemimpin yang akan datang harus dapat mengantarkan Provinsi/ Kabupaten/ Kota untuk membangun, menata dan mensejahterakan masyarakat secara adil, aman, tentram dan semua pemeluk agama dapat hidup berdampingan, serta dapat mengantarkan provinsi Jambi mandiri secara ekonomi dalam tatanan dunia global dan masyarakat global

Sehingga dari data dan kebutuhan pemimpin di era pasar bebas dan globalisasi sekarang ini, dilihat dari profile pasangan, tentunya pemilih sangat memahami siapa yang akan dipilih dengan melihat kebutuhan pimpinan masa yang akan datang, dan (”kebenaran dan pembenaran” yang tidak mungkin bersatu”) akan menjadi bagian dari sebuah tanggung jawab masyarakat Provinsi Jambi untuk menentukan arah Pembangunan, tentunya arah yang positif dan membawa kemajuan secara ekonomi dan dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi perubahan iklim yang menjadi agenda utama dari Pemerintah Indonesia saat ini dalam percaturan politik lingkungan dunia. Dengan harapan, pemilukada ini dapat berjalan damai dan masyarakat dapat memilih pemimpin yang dibutuhkan dan diidamkan untuk mewujudkan Provinsi Jambi yang lebih maju dan lebih bisa mensejahterakan masyarakatnya secara adil dan berkelanjutan.

Jauhkan upaya – upaya kotor untuk memenangkan Pilkada ini, karena akan sangat menodai demokrasi dan menghianati masyarakat Jambi, yang sangat mengidamkan Pemimpin yang bisa mensejahterakan rakyatnya, bukan pemimpin yang mensejahterakan keluarga, kerabatnya dan mempertahankan dynasti.

Lahirnya atau terpilihnya pemimpin, bukan hanya dilihat dari hasil akhir untuk mencapai kemenangan sebagai Kepala Daerah, melainkan proses untuk mencapai dan menduduki kursi kepemimpinan menjadi bagian penting untuk menilai seseorang dikatakan pemimpin yang memimpin, wait and see.

Kueri teratas kerinci time sungai penuh hp realme terbaru kerincitime kabupaten kerinci berita kerinci sungai penuh hari ini smpn 6 kerinci berita sungai penuh smp 6 kerinci vcs sambil mandi vivo v29 seloko adat kerinci al haris a17 bionic propam polda jambi kpu kerinci pj bupati kerinci p3k meta_value Interview cewek boking online open online Pemandu Lagu Nugil pt raihan aditya pratama di merangin jambi guru cewek di perkosa muridnya realisasi laporan kades desa betung kuning proses hukum dugaan korupsi kades betung kuning berita kabupaten kerinci smp di perkosa morgue batas pinjaman umum bri siulak gedang iphone 15 zenfone 10 ngentpt india Flm asik hot malam minggu wanita cantik Avtub com jomba HP 2 jutaan terbaik 2023 gaming foto selfie e-ktp Berita kerinci harga motorola g84 Poto guru pns pamer video mesum emak emak vc hot Cerita tante ngewe waria صور اجمل كس سكس في الشرقيه Harga resmi nokia winner max 5g di indonesia jumlah tweet lila irwan rexona harga realmi c53 di manokwari Cari nama amri bastian oku timur di facebook Dopada jilbab pink viral Berita jambi Cerita bokeh nikita mirzani bersama ptia italia ketagihan tari lukah gilo jambi ada dimana aja Manag imbau masyarakat tak pilih Capres yang pernah pecah belah bangsa ini tanggapan Cak imin hp realme terbaru 2023 berita kerinci hari ini snapdragon 8 gen 3 siasatinfo berapa harga skin chou echo link vina garut berita kerinci siulak dokter spesialis anak sungai penuh pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan kerinci erk kerinci vivo a16 akg togel kota sungai penuh rekomendasi hp gaming 2 jutaan harga skin chou echo rog phone 7 ultimate space togel cek tagihan pdam tirta sakti harga xrp berita kerinci cek tagihan pdam tirta sakti kerinci harga hp realme terbaru kecelakaan di kerinci hari ini lomba balap karung jadwal turnamen badminton 2023 xrp berita kriminal merangin great dragon spear mlbb png pantun, seloko adat jambi lpse kerinci kerinci news pepatah adat kerinci pantun adat kerinci paizal kadni shelter 2 gunung kerinci vivo v29 pro skin chou echo daftar caleg kab kerinci 2024 berita kerinci terbaru twitter abg mesum pembantaian suku uighur china abg pamer memek yandex xnxxx apple a17 bionic big technology co ltd dinas pendidikan kota sungai penuh qualcomm snapdragon pidio mesum hijab ping worldcoin kapan skin echo rilis berita kerinci mudik kapan skin chou echo keluar asafri jaya bakri skin kadita mpl pantun seloko adat jambi twitter jilbab hot coursera jadwal badminton agustus 2023 daftar harga hp oppo di jambi 2023 fungsi rawang bagi ikan adalah bukalapak chip domino bionic a17 air panas sungai medang berita kriminal kerinci hari ini contoh pidato adat kerinci b.i.g technology co ltd b.i.g technology co. limited jadwal dalang yusuf anshori agustus 2023 kapan chou echo rilis tanggal rilis skin chou echo kecelakaan kerinci fitra jaya saleh cerai apakah di surga bisa minta apa saja big technology gaji hansip galaxy tab s9 jilbab mesum cewek pamer memek berita sungai penuh hari ini chou echo kapan rilis yogi swandra penangkapan narkoba harga vivo terbaru berita kota sungai penuh hp gaming 3 jutaan terbaik 2023 memek abg twitter media online jambi makanan khas sungai penuh hp oppo y 16 uighur bintang porno argentina vivo y16 vs oppo a16 vc mesum eppt bkn jayapura 2023 xxnx pramugari a17 apple berita spesifikasi defitra eka jaya kapan chou m4 rilis mobil safa marwa hp relmi terbaru 2023 apriodito umar pidiosex rsud mayjen ha thalib kerinci kasi dinas pertanian merangin inna dunya mata'ul ghurur infinix gt 10 pro harga skin epic lesley samsung hp 5g realme harga hp realme c51 orang terkaya di kerinci tanjung pauh kerinci kecamatan tanah cogok pidio bep dumisake 2023 kapan cair episode recap possessed xrp berita terkini bkpsdmd batanghari hukum shalat jumat saat hujan deras jadwal badminton smartphone gaming 3 jutaan xrp berita batrisyia herbal skincare daftar pinjol ilegal ojk pengumuman anggota bawaslu mutasi polda jambi 2023 kapan rilis hero baru ml penyakit iphone 14 pro max apple homepod mini rsud kerinci bokev india bokep cabe cabean pt sgs jambi pt trans mitra mandiri hp vivo 5g terbaru 2023 sma n 7 merangin smartfren poco guru besar sapu jagat sukabumi telkomsel youtube realme terbaru android 13 hp gaming 2 jutaan prime video tanggal rilis iphone 15 semut ip 15 batrisyia herbal iphone 15 asus togel play store aplikasi enola holmes memek abg iphone 15 release date jakarta macan akar john wick sherlock holmes peta jambi spesifikasi poco f5 poco f5 grand inna kuta selfie time jambi town square kota jambi ulasan ngocok memek rekomendasi hp 2 jutaan gaming avtub vivo terbaru 2023 erk kab kerinci kripto adalah adirozal poco f5 spesifikasi selfie time jambi town square ulasan kadita mpl png bo 350k open bo murah hp gaming terbaik 2 jutaan biaya jahit luka scarlet phantom dihapus e rk kerinci jam tangan digital hp 2 jutaan terbaik 2023 gaming vivo terbaru berita viral kerinci kingwin247 jadwal rilis iphone 15 music youtube harga booking janda hp oppo terbaru murah playstore untuk mengecek absen dan pengangsuran ukt dimana jam tangan togel pantun akreditasi puskesmas hp 2 jutaan gaming viral belasan siswa dibantai bendahara e-rk kerinci no togel jam tangan peta provinsi jambi harga rog phone 7 makanan khas kerinci bigboss4d jadwal dalang yusuf anshori 2023 oppo y16 kerinci sungai penuh luffman mild hp poco f5 sungai penuh kerinci hp vivo a16 kapan skin chou echo rilis balap karung sonic ip 15 kapan rilis pdam tirta sakti arkine obat apa realmi terbaru pre order hp gaming terbaik vivo keluaran terbaru 2023 memek smp erk kabupaten kerinci hp terbaru 2023 harga 1 jutaan google pixel fold tagihan pdam tirta sakti konser rhoma di jambi kapan ip 15 rilis di indonesia rekrutmen hp realme terbaru 2023 dan harganya realme c51 bokeh memek mulus tanggal launching iphone 15 biaya jahit luka di rsud twitter sakit mas 10 larangan buat pacar kepdirjen pendis nomor 4962 tahun 2016 memek mulus vidio bokev siakad unja hp 3 jutaan terbaik 2023 gaming j&t express sungai penuh foto konser rhoma irama jambi layangan ram raman efaldi xiaomi poco f5 handphone terbaik 2023 john wick 1 twitter sakit mas asli ojol search encrypt bokeh memek perawan hp realmi terbaru tribun kerinci sungai penuh hari ini iphone 15 release date indonesia kapan iphone 15 rilis foto selfie ktp ip 15 pro max harga zenfone indihome jambi petai togel chromebook pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan untuk mengecek absen dan pengangsuran ukt dimana… wamal hayat ad dunya desa tertua di kerinci hp oppo a78 redmi note 12 5g hp asus zenfone wanda maximoff hp 2 jutaan terbaik 2023 no togel bendera merah putih sppd istri uas v29 iphone 15 pro max harga slogan caleg muda gubernur jambi kecelakaan di kerinci nfc oppo bening's skincare amazon prime kevin aluwi cerai item scarlet phantom dihapus amazon prime video pt berkat sawit utama bigboss4d togel akg togel login xxnx vidio pamer memek kadita mpl skin contrue janda ngocok memek gambar scarlet phantom video gay viral polisi vs tni terbaru jilbab paskibra wanita iphone 15 kapan rilis spotify family game terbaru 2023 ip 15 kapan rilis di indonesia pap tt twitter skp online tebo model baju dinas jam tangan digital pria tanggal berapa iphone 15 rilis harga iphone 15 wisma alanza harga hp google pixel kisah polwan cantik ajak buronan menikah relmi terbaru distributor kaspersky indonesia struktur jabatan alfamart nomor orang gantung diri togel iphone 14 pro max penangkapan narkoba malam hari bokev arab cek pdam tirta sakti tarif rsud raden mattaher upper bracket mpl s12 abg hot chou echo png prediksi iwan togel lpse esdm fuso canter 715 orang gantung diri di rumah warna iphone 15 pro max jambi provinsi mana noka experience kota sungai penuh foto kapan skin kadita create rilis berkat sawit utama rangga viral video mesum abg logo smk 3 sungai penuh skhu smk top skor liga italia no togel kebakaran rumah peta kota jambi primevideo mesuji berdarah pembantaian satu kampung bkd kerinci hp oppo y16 spin off adalah hp relmi terbaru hp oppo nfc dibawah 3 juta ip 15 rilis apotek sultan jadwal bioskop wtc jambi harga hp rog jarum pentul esposa de biaso foto ktp dan selfie piala dunia qatar 2022 ajudan moeldoko akp herman fauzi hp gaming 2 jutaan 2023 cewek twitter memek abg arab kerinci jambi kwe sungai penuh kincai adalah the continental hasan mabruri hendry lie kopi nur kerinci biaya jahit luka di klinik foto memek perawan twitter ngocok asus togel login kasus korupsi kades dan camat cara mencukur bulu kemaluan yang baik dan sehat yandex coursera grand inna kuta bali kaspersky antivirus indonesia waria jembatan besi pejuang subuh pap anggur merah "plta" pap rokok wakil bupati kerinci realme c51 spesifikasi "teknik pukulan pada permainan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket disebut" ransomware ketua bawaslu palembang harga draft beer 1 dus chord hukum rimba chord pantun janda jasa pengiriman dokumen kilat buka sampai malam بستم كرسي hp google pixel sela salesforce bitcoin tanpa ktp rumah sakit togel struktur organisasi rans entertainment akreditasi baik sekali setara bilangan bajau video call bukti vcs penangkapan narkoba polres kerinci 2023 terbaru pap rokok di kamar ceo adlink danau tertinggi di asia nama istri gubernur jambi surat pengunduran diri osis batman terbaru cek pdam kerinci viral belasan siswa dibantai oleh bendahara kabid propam polda jambi media konsumen bri selfie time jambi town square kota jambi foto rog phone 6 harga ahmadi zubir video abg mesum pt angso duo sawit memekabg sek porno rog phone 6 jadwal sholat jambi harga hp asus vacum mobil coursera yandex harga vivo v9 kaspersky distributor indonesia hp asus terbaru contoh alamat bitcoin contoh nomor pelanggan pdam gantung diri togel video viral gay di atas motor twitter kelas bintang twiter berita narkoba kerinci 2023 harga hp gaming 2 jutaan hp gaming 2 jutaan terbaik 2023 pixel fold cara pakai shang ratu herbal aplikasi play store rog phone 7 cara mematikan daya hp oppo a17 gaji dosen unja pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian dengan raket dinamakan pukulan kubu togel kode pdam kerinci memek abg mulus harga rog 6 batrisyia open booking jambi 2 remaja rekam-sebar video mesum sejoli di kamar hotel kendari ditangkap real me terbaru siakad ummat hp vivo terbaru daftar pinjol ilegal wadah korek harga rog phone 5 cara menghapus penelusuran trending nomor togel jam tangan struktur organisasi blibli no togel petai warna iphone 15 pantun penutup akreditasi kertas layangan tanggal release iphone 15 luffman harga realme terbaru 2023 batrisyia herbal skincare apakah sudah bpom dewa fearless statutory rape tidak shalat jumat karena hujan apotek sultan foto karung soraklintera bokev janda memek perawan smp no togel hujan deras kasus delisya smpn 1 hp pixel yunsak el halcon gambar memek perawan twitter memek abg siakad stie sak kadita harga tiket pesawat surabaya manokwari susu ultra 200 ml harga zuraida hanum 1 mayam berapa gram infinix terbaru harga realme 9 pro cara menambahkan lirik lagu di hp vivo rental mobil aceh cv jam tangan no togel nama kota dalam togel no togel mayat no togel kecelakaan wanita pap rokok di tangan foto pin cowok umur 12 rexona hijau nilai maksimal skd pemilik citra raya jadwal pertandingan badminton 2023 rokok luffman mild pemandian air panas kerinci hp gaming 2 juta blockchain twitter sakit mas pengantin dpt kabupaten kerinci berita xrp jhon wick hari kemerdekaan indonesia wandavision kincai plaza travel safa marwa hp spek gaming 1 jutaan surat pengunduran diri dari osis cek tagihan pdam kerinci pukulan bulutangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan eform bri makanan khas kerinci jambi jadwal dalang yusuf anshori pt. kerinci wisata ekspress kota sungai penuh foto gunung kunyit kerinci bni sungai penuh gaya foto psht keren cowok asus togel 58 vidio xxnx ratu munawaroh tarif dalang yusuf anshori kapan ip 15 rilis bigboss4d login video bokev hukum mematikan lampu saat berhubungan menurut islam chord hujan semakin deras harga rog phone 6 xnx vidio vcs ibu ibu rexona 96 saat harga sedotan jadwal mpl s9 asus zenfone hp gaming murah 1 jutaan cek tagihan fif tanpa aplikasi harga google pixel 4 harga realme 9 apakah coinbase aman cara mencukur bulu kemaluan realme 8 5g harga tarif guru privat ke rumah contoh surat pengunduran diri dari caleg no jam tangan togel no togel 42 no togel layang layang putus tuyul togel surat permohonan tulis tangan kepada aspers kasad akp herman fauzi selfie ktp nama orang papua rokok titan gay padang pariaman desain iphone 15 penangkapan narkoba polres kerinci 10 larangan 1 pesan buat pacar kata-kata psht buat story wa kapan rilis iphone 15 sma tt gede lirik lagu sungai penuh iphone 15 ultra fidya yusri harga iphone 15 pro max sungaipenuh scarlet phantom png calon bupati kerinci 2024 xxnx nenek nenek jalan ness jambi kadita mpl skin png spek redmi note 12 semato berapa gram chord gitar endang sukmawati sampai jumpa chou m4 png nfc adalah pantun kerinci twibbon dies natalis uho ke 42 kapan iphone 15 rilis di indonesia pdt handoyo santoso selingkuh bigboss4d slot alamat rumah dalang yusuf anshori vidio abg mesum bokeh pramugari daftar bo blacklist 2023 memek twitter vina garut full video bawaslu kota sungai penuh manfaat gym untuk wanita rhoma irama ke jambi video ngocok memek chord lagu kerinci 10 terbaik hotel dengan kamar untuk perokok singapura bokeh perawan noka cafe rcs api indonesia login lida extra stark hp vivo terbaru 2023 istri pengganti ceo harga sedotan plastik vivo keluaran terbaru bursa lensa regency at allaire harga google pixel realme 8 harga distributor kaspersky di indonesia biaya coinbase harga vivo y22 rog phone 5 harga adrit roy hp vivo y16 masyaallah tabarakallah artinya harga vivo v25e contoh surat pengunduran diri sebagai guru honorer no togel rumah sakit pisang no togel bentuk iphone 15 foto lagi minum anggur merah pap anggur merah dan rokok peta jambi lengkap pemilik onic esport surat pengunduran diri dari jabatan struktural pt.berkat sawit utama foto lomba karung ktp padang no pisang togel gambar orang kritis di rumah sakit iphone 15 tanggal rilis hp gaming terbaik 2023 2 jutaan manfaat herbal shang ratu b.i.g technology co., limited hp gaming harga 2 jutaan farouk alfero apakah shalat jumat bisa diganti dengan sholat dzuhur karena hujan hp gaming 2 jutaan terbaik apakah sholat jumat bisa diganti dengan sholat dzuhur karena hujan pengganti scarlet phantom memek vina garut grepe twitter harga realme 11 jilbab ngocok memek jadwal dalang yusuf anshori juli 2023 xxn melayu kejadian di kerinci noka puri masurai 2 harga realme terbaru hero ixia kapan rilis bo 350k open bo murah jambi abg hot twitter biaya jahit luka di rumah sakit kasus vcs wa rumah sakit mmc kota jambi foto kecamatan kerinci nuzran joher avtub twitter hp real me terbaru demokrat jambi obat arkine pidio porno istinja adalah tiket pesawat murah ke beijing asus rog phone 6 hasnuri harga rog phone 1 siakad iain ponorogo harga anggur merah merangin tech harga hp asus rog jamtos fuso canter 8.2 harga kursi gaming 50 dolar singapura berapa rupiah handphone lenovo mayang sari express hp vivo y22 harga plat besi tipis hp 4g dibawah 1 juta ram 3gb harga realme narzo identityforce vs lifelock google pixel 3 harga foto pap tt helio g85 setara dengan asus rog phone hp asus hp ram 8gb baterai 6000 mah realme 9 pro harga altcoin terbaik cara mengetahui pajak kendaraan diblokir atau tidak ambulan togel contoh surat pengunduran diri dari caleg partai contoh surat pengunduran diri osis no togel kecelakaan mobil no togel mendaki gunung slogan nomor urut 3 no togel ambulan contoh baliho caleg golkar contoh surat penangguhan pembayaran pinjaman bank struktur organisasi alfamart berenang togel contoh skpd gojek contoh baliho caleg pdip 2024 penusukan autophagy no togel kecelakaan motor lumiere muara bungo melihat orang gantung diri togel lumiere bungo hp gaming 2023 2 jutaan realme c51 harga twitter pak tua akp herman fauzi ajudan moeldoko """nestle"" -facebook.com -beautynesiablog.id -sajiansedap.grid.id -mommyasia.id -fraekmuendt.com site:detik.com or tribunnews.com or kompas.com or antaranews.com or nakita.grid.id or haibunda.com or popmama.com or liputan6.com or kumparan.com" pelantikan pejabat kota sungai penuh 2023 terbaru xrp news erk.kerinci mengganti sholat jumat dengan sholat dzuhur karena hujan cafe kerinci tafyani kasim fif sungai penuh krinci dprd kabupaten kerinci pengganti jarum pentul kompetisi olahraga skin chou echo kapan rilis kenapa scarlet phantom dihapus pelantikan pejabat kota sungai penuh cumlaude upi berapa "baru menikah dengan fahmi, anggi pilih kabur dengan mantan pacar, buya yahya: itu perempuan rendah dan hina" wisma alanza foto hp vivo keluaran terbaru 2023 kapan ixia rilis ethereum hari ini nama kota buah gunung dalam togel tanggal iphone 15 rilis ukt elit fasilitas sulit pap random malam resepsi kenegaraan bts cafe jambi jambi kerinci mas rangga viral chord endang susanti sampai jumpa di grepe guru penjas saat olahraga asus rog 6 xxn perawan hp 4 jutaan terbaik 2023 harga rokok gess bold jadwal rilis ip 15 ojol togel panjat pinang cewek2 cantik celana lepas semerap artinya saiful chaniago twitter pap tt lila irwan mandi kisah polwan cantik nyamar ajak nikah vidio mesum abg autophagy adalah hp realme kamera terbaik video memek abg memek janda twitter dipo nurhadi ilham sex anak sma pelantikan pejabat sim dosen ump iwan togel alternatif wallpaper psht bergerak brosur hp oppo 2023 saleh ngaduk dodol harga sunlight 650 ml nokia g20 lpse tni ad desain spanduk market day aldira chena background plat besi surya asia hotel: ulasan wisatawan no telepon j&t jambi 5g core smartphone pdi hp vivo terbaru 2022 dan harganya vivo terbaru 2022 contoh kartu natal siakad uin jambi viber bot api in indonesia harga plat besi 0.8 mm hp vivo ram 8gb baterai 6000 mah pemain depan dalam permainan sepak bola sering dinamakan hp rog harga spesifikasi oppo a17 harga lensa john wick 4 lossless penangguhan pembayaran bpjs harga hp rog phone 5 helio p22 setara dengan harga asus rog phone 5 kontaktor ac dimensity 1200 setara dengan harga asus rog phone 2 rekomendasi hp vivo ram 8gb helio g99 setara dengan cara menghapus penelusuran trending di google cara melihat no kontrak fif vivo yang kameranya keluar vivo y16 harga harga asus rog phone 3 adudu harga rog phone 3 google pixel 4 harga menikah dengan bos wadah korek api hp realme harga 1 jutaan realme gt neo 2 harga contoh surat penangguhan pembayaran daun kerinci kursi roda togel matahari togel no togel berenang no togel jaket no togel piala no togel toilet petai no togel umk jambi vivo y16 hitam wamal hayatud dunya ayat luffman bold nama orang kampung surat permohonan cicilan ukt surat pernyataan laka lantas contoh surat ganti rugi tanam tumbuh no togel burung beo slogan calon ketua osis nomor urut 3 cara menggambar peta provinsi jambi kaca sabu di apotik togel jam tangan daftar nama orang papua foto caleg pdip kamar 101 akreditasi baik setara dengan rokok gess merah gay smp sulawesi selatan vina dan eki harga realme c51 pap random cewek rekomendasi hp gaming 2 jutaan 2023 hp gaming 3 jutaan 2023 shelter 3 gunung kerinci berita penangkapan narkoba terbaru desain ip 15 bigboss4d promo dana bos apakah boleh tidak shalat jumat karena hujan iphone 15 desain iphone 15 kapan keluar nama-nama orang kampungan zulherman profil wa keren cowok ml dyrroth avtub jilbab muara jambi abg 18 tahun fearless dewa united harga skin echo chou ngocok memek perawan viral jilbab pink angso duo sawit harga hp oppo terbaru di jambi monadi murasman apa itu kripto pengganti jarum pentul untuk jilbab pakaian adat kerinci sungai medang kejadian di kota sungai penuh kab kerinci ip 15 rilis kapan rrq naomi png kapan hero ixia rilis pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket disebut pukulan ulasan selfie time jambi town square kota jambi apakah kita bisa meminta apa saja di surga png chou echo kota sungai pdam kerinci tembakau rokok luffman tari kerinci pantun akreditasi rumah sakit xxnx perkosa berita muara bungo hari ini lpse kabupaten kerinci warga kerinci meninggal saat lomba balap karung caleg dpr ri dapil jambi 2024 oppo nfc abg ngocok memek twiter abg mesum hp oppo terbaru realme kamera terbaik samsung s24 rela tabs mild lemon ngocok twitter cara memuaskan suami ketika sedang haid dalam islam twitter abg hot sewa kamera paket vlog memek hot scarlet phantom ml bungo rayo harga kontaktor apa yang dimaksud dengan istinja klasemen mpl id s9 vidio ngocok memek harga rexona pap lagi di luar malam hari harga lampu lapangan badminton 10 terbaik hotel plus dapur kuta kaspersky tokopedia bpjs ketenagakerjaan jual kaspersky kopi raden galaxy hp gaming 3 jutaan tiket pesawat manokwari surabaya model pintu plat besi rumah hp vivo v25 realme terbaru 2022 kaspersky bambang harga realme 8 harga hp vivo y22 harga zenfone 3 chou mlbb g85 setara dengan snapdragon skp online jambi donny marwa ce ratu distributor resmi lenovo penangguhan pembayaran bpjs adalah harga vivo v25 cara beli xrp vivo v25 harga febri diansyah munarman ditangkap касса акси 5ф vivo y22 harga eo keren grand inna muara hotel stie bukit zaitun kasir pintar pro cara melihat urutan trending youtube harga vivo v25 pro bugkus makanan bila di kirim jauh spesialis huruf timbul hotel bendahara makmur 50 dolar singapura perlindungan tambahan penyakit kritis bunga scarlet cara mengatasi kolam ikan bocor cara cek nomor kontrak fif cara tanda tangan di easy cash harga realme 8 5g harga realme narzo 20 hp baterai 6000 mah cek angsuran fif dengan nomor kontrak kayumanis nusa dua 9 larangan 1 pesan buat pacar berita kerinci sungai penuh contoh surat pengaduan penyelewengan dana bos contoh surat petisi penolakan guru google google iphon 15 no togel kolam renang no togel kursi roda no togel matahari pohon pisang berkembang biak dengan cara tenda togel wanita nakal togel contoh id pelanggan pdam contoh surat permohonan ke pln untuk unbk lambang resmob no togel kemaluan no togel orang tenggelam pemulung togel peta provinsi jambi lengkap contoh surat pengaduan pns selingkuh foto pin cowok sd kelas 4 logo resmob nomor sungai togel rokok escort tagline caleg muda layangan tok mayor contoh baliho caleg gerindra payudara togel contoh baliho calon kepala desa model rambut bang xin wallpaper iphone 15 foto orang lagi minum anggur merah kadita skin bokeh pns kerinci time kerincitime berita rangga viral berita kerinci sungai penuh hari ini berita kerinci berita viral rangga berita sungai penuh sungai penuh kerinci news berita kerinci sungai penuh berita kerinci hari ini rangga viral dinas pendidikan kota sungai penuh yogi swandra seloko adat kerinci pidio mesum hijab ping berita sela berita viral kerinci kerinci kabupaten kerinci berita kerinci mudik struktur organisasi blibli kecelakaan di kerinci hari ini air panas sungai medang polres kerinci makanan khas sungai penuh berita kota sungai penuh dokter saraf di sungai penuh tpp kerinci pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan pemandian air panas sungai medang b.i.g technology co., limited pemandian air panas sungai medang foto daun kerinci b.i.g technology co ltd global kassa sejahtera berita kerinci siulak big technology co ltd biaya jahit luka tribun kerinci sungai penuh hari ini pepatah adat kerinci biaya jahit luka di rsud b.i.g technology co. limited calon bupati kerinci 2024 hendry lie statutory rape pantun kerinci pemandian air panas kerinci daftar harga hp oppo di jambi 2023 kode pdam kerinci viral rangga berita narkoba kerinci 2023 foto berita smp berita smp berita shelter 2 gunung kerinci kasat reskrim polres kerinci karzalo berita sungai penuh hari ini tabrakan maut rangga viral berita media online sungai penuh calon bupati kerinci bukit sungai langit kerinci anak smp berita tpp kabupaten kerinci berita cupi cupita renah pemetik kerinci herman muchtar kepala desa aturan pinjam bendera perusahaan project s kapan iphone 15 rilis cuaca lpse kerinci e-rk kerinci kasus delisya putri mas rangga viral kerinci sungai penuh cek tagihan pdam tirta sakti kerinci infinix terbaru vivo a16 lumiere bungo penangkapan narkoba polres kerinci hasan mabruri zulherman pantun adat kerinci pt.berkat sawit utama foto kopi nur kerinci lumiere muara bungo candra purnama dpo cafe sungai penuh berkat sawit utama berita kerinci terbaru desain iphone 15 kerajaan koying kejadian di kota sungai penuh makanan khas kerinci jambi jalan ness jambi bkd kerinci berita kriminal sarolangun terkini mengganti sholat jumat dengan sholat dzuhur karena hujan dokter anak sungai penuh suku tertua di dunia vidio berita novia jaya beritaxberita berita xxn apakah boleh shalat jumat di rumah karena hujan mutasi polda jambi kapolres kerinci 2023 sma 6 kerinci kombes novia jaya kerinci hari ini stia nusa sungai kerinci defitra eka jaya berita adv gaji dosen unja hukum shalat jumat ketika hujan dpt kabupaten kerinci begal di jambi terbaru polsek kayu aro kincai situs dewasa sunge lah panoh dokter spesialis anak sungai penuh doni efendi harga obat arkine mall di kerinci jumlah dpt kota sungai penuh pemandu lagu berita vina garut link penangkapan sabu merangin mengganti shalat jumat karena hujan cream batrisyia jilbab pink mesum apakah semua permintaan dikabulkan di surga muara bungo ke kerinci belui tinggi joni ngk jambi karaoke tempat maksiat bpk pt star rubber man 1 sungai penuh foto berita muara tebo siulak hotel grand kerinci ikan semah kerinci kasus korupsi kades dan camat temuan bpk berita anak sma kepo batanghari vidio bokev viral rexona viral jilbab pink pulau tengah kerinci info iphone 15 project s tiktok berita bumdes rumah dinas bupati kerinci akbp dwi mulyanto fif sungai penuh kombes heru sutopo pepatah jambi tentang kehidupan sma 1 sungai penuh bri utang bpjs ke muhammadiyah 2023 bmkg kerinci gempa hari ini stia kerinci berita dihutan pinjaman cepat cair jambi tania ayu hot kerinci regency pungutan liar flm xxnx berita pilkades puisi tanah surga pelantikan pejabat realme 5g terbaru 2023 galaxy tab s9 pt aip bangko pelita wira sejahtera pt trans mitra mandiri surabaya escort olahan kambing tanpa santan xnx berita berita.malayu ferdy sambo eksekusi truk bbm "anak dalam kerinci melayu bajau batin kubu dan penghulu merupakan suku yang berasal dari daerah" mtsn model sungai penuh foto keris kerinci negara dengan siang terpanjang alamat rumah sakit budi graha jambi smk negeri 1 kota sungai penuh foto jual kuda murah kombes pol ayi supardan berita xnnx berita guru penjas thr dan gaji 13 pensiunan 2023 terbaru mesum jilbab bbm iphone 15 kapan rilis dana batrisyia herbal erk kab kerinci peta jambi bumdes plta macan akar cek tagihan pdam tirta sakti oppo y16 kapan rilis iphone 15 pdam tirta sakti jam tangan digital makanan khas kerinci sungai penuh kerinci kota sungai penuh iphone 15 rilis kapan tanggal rilis iphone 15 iphone 15 kapan rilis di indonesia e rk kerinci abg hot kapan iphone 15 rilis di indonesia harga sewa truk angkut barang jadwal rilis iphone 15 erk kerinci luffman mild peta provinsi jambi iphone 15 top skor liga italia rangga pahlawan cilik tagihan pdam tirta sakti slogan caleg muda sppd pejuang subuh "baru menikah dengan fahmi, anggi pilih kabur dengan mantan pacar, buya yahya: itu perempuan rendah dan hina" rilis iphone 15 baju dinas sewa fuso istri uas pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan hp 2 jutaan terbaik 2023 model baju dinas arkine obat iphone 15 rilis erk kabupaten kerinci apakah sholat jumat bisa diganti dengan sholat dzuhur karena hujan pancasila adalah jam tangan digital pria j&t express sungai penuh foto ngentpt akp herman fauzi ajudan moeldoko himakerta batrisyia rangga menyelamatkan ibunya contrue adirozal link rangga viral apakah iphone 15 sudah rilis surat pengunduran diri osis akreditasi baik sekali setara foto selebgram cantik bni sungai penuh tidak shalat jumat karena hujan tanggal launching iphone 15 jadwal bioskop wtc jambi partai ummat pemilik citra raya pasar malam ktc skp online kota sungai penuh wisma alanza kerinci jambi cewek twitter berita penangkapan narkoba terbaru pembantaian suku uighur china villa bukit tirai embun foto peta kota jambi delman skhu smk lapangan merdeka sungai penuh obat arkine rsud mayjen ha thalib kerinci kecelakaan di kerinci pt global danapati niaga pt berkat sawit utama harga booking janda pengganti jarum pentul untuk jilbab cafe kerinci krinci contoh kartu natal sungai medang berita kriminal merangin pt angso duo sawit yunsak el halcon akreditasi baik setara dengan foto ktp dan selfie rokok luffman mild pap tt twitter kapan ip 15 rilis plta kerinci kab kerinci pap anggur merah arkine obat apa siakad stie sak selebgram cantik yandexwwwberitacom vivo terbaru 2023 dipo nurhadi ilham oppo y 16 rahmat wibowo travel safa marwa iphone 15 rilis tahun berapa kwe sungai penuh apakah boleh tidak shalat jumat karena hujan berita perawan tagihan tirta sakti villa tirai embun indihome sungai penuh orang gantung diri di rumah angso duo sawit foto ktp selfie jelas danau kerinci desa tertua di kerinci bigboss4d pengganti jarum pentul kabid propam polda jambi kincai plaza kapan iphone 15 rilis? model iphone 15 berita muara bulian hari ini nuzran joher pt widaka indonesia arkine surat penangguhan pembayaran hukum tidak shalat jumat karena hujan rangga meninggal melindungi ibunya daifus berita kriminal kerinci hari ini rexona hijau cek tagihan pdam kerinci berapa biaya jahit luka pip partai gerindra 2023 kapan cair cek pdam tirta sakti rs melati sungai penuh global danapati niaga iphone apotek sultan sungai penuh surat pengunduran diri dari jabatan struktural ip 15 kapan rilis lirik lagu sungai penuh rexona viral ut kerinci umk jambi cerberita x jam digital tangan warna iphone 15 smp 8 sungai penuh ahmadi zubir contoh surat penangguhan pembayaran rentry co smpn minyak telon cara melihat imei iphone farouk alfero noka coffee info kerinci 021 123 handphone harga draft beer botol 1 dus twitter cewek cek id pelanggan pdam dengan alamat harga ip 15 cerita vina dan eki yang dibunuh geng motor nama orang papua roti kukus jambi kincai adalah harga hp infinix hot 30 bolehkah sholat jumat diganti shalat dzuhur karena hujan affan adrit yohan kecamatan kerinci kisah polwan cantik nyamar ajak buronan menikah bkpsdmd kota jambi sipuhh online sungai togel berita terkini polda jambi cek pdam kerinci bolehkah tidak shalat jumat karena hujan semato berapa gram smpn 8 sungai penuh biaya jahit luka di rumah sakit berita muara bungo hari ini iain kerinci gambar tumor di kaki contoh spesifikasi teknis wamal hayatud dunya spbu kerinci alwan ola riantoby bahaya batrisyia herbal kayu manis terbaik di dunia puskesmas kersik tuo kesbangpol ukt elit fasilitas sulit tari kerinci ip 15 merangin tech bukti transfer 10 juta danau tertinggi di asia nama istri gubernur jambi klinik melati sungai penuh sma 4 sungai penuh video rangga viral bantuan langsung tunai contoh surat penundaan pembayaran apa itu vagina avtub ojol apriodito umar iphone 15 release date jakarta biaya jahit luka robek tugu macan kerinci lumiére resto & lounge kabupaten bungo foto contoh pidato adat kerinci noka experience kota sungai penuh foto goa kasah kerinci kejadian di kerinci statutory rape adalah sma tt gede pelantikan pejabat kota sungai penuh safa marwa kerinci harkomoyo mutasi polda jambi terbaru apotek sultan ratu munawaroh kementerian koperasi dan umkm contoh berita acara kesepakatan berita acara sidang skripsi foto rangga pahlawan cilik warna iphone 15 pro max dej convention hall harga hp oppo terbaru di jambi anggota dprd kerinci pantun, seloko adat jambi omnia jambi polwan nyamar ajak nikah buronan jam tangan digital terbaik manfaat gym untuk wanita masyaallah tabarakallah kontaktor surat pengunduran diri dari osis pita hitam png pap lagi minum anggur merah ciri ciri bullying autophagy danau kaldera tertinggi di asia hukum shalat jumat saat hujan indonesia darurat korupsi pdam kerinci ce ratu nama orang kampung rajawali putra contoh surat pengunduran diri bacaleg foto lagi minum anggur merah spanduk calon kepala desa keren gisel zip tagline caleg muda erk.kerinci robert wijaya permata hijau group jambilink muara emat berita polres kerinci hari ini open booking jambi penangkapan narkoba polres kerinci 2023 terbaru gambar iphone pelantikan jabatan fungsional guru kolam rokok gess sma 2 kerinci tempat nongkrong di sungai penuh bayar pdam kerinci online fidya yusri cara membuka pesan enkripsi end- to end instagram yuli setia bakti bursa transfer resmi smk 5 sungai penuh tanggal berapa iphone 15 rilis berita acara kesepakatan cerita vlog pap random malam pap di alfamart sungai air panas foto selfie ktp cowok zolgensma kata-kata psht buat story wa skincare bening's id pelanggan pdam pasar kerinci pelantikan jabatan fungsional tirai embun kecelakaan kerinci bening's skincare harga hp oppo di jambi tidak jumatan karena hujan photo berita tembakau rokok luffman nomor hp safa marwa jambi sungai penuh jambi arkine harga gaji hansip hukum mematikan lampu saat berhubungan menurut islam wisata kerinci plastik bumerang surat permohonan cicilan pembayaran contoh tanda tangan sppd foto ktp dan selfie dengan ktp mantan istri uas innamal khamru wal maisir lumiere cafe muara bungo build terizla lemon sabu klinik kerinci sehat terminal sungai penuh anggota dprd kabupaten kerinci ukt uin jambi keluru stia nusa sungai penuh dinas pertanian merangin hero baru ml bursa transfer liga italia 2023 provinsi puncak andalas polwan cantik nyamar ajak buronan menikah ce-ratu manfaat susu coklat samsat jambi grand inna kuta berita acara ujian skripsi caleg pdi nomor kamar hotel foto iphone contoh spanduk calon kepala desa foto caleg pdip piala dunia qatar 2022 efaldi aksara incung jambi provinsi mana dprd kabupaten kerinci cream batrisyia extra eksklusif tafyani kasim siapa notomiharjo sebenarnya asafri jaya bakri yandex beritaxx siasatinfo villa bukit tirai embun oppo a16 vs vivo y16 peluncuran iphone 15 eform bri link vina garut chord gitar endang sukmawati sampai jumpa ami taher seks dengan lampu mati rumah sakit budi graha herman koto haryomo dwi putranto suku kerinci harga iphone 15 semerap bank rakyat indonesia hp gaming murah 1 jutaan bukti transfer 2 juta logo man 1 sungai penuh delisya putri kasus peta muara bungo contoh baliho calon kades foto ktp orang jelas gambar sabu peta jambi palembang coblos no 3 abetnego tarigan foto selfie ktp desain logo tongkrongan video gisella harga iphone 15 ultra 2023 noka sungai penuh calon kepala desa nekat perkosa knalpot kelamin yudi putus pln sungai penuh cafe di kerinci vivo y16 vs oppo a16 pasar malam bukittinggi sma terbaik di sungai penuh kapolres kerinci jadwal dalang yusuf anshori juli 2023 bambang soesatyo cerai cara memuaskan suami ketika sedang haid dalam islam honor survei imk bps 2022 istinja adalah unand bunga siulan rokok rama pap alfamart gambar pasien wanita di ruang icu nama nama orang papua foto ktp sama orangnya pap lagi minum alkohol percakapan bahasa kerinci nurdin hamzah donny pasaribu iphone 15 biasa bangko ke kerinci berapa jam desa keluru yanti ngocok memek abg 18 tahun yehuwa batrisyia skincare caleg pdip farouk afero travel bangko kerinci berita kimi hime renah pemetik smk 3 sungai penuh sma negeri 4 sungai penuh foto berbagi harga samsung s9 peronema cafe siulak kerinci stie sak dampak positif judi pucuk jambi batrisyia herbal untuk flek hitam jne sungai penuh pdt handoyo santoso selingkuh tiket pesawat ke kerinci pelantikan pejabat muaro jambi ktp padang oppo lawas tumor kaki rokok titan build claude skylar pendeta gilbert kwitansi obat apotik sigit pamungkas hdci bekasi kuliner sungai penuh nomor pelanggan pdam tidak sholat jumat karena hujan nama anggota dprd kabupaten kerinci produk batrisyia kapan.iphone 15 rilis gempa terkini kerinci tanggal keluar iphone 15 syarat wisuda unja noka cafe tanggal release iphone 15 tarif rsud raden mattaher pdip pecat bacaleg yang diamuk massa gegara hamili anak kandung "kala jokowi pamer kemeja produksi smk jambi: saya pesan 2 bulan lalu, langsung saya pakai" transfer liga italia 2023 drg iwan hendrawan pemilik hasnuri surat permohonan penundaan pembayaran bukti transfer bri 10 juta gambar isi perut wanita iphone 15 pro max warna pap belanja di alfamart video call bukti vcs bokeh anak sd rangga yang menyelamatkan ibunya uas istri nilai maksimal skd orang terkaya di kerinci yang dimaksud threshold adalah * nilai skd tertinggi nama-nama orang kampungan twitter manokwari abg viral tpp khairul saleh shalat jumat tapi hujan noka coffee sungai penuh spesifikasi infinix hot 30 gubernur jambi harga oppo a17 ram 8 berita gaya miring lpse kota sungai penuh apa itu enkripsi end to end instagram jumat hujan iphone 15 rilis tanggal sejarah berdirinya provinsi jambi biaya jahit di rumah sakit ivanda awalina rumah sakit melati sungai penuh pasar bawah bangko jambi kerinci sejarah kerinci berita batanghari muara bulian zumi zola bungo rayo daftar nama orang papua sungai duren jambi surat pengunduran diri bumdes contoh surat pengaduan ke bpjs ketenagakerjaan contoh surat pengunduran diri dari bumdes hasil pertandingan dyrroth mvp gambar paru-paru bocor mobil safa marwa gambar pejuang subuh diranjang gontor ponorogo bokeh suami istri laka lantas muara bungo kime hime agregat kelas a nilai sidang skripsi penghuni terakhir bukit sungai langit rektor uin jambi kingwin247 sholat jumat hujan wakil bupati kerinci pemenang penghuni terakhir pantun seloko adat jambi tanda tangan zainal berita esema lc dibunuh sungaipenuh smp negeri 1 sungai penuh foto joe surya uli kozok global astha niaga fungsi rawang bagi ikan adalah koying lpse kab kerinci pokir adalah dipo ilham bupati kerinci umk jambi 2023 travel kerinci jambi jadwal film bioskop wtc jambi hari ini spesifikasi iphone 15 tips nge-gym monadi bukit khayangan eo keren sering ngupil phenomia hukum mencukur bulu kemaluan logo kota sungai penuh gambar baju dinas surat pengunduran diri dari bendahara sekolah foto atlas ml mvp surat permohonan penangguhan pembayaran apakah boleh mencukur bulu kemaluan sabu 1 kg akreditasi baik sekali setara apa tanda tangan hendra akreditasi baik setara dengan apa total nilai skd rangga bocah pahlawan persyaratan daftar tni ad wik wik asli 24 jam bahasa indonesia kertas layangan harga vivo y16 ram 8 www berita kriminal sungai penuh kerinci rangga aceh blokir jembatan gentala arasy foto smp 11 kerinci cek id pelanggan pdam dengan nama pontang panting sholat jumat diganti dzuhur karena hujan sholat jumat hujan deras bio cf skp online kota sungai penuh login berapa harga jahit luka luffman kasi dinas pertanian merangin cara mengganti shalat jumat karena hujan pt. berkat sawit utama berita rangga viral tiktok murasman travel bungo kerinci cream extra exclusive batrisyia herbal permen esdm kompensasi row xxnx pramugari muhammad imaduddin jambi stadion bumi masurai iphone 15 kapan rilis? pt global astha niaga tanah cogok kerinci berita abg berita tirai embun kerinci hp oppo y16 berita narkoba muara bungo terbaru lufman yandex beritax harga obat arkine 2 mg pemakai sabu rsud kerinci berita muara bungo iphone 15 harga harga sedotan plastik ganti rugi jalan tol jambi-rengat tabarakallah artinya bioskop lippo jambi contoh bpjs proyek dimitar berbatov adat kerinci kepala berdarah bukti pelunasan fif agregat a kereta kerinci kursi krat botol tanda tangan sppd gambar orang kritis di rumah sakit iphone 18 pro max foto motor beat kecelakaan anak rusdi kirana autophagy benefits bukti pengiriman uang bri kwitansi obat dari dokter rokok gess merah penangkapan narkoba malam hari wallpaper iphone 15 pap minum anggur merah dana bos adalah twiter grepe bedeng 12 syarat masuk akademi militer wisata rke hp oppo a17 foto macan akar hujan deras boleh tidak jumatan biaya universitas adiwangsa jambi hukum shalat jumat jika hujan travel safa marwa kerinci tata cara istinja ngaduk semen focebook sungai panuah bintang gym provinsi kerinci harga draft beer asyek hujan shalat jumat kelab atau klub ngejaming patria yuda rahadian sma negeri 2 kerinci terminal kumun cara mencicil mandi junub lpse kerinci 2023 indoxxi brainchild universitas adiwangsa jambi foto oppo a17 ram 8 kapan launching iphone 15 persyaratan administrasi tni ad oppo a17 harga dan spesifikasi biaya masuk akmil hp oppo terbaru vc mesum rangga viral link "laporkan rocky gerung atas dugaan menghina jokowi, ferdinand hutahaean diperiksa polda metro - kompas.com" jadwal xxi wtc jambi hari ini transfer resmi liga italia cupi cupita harga rs budi graha jambi ump jambi 2023 manfaat gym bagi wanita jadwal film bioskop jamtos xxi wtc jambi foto bripka ajeng riana putri lumbung hidup adalah distributor nestle cewek hot twiter munarman vonis eliezer muara bulian febri diansyah rental mobil double cabin jambi hotel di kota baru parahyangan masyaallah tabarakallah artinya adudu rambut logo stie sak nomor id pelanggan pdam surat penangguhan bukti pembayaran fif bukti transfer 3 juta contoh surat penangguhan foto rangga yang menyelamatkan ibunya luffman bold peta provinsi jambi lengkap contoh surat pengunduran diri bendahara contoh surat penolakan permohonan gambar provinsi jambi nama area wajah struktur organisasi gojek surat pengunduran diri bendahara foto syur artis gambar peta provinsi jambi cara melihat id pelanggan pdam gambar sholat berjamaah contoh surat pengunduran diri bumdes foto nomor kamar hotel iphone 15 warna yudi perkosa knalpot peta kabupaten muaro jambi warna iphone 15 ultra foto sabu struktur organisasi tokopedia pematang lumut masjid raya rawang berita kecelakaan logo sman 4 sungai penuh mike yolanda provinsi jambi igedz binaraga harga oppo a17 ram 4 ip 15 pro max harga pemilihan kepala desa btn tiara hidayah gay jambi apakah hujan deras boleh tidak jumatan huruf incung kerinci km kerinci tenggelam km kerinci elfaldi casiavera harga draft beer 1 dus viral di twitter jumatan hujan pap twitter persyaratan daftar tni tipe iphone 15 aldira chena dulu bangko kerinci berapa jam pendaftaran akmil 2023 biaya jahit luka di klinik hujan saat shalat jumat hukum jumatan saat hujan google map kerinci logo sungai penuh sman 6 kerinci tidak bisa shalat jumat karena hujan sungai medang kerinci polsek kerinci apakah hujan boleh tidak shalat jumat jdc jambi apakah shalat jumat bisa diganti dengan sholat dzuhur karena hujan smk negeri 3 sungai penuh kota sungai penuh foto lila zuhara enkripsi end to end ig adalah cafe noka pria premos lapangan merdeka kota sungai penuh foto puskesmas koni tanggal rilis iphone 15 di indonesia harga emas di sungai penuh kerinci hari ini link video vina garut tanggal iphone 15 rilis rke sungai penuh beli chip domino 1000 rupiah hari lida aplikasi esek2 ketagihan diperkosa jamtos xxi foto mt kerinci video biru iphone 15 release date indonesia jadwal bioskop wtc jambi hari ini harga emas 1 mayam di bangko tari rangguk demokrat jambi ce-ratu.com manfaat minyak zaitun untuk payudara industri tembakau plat bh maling kutang ethical hacker indonesia zuraida hanum foto smp berita harga truk mitsubishi canter bungkus korek api tvri air got biawak berkembang biak dengan cara contoh surat penangguhan pembayaran pinjaman bank contoh surat permohonan penundaan pembayaran angsuran nilai twk minimal kayu andong mantan mayang sari pap di kasir alfamart surat penolakan permohonan alat tempa besi bo 350k open bo murah jambi bukti transfer 25 juta logo gunung kerinci model baju dinas terbaru petasan hajatan rokok luffman putih gambar caleg pdip
Back to top button
Translate »
>