* April 28, 2015 opini

Bercermin Masa Depan alam Kerinci Oleh:Budhi.Rio Temenggung berita dari sungai penuh jambi lyrics meaning

Pasca Pemekaran Kabupaten Kerinci dan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Sungai Penuh yang secara resmi mulai berlaku sejak tahun 2008,berbagai perubahan terus dilakukan, Pemerintahan Kabupaten Kerinci pasca Pemerintahan H.Fauzi Siin dilanjutkan oleh Bupati H.Murasman dan Wakil Bupati Drs.H.Mohd Rachman telah berlansung selama 5 tahun, dan setahun terakhir Pemerintahan Kabupaten Kerinci dilanjutkan oleh Bupati Dr.H.Adirozal,M.Si dan Wakil Bupati Zainal Abidin,SH,MH

Pengamatan dilapangan menunjukkan aktifitas pembangunan perlahan namun pasti mulai bergerak,,suara dan ritme kegiatan berkesenian dan berkebudayaan mulai kembali menggeliat, bagaimana dengan anak kandungnya Kota Sunga Penuh? Jawabannya coba kita cari tahu sendiri.

Bupati Kerinci Dr.H.Adirozal,M.Si saat menerima kunjungan penulis diawal beberapa hari setelah dilantik menjadi Bupati Kerinci mengemukakan bahwa Bumi Sakti Alam Kerinci(Kabupaten Kerinci) memiliki beragam potensi sumber daya alam,diantaranya adalah potensi pertanian, perkebunan,perikanan,peternakan dan pertambangan yang sangat potensial untuk terus kita kembangkan.

Untuk itu dalam rangka memacu akselerasi pertumbuhan ekonomi Pemerintah Kabupaten Kerinci telah mengambil kebijakkan memberikan peluang yang selebar lebanrnya bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Kerinci.

Salah satu upaya yang paling sederhana yang dilakukan ialah memberikan data serta informasi yang cetap,tepat dan akurat serta melakukan serangkaian promosi, kebijakan lain dengan memberikan pelayanan perizinan yang transparan cepat dan mudah serta mempersiapkan dan meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur investasi yang dibutuhkan dibarengi dengan meningkatkan keamanan san stabilitas daerah.

Menurut Dr.H.Adirozal,M.Si yang juga alumni terbaik Lemhannas 2013, Sakti alam Kerinci dikalangan ilmuawan dan wisatawan sebagai Negeri sekepal tanah surga”, Tanahnya subur, udara yang sejuk, keindahan alam dan keragaman budaya nan eksotik -merupakan sumber daya yang sangat potensial terutama dalam sektor pengembangan bisnis pariwisata.

Kondisi alamnya yang masih sangat alami karena sebagian besar wilayah Kabupaten Kerinci merupakan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), daerah ini dikelilingi bukit barisan. Bila dilihat dari ketinggian, maka Kabupaten Kerinci yang dulunya termasuk wilayah Sumatera Barat dengan nama Pesisir Selatan Kerinci itu akan tampak seperti kawah atau kuali.

Menurut Mantan Wakil Walikota Padang Panjang ini beberapa sumber daya alam potensial yang dimiliki Kabupaten Kerinci, seperti air terjun Telun Berasap, air terjun Pulau Tengah, air terjun Sungai Medang yang memiliki tujuh tingkatan, air terjun Pendung, air terjun tiga beradik Kumun, Sumber Pemandian Air Hangat Sungai Medang, Air Hangat Gaung di Semurup, Danau Kerinci, Danau Lingkat, perkebunan teh PTPN IV Nusantara Kayu Aro yang disebut-sebut sebagai perkebunan teh terluas di Asia Tenggara

Panorama alam bukit barisan, Bukit Kayangan Bina Karya, Gunung Kerinci yang merupakan gunung api tertinggi di Sumatera, serta Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia tenggara. Betapa eksotik, betapa menakjubkan. Danau di atas gunung, Danau yang dikelilingi tujuh gunung. Dan masih banyak lagi potensi alam yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Khusus dua objek wisata terakhir tentu tidak asing lagi terutama bagi mereka yang menyebut diri pecinta alam, serta bagi mereka yang menyukai petualangan.

Tidak hanya potensi alam, daerah ini juga memiliki keunikan dan keberagaman budaya daerah yang dapat dijadikan daya tarik wisatawan asing untuk datang berkunjung ke daerah yang kerab disebut Sakti Alam Kerinci

Diantara bentuk kesenian khas suku Kerinci, adalah seni tale (bersenandung) dan tradisi kunoun (tutur). Ada juga pertunjukan seni budaya megalitik sastra mantra, pantun, seloko, penno, dan tambo. Kemudian tari-tariannya yang unik dan mengandung magis, sebut saja tari asyik, tari iyao-iyao, tari rangguk, tari mandi taman, tari niti mahligai yang membuat penarinya kerasukan, upacara adat Kenduri sko atau kenduri pusaka yang digelar dalam rentang waktu lima tahun hingga duapuluh tahun sekali, dan masih banyak lagi macam kesenian serta ritual adat yang dapat dijadikan atraksi dalam dunia pariwisata.

Selain itu, Kabupaten Kerinci juga dapat dijadikan pusat studi sejarah dan penelitian dunia, karena peradaban di Kabupaten Kerinci termasuk yang tertua. Hal ini terindikasi dari beberapa penemuan fosil yang perkiraan usianya sudah sangat tua serta temuan artefak peninggalan zaman megalitikum.

Di daerah ini juga terdapat banyak naskah kuno, aksara incung yang merupakan aksara asli Kerinci, benda-benda peninggalan sejarah, situs-situs budaya, serta cerita-cerita rakyat tentang makhluk hidup yang tinggal di rimba-rimba pegunungan, penduduk pribumi menyebutnya Uhang Pandak atau orang pendek dengan telapak kaki terbalik. Cerita ini telah menarik perhatian para peneliti dunia. Bahkan ada di antara mereka yang betah tinggal bertahun-tahun di Kabupaten Kerinci karena sangat ingin melihat langsung wujud Uhang Pandak yang legendaris itu.

Meskipun Kabupaten Kerinci memiliki segala kekayaan alam dan budaya seperti yang dipaparkan di atas, namun di segi pariwisata Kabupaten Kerinci belum begitu populer. Hanya segelintir orang saja yang mengetahui kekayaan tersebut, seperti para peneliti dunia dan sejarawan. Hal ini bisa jadi disebabkan berbagai faktor.

Salah satu faktor tersebut adalah kurangnya promosi pariwisata daerah Kerinci ke dunia luar. Meskipun pemerintah Kabupaten Kerinci rutin mengadakan “Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK)” setiap tahunnya. Namun kegiatan ini belumlah cukup untuk mempromosikan pariwisata Kerinci meskipun banyak wisatawan dari luar daerah yang datang untuk menyaksikan kegiatan ini.

Mesti diakui bahwa kegiatan promosi wisata alam dan budaya di alam Kerinci selama ini belum dilakukan secara optimal ,kedepan kegiatan mempromosikan potensi wisata alam dan budaya Kerinci perlu dilakukan secara kontiniu dan dibarengi dengan usaha mengembangkan pariwisata itu sendiri.

Selama ini faktor lain yang menjadi penghambat perkembangan dunia pariwisata di Kabupaten Kerinci adalah pengelolaan tempat wisata yang belum profesional serta belum optimalnya upaya pemerintah dalam membenahi dan menata infrastruktus di setiap destinasi wisata ,dan kita harus menyadari bahwa pengembagan Pariwisata dan Kebudayaan di alam Kerinci dapat mendukung perekonomian daerah karena adanya multiplier effects of tourism.

Kedepan Pemerintah Daerah secara bertahap dan terencana mesti membuat kebijakan untuk membangun infrastruktur yang dapat mendukung pariwisata itu sendiri, seperti akses jalan yang menjadi penghubung Kota Serambi Madinah ini dengan dunia luar.

Selama ini sarana infrastruktur jalan yang menghubungkan dari dan Kekerinci belum memenuhi standart kualitas jalan, belakangan ruas jalan jalan-jalan di Kabupaten Kerinci yang berlubang dan bergelombang mulai dilakukan perbaikan, demikian juga dengan ruas jalan jalan yang menghubungkan Kabupaten Kerinci dengan ibu Kota Propinsi Jambi dan dengan Kabupaten tetangga di Propinsi Jambi telah mengalami perbaikan dan peningkatan kualitas dan kedepan melalui dana APBN dan APBD Tingkat I ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Kerinci dengan provinsi Sumatera Barat,dan Bengkulu terus diperjuangkan untuk ditingkatkan

Selain itu, sarana akomodasi, restoran, serta berbagai elemen penting pariwisata yang selama ini masih sangat minim perlu dilakukan pembenahan dan pengelolaan yang lebih profesional

Dan untuk merawat dan melestarikan aset kebudayaan Suku Kerinci, Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui dana APBN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik sejak 2013 mulai membangun Musium kebudayaan Sakti Alam Kerinci di kawasan wisata Danau Kerinci

Dengan mengetahui berbagai faktor penghambat perkembangan dunia pariwisata di Kabupaten Kerinci, setidaknya dapat kita temukan solusi yang tepat agar bisnis pariwisata di Kabupaten ini bisa mencapai target yang diinginkan.

Untuk itu, sangat diperlukan kerja sama yang baik dari seluruh pelaku pariwisata dan pemerintah Kabupaten Kerinci, serta seluruh unsur yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung seperti masyarakat setempat.

Pemerintah harus terus melakukan perbaikan terhadap elemen pariwisata seperti mengelola tempat wisata dan mengembangkan pariwisata secara profesional dan konsisten, melatih para pelaku pariwisata agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas terhadap wisatawan, menyediakan sarana akomodasi dan restoran, membangun infrastruktur seperti perbaikan badan jalan yang menghubungkan Kabupaten Kerinci dengan dunia luar, serta terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah.

Kita sama sama berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama wisata alam dan Kebudayaan di bumi Sakti Alam Kerinci akan dikenal luas dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara dan domestik, dan untuk mengenal lebih dekat potensi alam di Sakti Alam Kerinci penulis menulis sebagian destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kerinci.

Banyak pihak memahami dan menyadari bahwa usia pemerintahan Bupati Dr.H.Adirozal dan Wakil Bupati Zainal Abidin, ibarat belum seumur jagung, diawal pemerintahannya, tampak jelas beliau masih mendalami berbagai akar masalah yang dihadapi dalam proses pembangunan di Sakti Alam Kerinci, Percepatan Pembangunan akan dimulai secara serius memasuki tahun kedua.

Sebagai sosok intelektual, dosen ,seniman,budayawan dan mantan Wakil Walikota Padang Panjang Sumatera Barat, jelas Adirozal memiliki program untuk membangun negeri tempat beliau dilahirkan, dibesarkan bahkan mungkin tempat menutup mata, sebagai putra daerah yang dipilih secara demokratis H.Adirozal,M.Si dan Zainal Abidin,SH akan mempersembahkan karya terbaik untuk negerinya.

Menjawab pertanyaan Dr.H.Adirozal menjelaskan bahwa pada periode pemerintahannya bersama Wakil Bupati Zainal Abidin,MH tahun 2014-2019 memiliki Visi Terwujudnya Kerinci yang lebih baik dengan misi Meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat berbasis pertanian,industri micro,kecil dan menengah serta pariwisata.

Misi kedua Meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas berakhlak beriman dan bertaqwa, Misi ketiga Meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang terintegrasi antar sektor, Misi keempat Meningkatkan kualitas ekosistim yang berbasis sumber daaya lokal dan kelima Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bermartabat,berwibawa,amanah dan bermoral.

Persoalan hari ini yang menjadi pertanyaan bagi masyarakat adalah mampukah Bupati Kerinci Dr.H.Adirozal dan Wakil Bupati Zainal Abidin,MH mewujudkan impian dan citanya ? jawabannya adalah kita beri kesempatan dan waktu bagi beliau bekerja untuk menggapai impian dan meraih cita cita luhur mewujudkan Kerinci yang lebih baik.

Para pengamat dan tokoh masyarakat Sungai Penuh dan Kerinci menyebutkan bahwa salah satu diantara hasil karya/prestasi dan kenangan yang paling di ingat oleh sebagian besar masyarakat di bumi Sakti Alam Kerinci adalah keberhasilan H.Fauzi Siin dan segenap jajarannya dan segenap anggota DPRD Kabupaten Kerinci dalam memekarkan Kabupaten Kerinci menjadi dua daerah otonum yakni Kabupaten Kerinci sebagai Kabupaten Induk dan kota Sungai penuh sebagai daerah otonom baru.

Mimpi dan maha karya H.Fauzi Siin bersama sama para tokoh dan pimpinan/anggota DPRD Kerinci saat itu ,kini mulai dirasakan manfaatnya, dari sisi Pendapatan secara otomotasi Pendapatan yang bersumber dari DAU dan DAK semakin bertambah,Pelayanan publik semakin mudah, walaupun di bagian hilir Kabupaten Kerinci mesti diakui jika Ibu Kota Kabupaten telah pindah kawasan Bukit Tengah akan memperpanjang dan merepotkan masyarakat di hilir untuk mendapatkan pelayanan, akan tetapi kedepan dengan sulitnya masyarakat di bagian Kerinci Hilir untuk mendapatkan akses pelayanan publik akan membuka lebar pintu untuk pemekaran Kerinci jilid 2.

Akan tetapi dengan adanya daerah otonum baru Kota Sungai Penuh membuka peluang bagi masing masing daerah untuk melakukan terobosan,disamping itu diakui atau tidak dengan pemekaran Kabupaten Kerinci dan pembentukan Kota Sungai Penuh membuka peluang kerja dan memberikan kesempatan untuk menduduki jabatan eselon, dulu jabatan Kepala SKPD semisal kepala Dinas Pendidikan hanya satu SKPD, sekarang sudah tercipta dua SKPD .

Secara Khusus penulis beberapa tahun yang silam sempat melakukan perbincangan dengan Bupati Kerinci H.Fauzi Siin tentang Dampak Pemekaran, secara lugas H.Fauzi Siin mengemukakan, pemekaran Kabupaten Kerinci dan Pembentukan Kota Sungai Penuh sangat bermanfaat bagi upaya percepatan Pembangunan

Dengan diurus oleh dua orang kepala daerah otomatis pelayanan dan pemerataan pembangunan akan semakin cepat dan jika dilaksanakan dengan sungguh sungguh dalam waktu yang tidak terlalu lama Kota Sungai Penuh dan kabupaten Kerinci akan tumbuh berkembang pesat,pusat pemerintahan Kerinci baru secara otomatis akan terbangun, dengan demikian sarana infrastrukturpun pasti ikut terbangun.

Akan tetapi meski secara Admintrasi dan sesuai dengan ketentuan Undang –Undang Kabupaten Kerinci dimekarkan menjadi dua daerah otonum,akan tetapi secara adat Budaya masyarakat yang ada di alam Kerinci baik di Kota Sungai Penuh maupun di Kabupaten Kerinci tetap satu sistim pranata adat dan tetap hidup dalam akar budaya yang sama

Sebuah catatan sejarah mengungkapkan bahwa Sungai Penuh sejak masa Kolonial Jepang dan pendudukkan Jepang hingga akhir Juli 2008,merupakan pusat pemerintahan Kolonal Belanda dan Jepang , pada awal Kemerdekaan Sungai Penuh merupakan Ibu Kota Kabupaten Pesisir Selatan-Kerinci (PSK) dan sejak Kabupaten Kerinci menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Propinsi Jambi Sungai Penuh merupakan Pusat Ibu kota Kabupaten Kerinci hingga daerah ini di Mekarkan pada tahun 2008 yang lalu

Keberadaan Sungai penuh dimasa lalu,masa kini dan masa depan tetap menjadi pusat Pemerintahan Kota Sungai Penuh , dan Sungai Penuh dimasa depan tetap akan menjadi pusat Pendidikan, Perdagangan dan Jasa serta menjadi barometer bagi kecamatan kecamatan lain yang ada di disekitar Kota Sungai Penuh dan daerah Kabupaten tetangga

Pada awal terbentuknya Propinsi Jambi tahun 1957, Daerah Jambi merupakan salah satu Kerisedenan  dalam  lingkungan wilayah  Propinsi Sumatera Tengah,melalui Undang undang darurat Nomor19/1957 tanggal 9 Agustus 1957 terbentuklah Propinsi  Jambi.

Pada waktu Jambi masih dalam bentuk Keresidenan, daerah Kerinci tidak termasuk dalam Keresidenan Jambi,Kerinci merupakan sebuah  Kewedanaan yang berada dalam lingkungan Kabupaten Pesisir Selatan Kerinci(PSK )

Setelah satu tahun berdirinya Propinsi Jambi  melalui UU Darurat Nomor 19 /1957,lahir pula Undang undang lain yang memperbaharui Undang undang tersebut,Undang undang tersebut adalah Undang undang nomor 81 Tahun 1958 yang menetapkan Jambi sebagai sebuah Propinsi yang dipermekar daerahnya atau daerah Swatantra Tingkat II yang meliputi .Kabupaten Tanjung Jabung dengan  Ibukotanya Kuala Tungkal,Kabupaten Batanghari dengan Ibukotanya Jambi,Kabupaten Bungo Tebo dengan Ibukotanya Muara Bungo,Kabupaten Sarolangun Bangko dengan Ibukotanya Bangko,Kabupaten Kerinci dengan Ibukotanya Sungai Penuh dan Kotamadya Jambi dengan Ibukotanya Jambi.

Pada tahun 2000 Kabupaten dalam Propinsi Jambi kembali dimekarkan dengan dikeluarkannya  Undang- undang Nomor 14  Tahun  2000  tentang perubahan Undang-undang Nomor 54 tahun 1999  tentang pembentukan Kabupaten Sarolangun,Kabupaten Tebo,Kabupaten Muara Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sampai  tahun   2007 /  2008  Propinsi Jambi memiliki 9 (Sembilan )  Kabupaten dan  1 (satu)  Kota.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun  2008  tanggal  21 Juli 2008  ( Lembaran Negara RI Nomor  08, tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4871 )  terbentuklah Kota Sungai Penuh yang merupakan hasil  pemekaran dari Kabupaten Kerinci ( Kabupaten Induk).

Sebenarnya impian untuk menjadikan Sungai Penuh sebagai sebuah daerah otonom dengan arti kata menjadi sebuah kota telah lama di mimpikan oleh Pemimpin dan Masyarakat Kerinci, awalnya Bupati Kerinci yang saat itu dijabat Bapak H.Rusdi Sayuti telah menggagas dan menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Pusat melalui Jenderal Ali Murtopo yang saat itu melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kerinci.

Lebih seperempat abad mimpi untuk menjadi sebuah daerah otonum atau menjadi sebuah Kota terpaksa harus terkubur dalam pusaran kemajuan zaman, baru tahun 2008 yang lalu Mimpi itu muncul kembali dan menjadi kenyataan, lewat perjuangan dan kegigihan Bupati Kerinci H.Fauzi Siin dan segenap jajarannya dan dukungan DPRD Kerinci,DPRD Propinsi Jambi dan segenap tokoh tokoh Kerinci di dalam dan di luar daerah serta Support dan dukungan Gubernur Jambi H.Zulkifli Nurdin akhirnya DPR-RI dan Presiden Repubik Indonesia melalui Undang Undang Nomor 25 tahun 2008 mengesahkan Sungai Penuh menjadi sebuah kota atau daerah otonum baru.

Memang untuk menjadikan Sungai penuh menjadi sebuah daerah otonum baru bukanlah persoalan yang mudah -semudah membalikan telapak tangan, Mesti di catat dalam sejarah bahwa sosok H.fauzi Siin merupakan aktor utama pelaku sejarah lahirnya Kota Sungai Penuh, berbagai pengobanan material,spritual termasuk air mata telah beliau curahkan untuk memajukan negerinya dan meningkatkan harkat masyarakatnya, kalau boleh penulis umpamakan Beliau (H.Fauzi Siin ) ibarat sebuah Lilin beliau rela berkorban demi untuk menerangkan dan memajukan Negerinya .

Pembentukan Kota Sungai Penuh tidak dilakukan dengan serta merta, sebelum dijadikan sebagai daerah Otonum baru terlebih dahulu dilakukan sebuah kajian dan penilaian melalui kerja sama dengan  Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) program Pasca Sarjana Magister administrasi daerah yang dipimpin oleh Prof.DR. Sadu Wasustiono,MS,beliau juga merupakan salah seorang anggota tim penyusun PP No 129 Tahun 2000 yang memuat persyaratan dan Kriteria pemekaran,penghapusan dan penggabungan daerah

Hasil kajian ini melengkapi  pengajuan  usulan  sesuai dengan mekanisme  proses per Undang- undangan yang secara kronologis administratif tertuang dalam penjelasan UU RI no 25 Tahun 2008 Tentang Pembentukkan Kota Sungai Penuh.

Undang-undang pembentukan Kota Sungai Penuh di Undangkan tanggal 21 Juli 2008, tetapi peresmiannya  dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Mardianto tanggal 08 November 2008 atas nama Presiden Republik Indonesia,

Sebelum Prof.Dr.KH.Asafri Jaya Bakri,MA dan Ardinal Salim,SE dillantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh yang depenitif, selama hampir 3 tahun Kota yang belum seumur jagung ini di pimpin oleh 3 orang Penjabat Walikota yakni Drs.H.Masril Muhamad, Drs.Hasvia,MT. dan Akmal Thaib

Melalui proses Demokrasi yang alot  dan menegangkan dan Pilwako dua putaran yang penuh dengan pernak pernik yang berakhir melalui sidang di Mahkamah Konstitusi akhirnya Drs.Ahmadi Zubir,M.Pd .harus mengakui ke unggulan  rivalnya  pasangan  Prof.Dr.KH.Asafri Jaya Bakri,MA dan Ardinal Salim,SE.

Pelantikan  Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh  depenitif dilaksanakan hari Sabtu,25 Juni 2011 oleh Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM di Gedung Nasional Kota Sungai Penuh dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sungai Penuh,Anggota BPK RI.DR.H.Rizal Djalil,MM, Anggota DPR.RI.Drs.H.Muradi Darmansyah, Mantan Bupati Kerinci H.Fauzi Siin,Bupati Kerinci H.Murasman Bupati dan Walikota Daerah tetangga, para Kandidat  peserta Pilwako  tokoh tokoh adat,Ulama dan kalangan aktifis dan  perwakilan  masyarakat Kota Sungai Penuh .

Sebagai  Walikota yang berasal dari kalangan akademisi, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus,MM  pada saat itu mengemukakan untuk menyukseskan program program Pembangunan Kota Sungai Penuh dan mewujudkan Visi dan Misi yang digagas pasangan AJB _ Ardinal  harus  “ Merangkul ”  semua para calon Walikota dan Wakil Walikota yang  ikut  berkompetisi  di  Pilwako,  Walikota dan  Wakil Walikota adalah milik  masyarakat Kota Sungai Penuh dan tidak ada perbedaan, sehingga tercipta suasana yang harmonis

Gubernur H.Hasan Basri Agus dengan tegas dan luas mengemukakan bahwa Walikota dan Wakil Walikota  yang  baru  dilantik agar menciptakan pemerintahan yang Kridibel, Proaktif,Responsive dan bermartabat dalam memberikan pelayanan kepada publik

Dalam amanatnya Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus,MM  berharap kedepan Walikota terpilih untuk dapat meraih penghargaan “Adipura” seperti yang pernah diraih pada masa Pemerintahan   H.Fauzi Siin.

WaliKota-Wakil WaliKota Sungai Penuh untuk tetap menjaga konsolidasi dan komonikasi dengan tokoh  tokoh  masyarakat  Kota Sungai  Penuh  baik yang berada di daerah maupun yang berada di luar daerah teutama dengan pejabat dan tokoh masyarakat yang berada di Pusat dan di Propinsi Jambi, Konsolidasi  dan  Komunikasi dengan para “Perantauan”asal Kota Sungai Penuh itu penting agar kita bisa bersama sama membangun Kota Sungai Penuh.

Selain itu Dr.H.Rizal Djalil,MM /anggota BPK RI mengemukakan dalam menjalankan dan  mewujudkan Pemerintahan  Good Governance  dan Clean  Guvernance,apalagi dalam  menjalankan roda Pemerintahan dengan menggunakan APBD Kota Sungai Penuh yang tepat sasaran

AJB-Ardinal diharapkan untuk merealisasikan janji janji Politik dalam menjalankan pemerintahannya seperti menjadikan Kota Sungai Penuh sebagai pusat pendidikan dan pusat perdagangan

Tidak kalah pentingnya aktifis pemberdayaan dan Penggagas Forum Seniman dan Budayawan Kota Sungai Penuh, berharap agar Walikota dan Wakil Walikota untuk”membangkitkan batang terendam” Potensi dan Prestasi yang pernah dicapai Kota Sungai Penuh sebagai  Pusat Pendidikan di kawasan Barat Propinsi Jambi dan sebagai”Suluh Bindang” alam Kerinci perlu diraih kembali

Walikota dan Wakil Walikota serta SKPD pembantu Walikota harus mampu memenuhi Janji Janji Politik yang dijual pada masa Kampanye

Kota Sungai Penuh merupakan Kota Kecil yang spesifik ,untuk itu penanganannya mesti dilakukan secara spesifik,umumnya masyarakat Kota Sungai Penuh adalah masyarakat yang cerdas, dilain pihak peranan pemangku pemangku adat masih sangat dominan dan mereka menjadi panutan dan tokoh informal yang masih sangat dihargai,untuk itu pembangunan Kota Sungai Penuh juga harus mempertimbangkan pendekatan budaya.

Saat ini kita sangat miris melihat peninggalan peninggalan sejarah, kebudayaan serta peradaban luhur nenek moyang suku kerinci banyak yang kurang terawat,bahkan beberapa diantaranya terancam punah dan ada juga yang Hijrah kenegeri seberang.

Dengan mata kepala saya sendiri melihat puluhan rumah rumah tua, dan peningalan kebudayaan di negeri ini diambang kepunahan,beberapa artefak seperti situs pemakaman tua,punden berundak dan benda benda pusaka mengalami kerusakan, sementara pihak dinas terkait seakan akan tak memiliki kemampuan menyelamatkan asset kebudayaan,mereka lebih sibuk mengurusi proyek dan melakukan kegiatan seremonial serta berbagai kegiatan studi banding ke berbagai kota yang tidak jelas manfaatnya.

Persoalan yang kita lihat dilapangan selama ini kebanyakkan pejabat structural yang mengurus masalah seni dan kebudayaan “kebanyakan selama ini (Maaf !) tidak menguasai masalah, dan sebagian mereka diangkat sebagai”pelengkap pederitaan”yang diangkat sesuai dengan selera bukan sesuai dengan kemampuan.

Secara pribadi beberapa waktu yang lalu saya telah menyampaikan kepada sejumlah pejabat di Kementerian Pariwisata dan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang potret wisata yang ada di alam Kerinci termasuk di Kota Sungai Penuh dan beberapa objek wisata sejarah dan kebudayaan lainnya, yang saat ini belum terkelola secara profesional

Banyak destinasi destinasi wisata yang ada di daerah ini yang terbengkalai, wisatawan mancanegara masih ”malas” datang negeri persoalannya disamping masalah infrastruktur jalan yang belum sepenuhnya baik terutama ruas jalan via Pesisir Selatan dan kesejumlah destinasi wisata, persolan lain masyarakat dan pemerintah setempat masih setengah hati dan malu malu kucing dalam menggali dan menjual potensi wisata di daerahnya,yang konon memang belum siap untuk jual.

Memang pada waktu promosi misalnya seperti kegiatan Promosi ke TIM dan Pekan Budaya(Pekan Harmoni) misalnya semangat mengebu ngebu,akan tetapi ketika wisatawan datang mereka kelabakan karena tidak siap menyambut wisatawan,atraksi yang di janjikan tenyata tidak dipersiapkan,dilain pihak pengembangan industry kreatif belum dilakukan secara optimal,dan hingga saat Investor asing dan Nasional harus berpikir ulang untuk menanamkan investasi,baru ada Pabrik pengolahan stik Casiavera yang menaruh minat untuk berinvestasi.

Memang harus diakui pula bahwa zaman telah berubah dan orang tidak bisa terbuai oleh romantisme sejarah, kita hanya mengharapkan kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah mau menjawab tantangan untuk kembali menggairahkan kembali geliat pembangunan di Kota Sungai Penuh yang ‘Nyaris” berjalan di tempat jika tak ingin disebut berjalan mundur.

Dilain pihak tak dapat pula di pungkiri bahwa Pemerintahan saat ini dengan kemampuan yang mereka miliki telah mencoba untuk menggairahkan dan menggelorakan pembangunan di bumi “Sahalun Suhak Salateouh Bdea”,namun upaya yang telah dilakukan belum optimal dan belum memenuhi harapan banyak pihak,berbagai ketimpangan dan problem pembangunan masih sangat dirasakan,belum terlihat adanya terobosan yang berarti dalam menggali dan mengembangkan potensi daerah.

Tak salah kata MC.Leiland, Dalam suatu masyarakat dan negara terdapat sedikit orang yang unggul karena motif berptestasi,dan Virus berprestasi itu harus disebarkan guna mempengaruhi dan mengubah orang orang dalam masyarakat itu. Sebagian masyarakat di Tengah Kota Sungai penuh menaruh harapan agar siapapun yang kelak yang bakal memimpin Kota Sungai penuh harus mampu untuk memberi warna dan membawa perubahan dalam tatanan dan pembangunan secara keselurahan di setiap jengkal bumi Sahalun Suhak Saleteouh Bdea, ”.sentuhan pemimpin kedepan an aparat SKPD diharapkan dapat membawa perubahan bagi masyarakat di Kota Sungai Penuh tanpa harus mencabut akatr budaya yang selama ratusan tahun mampu menentramkan kehidupan sosial kemasyarakatan masyarakat di negeri ini

Insya Allah Desember tahun ini masyarakat Kota Sungai Penuh untuk kedua kalinya akan melaksanakan Pesta Demokrasi Pemilihan Walikota Sungai Penuh, setelah sebelumnya belum ada calon kandidat yang berani berhadap hadapan dengan Incumben, saat ini telah muncul lebih dari 5 balon kandidat, banyaknya Calon yang memberanikan diri dipandang positif dan barangkala juga menguntungkan bagi kandidat Incumben.

Mesti diakui, banyak upaya yang telah di lakukan Walikota Prof.DR.KH.Asafri Jaya Bakri,MA, Jembatan Kerinduan beliaulah yang menyelesaikannya secara final, meski perencanaan dan program telah di susun oleh Penjabat sebelumnya termasuk dukungan tokoh Sungai Penuh DR.H.Rizal Djalil,MM, Normalisasi Sungai Batang Merao sebelumnya juga telah dilakukan oleh Pemerintahan era Fauzi Siin.

Pada masa Hasvia menjabat penjabat Walikota Sungai Penuh, ia pernah mengatakan, mimpi saya adalah menghitam legamkan jalan jalan dari dan ke kota agar masyarakat Kota Sungai Penuh bisa “Ber siul siul” ketika mengenderai kenderaan di dalam dan pinggiran Kota, dan saya juga ingin sarana Listrik tidak mati mati, kecuali saat pembangkit kehabisan minyak, mimpi itupun terwujud jelang Hasvia maju menjadi 4 Cawako pada Pilkada pertama 4 tahun yang silam, dan alhamdulillah Walikota Depinitif dapat melanjutkan program bahkan saat ini juga harus di akui jalan Propinsi yang ada di Kota sudah lebar ,meski drainase masih perlu direhab ulang karena saluran macet dan bila hujan mengguyur kawasan pusat Kota di Jalan Pancasila dan RE.Martadinata acap digenangi air bah.

Kita memang tidak perlu saling tuding dan mencari meng kambing Hitam kan persoalan, yang penting ialah bagaimana kedepan secara bersama sama kita kembali menata ulang dan membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan yang kini mulai terasa agak renggang, banyak orang berharap kedepan agar Pemerintah, Ulama,Kaum Adat,kalangan dunia usaha termasuk para sahabat wartawan san aktifis LSM termasuk rang rantau untuk bersatu padu dengan motto”Sahalun Suhak Saleteouh Bdea” membangkitkan batang terendam dan menghidupkan si ranting mati.

Harapan kita bersama tentunya ialah agar pesta demokrasi berjalan dengan sukses,aman dan lancar,lebih dari itu Suara Rakyat yang kerap disebut Suara Tuhan agar tidak di nodai dengan politik pitih(duit), Kalau suara Tuhan yang di wakili oleh suara rakyat dihargai dengan imbalan uang, kita khawatir cita cita membangun Kota Sungai Penuh akhirnya hanya tinggal mimpi, Sungai Penuh yang Maju,tentram Indah dan damai juga tinggal mimpi

Harapan lain ialah siapapun pemimpin Kota Sungai Penuh kedepan hendaknya jangan sekali kali melupakan sejarah pendirian Kota Sungai Penuh, dan Pemimpin Kedepan hendaknya mau belajar untuk berterima kasih kepada tokoh tokoh termasuk berterimakasih kepada Mantan Bupati Kerinci H.Fauzi Siin aktor utama pembentukan Kota Sungai Penuh, sebesar apapun pemberian yang mungkin akan diberikan kepada beliau tidak akan mampu membalas pengorbanan dan pengabdian yang telah beliau lakukan untuk negeri yang sama sama kita cintai yang telah beliau dirikan dan beliau bangun dengan susah payah dan pengorbanan yang tak terperikan…….Semoga.

Kerincitime.co.id, Berita Jambi – Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono melakukan mutasi sejumlah perwira di jajaran Polda Jambi. Hal ini sesuai dengan Surat Telegram yang ditandatangani Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan R, atas nama Kapolda Jambi.

Dalam Surat Telegram nomor ST/689/V/KEP/2023 tersebut, ada sejumlah perwira menengah dan perwira pertama yang dimutasi.

Berikut daftar jajaran Polda Jambi yang dimutasi:

  1. Kompol Ayani dimutasikan sebagai Pamen RO SDM Polda Jambi (Dalam rangka Sespimmen Polri Dikreg ke-63 TA. 2023)
  2. Kompol Sandy Mutaqqin Pranayudha, Wakapolres Sarolangun diangkat dalam jabatan baru sebagai PS Koorspripim Polda Jambi
  3. Kompol Afrito Marbaro, Kasatreskrim Polresta Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolres Sarolangun

4 Kompol Indar Wahyu Dwi Septiawan, Kanit 1 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasatreskrim Polresta Jambi

  1. AKP Lumbrian Hayudi Putra, Kasatreskrim Polres Merangin diangkat dalam jabatan baru sebagai Ps. Kanit 1 subdit 4 Ditreskrimsus Polda Jambi
  2. Iptu Mulyono, Kapolsek Sungai Manau Polres Merangin diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasatreskrim Polres Merangin
  3. Iptu Muhammad Yusu, asattahti Polres Tebo diangkat dalam jembatan baru sebagai Kapolsek Sungai Manau Polres Merangin
  4. Kompol Amos Yosua Viclonar Lubis, Wakapolres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda Jambi
  5. Kompol Marhara Tua Siregar, Kabagops Polres Muaro Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Wakapolres Merangin
  6. AKP Bagus Faria, Kapolsek Sungai Penuh Polres Kerinci Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kabagops Polres Muaro Jambi
  7. AKP Awaluddin Kasubbagstrajemen dan RB Bagren Polres Kerinci Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolsek Sungai Penuh Polres Kerinci
  8. AKP David Raditya Yudhistira, Paur Sisim Subdit Regident Ditlantas Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kasitatib Subditgakkum Ditlantas Polda Jambi
  9. Kompol Handres, Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi Dimutasikan Sebagai Pamen Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Sespimmen Polri Dikreg Ke-63 Ta. 2023)
  10. Kompol Johan Christy Silaen, Kanit 1 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru Sbg Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi
  11. Kompol Rinto Haivan Simbolon, Wakapolres Bungo Dimutasikan sebagai Pamen RO SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Sespimmen Polri Dikreg Ke-63 Ta. 2023)
  12. Kompol Roslinda RM, Kasubbidprovos Bidpropam Polda Jambi diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Wakapolres Bungo
  13. Kompol Nanda Diana Tarulina Sihombing, Kasifasmatsbst Subditregident Ditlantas Polda Jambi dimutasikan sebagai Pamen RO SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Sespimmen Polri Dikreg Ke-63 Ta. 2023)
  14. Kompol Dhery Fajariandono, Pamen SPN Polda Jambi diangkat dalam Jabatan Baru sebagai Subditregident Ditlantas Polda Jambi.
  15. Kompol Agung Pratama, Kabagops Polresta Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubdit 5 Ditintelkam Polda Jambi.
  16. Kompol Army Sevtiansyah, Kasatsamapta Polresta Jambi diangkat dalam Jabatan baru sebagai Kabagops Polresta Jambi
  17. AKP Dedi Kurniawan Susilo, Panit 1 Unit 2 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Jambi diangkat dalam Jabatan baru sebagai Kasatsamapta Polresta Jambi
  18. AKP Sri Martono, Kapolsek Pemayung Polres Batang Hari Polda Jambi dimutasikan sebagai Pama RO SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik Sespimma Angkatan Ke 69 Ta. 2023)
  19. AKP Yawan Feriandy, Kapolsek Bathin VIII Polres Sarolangun diangkat dalam jabatan Baru sebagai Kapolsek Pemayung Polres Batang Hari
  20. Iptu Fikrur Riza, Kanit 4 Satreskrim Polres Tebo diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Bathin VIII Polres Sarolangun
  21. AKP Reni Ara, Kasubbagrenmin Bidpropam Polda Jambi dimutasikan sebagai Pama SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik Sespimma Angkatan Ke 69 Ta. 2023)
  22. AKP Sampe Nababan, Kaurbinplin Subbidprovos Bidpropam Polda Jambi diangkat dalam Jabatan baru sebagai Kasubbagrenmin Bidpropam Polda Jambi
  23. AKP Junaidi Anton, Kanit 1 Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kaurbinplin Subbidprovos Bidpropam Polda Jambi
  24. AKP Hermanto, Kanit 2 Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasatpolairud Polres Tanjab Barat
  25. Ipda Ahmad Syayuti, Kanitreskrim Polsek Tungkal Ulu Polres Tanjab Barat diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit 2 Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi
  26. AKP Helrawaty Siregar, Panit 1 Unit 1 Subdit 2 Ditreskrimum Polda Jambi yang semula diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Jambi Selatan Polresta Jambi
  27. AKP Suwondo, Kasiaga 1 Bagdalops Roops Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Jambi Selatan Polresta Jambi
  28. AKP Rita Purnama Sari Kanit 1 Sitatib Subditgakkum Ditlantas Polda Jambi diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasatlantas Polres Tanjab Barat
  29. AKP Iwan Wahyudi, Kasatlantas Polres Tanjab Barat diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kanit 2 Satpjr Ditlantas Polda Jambi
  30. Iptu Alwi Yansyah Kanit 2 Satpjr Ditlantas Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kanit 1 Sitatib Subditgakkum Ditlantas Polda Jambi
  31. Iptu Septia Intan Putri, Kasatreskrim Polres Tanjab Barat Polda Jambi Dikukuhkan sebagai Kasatreskrim Polres Tanjab Barat (Dikukuhkan)
  32. Ipda Adinda Kurnia, Pama Polda Jambi Dimutasikan sebagai Pama Polres Tanjab Barat
  33. Iptu Yosua Adrian, Panit 1 Unit 3 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi Dikukuhkan Sbg Panit 1 Unit 3 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi (Dikukuhkan).
  34. AKP Syofyan Harahap Kasatbinmas Polres Kerinci Polda Jambi Dimutasikan Sebagai Pama Polres Kerinci (Dalam Rangka Pensiun)
  35. Iptu Asep Syaefudin Kaurbinopsnal Satbinmas Polres Kerinci Polda Jambi Diangkat dalam Jabatan Baru sebagai Kasatbinmas Polres Kerinci
  36. Kompol Budiyono Kabagren Polres Muaro Jambi Dimutasikan sebagai Pamen Polres Muaro Jambi (Dalam Rangka Pensiun)
  37. Kompol Ferry Siswara Kasibinkommas Subdit Binpolmas Ditbinmas Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kabagren Polres Muaro Jambi
  38. AKP Purwanto, Paur Subbagkompeten Bagbinkar SDM Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasibinkommas Subdit Binpolmas Ditbinmas Polda Jambi
  39. Ipda Irpantri, Kanitgakkum Satlantas Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Paur Subbagkompeten Bagbinkar Ro SDM Polda Jambi
  40. AKP Suhendry, Kapolsek Jambi Selatan Polresta Jambi Polda Diangkat dalam Jabatan Baru sebagai Kasatresnarkoba Polres Sarolangun
  41. Iptu Yudhi Prastyo, Kasatresnarkoba Polres Sarolangun Dimutasikan sebagai Pama Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik S1 Stik-Ptik Angkatan Ke 81 Ta. 2023)
  42. Ipda Sarjaya Pamin 3 Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Pamin 7 Subbagrenmin Bidpropam Polda Jambi
  43. AKP Elfian Yusran Ritonga, Kapolsek Mendahara Ulu Polres Tanjab Timur Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kanitriksa 3 Subbidprovos Bidpropam Polda Jambi
  44. Iptu Rudi Rusadi Paur Subbagkhirdinlur Bagwatpers Ro SDM Polda Jambi Diangkat Dalam Jbtn Baru sebagai Kapolsek Mendahara Ulu Polres Tanjab Timur
  45. Ipda Ridho Kurnia Saputra, Kanit 1 Satreskrim Polres Tanjab Timur Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Paur Subbagkhirdinlur Bagwatpers RO SDM Polda Jambi
  46. Iptu Sriyanto Kapolsek Serai Serumpun Polres Tebo Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolsek Rimbo Ilir Polres Tebo
  47. Ipda Sarif Hidayatullah Kanitgakkum Satlantas Polres Tebo Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Serai Serumpun Polres Tebo
  48. Kompol Dedi Subandi Kapolsek Kumpeh Ilir Polres Muaro Jambi Dimutasikan sebagai Pamen Polres Muaro Jambi (Dalam Rangka Pensiun)
  49. AKP Mardianto Kasubbagrenprogar Bagren Polres Muaro Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Kumpeh Ilir
    Polres Muaro Jambi
  50. AKP Rodi Hambali, Kapolsek Jambi Luar Kota Polres Muaro Jambi Diangkat Dalam Jabatan Subditbintibsos Ditbinmas Polda Jambi
  51. Iptu Ojak P Sitanggang, Panit 2 Unit 2 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolsek Jambi Luar Kota Polres Muaro Jambi
  52. Kompol Budi Suhartono Kabag SDM Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Parik 1 Itbid 2 Itwasda Polda Jambi
  53. AKP Yul Brinner, Kasubbagbingadik SPN Polda Jambi Diangkat Dalam Jbtn Baru sebagai Kabag SDM Polres Merangin
  54. AKP Echo Halasan Sitorus, Panit 2 Unit 3 Subdit 1 Ditreskrimum Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasikum Polres Merangin
  55. AKP Sudar, Kapolsek Dendang Polres Tanjab Timur Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 2 Unit 3 Subdit 1 Ditreskrimum Polda Jambi
  56. Iptu Hengky Lesmana, Pamin 5 Subbagrenmin Rolog Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Dendang Polres Tanjab Timur
  57. AKP Devita Efrina, Kasubbagkhirdinlur Bagwatpers Ro SDM Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasubbagpangkat Bagbinkar Ro SDM Polda Jambi
  58. Kompol Novrizal, Wakapolres Tanjab Barat Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasubbagkhirdinlur Bagwatpers Ro SDM Polda Jambi
  59. Kompol Jan Manto Hasiholan, Kabagops Polres Tanjab Barat Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Wakapolres Tanjab Barat
  60. AKP Julius Sitepu Paur Subbagdalpro Bagdalprogar Rorena Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kabagops Polres Tanjab Barat
  61. Iptu Fajar Nugroho Kapolsek Tabir Selatan Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 1 Subdit 3 Ditintelkam Polda Jambi
  62. AKP Fatkur Rohman, Kapolsek Batang Asai Polres Sarolangun Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Tabir Selatan Polres Merangin
  63. Iptu Afnedi Ka SPKT Polres Sarolangun Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolsek Batang Asai Polres Sarolangun
  64. AKP Muhamad Ruhyat, Kaurlitpers Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi Dikukuhkan sebagai Kaurlitpers Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi
  65. Iptu Rifqi Abdillah, Panit 1 Unit 4 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Jambi Dimutasikan sebagai Pama Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik S1 Stik-Ptik Angkatan Ke 81 Ta. 2023)
  66. Iptu Charisma Fajar Angkasa Putra, Kanitreskrim Polsek Jambi Selatan Polresta Jambi Dimutasikan sebagai Pama Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik S1 Stik-Ptik Angkatan Ke 81 Ta. 2023)
  67. Iptu Bagus Satya Dhira, Kanit 2 Silaka Subditgakkum Ditlantas Polda Jambi Dimutasikan sebagai Pama Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik S1 Stik-Ptik Angkatan Ke 81 Ta. 2023)
  68. Iptu Gede Santoso, Kaurbinopsnal Satreskrim Polres Tebo Dimutasikan sebagai Pama Ro SDM Polda Jambi (Dalam Rangka Dik S1 Stik-Ptik Angkatan Ke 81 Ta. 2023)
  69. Bripka Laxmi Afriyanti, Pamin Urtoring Subbagdumasanwas Itwasda Polda Jambi Dimutasikan sebagai Bintara Itwasda Polda Jambi (Dalam Rangka Dik Sip Angkatan 52)
  70. Bripka M. Indra Eka Putra, Pamin 2 Subbagrenmin Rorena Polda Jambi Dimutasikan sebagai Bintara Rorena Polda Jambi (Dalam Rangka Dik Sip Angkatan 52)
  71. AKP Adi Prayitno Kapolsek Limun Polres Sarolangun Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Danki 1 Yon C Pelopor Satbrimob Polda Jambi
  72. AKP Berlin Tarigan Danki 1 Yon C Pelopor Satbrimob Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Limun Polres Sarolangun
  73. AKP Harianto Sitepu, Kapolsek Bangko Polres Merangin Diangkat Dalam Jembatan Baru sebagai Kasikesjas Satbrimob Polda Jambi
  74. Iptu Ramadhan Agustiansyah, Kapolsek Tabir Ulu Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Bangko Polres Merangin
  75. Iptu Deni Saepudin, Kapolsek Jangkat Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Tabir Ulu Polres Merangin
  76. Iptu Amrullah Wakapolsek Lembah Masurai Polres Merangin Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Jangkat Polres Merangin
  77. AKP Agus Alexander Purba, Kapolsek Kumpeh Ulu Polres Muaro Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 1 Unit 3 Subdit 2 Ditreskrimum Polda Jambi
  78. Iptu Oktonis Weaman Saragi Allagan, Kaurbinopsnal Satintelkam Polres Muaro Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kapolsek Kumpeh Ulu Polres Muaro Jambi
  79. Iptu Oyon Zaidi Pama Polres Batang Hari Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kasattahti Polres Batang Hari
  80. Iptu Badriah Kanitbintibsos Satbinmas Polresta Jambi Diangkat dalam jabatan Baru sebagai Kasiwattah Subditharwattah Dittahti Polda Jambi
  81. Ipda Desri Iswandi, Kanitreskrim Polsek Geragai Polres Tanjab Timur Diangkat Dalam Jembatan Baru sebagai Panit 1 Unit 2 Subbidpaminal Bidpropam Polda Jambi
  82. Ipda Eri Kurniawan, Kasikum Polres Sarolangun Polda Jambi Dimutasikan sebagai Pama Polres Merangin
  83. Ipda Ade Chandra, Kanitreskrim Polsek Pelepat Polres Bungo Dimutasikan Sbg Pama Polres Muaro Jambi
  84. Ipda Wilson Simamora, Wakapolsek Batang Asai Polres Sarolangun Dimutasikan sebagai Pama Polres Batang Hari
  85. AKP Rizal Ariyanto Kanit 4 Satpjr Ditlantas Polda Jambi Dimutasikan sebagai Pama Yanma Polda Jambi (Dalam Rangka Demosi)
  86. Ipda Erwin Susanto, Kaurbinopsnal Satlantas Polres Merangin Dimutasikan sebagai Pama Polres Tanjab Timur
  87. Ipda Vovo Imam Harianto, Kanitregident Satlantas Polres Batang Hari Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Pamin 1 Sifasmat Sbst Subditregident Ditlantas Polda Jambi
  88. Iptu Albert Kurniawan Ramza, Pamin 5 Subbagrenmin Ditreskrimsus Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 1 Unit 1 Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Jambi
  89. Bripka Dika Ari Purnomo, Bintara Ditreskrimsus Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Pamin 5 Subbagrenmin Ditreskrimsus Polda Jambi
  90. Ipda Sunoko Agus Cahyo, Pamin 3 Subbagrenmin Ditreskrimsus Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 1 Unit 2 Subdit 1 Ditreskrimsus Polda Jambi
  91. Ipda Jhon Sihar Denny Hasudungan P, Kaurbinopsnal Satintelkam Polres Tanjab Timur Diangkat Dalam Jembatan Baru sebagai Panit 1 Unit 2 Subdit 5 Ditreskrimsus Polda Jambi
  92. Ipda Nakma Nulhakim, Kaurbinopsnal Satresnarkoba Polres Sarolangun Dimutasikan sebagai Pama Polres Muaro Jambi
  93. Aiptu Bernard Riyansah Saragih Bintara Ditreskrimsus Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Pamin 2 Subbagrenmin Ditreskrimsus Polda Jambi
  94. Aipda Vertikal Lature, Bintara Ditlantas Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Panit 2 Unit 1 Satpjr Ditlantas Polda Jambi
  95. Bripka Weshi Hidayati Kaurmintu Satreskrim Polres Tebo Dimutasikan sebagai Bintara Ditbinmas Polda Jambi
  96. AKP Rodiyat Kaurren Subbagrenmin Biddokkes Polda Jambi Diangkat Dalam Jabatan Baru sebagai Kaurtu Subbagrenmin Rumkit Bhayangkara Tk. II Jambi Biddokkes Polda Jambi
  97. Penata Diana Andayani, Kaurmintu Subbagrenmin Biddokkes Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kaurren Subbagrenmin Biddokkes Polda Jambi
  98. Penata Margalitcu Historya. Pamin 4 Subbagrenmin Biddokkes Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kaurmintu Subbagrenmin Biddokkes
    Polda Jambi
  99. Penda Desy Hariani Pamin 5 Subbagrenmin Roops Polda Jambi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kaurren Subbagrenmin Ditpamobvit Polda Jambi.(*)

Sumber : jambilink

 

Insya Allah tanggal 8 November 2015 mendatang Kota Sungai Penuh genap berusia 7 tahun, ibarat murid Sekolah Dasar Kota Sungai Penuh baru menginjak kelas I SD. Pasca dibentuknya Kota Sungai Penuh hingga saat ini belum membawa perubahan yang berarti, tingkat pengangguran relatif tinggi,para sarjana yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi yang ada di Kota Sungai Penuh semakin sulit untuk mendapatkan tiket menjadi PNS, sedangkan peluang kerja di sektor swasta belum mampu menampung angkatan kerja yang semakin membludak

Kota Sungai Penuh sejak Pemerintahan Belanda dan Jepang bercokol di alam Kerinci hingga akhir Juli 2008,merupakan ibu kota Kabupaten Kerinci, pusat Pemerintahan,pusat Pendidikan, Perdagangan dan Jasa serta menjadi barometer bagi kecamatan kecamatan lain yang ada di Kabupaten Kerinci,dan dimasa penjajahan Belanda dan Jepang Sungai Penuh merupakan pusat Pemerintahan dan pusat perdagangan,semua hasil pertanian dan perekebunan kecuali Teh di kumpulkan di Sungai Penuh dan selanjutnya di kirim ke Pelabuhan laut di Padang

Kota Kecil yang berada di puncak andalas pulau Sumatera ini dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2008 tanggal 21 Juli 2008 ( Lembaran Negara RI Nomor 08, tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4871 ) Kota dibentuk merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kerinci ( Kabupaten Induk).

Gagasan untuk membentuk Kota Otonom Kota Sungai Penuh telah muncul sejak tahun 1970 an, Bupati Kerinci yang saat itu dijabat oleh H.Rusdi Sayuti,BA (alm) bersama DPRD Kabupaten Kerinci dan masyarakat Kerinci telah memunculkan aspirasi untuk menjadikan Sungai Penuh sebagai Daerah Otonom,Lebih 32Tahun gagasan untuk membentuk Kota Otonom baru dapat terwujud menjelang penghujung berakhirnya jabatan Gubernur Jambi Drs.H.Zulkifli Nurdin dan menjelang berakhirnya jabatan Bupati Kerinci H.Fauzi Siin.

Pada masa itu ketika Sungai Penuh masih menjadi ibu kota Kabupaten Kerinci Pertumbuhan Sungai Penuh saat itu dinilai cukup pesat, sehingga banyak kalangan yang menilai Kecamatan Sungai Penuh saat itu sudah tidak efektif lagi bila hanya dikelola oleh Pemerintah Kecamatan.melalui kajian dan penilaian melalui kerja sama dengan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) program Pasca Sarjana Magister administrasi daerah yang dipimpin oleh Prof.DR. Sadu Wasustiono,MS,beliau juga merupakan salah seorang anggota tim penyusun PP No 129 Tahun 2000 yang memuat persyaratan dan Kriteria pemekaran,penghapusan dan penggabungan daerah.

Berdasarkan hasil kajian ini melengkapi pengajuan usulan sesuai dengan mekanisme proses per Undang- undangan yang secara kronologis administratif tertuang dalam penjelasan UU RI no 25 Tahun 2008 Tentang Pembentukkan Kota Sungai Penuh..

Undang-undang pembentukan Kota Sungai Penuh di Undangkan tanggal 21 Juli 2008, tetapi peresmiannya dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Mardianto tanggal 08 November 2008 atas nama Presiden Republik Indonesia, dan saat itu Menteri Dalam Negeri melantik Drs. Masril Muhamad .MBA sebagai Penjabat Walikota Sungai Penuh, namun Jabatan Drs.Masril hanya berlansung beberapa bulan, Masril mengakhiri tugasnya karena memasuki usia pensiun yang tidak dperpanjangkan, dalam jabatan yang cukup singkat Drs.Masril mampu mengawali upaya pembenahan struktur dan aparatur Kota Sungai Penuh yang saat itu masih sangat belia.

Gubernur jambi saat itu Drs H.Zulkifli Nurdin,MBA melantik Drs.Hasvia Hasyimi,MTP untuk melanjutkan kepemimpinan Masril selaku Penjabat Walikota ,dan pada masa Penjabat Walikota Sungai Penuh dijabat oleh Hasvia dilakukan Peringatan / Perayaan Hari Ulang Tahun yang Pertama Kota Sungai Penuh yang dilaksanakan pada tanggal 08 November 2009.

Masa jabatan Hasvia Hasyimi selaku Penjabat Walikota Sungai Penuh,harus berakhir,Mantan Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan setda Propinsi Jambi dan mantan Staf Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan dan Politik juga berakhir ditengah perjalanan,Hasvia dengan dukungan beberapa Partai pengusung ikut bertarung dan menjadi Calon pada Pilkwako,dan dalam pelaksanaan Pilwako,Hasvia pada putaran pertama harus mengakui keunggulan dua pasangan kandidat lainnya yang lebih unggul.

Pada masa Drs.Hasvia Hasyimi,MT menjabat Walikota Sungai Penuh,Putra Rio Mendiho Dusun Sungai Penuh ini dengan dana yang sangat minim dan fasilitas yang sangat terbatas mencoba untuk menata dan membenahi berbagai infrastruktur Kota Sungai Penuh dan menata wajah birokrat (SKPD) yang ada di kota Sungai Penuh.

Hasvia di kenal sebagai sosok dengan latar belakang Birokrat Perencana yang lama bertugas di Bappeda Propinsi Jambi. Ia tahun betul kelemahan dan potensi Kota sungai penuh, ia juga memahami karakter masyarakatnya dan lebih dari itu ia memahami kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakatnya

Suatu hari ia pernah berkata kepada penulis,”Mimpi” saya adalah bagaimana masyarakat Kota Sungai Penuh yang berada di daerah pinggiran seperti masyarakat Tanah Kampung dapat”bersiul-siul” ketika berjalan atau naik kenderaan ke Kota Sungai Penuh,mimpi ini perlahan lahan ia wujudkan, langkah awal Hasvia “Menghitam legamkan” jalan jalan dari dan ke Pusat Kota Sungai Penuh. Hampir 90 % ruas ruas jalan dilakukan pengaspalan,dan sejumlah sentra sentra produksi diakukan pembukaan jalan termasuk perbaikan sarana irigasi dan pembuatan turap pengaman Sungai Batang Bungkal.

Langkah strategis lainnya yang dilakukan Hasvia ialah membuat wajah Kota Sungai Penuh “terang benderang” sepanjang malam hari, ia mampu me Lobby pihak Pimpinan PLN untuk memenuhi pasokan listrik untuk Kota Sungai Penuh

Dalam menggairahkan pembangunan di kota Sungai Penuh, Hasvia melakukan pendekatan budaya, semua tokoh tokoh masyarakat, seniman dan budayawan tanpa kecuali ia rangkul dan yang paling menonjol dalam tempo satu tahun Hasvia mampu meraih penghargaan WTP yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI DR.Budiono.

Sejumlah aparat birokrat Pusat dan berbagai kalangan menyebutkan, pada masa Hasvia lah jembatan yang saat ini bernama Jembatan Kerinduan di rencanakan oleh Hasvia, berbagai kajian dan mimpi mimpi Bupati Kerinci sebelumnya ia rangkum menjadi sebuah Program yang saat itu belum terpikirkan oleh kalangan Birokrat

Hasvia dengan dukungan DR.H.Rizal Djalil,MM melakukan Kajian dan Loby loby ke Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, hasilnya Pemerintah Pusat berkenan untuk mengucurkan dana untuk membangun Jembatan yang disebut jembatan kaki Seribu.

Sayangnya Hasvia tak sempat menyelesaikan pekerjaan besarnya, Hasvia mengundurkan diri sebagai Penjabat WaliKota Sungai Penuh, Hasvia dengan dukungan beberapa partai Pendukung antara lain PAN, PDI dan PKPB maju sebagai Calon Walikota pada Pilwako pertama Kota Sungai Penuh. Untuk mengisi kekosongan Gubernur Jambi melantik Ir.H.Akmal Thaib,MM sebagai Penjabat Walikota Sungai Penuh menggantikan Drs.Hasvia,MTP hingga Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Depinitif

Melalui proses Demokrasi yang alot dan demokratis dana Pilwako dua putaran dan meski harus melalui sidang di Mahkamah Konstitusi akhirnya Drs.Ahmadi Zubir,M.Pd .harus mengakui ke unggulan rivalnya pasangan Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA dan Ardinal Salim,SE..dan dengan sikap kesatria semua kandidat yang kalah bersaing harus mengakui keunggulan pasangan AJB-Ardinal,dan mereka menghadiri acara pelantikan Prof.Dr.Asyafri Jaya Bakri,MA – Ardinal Salim,SE yang dilakukan Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM.

Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh depenitif dilaksanakan hari Sabtu,25 Juni 2011 oleh Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM di Gedung Nasional Kota Sungai Penuh dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sungai Penuh,Anggota BPK RI.DR.H.Rizal Djalil,MM, Anggota DPR.RI.Drs.H.Muradi Darmansyah, Mantan Bupati Kerinci H.Fauzi Siin,Bupati Kerinci H.Murasman Bupati dan Walikota Daerah tetangga, para Kandidat peserta Pilwako tokoh tokoh adat,Ulama dan kalangan aktifis dan perwakilan masyarakat Kota Sungai Penuh .

Sebagai Walikota yang berasal dari kalangan akademisi, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus,MM mengemukakan untuk menyukseskan program program Pembangunan Kota Sungai Penuh dan mewujudkan Visi dan Misi yang digagas pasangan AJB _ Ardinal untuk 5 tahun kedepan maka Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh harus “ Merangkul ” semua para calon Walikota dan Wakil Walikota yang ikut berkompetisi di Pilwako, Walikota dan Wakil Walikota adalah milik masyarakat Kota Sungai Penuh dan tidak ada perbedaan,sehingga tercipta suasana yang harmonis,Walikota dan Wakil Walikota yang baru dilantik agar menciptakan pemerintahan yang Kridibel, Proaktif,Responsive dan bermartabat dalam memberikan pelayanan kepada publik.Dalam amanatnya Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus,MM berharap kedepan Walikota terpilih untuk dapat meraih penghargaan Adipura seperti yang pernah diraih pada masa Pemerintahan H.Fauzi Siin.

Berbagai kalangan tokoh tokoh masyarakat di Kota Sungai Penuh berharap Walikota-Wakil Walikota Sungai Penuh untuk tetap menjaga konsolidasi dan komonikasi dengan tokoh tokoh masyarakat Kota Sungai Penuh baik yang berada di daerah maupun yang berada di luar daerah teutama dengan pejabat dan tokoh masyarakat yang berada di Pusat dan di Propinsi Jambi, Konsolidasi dan Komunikasi dengan para “Perantauan”asal Kota Sungai Penuh itu penting agar kita bisa bersama sama membangun Kota Sungai Penuh.

Selain itu Rizal Djalil mengemukakan dalam menjalankan dan mewujudkan Pemerintahan Good Governance dan Clean Guvernance, apalagi dalam menjalankan roda Pemerintahan dengan menggunakan APBD Kota Sungai Penuh yang tepat sasaran sehingga target Kota Sungai Penuh untuk kembali mempeoleh prediket WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dapat diraih kembali,sebab dalam penilaian BPK RI mengalami penurunan dibandingkan tahun 2009 yang lalu.

Yang paling diharapkan oleh masyarakat di Kota Sungai Penuh adalah AJB dan Ardinal untuk merealisasikan janji janji Politik dalam menjalankan pemerintahannya seperti menjadikan Kota Sungai Penuh sebagai pusat pendidikan dan pusat perdagangan

Mengawali tugas sebagai Walikota Sungai Penuh, Penulis Budhi Vrihaspathi Jauhari melakukan wawancara dengan Walikota Sungai Penuh Prof.DR.KH.Asafri Jaya Bakri,MA , beliau pada saat itu mengemukakan selama 5 tahun masa jabatannya sebagai Walikota Sungai Penuh dengan kemampuan yang ada berupaya untuk mewujudkan Visi dan Misi yang telah disampaikan pada saat Kampanye Pilwako, diantara nya adalah mengembalikan Sungai Penuh sebagai Pusat pendidikan terdepan di kawasan barat Propinsi Jambi,saya ingin mengembalikan kejayaan Sungai Penuh sebagai Kota Pendidikan terdepan dengan memprioritaskan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan yang berbasis keunggulan lokal dan pada tahun 2013-2014 akan merintis Pendirian Universitas Negeri guna menampung lulusan SMTA dan SMK yang jumlahnya terus mengalami peningkatan.

Pemerintah merencanakan akan memanfaatkan kawasan pusat Pemerintahan Kabupaten Kerinci sebelum dimekarkan menjadi kawasan Campus dan Rektorat Universitas,Gedung ini baru dapat dimanfaatkan jika Pusat Pemerintahan Kabupaten Kerinci dipindahkan ke ibu Kota Kabupaten Kerinci di daerah Puncak Bukit Tengah telah dilaksakan.dan jika Universitas ini dibangun dilokasi bekas perkantoran Pemerintah Kabupaten Kerinci Pergurian Tinggi Universitas ini dapat menampung peserta didik dari Kota Sungai Penuh,Kabupaten Kerinci dan kabupaten tetangga Solok Selatan-Pesisir Selatan(Sumatera Barat).

Tahun terus berlalu, hari hari telah dilalui bersama,Insya Allah tanggal 9 Desember mendatang masyarakat Kota Sungai Penuh kembali untuk yang kedua kalinya melakukan pesta Demokrasi pemilhan Wali Kota Sungai Penuh untuk 5 tahun kedepan, sejak 1 bulan terakhir Wajah Kota Sungai Penuh semakin ramai di hiasasi aneka baliho baliho dan spanduk spanduk yang dipajangkan oleh balon balon Kandidat tak terkecuali baliho dan spanduk Incumben termasuk Baliho dan spanduk HBA yang kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi untuk periode yang kedua.

Setelah tiarap dan disebut sebut Sungai Penuh tidak memiliki anak jantan,akhirnya wilayah tengah Kota Sungai Penuh memunculkan banyak calon calon, diantara balon balon yang mulai mengepakkan sayapnya adalah Syafriadi,SH, Drs,Hasvia,MT, Hardizal,MH,Defitra Eka Jaya,S.Sos, Feri Satria,SE dan belakangan muncul Figur dari aspirasi masyarakat H.Herman Muchtar,SE,MM.

Sedangkan dari wilayah Hilir Kerinci yang memastikan kembali bertarung pada Pilwako ialah balon kandidat Incumben, sedangkan balon kandidat dari hulu di kabarkan akan muncul sosok Drs.Ahmadi Zubir yang saat ini menjabat Kaban Kesbangpol Kabupaten Kerinci.Dengan demikian hingga media april telah tercatat 8 Balon Kandidat WaliKota Sungai Penuh

Hasil Pantauan wartawan media ini di lapangan dapat dipastikan dari 6 Balon Kandidat dari wilayah tengah Sungai Penuh akan mengerucut menjadi 1 orang Balon Kandidat yang tangguh dan pada Pilwako tahun ini diprediksi 3 kandidat dari Huli,tengah dan Hilir Kerinci akan bertarung pada Pilwako mendatang dan dari informasi yang berkembang di tengah tengah masyarakat kemungkinan besar akan muncul balon kandidat boneka atau pecundang yang akan memecahkan konsentrasi suara pemilih .

Emil Feria,S,Ag. Pengamat Politik dan mantan Aktifis Reformasi Kerinci 1998 ketika dihubungi mengemukakan bahwa Pilwako merupakan cara kita untuk mendapatkan Pemimpin yang berkualitas, untuk itu pelaksanaan Pilwako harus di laksanakan secara Jujur ,Adil dan Damai.

BATIK KERINCI-SUNGAI PENUH
Ketua Dekranasda Kota Sungai Penuh dan pengrajin batik Kota Sungai Penuh

Sungai penuh Sahabat Saya Nurul Fahmy seorang penulis dan journalist di Jambi, mengemukakan bahwa ia  memiliki  satu baju  dengan motif  Batik dari salah satu sentra batik di Propinsi Jambi  Jambi,  meski ia tidak paham betul maksud dan  makna  yang terkandung  pada  motif

tersebut, tetapi  ia merasa bangga mengenakanya, ia berpikir inilah karya anak Jambi  yang patut di apresiasi, baju  tersebut ia beli di sebuah butik  dikawasan Simpang Pulai Jambi. Kawasan tersebut  seolah  olah menjadi sentra batik dari Jambi, berderet deret toko khusus menjual  pakaian  jenis batik dengan motif  ceplak ceplok atau motif pengembangan.

Namun  rasa  bangganya  tidak bertahan lama,k ebanggaanya sirna, ia merasa malu dan  hilang  percaya diri,  ketika ia tahu bahan bahan dan pakaian yang dijual dikawasan itu, bukan batik  buatan  anak Jambi,  Batik disana ternyata dibuat dan didatangkan dari pabrikan di  Jawa,  artinya  pakaian tersebut semuanya  buatan para pekerja dan mesin mesin pabrik di Jawa, bukan  merupakan hasil kreasi tangan tangan para pengrajin lokal.

Saya juga sempat terkecoh, pada kegiatan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) yang dipusatkan di objek wisata Danau Kerinci, saya sempat membeli beberapa stel baju batik yang dijual oleh salah satu stand dilokasi stand pameran produk kerajinan  industri  kreatif,  diantara baju batik yang saya beli adalah batik bermotifkan aksara incung berwarna kehijauan,  dengan bangga saya memberikan  dua stel baju batik untuk teman saya, namun  beberapa hari kemudian saya baru melihat  merk  produksi/ label batik yang kebetulan  saya pakai pada acara penutupan FMPDK ternyata di produksi oleh pabrik di pulau Jawa,  jujur  saja, saya merasa sedih, kecewa  sekaligus malu pada teman saya yang saya hadihi baju batik dengan penuh rasa bangga akan tetapi batik tersebut adalah  batik kerinci produksi aspal (asli tapi palsu).

Tulisan  teman  dan  pengalaman  saya  tadi  membuat rasa bangga saya menjadi luntur  seketika, saya tidak  lagi merasa bangga memakai produk tersebut, saya sedih melihat batik  Kerinci dibuat oleh pabrik di Jawa dan untuk mengobati rasa kecewa lantas saya berkeliling  Kota Sungai Penuh untuk mencari pengrajin batik , dari penuturan seorang teman saya ternyata dari 7 Sanggar Batik yang konon dibina dan di prakarsai oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Kerinci pada saat itu di jabat ibu HJ.Nurul Charani Istri H.Bambang Sukowinarno (Bupati Kerinci Era Tahun 1995)   ternyata hanya ada 2 sentra pengrajin batik yang masih mampu bertahan dan itupun bagaikan  hidup segan mati tak mau, dan dari 2 Sentra pengrajin batik hanya 1 unit usaha pembatikkan yang mampu bertahan dan memproduksi batik

Para  pengrajin  yang  terhimpun  dalam  sanggar sanggar batik di dalam Kota Sungai Penuh memproduksi  batik  dengan  memanfaatkan  produk pewarna alami yang ada disekitar pemukiman dan hutan kemasyarakatan di sekitar Kota Sungai Penuh.

Salah seorang pengrajin Batik  Kota Sungai Penuh  mengemukakan  usaha industri kreatif  yang ia kelola  memproduksi ragam hias yang ada di alam Kerinci, penggunaan motif batik  lebih dominan pada motive Fatma   dan ukiran ukiran yang ada di rumah rumah tua dan masjid  kuno,  unieknya batik khas Kota Sungai Penuh  juga mengangkat aksara asli kerinci yang dikenal dunia dengan aksara Incung, saat ini  industri kreatif batik  di Kota Sungai Penuh memiliki berbagai motif batik, diantara ragam motif  itu adalah Motif  Aksara Incung, yang bersumberkan pada naskah kuno Aksara Incung yang terdapat di pada tanduk dan ruas ruas buluh.

Kegiatan Pembatikkan di Sungai Penuh
Kegiatan Pembatikkan di Sungai Penuh

Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM  menyebutkan beberapa tahun yang lalu  di Sungai Penuh  dikenal dengan usaha  pembatikan bermotif aksara incung yang  pernah  menjamur di kota Sungai Penuh  tetapi kemudian  memudar dan nyaris hilang. Upaya ini sebenarnya perlu didorong kembali sebagai bagian dari pengukuhan identitas hasil industri kreatif  pengrajin yang ada di Kota Sungai Penuh .

Menurut  H. Hasan Basri Agus Kreatifitas kriya muncul kembali di tahun – tahun terakhir ini melalui pengrajin perhiasan berbentuk konfigurasi aksara incung. Tanggal 15 oktober  2012, UNESCO (THE UNITED NATIONS EDUCATIONAL, SCIENTIFIC AND CURTURAL ORGANIZATION)  Organisasi PBB untuk pendidikan, llmu pengetahuan dan kebudayaan  telah  menetapkan  Bros Desain  lncung  Kincai sebagai kerajinan tradisional dan finishing  terbaik  peringkat kedua untuk kategori perhiasan di Bangkok Thailand.

Sungguh  prestasiyang  paradox  dari  sisi keaksaraan  dengan kreaktifitas pengrajian yang dibina Dewan Kerajian Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi. Sementara peneraan aksara  incung di  papan nama j alan motto pemerintah Sungai Penuh  atau  papan nama lainya seperti  teracuhkan dan dinikmati  sebagai aksara daerah tanpa mampu membaca apalagi  mengartikannya.  Belum lagi  berkejaran dengan keterbatasan orang yang mampu menulis, membaca dan mengartikanya rata-rata sudah purna bhakti diusia senjanya, Upaya pengenalan  dan pemakaian di tengah masyarakat memang sudah dalam kategori mendesak dan penting.

Untuk itu mentradisikan kembali aksara incung di bumi sakti alam Kerinci khususnya di Kota Sungai Penuh  perlu di dukung dengan sepenuh hati dan direalisasikan dalam program kegiatan sosialisai  dan penyebarluasan melalui  lembaga  pendidikan di semua jenjang,  lembaga pengkajian, lembaga penerbitan dan intitusi kebudayan serta orang-orang berkemampuan  dan peduli akan pelestarian  dan pengembangan kebudayaan dan peradaban kincai sekepal tanah surga yang tercampakan di bumi, Gubernur Jambi berharap agar para pengrajin batik  di Kota Sungai Penuh untuk terus meningkatkan usaha infstri kreatif batik di Kota Sungai Penuh  dan terus mengembangkan batik motif  incung dan menggali motif  yang berkembang  di daerah.

Khusus untuk Kota Sungai Penuh  sejak beberapa waktu yang lalu upaya .gagasan  dan terobosan yang dirintis oleh Ketua Dekranasda sebelumnya kembali ditumbuh kembangkan dan dilanjutkan oleh ketua Dekranasda Hj. EmI Zolla Asafri ,S.Ag,M.Hum. Tidaklah  terlalu  berlebihan  jika kalangan kolektor batik menyebutkan   bahwa dibandingkan  dengan  batik di daerah lain,  batik mMotive khas  Kota Sungai Penuh produksi  pengrajin Kota  Sungai Penuh  memiliki ciri,motive,warna, fungsi dan filosofis yang spesifik

Seperti di  Sanggar sangar batik lainnya yang ada di Propinsi, pembatikan secara tradisional yang dilakukan pengrajin  batik di Kota Sungai Penuh  disamping menggunakan tekhnik  khusus, motif  dan warna yang digunakan juga khusus, Zat warna  yang digunakan dari jenis kayu atau disebut zat warna alam yakni, Kayu Lampato warna kuning, Kayu Ramelang  warna hitam, Kayu  Nilo untuk warna biru.

Propinsi Jambi termasuk  di dalamnya  Kota Sungai Penuh, merupakan sentra penghasil  batik  di Propinsi Jambi, hasil industri  kreatif /industry  rumahan  kerajinan batik di  Propinsi Jambi termasuk di perhitungkan di tingkat Nasional, pupolernya batik yang dihasilkan oleh pengrain batik yang tersebar diberbagai sanggar batik di Propinsi Jambi hingga ke tingkat Nasional  dan mancanegara tidak terlepas dari kerja keras Ketua Dekranasda  Propinsi Jambi dan di daerah Kabupaten/Kota di Propinsi Jambi, pada zaman dahulu  penggunaan Batik terbatas pada  kain panjang, selendang  dan tutup kepala  serta kain sarung  yang hanya di gunakan pada upacara ritual dan kebudayaan

Dewasa ini trend  penggunaan batik  khas Kota Sungai Penuh yang diproduksi pengrajin industry kreatif  Kota  Sungai  Penuh  telah  meluas  dan digunakan  sebagai pakaian  resmi dan telah menjadi trend  dan mode gaya  yang  ikut mengangkat prestise Kota Sungai  Penuh  Propinsi  Jambi  dalam pergaulan internasional, bahkan pernak pernik batik khas  suku  Kerinci  hasil kreatifitas pengrajin Kota Sungai Penuh juga digunakan sebagai benda asesoris dan dekorasi rumah tangga seperti untuk alas meja, alas bantal/ kursi, sprei, gordyn pintu, dan  hiasan dinding.saat ini rata rata kalangan kelas menengah di Kota Sungai Penuh  memiliki 3-5 Stel batik  motif khas Kota Sungai Penuh yang digunakan untuk pakaian seragam sekolah dan seragam pegawai negeri sipil.

Ibarat  setetes embun ditengah teriknya matahari dipadang pasir, pada tanggal 8 Februari 2013,Walikota  Sungai Penuh  Prof.DR.H.Asafri Jaya Bakri,MA melalui surat edarannya  menginstruksikan  agar segenap Pegawai  Negeri Sipil  di Lingkungan Pemerintah Kota  Sungai Penuh  untuk  menggunakan  seragam batik motif khas Kota Sungai Penuh  produk  pengrajin industr kreatif Kota Sungai Penuh setiap hari Kamis,

Dampak  surat edaran tersebut para abdi negara mulai  memesan batik  khas Kota Sungai Penuh, akan tetapi  ironisnya pengrajin batik  di Kota Sungai Penuh tidak mampu memenuhi  permintaan konsumen, terbatasnya  jumlah sentra pengrajin /industri kreatif  batik motif khas Kota Sungai Penuh  dan minimnya permodalan para pengrajin berdampak pada ketersedian  bahan  batik, untuk  memenuhi  permintaan  konsumen, Pemerintah Kota Sungai Penuh  melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Sungai Penuh telah melakukan  kegiatan  pelatihan  pembatikkan  dengan  melibatkan  pengrajin dari Kecamatan kecamatan yang ada dalam Kota Sungai Penuh dilanjutkan dengan pemberian modal kerja berupa pemberian sarana dan prasarana pembatikkan. .

Walikota Sungai Penuh Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA pada jumpa pers (Balaikota 29:2:2012)  meminta agar dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Sungai Penuh, Dekranasda/Tim Penggerak PKK Kota Sungai Penuh untuk terus melakukan pembinaan dan pemberdayaan  kepada pengrajin,  Pihak  Pemerintah Kota Sungai Penuh mulai tahun 2012 telah  menganggarkan  dana  pembinaan  dan bantuan permodalan kepada pengrajin industri kreatif batik Kota Sungai Penuh

Beberapa tahun terakhir minat masyarakat Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci untuk menggunakan busana batik khas suku Kerinci cukup tinggi, akan tetapi para pengrajin mengalami  kesulitan  dalam memenuhi permintaan konsumen,terbatasnya ketersediaan  hasil produksi  dan minimnya  jumlah pengrajin  merupakan kendala dalam memenuhi permintaan pasar.

Sanggar sanggar batik di Kota Sungai Penuh juga mengambil motive pada  ukiran pada rumah tradisional dan motive ukiran pada masjid kuno Pondok Tinggi, diantara motive  itu adalah motive Keluk Paku kacang Belimbing > artinya Anak di Pangku Kemenakan dibimbing. Motive- Relung kangkung > patah tumbuh hilang berganti/ kerja yang tiada mengenal lelah, Motif       – Pilin ganda (berbentuk abjad S) > setiap sesuatu saling  ketergantungan  dan  saling  membutuhkan, motif  ragam  hias Turqi  ( auraka) dalam bentuk daun daun yang berjurai, – ragam hias Kaff wa darj >  berbentuk garis garis melengkung,-ragam arabes  ( Zuchrufil-Arabi) > berbentuk  anting anting daun dan bunga, ragam tampouk klapo, ragam selampit empat, Selampit jalein due, motif bungea Matoharai ( Bunga Matahari),- ragam hias Gadoeing Gajeah ( Gading Gajah),ragam cino sebatang, samang beradu punggoun,,mentade belage, ragam bungea betirai, ragam motif relung,-dll (Budhi VJ)

Bung Karno tokoh proklamator dan presiden pertama Republik Indonesia pernah mengatakan bahwa kita jangan sekali kali melupakan sejarah,kalimat ini terasa singkat namun bermakna dalam ketika dikaitkan dengan kontek kekinian.

Sebagai tanggung jawab moral terhadap ranouh kincai yang telah memberi ruang dan memberikan nafas kehidupan, dalam waktu dekat Lembaga Bina Potensia Aditya Mahatva Yodha dan Sanggar Seni Incung Alam Kerinci kembali akan menerbitkan buku sejarah tentang reformasi di alam Kerinci.

Buku ini diharapkan akan membuka mata dan mengetuk pintu anak anak di negeri ini untuk memahami makna reformasi yang terjadi di alam Kerinci dan sebagai sebuah cermin bagi para pemimpin yang ada di dua daerah otonum Kerinci dan Sungai penuh untuk belajar dari sebuah sejarah perjuangan anak anak negeri yang melakukan gerakan reformasi.

Penulis mencoba untuk merajut rangkaian peristiwa yang mulai terhapus dari memori kolektif anak anak negeri masa kini, dan berikut ringkasan dan kutipan rancanga buku yang segera akan di terbitkan

Dalam tulisan penulis utama Budhi Rio Temenggung penerima PIN Emas dan Anugerah Kebudayaan Tingkat Nasional itu menyebutan bahwa Badai Prahara kembali menimpa bangsa Indonesia dan merupakan siklus 30 tahunan, tragedi dan kemelut politik kembali berulang menjadi krisis multidimensional yang dimulai dari krisis moneter pada pertengahan tahun 1977

Pada awal Mei 1998 terjadi gerakkan Reformasi,di Ibukota Negara terjadi aksi gelombang Demontrasi yang melibatkan segenap komponen mahasiswa di seluruh Indonesia yang dipelopori mahasiswa Universitas Trisakti Jakarta,aksi Demontrasi yang dipelopori mahasiswa Universitas Trisakti ini menimbulkan korban jiwa.

Pada tanggal 20 Mei 1998 Prof.Dr.H.Amin Rais,MA mempelopori Demontrasi besar besaran yang melibatkan mahasiswa dan masyarakat,aksi demontrasi yang dipimpin Ketua Umum DPP Muhamadiyah itu digelar di halaman muka gedung MPR/DPR RI yang intinya menuntut agar Presiden Soeharto agar meletakkan jabatannya.

Desakan arus masyarakat dan mahasiswa yang menuntut Pak Harto untuk Lengser ke prabon membuahkan hasil, Pak Harto yang mendapat gelar Bapak Pembangunan itu pada tanggal 21 Mei 1998 secara resmi meletakkan Jabatan,dan diganti Prof.Dr.Ing.H.Baharuddin Yusuf Habibi, dan susunan Kabinet Reformasi BJ Habibi dilantik di Istana Negara pada tanggal 23 Mei 1998.

Dikalangan tokoh tokoh nasional,Prof.Dr.H.Amin Rais,MA dikenal sebagai sosok yang paling berani dalam menyuarakan isu suksesi kepresidenan di banding dengan individu manapun.

Pengalaman penulis bertatap muka dengan tokoh Reformasi ini saat mengunjungi Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin,sosok Amin Rais terlihat sederhana sejuk tenang, santun dan dalam merangkai kata kata beliau sangat sistematis dan mudah dipahami oleh banyak kalangan,mata beliau menatap tajam pada lawan bicaranya,dan pikirannya tidak mengembara.

Sosok Prof.Dr.H.Amin Rais,MA menyusun pokok pokok pikirannya kedalam beberapa cara yang cermat,dan para audiene yang berbicara dengan beliau dapat mencemati dan mengikuti alur pikiran dan gagasan gagasan yang beiau sampaikan.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Sosok H.Amin Rais adalah tokoh yang memiliki banyak peran,ia seorang Profesor ilmu politik di Universitas Gajah Mada, beliau juga memimpin organisasi Muhamadiyah,sebuah organisasi muslim yang memayungi lebih 30 juta orang anggota yang memainkan peran dalam pemberdayaan umat melalui kegiatan kegiatan sosial dan pendidikan.

Beliau juga bersekutu dengan politisi oposisi Megawati Soekarno Putri,dan beliau dengan berani mengancam akan membawa masa pendukungnya turun kejalan untuk memprotes pemerintahan Presiden Soeharto.

Prof.Dr.H.Amin Rais adalah pendiri sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional, sebuah partai politik yang terbuka yang multi etnik dan multi agama dan beliu juga pernah mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia.

Figur Amin Rais menyerupai KH Ahmad Dahlan pendiri Muhamadiyah tahun 1912 yang lebih dikenal sebagai tokoh moderat yang peduli terhadap pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan,Amin Rais bergabung dalam barisan Muhamadiyah mengikuti jejak pendahulunya seperti KH Mas Mansyur(1936-1942) Ki Bagus Hadikusumo (1942-1953) dan AR Mansyur (1953-1959),Semuanya adalah tokoh yang menjadi tokoh nasional karena prestasinya pada bidang pendidikan dan kepeduliannya pada pemberantasan kemiskinan melalui lembaga lembaga pendidikan dan institusi sosial yang dimiliki oleh Muhamadiyah.

Prof.Dr.H.Amin Rais,MA merupakan tokoh Reformasi yang memiliki peran pentig yang sangat besar dalam gerakkan pembaharuan dan perjuangan yang dilakukan oleh Mahasiswa Kerinci dan tokoh tokoh masyarakat Kerinci yang memperjuangkan suksesi kepemimpinan di Kabupaten Kerinci.

Mayoritas Mahasiswa Kerinci yang di pelopori Ikatan Mahasiswa Kerinci Indonesia(IMKI) dan mayoritas Masyarakat Kerinci melakukan aksi Demontrasi dan menduduki Gedung DPRD Kerinci menyuarakan aspirasi untuk melakukan perubahan termasuk suksesi kepemimpinan.

Mayoritas Rakyat Kerinci menginginkan agar Bupati Kerinci di pilih dari putra terbaik Kerinci bukan pemimpin yang di import dari luar yag nota bene bukan putra terbaik masyarakat Kerinci,seperti masyarakat lainnya di nusantara, masyarakat di alam Kerinci juga menuntut kebebasan,transparansi,keadilan,demokrasi yang dilandaskan pada nilai nilai hak asasi manusia,tanggung jawab asasi,serta keamanan umat manusia (human security)dalam waktu yang sesingkat singkatnya.

Pada tahun 1998, Tim Reformasi Kerinci yang di pimpin dr.H.Nasrul Qadir dan perwakilan Mahasiswa Kerinci yang terdiri Alfian,Syofyan Sori,Emil,dan kawan kawan bersama tokoh tokoh mahasiswa Kerinci menghadap Tokoh Reformasi Nasional Prof.Dr.H.Amin Rais, dan Pengacara Dr.Adnan Buyung Nasution untuk meminta dukungan .

Prof.Dr.H.Amin Rais menyambut baik kedatangan tim Reformasi Kerinci, dan secara pribadi beliau mengirimkan surat kepada Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Letnan Jenderal Syarwan Hamid, yang intinya meminta agar Mendagri untuk menerima delegasi/ tim reformasi Kerinci.

Menteri Dalam Negeri Syarwan Hamid menerima kunjungan tim Reformasi Kerinci dan delegasi Mahasiswa Kerinci yang menyampaikan aspirasi suksesi kepemimpinan Kerinci, hasil pertemuan itu membuah hasil berupa penyaringan dan penjaringan Calon Bupati Kerinci di lakukan proses ulang.

Dilain pihak pada tanggal 31 Mei 1998 di Gedung Nasional Sungai Penuh dilakukan pertemuan Danrem Gapu Jambi dengan tokoh masyarakat beserta wakil Ormas dalam Kabupaten Kerinci,Pada pertemuan tersebut diperkenalkan Calon Bupati Kerinci yang tidak dikenal oleh sebagian besar masyarakat penghuni ranouh Sakti Alam Kerinci

Mantan Aktifis PB IMKI Devanan Munir dan Alfian,SE mengemukakan (wawancara 23-24 Maret 2015) Suksesi Kepemimpinan di Kabupaten Kerinci berlansung bersamaan dengan suksesi kepemimpinan di tingkat nasiona Pada tahun 1998 Bupati Kerinci Kolonel (Purn) TNI H.Bambang Sukowinarno akan mengakhiri tugas dan pengabdian sebagai bupati Kerinci

Dalam waktu yang bersamaan pada saat itu ditengah tengah masyarakat berkembang informasi bahwa DPRD Kerinci mencalonkan figur pengganti H.Bambang Sukowinarno yang di droping dari atas, dan calon yang diajukan itu tidak dikenal oleh masyarakat di Sakti Alam Kerinci

Calon pengganti Bupati H.Bambang Sukowinarno juga telah mendapat restu dari Muspida Propinsi Jambi. Dilain pihak rakyat sakti alam Kerinci berkeinginan mencalonkan AD yang berasal dari putera daerah Kerinci, meski masyarakat telah mengusulkan namun pihak AD pada saat tetap pada calon semula.

Munculnya nama Imam Santoso yang belum dikenal secara luas oleh masyarakat Kerinci,kondisi ini membuat masyarakat di Kerinci menolak secara tegas calon Bupati yang di droping dari pusat,sebagian besar masyarakat di alam Kerinci menginginkan putra terbaik Kerinci untuk menjadi Bupati Kerinci.

Keinginan sebahagian besar masyarakat Kerinci untuk melakukan perubahan kepemimpinan ditanggapi dingin oleh sebagian besar anggota DPRD Kabupaten Kerinci,situasi dan keadaan di masa orde baru merupakan salah satu faktor yang membuat anggota DPRD dimasa itu tidak bisa menolak adanya calon titipan dari pemerintah pusat.

Seiring dengan Reformasi yang terjadi di pusat ,mendorong mahasiswa mahasiswa Kerinci dan tokoh tokoh masyarakat ikut ambil bagian untuk menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kerinci

Pada tanggal 25 Mei 1998,sekitar 100 orang lebih Mahasiswa Kerinci dari Jambi dan Padang mengadakan aksi Demontrasi di depan kantor DPRD Kabupaten Kerinci.aksi demontrasi mahasiswa ini mendapat dukungan oleh masa reformasi lainnya yang sudah ada di Kabupaten Kerinci,Pada intinya masa pendemo mengajukan tuntutan agar elakukan pemilihan Bupati Kerinci yang baru sesuai dengan aspirasi dan tuntutan masyarakat Kerinci, masa pendemo menyatakan menolak kandidat yang tidak dikekendaki oleh masyarakat Kerinci.

Setelah melakukan aksi demontrasi,beberapa hari kemudian terjadi pendudukan terhadap gedung DPRD Kerinci, beberapa saat berhasil menduduki Gedung DPRD Kerinci,maka sebagian anggota DPRD Kerinci menyatakan setuju memilih kembali calon Bupati Kerinci.

Pada tanggal 25 Juni 1998 Lembaga Kerapatan Adat Alam Kerinci melaksanakan rapat yang dilaksanakan di Gedung Nasional Sungai Penuh guna membicarakan soal pimpinan daerah Kerinci untuk masa yang akan datang, pada pertemuan itu Lembaga Kerapatan Adat Alam Kerinci meminta agar calon Bupati Kerinci diambil dari putera daerah yang terbaik.

Pada tanggal 26 Juni 1998 dilaksanakan pembicaraan dengan Ketua DPRD Kerinci M.Jono Junis dan dihadiri anggota Muspida Kabupaten Kerinci, dan pada saat itu juga secara resmi dibentuk Tim Kerja Gerakan Reformasi Sakti Alam Kerinci dengan Komposisi tim kerja gerakkan Reformasi Sakti Alam Kerinci terdiri dari Penasehat Drs.H.Thaher Ahmad,H.Burhan Ilyas, Depati.H.Miftah Yunus.H.Zakaria Angku Mudo,H.Darwis Alqaimi,H.Dasiba,Depati. KH. Wali Ahmad.

Sedangkan Ketua Tim Kerja Gerakkan Reformasi Sakti Alam Kerinci ditunjuk Depati.dr.H.Nasrul Qadir, Wakil ketua masing masing H.Sutan Kari,BA, Drs H.Daraqtuni Dahlan dan H.Nasrul Madin.Sekretaris Drs.Kisran Rachim,Wakil sekretaris Bustari,SH dan Depati Hedy Gustian, Bendahara Depati Amiruddin Gusti. Tim kerja dibantu dan didukung Pembantu Umum dan beberapa bidang

Pada Tanggal 8 Agustus 1998 dilaksanakan Musyawarah Besar Mahasiswa Kerinci se Indonesia yang dilaksanakan di Gedung Nasional Sungai Penuh, Musyawarah tersebut pada pokoknya membicarakan soal pimpinan daerah Kerinci,Para mahasiwa Kerinci se Indonesia berpendapat bahwa calon Bupati Kerinci hendaklah dari putera daerah Kerinci terbaik.

Aspirasi dan harapan mahasiswa mendapat dukungan dan respon positif dari segenap lapisan masyarakat dan anggota DPRD Kerinci,dan pada tanggal 4 September 1998 adalah penetapan jadwal kegiatan,peraturan tata tertib dan pengumuman mulai dibukanya penyaringan bakal calon Bupati Kerinci masa bhakti 1999-2004.

Pada tanggal 19 September 1998 tim Reformasi Sakti Alam Kerinci telah melakukan dialog dengan anggota DPRD Kerinci, Pada tanggal 25 September 1998 dilakukan penutupan penjaringan bakal calon Bupati Kerinci,proses berikutnya pada tanggal 6 Oktober dimulai dialog antara calon Bupati Kerinci dengan anggota DPRD Kerinci selama 3 hari dengan perincian: Pada hari Pertama tanggal 6 oktober 1998 dilaksanakan dialog dengan Bapak Drs Syarifuddin dan bapak Drs, Sa’adudin, Pada hari kedua tanggal 7 Oktober dilaksanakan dialog Bapak Letkol.Czi(Purn)H.Fauzi Siin dan Bapak Kolonel (pol) Syamsir Karim dan pada hari ketiga tanggal 8 Oktober 1998 dilaksanakan dialog Bapak Kolonel Czi Iman Santoso dan bapak Dr.Firwantan,SE,Mec,Dea.Ing

Pada tanggal 6 Oktober 1998 diperoleh informasi dari DPRD Kerinci yang menyatakan bahwa dari 6 orang kandidat balon bupati Kerinci,salah seorang diantaranya di coret,sehingga calon kandidat tinggal 5 orang yang bakal di usung oleh DPRD Kerinci kepada Menteri Dalam Negeri RI.

Pihak Kementerian Dalam Negeri RI menetapkan 3 orang calon untuk di pilih oleh anggota DPRD Kerinci masing masing H.Fauzi Siin,Drs Sa’adudin dan Drs.Ec.Syarifuddin.

Proses Reformasi untuk mendapatkan sosok pemimpin/bupati pilihan rakyat alam Kerinci semakin jelas, dan pada pada tanggal 27 Januari 1999 didalam gedung DPRD Kerinci dilaksanakan sidang Paripurna dengan agenda utama Pemilihan Bupati Kerinci. Hasil Pemilihan yang demokratis itu akhirnya Letkol.Czi(Purn) meraih 14 suara, Bapak Drs.H.Sa’adudin meraih 12 Suara dan Bapak Drs.Syarifuddin meraih 4 suara.

Hasil Pemilihan Bupati Kerinci pertama era Reformasi ini disampaikan oleh pimpinan DPRD Kerinci kepada Menteri dalam negeri melalui Gubernur Jambi, dan pada tanggal 3 Maret 1999 Gubernur Jambi Bapak Drs.H.Abdurahman Sayoeti dalam sidang Paripurna Khusus DPRD Kerinci atas nama Menteri Dalam Negeri Melantik dan mengambil sumpah jabatan Letkol.Czi(Purn) H.Fauzi Siin menjadi Bupati Kepala daerah Kabupaten Kerinci.Upacara pelantikan Bupati Kerinci mendapat sambutan hangat dari segenap lapisan masyarakat di bumi sakti alam Kerinci.

“Kilas Balik Peran Mahasiswa Kerinci dalam Proses Reformasi”

Era Reformasi memberikan angin segar menyeluruh dalam kehidupan di negara Republik Indonesia yang amat kita cintai,Bersamaan dengan runtuhnya tembok kekuasaan rezim orde baru dan berbicara tentang Reformasi di alam Kerinci kita tidak hanya mengenal tokoh tokoh formal, banyak sosok tokoh aktifis Mahasiswa yang berada di belakang layar,diantara motor dan lokomotif penggerak reformasi itu tercatat nama Aktifis Mahasiswa dari Jambi misalnya Devanan Munir tim /korinator media, Alpian, SE, MM Ketua Umum PB IMKI/ Ketua Senat Akubank Muhammadiyah Jambi Svempri, S,Pd Ketua Senat Mahasisiwa FKIP Universitas Jambi Raisul Jamal Jahidin, SE Presiden BEM Universitas Jambi Jafar Ahmad, M.Si Presiden BEM IAIN Sutlan Thaha Syaifuddin Zahirman, SH PB IMKI (Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kerinci Indonesia) Sofyan Sori, SP,pengurus senat unja dan PB IMKI (Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kerinci Indonesia) Suhardiman, SH /KETUM BPMF Hukum Unja/Sekjend PB IMKI Firman Edy Warta, S.Pd /mantan ketua senat fkip Sekum PB IMKI A.Martono, S.Pd ketua MPR unja /aktivis PB IMKI dan Petisi 5 Mensediar, S.Pd Gubernur BEM FKIP Universitas Jambi Ika Sonizar Ketua Senat Fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi Fajran, SP Ketua FKMK Mendalo / ranting IMKI Elfi Prasetya, SE Senator Mahasiswa Universitas Jambi Toni Indrayadi, S.Pd Ketua FKMK Mendalo / ranting IMKI Wazirman, S.Ag Ketua IMKI Cabang Sungai Penuh Firnando, S.Ag Aktivis IMKI Cabang Kerinci Darmadianto, S.Pd Aktivis PB IMKI Devia Efriza, S.Pd Aktivis PB IMKI,Mustahiddin,SP. Ketua IMK Jambi,Sasli Rais,SH,Mantan Ketua IMK Jambi, Rodi Candra,Spd,Mpd Sekum PB IMKI,Abidin,SE,Mantan Ketua IMK Jambi,Dedy Gusrizal,S.Pd Mantan Ketua IMK Jambi,Muzakir Walad,Mantan Ketua IMK Cabang Jambi, Purwadi,Emil Peria,S.Ag,Syafwandi Ketua PMII Cabang Kerinci

Sementara aktifis Mahasiswa dari Padang –Sumatera Barat sejumlah aktifis Mahasiswa Kerinci tercatat sejumlah mahasiswa diantaranya ialah Gusrizal Nuzran Joher Al Fadli Abbas Dr. Deri, Dr. Iwan ,Mahmud,ST, Irmanto,S.pd dan dikalangan mahasiswa ketokohan Drs.H.Nizam Hasan Majelis konsultsi PB imki merupakan panutan mahasiswa dan pemuda kerinci yang berada di Kota Jambi.

Dalam rangka untuk mewujudkan Reformasi di Kerinci selain mahasiswa Kerinci se Indonesia dan OKP OKP, banyak tokoh tokoh masyarakat Kerinci ikut terlibat,sebagian diantaranya memberikan bantuan dalam bentuk dukungan moral termasuk menyediakan secara gratis kenderaan untuk mengantarkan para mahasiswa Kerinci di Jambi untuk menggelarkan aksi demontrasi untuk memperjuangkan harapan masyarakat Kerinci yang menginginkan Pemimpin(bupati) Kerinci harus berasal dari putra terbaik Kerinci.

Tercatat puluhan tokoh yang terlibat lansung dalam tim kerja gerakan Reformasi Sakti Alam Kerinci, diantara tokoh itu ialah Drs.H.Thaher Ahmad, H.Miftah Yunus, dr.H.Nasrul Qadir,H.Dasiba,H.Zakaria Angku Mudo,H.Darwis Alqaimi,KH.Wali Achmad,BA,H.Sutan Kari,BA,H.Nasrul Madin, Bustari,SH, Drs.Kisran Rachim, H.Amiruddin Gusti dr.H.Walid Adnan,H.Buhari Rain,BA,Drs.H.Khusairi,H.Mansurdin Gusti, Hedy Gustian, Salipah Dauh, Dahmunir. Suriname, Supratman Yunus, Drs.Anizar, H.Rusdi Usman, Drs.A.Wahab Karimi, Syabaruddin,Nila Sutria,S.Pd,Nazar Idris,SH,Hazairin Zaini

Meski tidak berbuat terlalu banyak memberikan konstribusi,penulis yang juga ketua umum Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kerinci (IPPMK) Kabupaten Sarolangun Bangko mendapat tugas memimpin Organisasi Ikatan Mahasiswa Kerinci-Indonesia (IMKI) Kabupaten Sarolangun Bangko, dengan sekretaris Umum Ampera,SE dan sejumlah aktifis Mahasiswa Kerinci yang melanjutkan pendidikan di STKIP YPM Bangko, dan markas IMKI Sarko merupakan salah satu terminal persinggahan bagi aktifis Mahasiswa dari Jambi dan Tokoh masyarakat Kerinci yang melanjutkan perjalanan untuk memperjuangkan Reformasi di Bumi Sakti Alam Kerinci

Reformasi dan suksesi di Kabupaten Kerinci membuktikan bahwa perlawanan rakyat yang dimotori oleh mahasiswa terlalu kuat untuk diabaikan dan di taklukkan, bahkan Prof Dr.H.Amin Rais di hadapan Mahasiswa di Universitas Trisakti Jakarta mengatakan: Kalian(mahasiswa) adalah anak kandung rakyat! Seragam,senjata,dan pelurunya dibeli dengan menggunakan uang rakyat,dan semuanya dimaksud untuk melindungi rakyat!.

Devanan Munir (wartawan) dan Wazirman,S.Ag,MM-Mantan Ketua Ikatan Mahasiswa Kerinci Indonesia Cabang Kerinci (wawancara:24:3:2015) gerakan Reformasi yang di motori oleh Mahasiswa mahasiswa Kerinci merupakan mata rantai dari gerakan Reformasi di tingkat Nasional yang menginginkan perubahan kepemimpinan, dalam hal perjuangan rakyat Kerinci yang menuntut perubahan kepemimpinan di Kerinci,peran dan dukungan pak Amin Rais cukup besar, dengan dukungan dan surat yang beliau tujukan kepada Menteri Dalam Negeri merupakan jalan lapang untuk mewujudkan reformasi dan suksesi kepemimpinan di bumi Sakti Alam Kerinci.

Melalui suratnya tertanggal 5 Juli 1998, Tokoh Reformasi Nasional Amin Rais meminta agar Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Letnan Jenderal Syarwan Hamid untuk dapat menerima dan memberi ruang untuk menerima Tim Reformasi Kerinci yang di utus ke Jakarta.

Hasil pertemuan dengan Mendagri Syarwan Hamid pada intinya Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia memback up dan mendukung gerakan reformasi yang dilakukan oleh Mahasiswa Kerinci dan segenap masyarakat Kerinci.

Selain tim Reformasi Kerinci yang di pimpin dr.H.Nasrul Qadir dan sejumlah perwakilan mahasiwa Kerinci, puluhan tokoh tokoh Kerinci di Jabodetabek ikut turun tangan memberikan dukungan dan bantuan moral dan material kepada tim Refoemasi yang memperjuangkan aspirasi masyarakat Sakti Alam Kerinci

Diantara Tokoh Tokoh Himpunan Keluarga Kerinci se Jabodetabek tercatat nama Fahmi Mukhtar, Ir. H.Syahruddin Semat,Mustafa Kadir Ir.H.Syafruddin Ahmad, Alvenstony dan puluhan tokoh HKK,masyarakat dan Mahasiswa Kerinci di Jakarta dan sekitarnya.

Pada awal perjuangan Reformasi yang dilakukan oleh mahasiswa Kerinci di Jambi terdapat sikap pro dan kontra diantara sesama tokoh dan masyarakat Kerinci,sikap pro dan kontra terlihat jelas di kalangan sesama anggota DPRD Kerinci, sikap ini timbul tak lepas karena sistim yang berlaku pada saat itu merupakan sisa warisan produk orde baru yang dominan Top Down dalam memilah dan mengangkat Pemimpin(Bupati) Kerinci.

Akan tetapi setelah Mahasiswa melakukan Demontrasi dan setelah Tim Reformasi berhasil melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri membuahkan hasil, maka sikap kontra secara perlahan berubah menjadi pro, demikian sikap sejumlah organisasi masyarakat(ormas) kembali menyatu.

Diantara Ormas Islam yang ada di Kabupaten Kerinci, Ormas Muhamadiyah Cabang Kerinci termasuk salah satu ormas yang sejak awal telah memberikan dukungan terhadap gerakan reformasi yang dilakukan oleh para mahasiswa yang menginginkan perubahan terutama perubahan kepemimpinan di Kabupaten Kerinci.

Pimpinan Muhamadiyah Cabang Kerinci, H.Hasyimi,BA termasuk tokoh yang berteriak lantang melakukan orasi di DPRD Kerinci, bahkan diantara banyak organisasi dan individu yang memberikan dukungan ,Muhamadiyah Kerinci menyediakan bangunan asrama Putri Panti Asuhan Aisyiah Kerinci untuk dijadikan sebagai salah satu sekretariat dan ruang inap bagi(Posko) bagi para mahasiswa Kerinci, dalam hal ini peran Pimpinan Panti Asuhan Hj.Djamaliah sangat besar,ia tidak hanya mendukung,lebih dari itu beliau memberikan asupan makanan bagi para mahasiswa termasuk para aktifis yang melakukan demontrasi

Reformasi di alam Kerinci yang di motori oleh para mahasiswa kerinci dan mendapat dukungan dari tokoh tokoh masyarakat dan segenap masyarakat sakti alam Kerinci berakhirnya dengan dilakukannya Pemilihan Bupati Kepala Daerah Kerinci pertama Era Reformasi, berbagai agenda pembangunan daerah di program dan di susun oleh Bupati Kerinci dan DPRD Kerinci dengan tetap memperhatikan aspirasi masyarakat se alam Kerinci.

Banyak program dan gebrakan pembangunan yang telah dilakukan oleh Bupati Kerinci H.Fauzi Siin, meskipun dilain pihak masih banyak kekurangan yang mesti dilakukan perbaikan dan pembenahan.

Sama seperti manusia ciptaa Tuhan yang lain, jelas H.Fauzi Siin bukanlah manusia yang sempurna apalagi paripurna,Sebagai putra daerah ia telah memperjuangkan dan melakukan berbagai upaya pembangunan untuk mensejahterakan masyarakatnya, meski di sana sini masih terdapat ketidak sempurnaan.

Sebagai prajurit TNI, H.Fauzi Siin dikenal sebagai sosok orang yang disiplin dan tegas serta memiliki tekat yang kuat yang terkadang mengundang resiko,tapi H.Fauzi Siin menurut pengamatan penulis adalah type seorang pemberani dan berkemauan keras yang bertanggung jawab.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang beliau miliki, ia telah mengabdikan dirinya untuk mengangkat harkat dan martabat serta berupaya untuk mensejahterakan masyarakat Kerinci yang amat ia cintai.

Untuk membuka keterisolasian Kabupaten Kerinci bagi wisatawan mancanegara yang akan mengunjungi Kabupaten Kerinci,pada saat itu Gubernur Jambi Drs.H.Zukifli Nurdin yang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kerinci (15/1-2000) bersama Mantan Menteri Pariwisata seni dan budaya Repubik Indonesia Drs.H.Mazuki Usman,MA kepada Bupati Kerinci H.Zulkifli Nurdin mengusulkan agar landasan pacu Bandara Depati Parbo yang saat itu hanya memiliki panjang 650 meter agar ditingkatkan menjadi 1.250 meter sehingga Bandara ini dapat didarati oleh pesawat CN 135,CN 235, dan Foker 28.

Pada saat mengunjungi Bandara Depati Parbo tanggal 15 Januari 2000 Gubernur Jambi H.Zukifli Nurdin mengemukakan bahwa potensi alam Kabupaten Kerinci sangat indah dan menawan dan memiliki nilai layak jual kepada dunia internasional

Menurut Gubernur jambi pada waktu itu untuk memperpendek waktu tempuh ke Kabupaten Kerinci yang jarak tempuhnya 8-10 jam dari ibu kota Propinsi Jambi maupun dari Muara Labuh Sumatera Barat melalui jalun darat,untuk itu masalah transportasi udara ini harus diupayakan

Bupati Kerinci H.Fauzi Siin pada saat melakukan Halal Bil Halal dan Silaturahmi Gubernur Jambi H.Zulkifli Nurdin dengan masyarakat Kerinci mengemukakan bahwa luas Kabupaten Kerinci 420.000 Hektar, dari luas wilayah itu 51 % atau 215.000 Hektar merupakan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNS) dan hanya 48,31% atau 205.000 Hektar merupakan lahan budidaya.

Sebagai masyarakat yang bermata pencarian di sektor pertanian maka kendala utama yang dirasakan oleh masyarakat untuk mengembangkan usahanya adalah terbatasnya ruang gerak dalam usaha ekstensifikasi pertanian karena dibatasi adanya Taman Nasional Kerinci Seblat.

Menurut H.Fauzi Siin sebenarnya Kabupaten Kerinci memiliki potensi sumber daya alam berupa bahan galian tambang seperti andesit,andesit pirogsi,tas,kaolin,phospat,batu gamping,batu bangunan,mar mar,batu kali,obsidian,belerang,gamping,kristalin,grano,diosit,emas dan batu bara,dan semua potensi sumber daya alam itu semuanya berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Fauzi Siin memahami betul bahwa Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan kawasan yang luas memiliki ekosistim yang alami atau kawasan spesifik,Tidak ada kegiatan eksplotasi, diserta manajemen yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan alami secara maksimum tetapi terbuka bagi pengunjung secara spesifik.

Agar tidak terjadi perambahan hutan TNKS dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat , Bupati Kerinci H.Fauzi Siin mengusulkan perlu adanya suatu kompensasi dari TNKS bagi masyarakat bukan hanya dana pengamanan TNKS bagi masyarakat yang berbatasan lansung dengan TNKS seperti yang telah diterapkan selama ini,akan tetapi kompensasi ini diberikan kepada semua masyarakat petani yang tidak dapat menggarap lahan TNKS tersebut.

Fauzi Siin yang pernah menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bogor-Jawa Barat melihat kondisi sarana infra struktur jalan dari dan Kekerinci selama bertahun tahun tak pernah membaik, dan ruas jalan di Kerinci menuju daerah luar hanya ada 3 jalur yakni jalur Tapan-jalur Muara Labuh dan jalur Bangko.

Fauzi Siin kepada Gubernur Jambi H.Zulkifli Nurdin pada kesempatan tatap muka dengan Gubernur dan tokoh tokoh masyarakat Kerinci diawal masa tugasnya sebagai Bupati Kerinci mengharapkan agar di buka jalan alternatif yakni jalan tembus Pungut Mudik-Tanah Tumbuh Muara Bungo ke Kabupaten Kerinci.

H.Fauzi Siin juga mengharapkan agar ruas jalan Sungai Penuh- batas Sumatera Barat dan ruas jalan Sungai Penuh-Batas Merangin yang merupakan jalan Propinsi agar dapat di tingkatkan statusnya menjadi jalan negara.

Ruas jalan Sungai Penuh-Batas Merangin kondisinya saat itu sangat memprihatinkan,ruas jalan ini sangat rawan lonsor dan terdapat tikungan tajam dan tebing yang terjal yang sangat membahayakan bagi pengguna jalan, kondisi jalan yang sama juga berada di jalur Sungai penuh-Tapan batas dengan Sumatera Barat.

Banyak hal yang telah Fauzi Siin lakukan untuk membangun Sakti Alam Kerinci, dan salah satu karya monumental yang beliau lakukan ialah memekarkan Kabupaten Kerinci menjadi dua daerah otonum dan membentuk Kota Sungai Penuh sebagai daerah otonum baru, hasilnya pembangunan Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci berkembang cukup pesat kendati belum dapat disebut optimal, pertumbuhan ekonomi masyarakat di dua daerah otonum semakin menggairahkan,dibeberapa titik tumbuh pusat perekonomian baru, sarana infrastruktur transportasi menunjukkan kemajuan yang cukup menggembirakan.

Pada masa periode Pemerintahan Bupati H.Fauzi Siin berbagai pembangunan infrastruktur terus dilakukan, berbagai event berskala nasional Regional dan Daerah digagas oleh H.Fauzi Siin sebagai salah satu cara untuk lebih memperkenalkan Kabupaten Kerinci kedunia luar

Diantara gagasan H.Fauzi Siin yang fenomenal ialah kegiatan “Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci “(FMPDK) yang masih bertahan hingga saat ini.Beliau juga berhasil mengharumkan nama Kabupaten Kerinci pada Pekan Olah Raga Provinsi jambi (PORPROV)XVII Tahun 2006 di Kabupaten Kerinci.

Mengawali Gebrakannya sebagai Bupati Kerinci, H.Fauzi Siin melakukan gebrakan yang cukup membanggakan, Fauzi Siin dengan dukungan Gubernur Jambi dan Kementerian Pariwisata Seni dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1999 menggelar pesta akbar “Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci” yang pertama di pusatkan di kawasan wisata danau Kerinci(Sanggaran Agung)

H.Fauzi Siin memahami bahwa Kabupaten Kerinci yang berada di puncak andalas pulau Sumatera banyak menyimpan potensi wisata alam,seni dan kebudayaan yang sangat beragam, alam Kerinci memiliki panorama alam yang aduhai indahnya dikelilingi oleh pegunungan dan bukit bukit yang berbaris rapi mengililingi sakti alam Kerinci.

Di lembah terdapat hampara sawah yang menghijau ibarat permadani yang terbentang luas sesayup mata memandang,dan di bagian selatan terdapat danau Kerinci yang memiliki riak gelombang dan pemandangan yang indah di kala senja.

Alam Kerinci dengan hutan Taman Nasional Kerinci Seblatnya menyimpan Flora dan Fauna langka dan alam Kerinci termasuk salah satu pusat peradaban tua di nusantara yang kaya dengan tangible dan intangible.

Potensi dan kondisi ini lah yang mengilhami H.Fauzi Siin untuk mengagas sekaligus menggelas event Pariwisata nasional pertama di Propinsi jambi yakni “Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci, yang tahun 2014 yang lalu merupakan kegiatan FMPDK ke 13 yang merupakan kelanjutan FMPDK pertama yang digagas dan di dirintis oleh H.Fauzi Siin.

Ketika penulis melakukan wawancara dengan H. Fauzi Siin (1999), event Nasional FMPDK ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk memperkenalkan dan memasarkan potensi wisata alam seni dan budaya yang di miliki oleh sakti alam Kerinci.

Dan Menurut H.Fauzi Siin kala itu, kegiatan FMPDK merupakan kegiatan rutine tahunan untuk mempromosikan aset Pariwisata,Seni dan Budaya yang ada di Kerinci,Festival ini sendiri untuk pertama kali dllaksanakan tahun 1999, dan dengan adanya agenda kegiatan FMPDK terlihat terjadi peningkatan arus kunjungan wisatawan sebelum dilaksanakan kegiatan festival, meski belum memenuhi harapan dan belum mampu sepenuhnya menyedot “dollar”akan tetapi dengan Festifal ini setidaknya dunia internasional telah mengenal Kabupaten Kerinci dalam arti yang seluas luasnya,apa yang kita lakukan saat ini merupakan langkah awal untuk mempromosikan aset yang ada di negeri kata kata H. Fauzi Siin.

Memang salah satu perioritas Pemerintah kabupaten Kerinci yang telah di tuangkan dalam Surat Keputusan Bupati nomor 166 tahun 1999 tentang lima program pokok pembangunan daerah Kerinci adalah mengembangkan pariwisata dengan meningkatkan sarana dan prasarana objek wisata serta perluasan informasi/promosi wisata.

Secara nasional even FMPDK merupakan gerakan awal dalam upaya memeilihara serta membina budaya bangsa,seiring dengan kebersamaan dalam pembangunan kepariwisataan

Dalam rangkaian kegiatan Porprov H.Fauzi Siin berhasil membangun sarana prasarana olah raga seperti Lapangan tenis, penataan Gelanggang Olah raga(Stadion KONI) Pancasila di Tanah Kampung,Pembangunan sarana Panjat Tebing,Padepokan Pencak Silat dan pembangunan berbagai sarana olah raga /fasilitas pertandingan yang memenuhi persyaratan tekhnis

Pada Porprov yang dipusatkan di Kabupaten Kerinci sedikitnya ada 20 tangkai cabang olah raga yang dipertandingkan,dan kegiatan Pekan Olah Raga yang dilaksanakan di Kabupaten Kerinci merupakan PORPROV yang paling sukses dilakukan di luar kota Jambi pada zamannya, dampaknya di Kota Sungai Penuh yang saat itu merupakan ibu Kota Kabupaten Kerinci memiliki sarana olah raga paling lengkap diantara sarana olah raga yang ada di Kabupaten tetangga.

Untuk melancarkan sarana transpotasi udara satu satunya Bandara yang ada di luar Kota Jambi saat itu, Fauzi Siin melakukan perbaikan,peningkatan dan perluasan Bandara Depati Parbo sehingga mampu di darati pesawat jenis Foker 50, Peningkatan Kualitas Bandara Perintis ini merupakan upaya Beliau untuk memperlancar transportasi udara yang pada gilirannya dapat mendukung program pembangunan sub sektor kepariwisataan di Kabupaten Kerinci.

Pada masa pemerintahan Bupati Kerinci H.Fauzi Siin ,dengan dukungan Gubernur Jambi Drs.H.Zulkifli Nurdin dan Kementerian Pekerjaan Umum,meski berhadapan dengan sejumlah prostes dari sejumlah NGO Lingkungan hidup dalam dan luar negeri, H. Fauzi Siin dengan tegas dan berani menerobos pembangunan jalan baru dengan memotong sejumlah kawasan perbukitan dan sejumlah tikungan berbahaya mulai dari Muara Hemat hingga kawasan Batang Merangin, dampaknya mimpi Nek Fauzi Siin yang ingin memperlancaran transportasi darat yang mengubungkan dari dan ke Kerinci

Akhirnya pada era Kepemimpinan Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus.MM ruas jalan Sungai penuh – Bangko Via Muara Hemat saat ini semakin mulus dan nyaman untuk dilalui kenderaan angkutan barang dan penumpang.

Selama 10 tahun masa kepemimpinan H.Fauzi Siin sebagai Bupati Kerinci,berbagai sarana infrastruktur terus dilakukan pembenahan, Untuk meningkatkan kesejahteraan Petani, H.Fauzi Siin ia bersama Gubernur Jambi Drs.H.Zulkifli Nurdin memperjuangkan pembangunan terminal agri bisnis di sentra pertanian di Kecamatan Kayu Aro,

Melalui bantuan Kementerian Pertanian terminal Agri Bisnis dapat terwujud meski hingga terminal tersebut belum dimanfaatkan secara optimal oleh para pelaku bisnis hasil pertanian, Kepada Penulis pada acara peresmian Terminal Agribisnis beliau menyampaikan harapannya agar terminal agro bisnis diharapkan mampu untuk mendukung usaha pertanian yang dilakukan oleh para petani dan pelaku bisnis.

Pada masa H.Fauzi Siin menjabat Bupati Kerinci,beliau telah melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk “merayu” investor dan BUMN di pusat untuk melakukan investasi di bumi Sakti Alam Kerinci,Pada masa H.Fauzi Siin lah di rintis usaha untuk membangun PLTA di wilayah Batang Merangin, melakukan berbagai terobosan menemui Pemerintah Pusat untuk melakukan survey dan penelitian panas bumi di sejumlah lokasi termasuk di daerah Gunung Raya.

Pada saat itu mimpi H.Fauzi Siin belum semua Ide gagasan dan mimpinya yang terwujud,akan tetapi belakangan ini perlahan namun pasti berbagai potensi sumber daya alam di alam Kerinci mulai digali dengan melibatkan Investor dan Pemerintah Pusat/ Kementerian terkait.

Kondsi Pasar dan PKL di Kota Sungai Penuh yang sembrawut dan tidak tertata membuat Fauzi Siin harus memeras otak, disamping menertibkan PKL, Fauzi Siin melkukan renovasi pasar tradisional dan membangun Pasar Modren “Kincai Plaza”.

Di lingkungan masyarakat adat di Sungai Penuh, Fauzi Siin menyandang gelar Sko Depati dan Fauzi Siin juga membangun Fasilitas Gedung untuk kaum empat jenis,dan dalam kurun waktu 10 tahun kepemimpinannya,beliau telah memberikan perhatian terhadap kemajuan sektor pendidikan, pertumbuhan perguruan tinggi saat itu tumbuh pesat,sedikitnya selama menjadi Bupati jumlah perguruan tinggi yang semula hanya ada 2 perguruan tinggi meningkat menjadi 8 perguruan tinggi

H.Fauzi Siin sangat peduli dengan masalah kesehatan masyarakatnya, beliau membangun memprogramkan dan membangun puluhan Puskesmas,Pustu hingga ke ujung negeri,dan H. Fauzi Siin memprogramkan dan melakukan peningkatan kualitas sarana pelayanan rumah sakit umum daerah MHAT dan mendatangkan sejumlah dokter spesialist untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada segenap masyarakat di alam Kerinci.

Sepanjang usia Kabupaten Kerinci, hanya H.Fauzi Siin yang mampu meraih lambang supremasi Kebersihan Kota Adipura lebih dari 4 kali, dan Pasca Pembentukan Kota Sungai penuh yang beliau lahirkan dan beliau perjuangkan dengan susah payah hingga saat ini tak satupun Penjabat Walikota Sungai Penuh termasuk Walikota Sungai penuh yang depenitif yang mampu menambah Piala Adipura, jangankan membawa pulang adipura,merawat adipura yang ada pun Pemerintah Kota belum mapu ,buktinya ruas jalan yang diperbaiki sebagian amburadul, pada musim hujan air menggenangi sebagian wajah kota, unieknya di daerah hilir yang dulunya pada musium hujan rentan banjir, saat ini justru dibagian hulu khususnya di kawasan tengah kota seperti ruas jalan Kumun, ruas jalan menuju jembatan kerinduan, dan beberapa ruas jalan di sejumlah titik direndam banjir.

Penyebab banjir sudah dapat ditebak, saluran drainase yang dibangun dan ruas jalan yang diaspal kembali rusak sebelum waktunya karena di duga dikerjakan oleh produk kontraktor karbitan alias kontraktor “aji mumpung”

Sosok H.Fauzi Siin dikenal dekat dengan para pemangku pemangku adat, dan akrab dengan pentolan aktifis NGO dan aktifis Mahasiswa, tidak hanya itu saja, dikalangan para seniman dan budayawan beliau dikenal sebagai seorang bapak sekaligus pemimpin (Bupati) yang sangat peduli kepada Kegiatan berkesenian dan berkebudayaan,semua karya seni sangat beliau hargai dan beliau sangat memberi apresiasi terhadap dunia berkesenian dan berkesusastraan, kabarnya beliau merupakan sahabat dekat sekaligus keluarga dekat Pujangga Kerinci Ghazali Burhan Riodja.

Diman-tokoh muda Kerinci dan mantan aktifis mahasiswa Kerinci jambi menilai bahwa sebagai sosok militer H.Fauzi Siin dikenal sebagai sosok yang sangat disiplin dan kadang kadang terkesan pemarah, bila ada yang salah dan bertentangan dengan kebiasaan umum beliau tak segan segan memarahi siapa saja, akan tetapi kemarahan beliau tak berlansung lama, dalam hitungan jam beliau kembali memberikan senyuman,penulis pun suatu ketika pernah kecipratan marah beliau, dan pada waktu itu juga kemarahan beliau kembali reda dan beliau kembali bercanda.

Dikalangan wartawan dan aktifis termasuk tokoh tokoh masyarakat sosok H.Fauzi Siin dikenal royal, bahkan beliau tak segan segan memberikan honor kegiatan beliau untuk membantu masyarakat yang sedang ditimpa kesusahan, dan dikalangan ulama dan tokoh adat termasuk masyarakat awam H.Fauzi Siin selalu membuka diri, jam berapapun sepanjang beliau belum istirahat tidur,beliau menerima para tamu, tidak peduli, subuh,pagi siang atau malam rumah dinas bupati Kerinci tak pernah sepi dari tamu, sikap beliau yang benar benar merakyat membuat beliau di senangi kawan dan dihargai lawan, tak pernah saya melihat H.fauzi Siin menyimpan rasa dendam kepada orang lain ujar Diman mantan Aktifis Mahaiswa Kerinci di Jambi dan di zamannya Fauzi Siin dikenal sebagai Bupati yang paling sering blusukan dan turun kelapangan melakukan inspeksi mendadak ke desa desa

Menurut sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat dimasa lalu kehidupan berkesenian dan berkebudayaan sangat terasa,berbagai acara seni dan budaya dan kenduri sko merupakan rutinitas yang dilakukan hampir di setiap dusun dusun,dan pada waktu waktu tertentu beliau membawa tim kesenian Kerinci ke Kabupaten dan kota tetangga bahkan hingga ke negara negara sahabat, kegiatan rutinan tahunan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) senantiasa ramai di kunjungi wisatawan termasuk sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara, belakangan sejak beberapa tahun terakhir jarang terdengar suara musik seruling bambu di malam hari, jarang terlihat lagi gemulai para penari asyik atau tari tari tradisioanal Kerinci seperti niti mahligai dan tari tauh, kalaupun ada muncul hanya sekali sekali dan itupun bila di butuhkan.

Pada acara Diskusi ringan bersama sejumlah anggota Sarung di Baheoun Buleouh Kincai,penulis menyebutkan saat ini tengah dilakukan pemilihan data disamping mencari data data tambahan untuk melengkapi isi buku,mudah mudahan jika ada kemudahan rezeki buku ini akan di cetak d Bandung, Insya Allah usai Pilwako kita akan launcing buku ini

Mampukah Tokoh Sungai Penuh berhadapan dengan Imcumben

Oleh: Budhi VJ.

Insya Allah Desember mendatang direncanakan akan berlansung pemilihan Walikota Sungai Penuh,artinya sekitar 9 bulan lagi babak penentuan pemenang Pilwako akan mencapai final.

Sejauh ini hanya kandidat Incumben yang memastikan akan kembali bertarung pada pesta demokrasi 5 tahunan yang kali ini pelaksanaannya dipercepat,masyarakat kota Sungai Penuh akan menunggu dan menyaksikan apakah bakal calon yang maju berlaga di pentas Pilwako benar benar memiliki visi yang merakyat atau mereka hanya mencari sebuah jalan untuk mencari kekuasaan dengan segala cara.

Kota Sungai Penuh merupakan sebuah Kota termuda yang Propinsi Jambi,Kota ini diproklamasikan ( berdiri) berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun  2008  tanggal  21 Juli 2008  ( Lembaran Negara RI Nomor  08, tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4871 )  dan terbentuknya Kota Sungai Penuh yang merupakan hasil  pemekaran dari Kabupaten Kerinci (Kabupaten Induk).

Gagasan untuk membentuk  Kota  Otonom  Kota Sungai Penuh telah muncul sejak tahun 1970 an, Bupati Kerinci yang saat itu dijabat oleh H.Rusdi Sayuti,BA (alm) bersama DPRD Kabupaten Kerinci dan masyarakat Kerinci telah  memunculkan  aspirasi untuk menjadikan  Sungai Penuh sebagai Daerah Otonom,Lebih 32 Tahun gagasan untuk membentuk Kota Otonom baru dapat terwujud menjelang penghujung berakhirnya jabatan Gubernur Jambi Drs.H.Zulkifli Nurdin dan menjelang berakhirnya jabatan Bupati Kerinci H.Fauzi Siin

Mesti diakui secara jujur bahwa sejarah dan perjuangan lahirnya Kota Sungai Penuh tidak lepas dari perjuangan dan kerja keras H.Fauzi Siin yang saat itu masih menjabat Bupati Kerinci, dengan berbagai upaya dan perjuangan diplomasi akhirnya DPR-RI menyetujui pemekaran Kabupaten Kerinci dan meresmikan terbentuknya Daerah Otonomi Baru Kota Sungai Penuh.

Persoalan saat ini, apakah pemerintah Kota Sungai Penuh saat ini tahu dengan perjuangan dan pengorbanan H.Fauzi Siin? yang rela mengorbankan segenap kemampuan yang beliau miliki termasuk air mata? Kota Sungai Penuh tidak akan pernah terwujud tanpa campur tangan Tuhan dan tanpa perjuangan serta pengobanan dan kegigihan yang dilakukan oleh “Nek” sapaan akrab H.Fauzi Siin.

Pada suatu ketika Penulis pada tahun 2007 melakukan wawancara dengan Bupati Kerinci yang saat itu djabat oleh H.Fauzi Siin, menurut Bupati Kerinci saat itu pertumbuhan Sungai Penuh sebagai ibu kota Kabupaten Kerinci saat itu dinilai cukup pesat, sehingga  banyak  kalangan yang menilai  Kecamatan Sungai Penuh  saat itu sudah tidak efektif lagi bila hanya dikelola oleh Pemerintah Kecamatan

Agar Mimpi masyarakat untuk menjadikan Sungai Penuh sebagai sebuah Kota ,maka Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci melalui kajian  dan penilaian melalui kerja sama dengan  Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) program Pasca Sarjana Magister administrasi daerah yang dipimpin oleh Prof.DR. Sadu Wasustiono,MS,beliau juga merupakan salah seorang anggota tim penyusun PP No 129 Tahun 2000 yang memuat persyaratan dan Kriteria pemekaran,penghapusan dan penggabungan daerah.hasil kajian ini melengkapi  pengajuan  usulan  sesuai dengan mekanisme  proses per Undang- undangan yang secara kronologis administratif tertuang dalam penjelasan UU RI no 25 Tahun 2008 Tentang Pembentukkan Kota Sungai Penuh.

Undang-undang pembentukan Kota Sungai Penuh di Undangkan tanggal 21 Juli 2008, tetapi peresmiannya  dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Mardianto tanggal 08 November 2008 atas nama Presiden Republik Indonesia, dan saat itu Menteri Dalam Negeri melantik Drs. Masril Muhamad .MBA sebagai Penjabat Walikota Sungai Penuh, namun Jabatan Drs.Masril hanya berlansung beberapa bulan, Masril mengakhiri tugasnya karena memasuki usia pensiun yang tidak dperpanjangkan, dalam  jabatan yang cukup singkat  Drs.Masril mampu mengawali upaya pembenahan struktur dan aparatur Kota Sungai Penuh yang saat itu masih sangat belia.

Gubernur jambi saat itu Drs  H.Zulkifli Nurdin,MBA melantik Drs.Hasvia Hasyimi,MTP untuk melanjutkan kepemimpinan Masril selaku Penjabat Walikota ,dan pada masa Penjabat Walikota Sungai Penuh   dijabat oleh Hasvia  dilakukan Peringatan / Perayaan Hari   Ulang Tahun yang Pertama Kota Sungai Penuh yang dilaksanakan pada tanggal 08 November 2009.

Masa jabatan Hasvia Hasyimi selaku Penjabat Walikota Sungai Penuh,harus berakhir,Mantan Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan setda Propinsi Jambi dan mantan Staf  Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan dan Politik juga berakhir ditengah perjalanan,Hasvia dengan dukungan beberapa Partai pengusung ikut  bertarung dan menjadi Calon pada Pilkwako,dan dalam pelaksanaan  Pilwako

Penjabat Walikota pengganti Hasvia ditunjuk Ir.H.Akmal Thaib, dan Ir.H. Akmal Thaib memangku jabatan penjabat Walikota Sungai Penuh hingga dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota yang depenitif

Pada Pilwako putaran pertama Hasvia harus mengakui keunggulan dua pasangan kandidat lainnya yang lebih unggul dalam perolehan suara.

Penjabat Walikota Sungai Penuh Drs.H.Marsil Muhamad , Drs. Hasvia Hasyimi,MTP dan Ir.H.Akmal Thaib dengan kemampuan dan Fasilitas  Kota yang masih sangat terbatas pada saat itu dan  telah mampu menata wajah birokrat dan menata fasilatas sosial yang masih sangat minim,saat itu sebagian besar aset belum di serahkan oleh Kabupaten Induk,agar roda Pemerintahan dapat berjalan Masril dan Hasvia”ter”paksa harus menyewa rumah rumah penduduk dan ruko sebagai sarana perkantoran bagi SKPD SKPD yang ada dalam Kota Sungai Penuh, Kabupaten induk sampai  awal tahun ini “ belum rela” memberikan aset bangunan kepada anak  kandungnya Kota Sungai Penuh”

Dalam menjalankan tugas pemerintahan,Walikota dan jajaran Sekretariat Kota memaanfaatkan bangunan kuno bekas kantor Bupati Kerinci era tahun 1970 an yang kurang refresentatif. Dengan kondisi seadanya secara bertahap penjabat Walikota saat itu terus menata diri dan memberikan pelayanan public bagi masyarakat Kota Sungai Penuh.

Semasa Hasvia menjabat sebagai Penjabat Walikota Sungai Penuh, berbagai terobosan dilakukan bersama SKPD –SKPD terakhir.Pekerjaan yang paling diingat oleh masyarakat Hasvia bersama SKPD berhasil melakukan pengaspalan jalan jalan dalam Kota Sungai Penuh hingga kepinggiran Kota Sungai Penuh,Hasvia dengan dukungan pihak PLN Cabang Sumatera Barat-Riau berhasil membuat wajah Kota Sungai Penuh terang benderang dan pemadaman lampu semakin berkurang.Hasvia juga berhasil membangun jalinan silaturahmi dengan kalangan Budayawan dan seniman dalam Kota Sungai penuh dan yang paling menonjol Hasvia berhasil meraih penghargaan WTP yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI DR.Budiono.

Umur jabatan Hasvia selaku penjabat Walikota Sungai Penuh tidak berumur panjang,Hasvia dengan dukungan beberapa partai Pendukung antara lain PAN, PDI dan PKPB  maju sebagai Calon Walikota pada Pilwako pertama Kota Sungai Penuh. Untuk mengisi kekosongan Gubernur Jambi melantik Ir.H.Akmal Thaib,MM sebagai Penjabat Walikota Sungai Penuh menggantikan Drs.Hasvia,MTP hingga Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Depinitif

Melalui proses Demokrasi yang alot  dan demokratis dana Pilwako dua putaran dan meski harus melalui sidang di Mahkamah Konstitusi akhirnya Drs.Ahmadi Zubir,M.Pd .harus mengakui ke unggulan  rivalnya  pasangan  Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA dan Ardinal Salim,SE..

Pelantikan  Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh  depenitif dilaksanakan hari Sabtu,25 Juni 2011 oleh Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM di Gedung Nasional Kota Sungai Penuh.

Walikota terpilih Prof.Dr.Asafri Jaya Bakri,MA dan wakil Walikota Ardinal Salim,SE semestinya mengakhiri jabatan Juni 2011, dan pada tahun ini sesuai dengan peraturan perundang undangan kegiatan Pilwako dimajukan Desember 2015, berbagai persiapan dan kesiapan terus dilakukan untuk menyambut pesta Demokrasi Pilwako2015 yang beriringan dengan Pemilihan Gubernur Jambi.

Pendaftaran Bakal Calon Walikota memang masih beberapa bulan lagi,namun hingga saat ini Masyarakat Sungai Penuh khususnya yang berada di dalam wilayah adat Depati Nan Bertujuh belum memastikan Bakal Calon yang akan di usung untuk mengikuti pertarungan pada ajang Pilwako Desember 2015 yang akan datang,suasana adem ayem masih terlihat di 3 Kecamatan yang termasuk dalam lingkup wilayah adat Depati Nan Bertujuh, dan rasa nya sangat mustahil kandidat Balon dari wilayah adat ini yang mampu bertarung melawan kandidat incumben yang nota bene adalah juara bertahan.

AJB Lawan tanding tak terkalahkan?

Dalam Diskusi di Baheoun Buleoh Kincai Direktur Lembaga Bina Potensia Aditya Mahatva Yodha Budhi VJ Rio Temenggung menyebutkan bahwa ibarat ggenderang, tak lama lagi pertandingan untuk menduduki kursi walikota Sungai Penuh segera di mulai, dan hingga saat ini baru sosok incumben Walikota Sungai Penuh Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA yang telah memastikan untuk kembali maju bertarung sebagai peserta pilwako tahun 2015. Sedangkan kandidat balon Walikota yang lain masih tiarap dan menghitung hitung kekuatan.

Secara Pribadi saya melihat bahwa saat ini tokoh tokoh dari wilayat adat depati nan bertujuh Sungai Penuh belum ada yang mampu mengimbangi kekuataan Incumben,ibarat sebuah pertandingan Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA adalah juara bertahan yang memiliki banyak amunisi dan kekuataan termasuk masih memangku jabatan sebagai Walikota,dan saya melihat Pak Profesor bakal melenggang mulus tanpa perlawanan yang berarti. .

Dilain pihak hingga saat ini beliau beliau yang menyebut diri sebagai tokoh masyarakat di wilayah depati nan bertujuh Sungai Penuh belum menunjukkan nyali atau masih berpikir ulang untuk memunculkan kandidat yang imbang dalam menghadapi sosok Incumben.

Memang beberapa waktu yang lalu sejumlah tokoh telah digadang gadangkan untuk diajukan sebagai kandidat balon Walikota Sungai Penuh Periode 2016-2021,sebut saja kandidat yang muncul antara lain tercatat nama H.Herman Mukhtar,SE, Dr.H.Rizal Djalil,MM,M Drs.H.Meirizal Meirad, Drs.Hasvia Hasyimi,MTP, Ir,H.Amrizal Jufri Ir.Netres Ulfi .sedangkan dari kalangan muda disebut sebut nama Syafriadi,SH, Defitra Eka Jaya,SH, Fery Satria,SE.

Tokoh Sungai Penuh sekelas DR.H.Rizal Djalil ,H.Herman Mukhtar dan Meirizal Meirdab dipastikan tidak akan turun panggung, disamping merupakan tokoh senior mana mungkin beliau itu mau turun kelas

Saat ini khusus untuk Sungai Penuh ada 4 tokoh yang layak ikut bertanding di ajang pilwako, dan diantara tokoh tokoh muda itu punya kesempatan dan kemampuan yang tak jauh berbeda, akan tetapi secara pribadi saya berpendapat,adat tujuh kriteria bagi tokoh tokoh dari wilayah adat Depati Nan Bertujuh untuk menang dalam melawan Incumbent, ketujuh kriteria itu ialah: Figur hendaknya dapat diterima oleh banyak kelompok dan dapat menyatukan banyak kelompok (dan yang bersangkutan memiliki resistensi rendah).Kapasitas pribadi memadai.

Jika calon kandidat mau tampil berlaga pada ajang Pilwako mendatang,mereka harus Mapan secara ekonomi,Memiliki potensi basis masa yang relatif besar,Memiliki jaringan yang luas, Dan memiliki potensi sebagi magnet di lingkungan masyarakat adat wilayah Depati Nan Bertujuh.

Mesti diakui Incumben dalam hal ini Walikota Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA merupakan juara bertahan yang tangguh, secara kepartaian beliau sosok ketua partai yang memiliki jaringan yang luas,memiliki finansial yang kuat dan memiliki mesin mesin politik yang handal dan diperhitungkan,beberapa tokoh kuat dan memiliki pengaruh berada dalam satu perahu,dan lebih dari itu Profesor ahli strategi ini masih memegang tampuk pemerintahan( kekuasaan).Jadi untuk sementara secara matematik jika tidak mampu sebaiknya tidak usah ikut bertanding,sebab incumbent memerlukan lawan tanding yang imbang dan sepadan.

Orang Sungai Penuh tidak akan mampu menjadi orang nomor 1 kalau diantara mereka tidak ada yang mau mengalah,sebaiknya membuang masyarakat Sungai Penuh harus membuang jauh mimpi indah untuk menjadi orang Nomor 1 Di Kota Sungai Penuh, orang Sungai Penuh untuk sementara waktu cukup hanya menjadi penggagas dan perintis pembentukan Kota bukan untuk menjadi pemimpin Kota.

Andai memang masyarakat di wilayah adat depati nan bertujuh Sungai Penuh berminat untuk menjadi kandidat nomor I,hanya ada satu cara yakni segenap beliau beliau yang menjadi sosok tokoh dan masyarakat di lingkungannya hendaknya bersatu dalam menyepakati satu calon lawan tanding yang ideal(kuat) untuk melawan incumben dan menjauhkan isu money politik,dari sudut manapun tak kan ada yang mampu melawan incumben,dan masyarakat adat wilayah depati nan bertujuh hendaknya tidak asal mengadu jagonya saja. Dan yang tidak kalah pentingnya para tokoh termasuk masyarakatnya jangan tergiur dengan politik uang recehan

Kita juga berharap pada Pilwako mendatang jangan sampai terjadi Cawako dan Partai yang bermain dua kaki “Perselingkuhan Politik, atau melakukan politik tikung menikung, dan dilain pihak walau politik tawar menawar tidak diharamkan akan tetapi kita berharap kedepan tidak terjadi tawar menawar materi baik dalam bentuk money atau dalam bentuk Proyek,jika ini terjadi kita kasihan Walikota terpilih nantinya proram pertama yang ia lakukan adalah membalas budi dalam bentuk berbagi proyek,akibatya orang yang tidak pernah menjadi pemborong akan ikut mendapat borongan,akibatnya dapat dipastikan pekerjaan yang dikerjakan asal jadi bae.

Harapan kita semuanya tentuya walikota dan Wakil Walikota  yang  kelak akan terpilih agar menciptakan pemerintahan yang Kridibel, Proaktif,Responsive bermartabat, beradat dan beradab dalam memberikan pelayanan kepada publik.

 

teaterPuncak-puncak Capaian Artistik Seniman Teater Jambi

Oleh; Yupnical Saketi

Kelarnya pegelaran (yang menurut penulis masih dikategorikan ‘teater’ meski menurut Ide Bagus Putra selaku penggarap adalah Dramatisasi Musikalisasi Puisi) ‘Khotbah’karya WS Rendra bersama sanggar Anjungan Puisi yang diasuhnya pada 25, 26 dan 27 Februari 2016, penulis tak bisa mengelak untuk tidak menyebut pementasan tersebut sebagai sebuah pertunjukan teater yang fenomenal dan revolusioner serta layak disandingkan dengan pementasan-pementasan fenomenal revolusioner lainnya yang sebelumnya telah dipentaskan, berderet beriring sebagai puncak-puncak capaian artistik kreator teater Jambi selama ini.

Mungkin secara umum sebagian publik menilai pementasan itu biasa-biasa saja, bahkan mungkin tak sedikit yang menyebut apa yang disuguhkan ide dengan kreatifitasnya yang (maaf) tergolong liar itu, sebagai pertunjukan ekspresi emosional belaka bahkan mungkin terbilang ‘gila’. Tapi dalam tulisan ini, seperti judul yang dibuat maka penulis akan menapikan dulu segala bentuk perbincangan kontroversi seputar dan sekitar isi dan essensi interteks seperti yang setelah pergelaran berseliweran memenuhi ruang-ruang diskusi baik resmi maupun tidak, langsung maupun tidak antar audiens saat itu. Kali ini penulis hanya akan terfokus membicarakan perihal capaian artistik yang telah diperbuat seorang Ide Bagus Putra.

Seperti yang disebutkan Ide sendiri pergelaran yang disuguhkannya itu sebagai mix atau kombinasi dari Dramatisasi Puisi dan Musikalisasi Puisi, maka ia beranjak dari naskah puisi fenomenal penyair besar WS Rendra dan pula digarap dalam wujud pertunjukan puisi yang dikemas teramat teaterikal dan dramatikal secara kolosal melibatkan banyak pemain.

Apalagi, pertunjukan itu terasa semakin prestesius ketika berkombinasi dan berinteraksi langsung dengan musikalisasi puisi di atas panggung yang telah disulap sedemikian rupa oleh Ide Bagus. Bahkan Ide nyaris saja menjadi serupa dengan ‘konser Puisi Multimedia’nya Asrizal Noor, andai di dalam garapannya itu dia tidak membatasi teks pertunjukannya pada satu teks naskah ‘Khotbah’ saja, atau andai Ide juga menyertakan slide atau klip video yang menjadi ciri khas Puisi Multimedia Asrizal.

Ide yang sebelumnya memang penulis kenal sebagai sosok ‘kreator kepala’ yang penuh energi kegilaan dan keliaran dalam berkarya, memang tidak pernah berhenti melakukan berbagai kejutan eksperimentasi dan esksplorasi dalam setiap tampilan performance karya-karya yang disuguhkannya di atas panggung. Pada beberapa garapannya sebelumnya dia telah berkali menyulap lapangan sekolah tempatnya mengajar menjadi arena pertunjukan.

Sebelumnya lagi, dia (bersama penulis) kerap kali menampilkan garapan Performance Art yang mengeksplore berbagai tempat menjadi arena pertunjukan, seperti, gedung, taman, kolam, air terjun, hutan, cafe, pameran lukisan, kandang ternak, tubuh, rakit, lumpur dan lain sebagainya. Hal itu kami lakoni bersama baik semasa masih di bangku kuliah maupun pasca meraih gelar keserjanaan Bahasa Indonesia-nya dari FKIP Universitas Jambi.

Tidak hanya di genre Seni Pertunjukan, Ide juga sangat dikenal di dunia Senirupa. Dia adalah perupa eksperimentatif yang melahirkan karya dalam wujud Lukisan, Sketsa, Patung, Instalasi dan Performance Art. Di lukisan dia sempa memperkenalkan konsep dan teknik melukis yang begitu aneh yakni melukis di atas media beludru dengan menggunakan pahat yang sejatinya digunakan untuk mematung atau mengukir. Bahkan dia pernah melahirkan karya yang merupakan perpaduan dari dua genre yakni Sastra dan Senirupa yakni berupa Puisi Rupa yang diberinya nama ‘Puisigrafi’.

Namun, dari sedemikian panjang proses kreatif yang telah digelutinya sedemikian banyak karya yang dilahirkannya, baru kali ini lah, baru pada pegelaran ‘Khutbah’ WS Rendra inilah menurut penulis Ide baru benar-benar berhasil menciptakan karya yang tidak saja revolusioner namun juga menunjukan kapasitasnya sebagai salah seorang kreator teater handal di Jambi, baru kali ini lah penulis berani menyebut Ide sudah mencapai satu puncak artistik kekaryaannya.

Apa yang disuguhkannya selama tiga hari di Teater Arena Taman Budaya Jambi tersebut tidak saja berhasil dalam memilih dan mengekplorasi tema yang secara kebetulan momentumnya memang pas dengan berbagai kejadian seputar keagamaan dan keyakinan yang secara langsung maupun tidak langsung telah pula menjadi cerminan kondisi sosial masyarakat Indonesia dewasa ini, tapi Ide juga telah teramat berhasil mengeksplorasi pesona panggung teater Arena TBJ dari yang semula kaku dan konvensional menjadi sangat membius berkat pengolahan maksimal konsep ‘melawan arus’ yang senantiasa menjadi jiwa kreatifitas seorang Ide.

Di sini Ide telah melakukan perombakan habis-habisan terhadap panggung teater Arena TBJ tersebut. Kenapa tidak, Ide dengan teramat berani telah membalik kebiasaan dan hukum konvensional pertunjukan, dimana panggung yang biasanya adalah tempat pegelaran dilangsungkan dan tribun tapal kuda disekeliling sebagai tempat duduk penonton, dalam pegelaran ‘Khotbah’ kondisi itu dibalik, sehingga arena panggung diubah menjadi areal penonton, sementara tribun utama penonton yang biasanya sebagai tempat tamu VIP berubah jadi arena panggung areal permainan aktor dan aktrisnya.

Luar biasanya, dalam hal ini apa yang dilaakukan Ide, menurut penulis teramat sangatlah berhasil, ketika tribun penonton itu berubah jadi seperti arena konser opera orkestra yang diisi para aktor aktris yang bermain sebagai para jemaah. Kondisi itu terasa semakin hidup dan mandiri ketika tata lampu dan tata set panggung terlihat begitu apik dan padu padan menampilkan suasana megah rumah ibadah dewasa kini.

Ditambah lagi dari sekian banyak properti set yang dipajang di atas panggung ternyata tak satupun yang tidak difungsikan atau digunakan pemain pada gilirannya, arti kata tak ada satupun yang keberadaan set dan properti panggung yang mubazir, kecuali juntaian beberapa helai kain putih dari langit-langit hingga lantai di bagian belakang (padahal penulis sebelumnya sempat membayangkan juntaian kain itupun nantinya akan ditarik para pemain seperti halnya properti tergantung lainnya sampai tribun itu akan kembali seperti penampilannya semula sebagai tribun penonton).

Ada kitab suci yang membatu di satu sisi depan, ada beberapa rebana yang tergantung di bagian belakang yang pada gilirannya ditabuh para pemain sampai hancur, ada tebu yang digantung menyerupai tirai di bagian depan seakan jadi pembatas areal panggung dan penonton yang pada gilirannya juga dimanfaatkan majadi alat pemukul, ada bejana tanah berisi abu yang digantung tepat dibagian sentral depan yang pada satu adegan justru jadi titik surpise ketika dijatuhkan dari atas dan pecah berantakan di lantai tepat di depan penonton VIP.

Lalu, eksplorasi artistik juga terjadi pada properti para pemain yang berperan sebagai jemaah. Di sini Ide menggunakan lampu senter menyala di bagian dada pemain yang disembunyikan dibalik pakaian, hal ini sepertinya terinspirasi film Ironman, film hollywood yang sangat ngepop itu ternyata berhasil dieksplore Ide menjadi beressensi lain pada pegelarannya selain sekedar pemanis artistik.

Di bagian gerak, sebagai seorang seniman yang mengaku begitu menggilai Seni Tari Ide dengan teramat berhasil mengeksplore secara komulatif performance tata gerak para pemain mengiringi emosi adegan yang ditampilkan. Hal itu adalah nilai plus yang telah berhasil digapai seorang Ide.

Belum berhenti di situ, sebagaimana konsep Dramatisasi Musikalisasi Puisi seperti yang disebutkan Ide sebelumnya, dalam garapannya itu secara praktis juga tidak bisa meninggalkan keberadaan grup band Musi (Musikalisasi Puisi) yang dibesutnya. Hanya saja keberadaan grup live musik ini tidak ditampilkan satu panggung dengan para aktor aktris melainkan untuk mereka diset satu panggung lain yang lebih khusus, terpisah namun masih amat menyatu dengan pertunjukan secara keseluruhan, dimana panggung untuk mereka disiapkan tepat di belakang para penonton utama.

Kondisi set seperti ini pada satu sisi berhasil mengurung audiens untuk fokus berada di dalam aura pertunjukan mereka, dan penonton yang duduk di kedua tribun wing dapat pula menikmati mereka secara langsung cukup dengan hanya memutar arah kepala ke kiri dan ke kanan untuk dapat menyaksikan kedua pertunjukan di kedua sisi panggung tersebut yakni depan dan belakang. Hanya penonton VIP yang menghadap ke panggung utama di tribun itu yang tak bisa turut menyaksikan aksi para pemusik life di belakang mereka tersebut.

Menurut penulis, apa yang dilakukan Ide ini terbilng fenomenal dan revolusioner, meski keberadaan pembagian posisi kepada kedua bagian panggung ini selain menjadi satu kelebihan justeru juga sekaligus menjadi cela dan celah bagi rusaknya konsentrasi dan fokus penonton khususnya mereka yang duduk di deretan tribun wing yang dipaksa harus membagi tatapannya ke kiri dan ke kanan. Namun apapun itu, yang jelas apapun yang telah dilakukan Ide ini adalah hal revolusioner yang baru dan menjadi sumber nilai plus lain yang telah berhasil menunjukkan klas Ide yang sesungguhnya.

Dari sekian banyak fenomena dan revolusi yang tersaji dan mengundang decak kagum audiens saat tiga hari pegelarannya itu, maka ‘Khotbah’ WS Rendra oleh Ide Bagus Putra dapatlah disimpulkan Sang Kreator Kepala kali ini benar-benar telah menunjukkan tingkat pencapaian artistik pertunjukannya yang terbaik selama karirnya belasan tahun berteater.

Memang kalau dilihat dari jumlah penonton ‘Khotbah’ Ide Bagus Putra ini masih cukup jauh dari capaian Teater AiR pada garapan TUK beberapa waktu lalu di tempat serupa, tapi dari sisi artistik dan performance Khotbah layak mendapat apresiasi tinggi. Selaku publik kita tentunya selalu berharap ke depannya Ide Bagus akan kembali hadir dengan karya barunya yang lebih fenomenal dan Revolusioner, meskipun itu bukan untukkembali mencapai puncak capaian serupa (karena hal itu sudah tidak mungkin terjadi lagi setelah satu kali terccapai), namun setidaknya itu guna mempertahankan eksistensi prestasi dan prestidse yang telah berhasil diraihnya saat ini. Semoga.

Tentang Berproses dalam Seni Teater

Sebagai Seni Pertunjukan yang fokus atau ‘poin of art’nya adalah keberhasilan menyajikan pertunjukan sebagai sarana kreatifitas yang komunikatif, edukatif dan artistik, maka dalam satu proses panjang kreatifitas berkesenian (dalam hal ini, penulis menspesifikasi khusus di genre Seni teater) capaian artistik adalah salah satu target ataupun tengara yang ingin dicapai oleh setiap kreator. Dan dalam sejarah telah berlangsungnya perteateran modern di Jambi semenjak 80-an lalu dengan tokoh perintisnya adalah Arifiean Akhmad (Alm) dan Aniek Sudaryo (Alm) sesungguhnya Jambi (dalam catatan penulis) sudah berhasil mencatatkan beberapa puncak capaian artistik, catatan yang di dalam hitungan kuantitatif terbilang sebagai sebuah ‘Record’.

Hanya saja dalam perjalanannya kita (baca; Jambi) telah teramat kerap alfa dan lupa sehingganya hal tersebut berlalu begitu saja seperti angin, seakan tak ada artinya samasekali bagi secabik catatan sejarah pergerakan teater di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini. Dan lacurnya lagi, inilah yang menjadi pembeda negatifnya kita di banding-daerah lain di Tanah Air ini.

Sejauh perjalanan penulis yang sedikit banyak senantiasa bersentuhan langsung maupun tidak dengan detik demi detik, detak demi detak, denyut demi denyut nadi perteateran Jambi itu selama ini, penulis merasa patur bersyukur karena ternyata tak pernah luput mencatat beberapa puncak capaian artisitik para seniman teater Jambi tersebut ke dalam katalog dokumentasi pribadinya. Dan itulah yang kali ini ingin dibaginya kepada publik Jambi, dengan harapan sedikit banyak data atau sekedar cerita ini suatu ketika dapat menjadi satu pemicu kebanggaan komulatif kita sebagai warga Jambi pewaris tuah Rangkayo Hitam, bahwa ternyata kita adalah orang-orang yang luarbiasa.

Dari Arifien Akhmad, Didin Siroz, EM Yogiswara, Didi Hariadi, Ary MHS Ce’gu, hingga Ide Bagus Putra

Tanpa menapikan arti penting nama-nama tokoh seniman lainnya yang hingga kini masih terus bergerak berproses pada poros teater, itulah deretan nama beberapa para seniman teater Jambi yang menurut penulis masuk daftar yang dibuatnya, telah sempat memancangkan cagak sejarah perteateran Jambi dengan capaian puncak-puncak artisitik dalam proses panjang kreatifitas perkeseniananannya. Sekali lagi itu adalah nukilan dari catatan pribadi penulis yang asumsinya mungkin saja masih terbilang subjektif, dan karena itu pula penulis tidak menutup diri jika selanjutnya akan muncul catatan-catatan koreksi dan kritik dari rekan-rekan penulis dan peneliti lainnya.

Seperti yang telah penulis paparkan di awal, bahwasanya dunia perteateran modern Jambi secara ‘de fakto’nya dimulai ketika tokoh teater Arifien Akhmad dan pasangan hidupnya Aniek Sudaryo (keduanya memang Pasutri) memulai berbagai pertunjukan teater di Jambi, khususnya di di Taman Budaya Jambi, yang dengan bekal akademiknya sebagai jebolan ASDRAFI Jogjakarta, telah menedahkan tontonan teater yang lain dari biasanya kepada publik Jambi saat itu.

Dimana semasa itu di publik Jambi belum dikenal istilah teater, yang ada hanya Drama, Tonil, Dul Muluk, dan Panggung Bangsawan, yang kesemuanya adalah format teater tradisional yang hidup dan tumbuh berkembang di tengah-tengah masyarakat Jambi.

Sesungguhnya, pasangan Pasutri yang selanjutnya dikenal sebagai bapak dan ibu Teater Modern Jambi itu telah memulai mementaskan karya-karyanya semenjak akhir tahun 70-an dan sepanjang tahun 80-an, telah belasan bahkan mungkin puluhan judul naskah telah dipentaskannya. Namun, sejauh itu belum pernah ada catatan monumental yang mampu dituliskan dengan tinta emas sebagai manifestasi dari bentuk capaian artistik yang telah keduanya torehkan.

Barulah pada paruh akhir tahun 90-an (tepatnya tahun 1998) yang ditunggu-tunggu publik Jambi hadir di panggung, yakni sebuah lakon yang diangkat dari naskah tradisional Jambi yakni Rangkayo Hitam, diangkat ke atas panggung pementasan secara sangat fenomenal dan revolusioner. Adalah pementasan naskah Rangkayo Hitam; Episode Matahari Mengerucut yang melibatkan banyak pemain dan kru dari berbagai latar belakang sanggar yang berbeda, seperti dari Teater Tonggak, teater AiR, Teater Oranye, Komsat Cindaku, dan Kajanglako Art Center selaku produser dan Taman Budaya Jambi selaku Fasilitator, mereka semua berhimpun di bawah bendera sanggar Teater Merah Putih dan Teater Purnadhita. Tidak pula berlebihan kalau penulis pun waktu itu terlibat langsung sebagai pemain memerankan tokoh Rangkayo Pedataran pada garapan itu.

Selain penulis, juga terlibat sebagai pemain pada pementasan tersebut adalah Oton Marton yang memerankan  Rangkayo Hitam, Didi Hariadi memerankan Rangkayo Pingai, Yulia Syafitri memerankan Rangkayo Gemuk, Gusmarni memerankan Putri Selaras Pinang Masak, Emen Sling memerankan Datuk Paduko Berhalo, dan turut berperan Nanang Sunarya dan Husni Thamrin.

Lalu apa istimewanya sampai-sampai pementasan satu ini layak dituliskan dan disebut salah satu puncak capaian artisitik seni teater di Jambi? Tentu hal ini penting bagi publik yang pada masa naskah itu dipentaskan tidak berkesempatan menyaksikan atau belum lahir kedunia. Hal ini akan dapat menjadi sebentuk lentera yang akan dapat seikit menerangi jalan mereka menyusur sejarah perteateran Jambi yang masih begitu gelap kini.

Pasca dipentaskan pada satu malam Minggu di bulan Agustus 1998, Arifien Akhmad beserta segenap aktor-aktris serta kru pendukungnya menuai pujian dari tokoh dan publik seni Jambi. Diantara mereka yang terkagum dan terbius itu ada tokoh seni pertunjukan Tom Ibnur, ada tokoh budayawan dari kalangan birokrat Jambi Junaidi T Noor, Jafar Rasuh, bahkan Ibu Lily Abdurrahman Sayuti, istri mendiang Gubernur saat itu.

Dari sini pula selanjutnya Rangkayo Hitam Episode Matahari Mengerucut tersebut disponsori Lembaga seni budaya yang dibina Ibu Lily yakni Kajang Lako Art Centre, melakukan pentas keliling ke bebeapa daerah di dalam Provinsi Jambi.

Kenapa tidak, sebagai publik seni Jambi yang haus sesuatu yang baru, saat itu hadir mengusung konsep pertunjukan yang sangat revolusioner saat itu, dimana naskah Rangkayo Hitam yang ditulisnya sendiri dihadirkan ke atas pentas dalam wujud yang sangat revolusioner, lain dari pertunjukan teater biasanya yang pernah hadir di Jambi dalam masa –masa sebelumnya.

Salah satu sisi yang paling revolusioner selain sisi essensi isi pertunjukan yang dilakukan Arifien adalah sisi artistik. Siapa tidak heboh tiba-tiba menyaksikan teater Jambi tampil dengan gaya dandanan kostum dan tata rias ala teater Kabuki Jepang. Lalu siapa tidak terperangah ketika saat itu panggung Teater Arena TBJ telah disulap Arifien menjadi Kolam dan dari atas dihadirkan hujan buatan dengan memanfaatkan sistem pipa instalasi air yang dibalut replika salju. Lalu siapa tidak siap tidak terkejut ketika pola permaianan realis digarap begitu apik dalam ketegangan antara absurd dengan surealis.

Itulah beberapa point artistik luarbiasa yang selanjutnya bagi penulis pementasan itu layak untuk disebut sebagai salah satu pertunjukan fenomenal revolusioner yang menjadi salah satu puncak capaian artistik seorang Arifien Akhmad.

Namun, Arifien tidak mencapai prestasi itu dengan mudah, dia telah melalui proses kekaryaan yang sangat panjang sebelum akhirnya mencapai posisi itu. bahkan saking panjangnya proses survey, kotemplasi, penelitian, penggalian yang telah dilakukannya, dia bahkan sampai harus rela berkali disalib para rekan seprofesinya yang lebih junior lainnya seperti Didin Siroz dan EM Yogiswara yang ternyata berhasil menyuguhkankan karya-karya monumental revolusioner sebagai capaian puncak artistiknya lebih dulu dari sang mentor, Arifien Akhmad.

Didin Siroz, adalah salah seorang junior Arifien yang pertama kali mampu menoreh puncak capaian artistiknya pertama kali, mendahului rekan-rekan sejawatnya yang lain, padahal saat itu, Didin hanyalah seorang pendatang baru dari Kota Kembang Bandung yang hijrah ke Jambi dalam rangka tugas sebagai pegawai negeri di TBJ.

Adalah pegelaran naskah ‘Menggugat Jalan Setapak’ (MJS) yang ditulisnya sendiri dan disturadarainya sendiri pula yang saat itu langsung menggebrak dan membuat terperangah dunia perteateran modern Jambi yang baru saja melek semenjak dibangunkan sang mentor maestro, Arifien Akhmad saat itu. secara essensi muatan maupun artistik pertunjukan teater bergenre realis tersebut saat itu sangatlah fenomenal dan revolusioner. Saat itu adalah tahun 1994, sekitar 13 tahun sedari masa awal Arifien Akhmad membuka cakrawal teater modern di Jambi.

Bersama MJS, didin menyuguhkan eksplorasi artistik yang sangat maksimal. Adalah keberhasilannya mengolah permaianan tradisional ‘engrang’ menjadi model pertunjukan teater. Permaianan yang biasa dimainkan anak-anak dan para remaja itu dijadikan properti tetap pemain yang tidak saja hadir sebagai tempelan melainkan menyublin utuh dengan naskah cerita yang dimainkan, dimana dikisahkan terjadinya pencemaran lingkungan akibat limbah beracun di satu tempat sehingga membuat manusia menjadi mutan.

Didin mengeksplore engrang bambu menjadi satu-satunya alat untuk berjalan di atas bumi yang bisa menyelamatkan manusia dari genangan limbah yang digambarkan telah menggenangi tanah dan bumi. Maka tak mengherankan dengan cerita yang begitu bernas, kaya makna dan pesan filosofis, maka selanjutnya MJS mengundang decak kagum publik.

Bahkan dengan keberhasilan itu naskah itu mendapat kesempatan untuk dipentaskan kedua kalinya, dan tidak hanya itu, pementasan itupun selanjutnya direkam kedalam format kaset video oleh TBJ sebagai dokumentasi. Ide bagus Putra sendiri selau generasi Teater terkini sengaja mengambil pertunjukan tersebut sebagai objek skripsinya guna menamatkan studinya di PBS FKIP Unja, dan bukan untuk menyombongkan diri, penulis terlibat pula sebagai rekan diskusi dan penelaah rekan Ide Bagus Putra saat itu sampai dia berhasil lulus dengan nilai A. Nah dari keberhasilan itu, wajarlah jika selanjutnya penulis berani menasbihkan MJS adalah puncak capaian artistik pertama teater modern Jambi.

Puncak capaian artistik perteateran selanjutnya adalah apa yang pada tahun 1997 berhasil disuguhkan EM Yogiswara bersama pementasan ‘Perca’ yang naskahnya ditulisnya sendiri. Pada masa itu kegairahan dunia perteateran di jambi tengah pada masa puncaknya, dengan keberadaan TBJ yang saat itu dipimpin Jafar Rasuh yang begitu inten memberi ruang ekspresi bagi para teaterawan Jambi.

Ditengah suasana penuh gairah itulah EM Yogiswara hadir dengan ‘Perca’nya. Pola gaapan Absurd yang diusung EM ternyata teramat sangat padu padang dengan unsur artistik yang dihadirkannya ke atas pentas saat itu. EM yang memang dikenal sebagai sosok seniman yang kaya eksperimentasi menyuguhkan eksperimentasi berbagai unsur artistik, khususnya di sisi Kostum dan tata panggung.

Pertunjukan teater Kolosal yang semasa itu membawa puluhan para siswa anggota sanggar Sekintang Dayo (semasa itu EM masihlah bernaung di Sekintang Dayo) mengeksplore keberadaan limbah plastik sebagai kostum pemain, puluhan anak mulai dari tingkat SD sampai mahasiswa diformat menggunakan kostum yang dirangkai dari limbah kantong kresek. Kehadiran kostum yang terlihat unik, apik dan artistik itulah yang selanjutny pertunjukan tersebut mengundang apresiasi luar biasa dari publik seni Jambi.

Dan dari pergelaran Perca inilah selanjutnya yang melahirkan nama-nama seniman teater Jambi yang sampai hari ini masih terus berkarya seperti Husni Thamrin, Didi Hariadi, Bujang Uwa, Zaidan, Amao dan lainnya.

Selain sisi kostum, EM juga melakukan eksplorasi di bagian tata panggung dan properti, dimana berbagai peralatan yang tidak lazim dihadirkan di atas panggung sebagai media eksplorasi para aktor dan aktris alam adegan-adegan yang simainkannya. Hadirlah di atas panggung ban mobil bekas, kursi reot, meja billiar bekas, tali temali yang menjuntai dari langit-langit, dan lain sebagainya. Dan pada pemetasan perca inilah dimulai lahirnya teknik masuk yang tidak lazim oleh aktor, dimana aktor bisa turun dari loteng dengan tali, dari kursi penonton di tribun dan lainnya.

Dikarenakan keberhasilan membius publik itulah selanjutnya penulis menasbihkan pula ‘Perca’ EM Yogsiwara tersebut menjadi salah satu pula Puncak Capaian Artistik perteateran di Jambi. Setelah dan sebelum Perca itu EM sesungguhnya telah dan masih terus melahirkan karya-karya fenomenal lainya, namun Perca adalah yang dianggap puncaknya pencapaian artistik EM yang takkan bisa dilupakan publik Jambi hingga kini dan selanjutnya.

Pasca Perca EM Yogiswara itulah dua tahun selanjutnya Arifiean Ahkmad menggebrak dengan ‘Rangkayo Hitam; Episode Matahari mengerucut’nya. Setelah itu perteateran Jambi sempat mengalami stagnasi bahkan mati suri dalam jangka waktu yang cukup lama sampai pada tahun 2003 Didi Hariadi selaku jebolan Sekintang Dayo dan Teater AiR muncul menggebrak panggung Teater Arena dengan karya revolusionernya ‘Sang Buta’ sebuah naskah yang ditulis Khall Gibran.

Didi hadir membawa angin segar bagi lesunya perteateran Jambi saat itu. naskah realis syarat filosofi digarap begitu apik dengan eksperimentasi artistiknya yang begitu fenomenal dan menumental. Didi tiba-tiba memenuhi sekujur panggung dengan rumputan dan ampas tebu, menutup seratus persen permukaan panggung, hingga tampilan teater arena seakn berubah menjadi kandang ternak. Tidak hanya itu, eksplorasi artistik Didi juga dilakukan terhadap kostum, dimana dia mengolah gedobang pisang menjadi tampilan kostum teater yang unik nyentrik,membungkus tubuh para aktor dan pemain. Di sisi lain dia juga melakukan eksplorasi di sisi musik (yang kebetulan semasa itu penulis bersama rekan Amao dipercaya menggarap musiknya), dengan mengoptimalkan eksplorasi musik daerah Jambi.

Eksplorasi yang disuguhkan Didi ternyata mengundang apresiasi positif publik yang telah begitu haus tontonan. Padahal sejatinya, selaku pelaku seni teater sebelum dan sesudah pegelaran ‘Sang Buta’ itu telah puluhan naskah digarap Didi, tapi tetap Saja Sang Buta menjadi fenomena tersendiri yang selanjutnya ditasbihkan pula oleh penulis sebagai salah satu Puncak Capaian Artistik seni teater Jambi saat itu.

Lalu tidak lama pasca garapan Didi, dua tahun selanjutnya prestasi dan prestise perteateran Jambi kembali terukir fenomenal. Adalah Ary MHS Ce’gu yang kemudian muncul dengan konsep kekaryaan terbarunya dalam format Monolog yakni naskah Gentile yang ditulisnya sendiri. Di dunia perteateran, Ary bukanlah sosok baru, dia telah memulai karirnya sebagai sutradara semenjak masih duduk di bangku kuliah Jurusan MIPA FKIP Unja.

Sebelumnya telah belasan bahkan mungkin puluhan naskah telah digarapnya baik di dalam maupun di luar Jambi, bahkan tidak hanya sekedar menggarap, Ary juga kerap melakukan berbagai eksplorasi dan eksperimentasi baik pada pola garapan maupun pada model artistik, namun sayangnya belum ada satupun diantara garapannya itu yang benar-benar mampu menampilkan sosok Ary yang benar-benar seorang tokoh teater berkelas.

Sebelum-sebelumnya dia pernah melahirkan konsep teater Instalasi, yang mengadopsi dari konsep senirupa, lalu dia juga pernah menelorkan konsep teater Dul Muluk Alternatif, mengadopsi konsep musik pop alternatif yang masa itu tengah booming dengan artis utamanya Sheila on Seven. Namun kesemua konsep tersebut tak pernah ada yang benar-benar mampu menggugah sanubari publik teater Jambi bahkan sebaliknya konsep-konsepnya itu kerap menjadi celaan dan guyonan publik.

Setelah lama melakukan pengendapan sembari terus berlatih, akhirnya Ary muncul lagi ke permukaan bersama Teater Oranye yang telah lama dibesutnya dengan menyuguhkan konsep karya terbarunya berupa Monolog ‘Gentile’, sebuah naskah mini kata yang memaksimalkan kehadiran artistik dan keunggulan teknis berteater yang dimilikinya ke atas panggung.

Di panggung Ary menyulap tampilan panggung menjadi sebentuk isi dalam perut manusia yang penuh dengan juntaian dan jalutan usus dan lambung, dari atas dia menghadirkan hujan buatan, di permaianan dia menghadirkan replika buaya yang menelan dirinya hingga mengeluarkannya kembali sebagai kotoran dari dubur buaya tersebut. Di musik Ary menghadirkan kolaborasi unik antara musik life berupa musik gendang melayu dan musik off berupa irama musik rock dan ost. Di tata gerak berhasil mengeksplore kemampuan maksimal tubuhnya dalam menari, meniru berbagai gerak manusia, maka jadilah penampilan itu seperti atraksi anak bisu dan cedal yang mengaduk-ngaduk sanubari audiens-nya yang saat itu datang dari berbagai kalangan.

Diskusi terbuka tidak pernah sepi membicarakannya, koran-koran memuat brbagai analisa para tokoh terhadap penampilan Gentile Ary Ce’gu. Karena itulah selanjutnya penulis yang termasuk salah seorang yang terbius saat ini menilai pertunjukan Gentile tersebut adalah salah satu puncak capaian artistik seorang Ary Mhs Ce’gu, sosok yang juga penulis kenal dekat sedari masa kuliah seperti halnya Ide Bagus Putra.

Hanya saja, sayangnya pasca pertunjukan itu Ary tidak pernah lagi mampu menghadirkan karya yang sama fenomenal dan revolusionernya, dia selanjutnya seperti berubah jadi seorang yang kehilangan energi dan melahirkan karya tanpa banyak studi, sampai pada masa selanjutnya diapun hilang dari peredaran perteateran Jambi.

Penutup

Itulah beberapa sobekan catatan fenomenalnya perteateran Jambi yang sempat didokumentasikan penulis selama ini. Apapun, proses masih terus berlangsung dan tidak akan pernah berhenti. Karena itulah semua berkeyakinan ke depannya akan semakin banyak tercipta dan terlahir puncak-puncak capaian artistik baru lainnya. Entah oleh siapa entah untuk siapa. Mungkin Bonarti Lubis, mungkin Eri Argawan, mungkin Husni Thamrin, mungkin Bujang Uwa, mungkin Titas Suwanda, mungkin Nanang Sunarya, mungkin Dedi Purwandi, mungkin Eso Pamenan, mungkin Sean Popo Hardi, mungkin Cherly Lubis, mungkin Wendy, mungkin Putra Agung, mungkin Ricky A Manik, atau mungkin yang lainnya, bahkan mungkin juga penulis sendiri. Yang jelas kita tetap hadir di sini untuk jadi penyaksi, pencatat dan pemerhati. Maju terus teater Jambi. Wassalam budaya.***

 

Sudah dapat di pastikan pada Pilwako yang akan di gelar tanggal 9 Desember mendatang   3 pasangan balon Kandidat akan bertarung di pestas Pilkada, salah satu pasangan balon kandidat yang mendapat arus dukungan besar sebagian besar masyarakat Kota Sungai Penuh adalah pasangan H.Herman Muchtar dan H.Nuzran Joher.

Sinyal dukungan semakin kuat setelah para Depati/Ninik Mamak Pemangku adat se Hamparan Rawang memberikan dukungan moral dan dukungan tertulis dalam bentuk pernyataan sikap segena Depati/Ninik Mamak se Hamparan Rawang yang diserahkan lansung oleh seorang tetua adat Hamparan Rawang kepada Balon Wali Kota Sungai Penuh H.Herman Muchtar dalam sebuah acara beberapa hari yang lalu.

Pengamatan budaya dan penerima anugerah kebudayaan tingkat Nasional Bj.Rio Temenggung dalam diskusinya di Baheun Buleouh kemaren mengemukakan bahwa berpolitik merupakan hak semua warga negara,dan demokrasi merupakan sistik yang dipilih Bangsa Indonesia untuk berpolitik,Sistim demokrasi mensyaratkan keterlibatan rakyat,dalam arti kata melibatkan kita kita, dan karena itu pula sangatlah penting bagi kita untuk memahami proses politik yang pada akhirnya memiliki kesadaran berpolitik.

Berpolitik tidak selalu harus menjadi anggota parlemen dan tidak pula mesti menjadi anggota partai, dengan menggunakan hak pilih pada pemilu termasuk pada pemilihan kepala daerah/pilwako- itu berarti kita sudah berpolitik.

Dalam kontek pemilihan Wali Kota Sungai Penuh ini merupakan satu bagian penting dalam demokrasi, Secara sederhana Pemilihan Wali Kota Sungai Penuh merupakan cara individu mayarakat di Kota Sungai Penuh melakukan kontrak politik dengan kandidat Wali Kota Sungai Penuh yang diberikan mandat mengelola pemerintahan di Kota Sungai Penuh untuk mencapai tujuan bersama

Sebagai anak bangsa kita telah sepakat menempuh jalan demokrasi untuk mewujudkan tujuan bersama yakni mewujudkan masyarakat yang sejahtera,maka dengan ikut pemilu( Pilwako) kita sudah ikut dalam proses demokrasi.

Menurut hemat saya, semestinya kita tak perlu mengecam atau memprotes para pengelola pemerintahan di Kota Sungai Penuh tanpa kita pernah melibatkan diri dalam kegiatan untuk menyuarakan aspirasi kita, oleh sebab itu melalui pesta demokrasi pilwako kota Sungai Penuh merupakan cara terbaik bagi kita untuk melibatkan diri secara lansung maupun tak lansung dalam upaya mewujudkan cita cita bersama mencapa kesejahteraan bersama.

Memilih seorang pemimpin itu bukanlah seperti membeli kucing dalam karung, tak jelas warna dan tabiatnya. Dan kita berharap agar segenap masyarakat di Kota Sungai Penuh sebelum menjatuhkan pilihannya untuk mempelajari dan membaca   karakter para kandidat, dan jika pemahaman itu sudah di dapat,anda pun siap menjalankan hak politik itu, Aspirasi anda tertampung, keinginan kawula muda akan tersampaikan, dan dengan demikian anda telah ikut menentukan kebijakan Pemerintahan Kota Sungai Penuh untuk lima tahun kedepan.

Mantan Ketua DPRD Kerinci Dr.H.Nasrul Madin,SE salah seorang sahabat Herman mengemukakan bahwa figur H.Herman Mukhtar,SE,MM-merupakan calon kandidat yang paling layak dan lawan tanding yang sepadan dengan kandidat Incumben,”dan yang saya perhatikan dan yang saya dengar sebagian besar masyarakat yang menginginkan perubahan menghendaki Herman Mukhtar untuk pulang kampung membangun dan menata pembangunan Kota Sungai Penuh kearah perubahan yang lebih baik

Sementara itu Drs.H.Mairizal Meirad   tokoh masyarakat adat Depati Nan Bertujuh/ sesepuh HKK Jakarta ketika di hubungi via telepon seluler mengemukakan bahwa saya termasuk salah seorang warga Sungai Penuh di perantauan yang ikut meminta HM untuk pulang kampung, “Saya katakan kepada Andok Herman Muchtar bahwa pulang kampung untuk membenahi negeri dan membangun Kota Sungai Penuh ke arah yang lebih baik merupakan sebuah ”Ibadah

Dengan demikian menjadi sebuah kewajiban kita untuk ikut serta mewujudkan impian para pendiri Kota Sungai Penuh untuk mewujudkan cita cita dari pembentukan Kota Sungai Penuh yakni untuk memajukan Kota Sungai Penuh menuju Kota Sungai Penuh yang maju Kata Drs.H. Mairizal Meirad

            Mantan Bupati Kerinci H.Murasman, ketika di minta pendapatnya tentang sosok yang paling pas untuk menjadi pemimpin Kota Sungai Penuh mengemukakan bahwa secara Pribadi saya sangat setuju dan memberikan apresiasi dan dukungan kepada H.Herman Muchtar,SE,MM untuk maju sebagai kandidat Wali Kota Sungai Penuh. Herman Muchtar adalah sosok entrepreneour dan olah ragawan (Karateka) yang kesatria

Jika Herman Muchtar terpilih saya yakin Kota Sungai Penuh akan mengalami perubahan seperti yang di cita citakan oleh para penggagas dan pendiri Kota Sungai Penuh”Ujar H.Murasman,”

Pernyataan senada juga di sampaikan Dr.H.Basyaruidin,MA ketua HKK Jakarta, menurut Ketua HKK Jakarta – H.Herman Mukhtar merupakan  kompetitor dan lawan tanding yang tangguh dan memiliki  amunisi yang cukup kuat  yang di dukung  basis masa akar rumput yang jelas, dan beliau  saat ini merupakan salah satu  tokoh  panutan yang disegani oleh masyarakat di Bandung-Jawa Barat dan dikenal luas di tingkat nasional, beliau memiliki resistensi rendah,mapan secara ekonomi  dan memiliki akses di tingkat nasional dan dikenal luas dikalangan dunia internasional terutama di kalangan pengusaha traveling Internasional

Drs.Jonni Mardizal,MM tokoh Muda Kota Sungai Penuh yang saat ini menjabat salah seorang Deputi di Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia   ketika di diminta pendapatnya tentang sosok HM dan NJ mengemukakan bahwa jika masyarakat menginginkan andok Herman Muchtar dan H.Nuzran Joher untuk maju pada Pilwako saya kira itu hal yang patut kita apresiasi, asalkan masyarakat di wilayah tengah dan masyarakat se Hamparan Rawang mau bersatu dengan hanya memunculkan 1 orang Balon Kandidat Wali Kota dan sebaiknya para tokoh tokoh dan masyarakat di wilayah adat Depati Nan Bertujuh agar tidak berpikir kekinian melainkan berpikir untuk jangka panjang terutama untuk memajukan dan lebih memeratakan pembangunan di seluruh penjuru Kota Sungai Penuh.

Dari sudut pandang saya melihat andok Herman Muchtar dan buya Nuzran punya nyali dan punya Talenta yang patut kita dukung, beliau tidak hanya sukses dan mapan dalam membangun jaringan Bisnis saja,akan tetapi ketokohan beliau sudah dikenal luas oleh masyarakat dan pemerintah Propinsi Jawa Barat , dan para tokoh tokoh nasional baik pengusaha nasional, pemerintah pusat maupun kalangan olah ragawan terutama pengurus KONI Pusat dan sejumlah organisasi profesi, sedangkan H.Nuzran Joher merupakan sosok anak muda yang kreatif, seorang organisatoris sejati, dan beliau mantan Sekjen PB HMI dan salah seorang unsur pengurus inti di DPP KNPI Pusat.

Tak kalah pentingnya andok.H.Herman Muchtar adalah tokoh simbol pemersatu masyarakat se alam Kerinci khususnya masyarakat di wilayah adat Depati nan Bertujuh Sungai Penuh. Kata Drs. Jonni Mardizal,MM.Tokoh Muda Sungai Penuh yang saat ini tengah menjadi peserta PPRA angkatan 53 Lemhannas Republik Indonesia tahun 2015

Drs.H.Nizam Hasan Mantan pemain sepak bola dari PSK Kerinci dan mantan pejabat di Propinsi Jambi melalui pesan singkat via SMS mengeukakan tampilnya sosok Herman Muchtar sebagai calon Walikota Sungai Penuh merupakan suatu yang mengembirakan. Menurutnya, Herman dinilai merupakan kompetiter seimbang dari calon Incumbent.“Secara politik Kota Sungai Penuh, Herman Muchtar ini merupakan lawan seimbang dari AJB

Sementara itu Syamsu Arifin Pengamat Politik alam Kerinci menyebutan dengan majunya Herman Muctar tentu akan menjadi fenomena dan gairah politik dari masyarakat yang menginginkan adanya perubahan. “Ini gezahnya berbeda. Herman ini merupakan symbol perekat masyarakat Sungai Penuh dan Kerinci umumnya. Serta merupakan simbol perekat dan kebangkitan dari Depati Bertujuh

Dukungan serupa juga disampaikan Drs.H.Daraqtuni Dahlan sesepuh HKK Jambi/Mantan Sekda Kerinci dan mantan Pengurus DPW PAN Propinsi Jambi , Herman Muchtar berasal dari keluarga terpandang, Ayahanda beliau H.Muchtaruddin seorang pejuang dan tokoh yang memperjuangkan Kerinci yang saat itu berada di dalam kesatuan Kabupaten PSK-Sumbar menjadi daerah otonum yang bergabung ke dalam Propinsi Jambi dan pada masa itu suara dan populasi penduduk Kerinci merupakan penentu utama terbentuknya Propinsi Jambi.

Saat ini untuk menggairahkan pembangunan Kota Sungai Penuh sangat dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu mengayomi semua lapisan masyarakat dan ia harus mampu menjadi perekat dan pemersatu serta memiliki wawasan yang luas dan berjiwa Enterprenoeur,dan sosok itu ada pada H.Herman Muchtar Kata Drs. H.Daraqtuni Dahlan”

RAUSHAN FIKRI dalam tulisannya yang berjudul “Nuzran Joher dan Harapan Perubahan: Sebuah Catatan Menjelang Pilwako Sungai Penuh 2015” menyebutkan “I will prepare and someday my chance will come.” (saya akan melakukan persiapan dan suatu hari nanti kesempatan saya akan datang). Demikian kata Presiden Amerika Serikat ke-19, Abraham Lincoln (1809-1865). Ya, Nuzran Joher telah melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan Lincoln. Nuzran—disadari atau pun mungkin juga tanpa disadarinya—telah mempersiapkan diri dalam waktu yang relatif panjang untuk menjadi seorang pemimpin (leader). Nuzran remaja hidup di ujung rezim Orde Baru yang otoriter, kaku, dan cenderung pada hal-hal yang serba simbolis-formalistik yang ekstrem.

Tapi minat Nuzran lain: tak peduli ia dengan trend rekan-rekan seusianya yang berlomba-lomba ingin jadi PNS pada era 90-an. Mungkin karena ia berkelindan dengan dunia pergerakan, aktivis, dan idealisme, ia cuekkan keinginan untuk sekedar gagah-gagahan pakai seragam dinas. Nuzran justru menenggelamkan diri dalam aktivitas-aktivitas organisasi kemahasiswaan yang ia yakini mampu membuatnya besar dan berbeda dari rekan-rekannya kelak: menjadi tokoh dan pemimpin sosial.

Bertahun-tahun ia digembleng dan tergembleng di organisasi perkaderanHimpunan Mahasiswa Islam (HMI), Nuzran tumbuh dengan karakter kepemimpinan yang nasionalis. HMI—sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan yang telah banyak melahirkan tokoh dan pemimpin-pemimpin cemerlang bangsa ini—adalah organisasi yang dipilihnya ketika menjadi mahasiswa di Kota Padang, Sumatera Barat. Karena kecintaannya pada kemanusiaan (humanity), kebebasan (emancipation), dan kemerdekaan intelektual (intellectual freedom), ia memilih jalan hidup sebagai aktivis mahasiswa.

Senator Muda dari Jambi

Nuzran Joher,S.Ag,merupakan salah seorang dari sedikit pemuda alam Kerinci yang mampu mencapai karir di kancah politik nasional. Ketika usianya baru 32 tahun Nuzran muda telah berhasil menjadi anggota senator DPD-RI dari Dapil Propinsi Jambi

Nuzran Joher merupakan sosok anak muda yang ulet dan pantang menyerah,prestasi dan karir yang diperoleh penuh dengan lika liku perjuangan, Kesuksesan yang diraih penuh dengan pengorbanan, salah satu kunci dari sukses yang diperoleh menurut Nuzran Joher adalah sikap sabar, jujur, sederhana dan ulet, sikap ini ditimbanya sejak masa kanak dari ayahanda beliau

Dahulu, ketika kecil, sepulang dari sekolah dasar di Koto Beringin Rawang, Nuzran Joher selalu mampir ke rumah kakek seorang kiyai bernama Buya Burhanuddin Khatib (almarhum). Sang kakek sehari-hari hidup berdakwah sebagai da’i.

Sederetan dengan rumah sang kakek terdapat pula rumah paman, Buya Zulfran Rahman, MA (alm) dimasa hidupnya beliau bekerja sebagai dosen sekaligus politisi anggota DPRD Kerinci.

Kakek sering mengajak Nuzran Joher kecil pergi berdakwah ke mana saja,atau oleh sang paman diajak mengikuti kegiatan politik.

Walau hanya merupakan tokoh masyarakat lokal kedua figur kakek-paman telah menjadi idola bagi Nuzran Joher kecil, ditambah seorang kakek dari garis keturunan ibu tepatnya paman sang Ibunda, bernama Drs H. Sa’aduddin Alwi seorang politisi dan pejabat pemerintahan terakhir kali menjabat Sekda Kotamadya Solok, Sumatera Barat.
Akrab dengan politik

Pria yang memperoleh pengajaran tentang kesabaran, kejujuran, dan kesederhanaan hidup dari ayahnya Joher Khatib, yang sehari-hari aktif turun ke sawah demi menafkahi keluarga, itu menghabiskan masa kecil hingga dewasa di tanah kelahirannya Desa Maliki Air, Kecamatan Hampang Rawang, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Ibunya Yushida Burhan selain sebagai ibu rumahtangga biasa, sehari-hari berprofesi pula sebagai guru agama SD. Memiliki ayah dan ibu yang baik, sedari kecil Nuzran Joher sudah terbiasa lebih sering berada di rumah kakek dan pamannya yang jarak rumahnya hanya 500 meter jauhnya.

Masa kecil Nuzran Joher sudah sangat akrab dengan lingkungan politik, pendidikan, dan keagamaan yang memang sudah menjadi ciri khas lingkungan tanah kelahirannya. Sikap dan pandangan politik Nuzran Joher sejak kecil sudah terbentuk. Sebab anak keempat dari enam bersaudara ini memilih lebih suka berada berdekatan dengan kakek-paman, hingga tidur di rumah di lingkungan yang sarat kehidupan sosial politik tersebut.

Nuzran jarang tidur serumah dengan ayah, ibu, dan lima saudara kandung yang terdiri tiga kakak perempuan dan dua adik laki-laki.

Kemana kakek berdakwah Nuzran selalu dibawa serta. Demikian pula sang paman selalu mengajak Nuzran di setiap aktivitas politik. “Jadi, waktu kecil saya sudah tahu apa itu dewan,” kenang Nuzran.

Nuzran Joher merasa bangga sebab bersamaan dengan era kepemimpinannya di lingkungan kampus reformasi secara nasional tengah bergulir. Di era itu ia berhasil mengasah kemampuan politik dewasa secara terbuka dengan mengelola gerakan mahasiswa.

Sebagai misal, pada tahun 1997 ia mendirikan posko Pergerakan Mahasiswa Sumatera Barat Reformasi, terletak di lingkungan kampusnya IAIN Imam Bonjol Padang. Pendirian Posko disepakati setelah Nuzran berhasil mengumpulkan lebih 78 perguruan tinggi terdiri universitas, sekolah tinggi, institut, dan akademi yang ada di seluruh Sumatera Barat.

“Waktu itulah saya mengenal banyak teman-teman. Saya sudah mulai berkomunikasi dengan teman-teman di luar Sumatera, sudah sering berkomunikasi tentang isu-isu pergerakan, waktu itu tahun 1997-1998,” kenang Nuzran, yang karena gerakan politik kampusnya itu berkesempatan berinteraksi dengan para aktivis dari kampus lain dari seluruh Indonesia, termasuk kesempatan mengunjungi Ibukota Negara Jakarta untuk pertamakali tahun 1996 yang sudah diidam-idamkan sejak kelas empat SD.

Ketika lulus kuliah tahun 1998, ia menghabiskan waktu enam tahun untuk meraih gelar sarjana agama (S.Ag) sebagai resiko aktivis mahasiswa, Nuzran justru kembali ke Kerinci untuk membangun Jambi. Salah satu misi politiknya adalah mendirikan HMI Cabang Sungai Penuh Kerinci. Ia terpilih memimpinnya untuk pertamakali, periode 1999-2000.

Di tangan Nuzran, cabang baru HMI ini berhasil ‘naik pangkat’ diakui sebagai cabang penuh oleh PB HMI, setelah berhasil melakukan sejumlah kaderisasi dan penggalangan massa. Bahkan, ketika PB HMI menetapkan Jambi sebagai kota pelaksanaan kongres tahun 1999 Nuzran berkesempatan terlibat penuh di kepanitiaan lokal. Di situ Nuzran secara politis memberikan dukungan kepada Fakhrudin yang akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PB HMI 1999-2002.
Pilihan Nuzran berbuah manis. Begitu kongres memilih Fakhrudin ia segera ditelepon diajak untuk ikut membantu sebagai fungsionaris PB HMI periode 2000-2002, duduk sebagai Anggota Departemen Pembinaan Aparat Organisasi (PAO) berdomisili di Jakarta. Akhir tahun 1999 mulailah Nuzran menetap di Jakarta, menempati sebuah rumah kost di kawasan Ciputat, tak jauh dari rumah kediamana seorang saudara.

Pada pesta demokrasi tanggal 9 Desember yang akan datang harapan saya dan tentunya juga harapan rakyat Kota Sungai Penuh agar para kandidat yang bertarung agar bersikap sportif, dan tidak menjadikan   aparat birokrat/ PNS sebagai robot dan mesin politik, dan biarkan rakyat bebas memilih dengan tanpa menggunakan money politik atau pemaksaan terselubung.

Para Pejabat dan PNS mesti sadar dan paham bahwa mereka diangkat untuk mengurus rakyat, bukan untuk menghambakan diri atau di perhamba oleh para kandidat ,pengalaman menunjukkan oknum kandidat yang jika terpilih belum tentu akan mempertahankan jabatan dan posisi para pejabat itu sendiri, umumnya mereka di ibaratkan hanya di jadikan sebagai kuda pengaleh beban yang pada gilirannya akan menjadi sepah sepah tebu.

 

Sekilas tentang Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh
Oleh: BudhiVj Rio Temenggung Tuo
Tanggal 8 November 2013 Kota Sungai Penuh memasui usia 5 Tahun, Ibarat anak manusia usia Kota Sungai penuh masih tergolong usia Balita. Di usia yang teramat muda Kota Sungai Penuh mulai menunjukkan jati diri dan terus berlari mengejar berbagai ketinggalan.
Di Masa lalu ketika Kota Sungai Penuh masih menjadi pusat Pemerintahan Kabupaten Kerinci,Kota kecil yang diapit oleh dua wilayah Kabupaten induk Kerinci merupakan pusat dan kilbat dunia pendidikan di wilayah Barat Prppinsi Jambi, dan hingga dekade 1980 an Kota Sungai Penuh dikenal sebagai pabrik Sumber Daya Manusia terdepan di Propinsi Jambi,hampir setiap jenjang pendidikan dasar hingga perguruan Tinggi berkembang pesat di Kota Sungai Penuh.
Ratusan Pasca Sarjana ,Maha Guru (akademisi) Jenderal dan tokoh nasional lahir dari rahim “Bumi Sahalun Suhak Salateouh Bdea”,diantara para tokoh tokoh yang lahir di Kota SungaiPenuh tercatat nama Syech.H.Muhammad Sekin , KH,.AR.Dayah, KH.Adnan Thaib, KH.Abdullah Ahmad,KH.Djanan Thaib Bakri, Mayjen H.A.Thalib seorang Jenderal dan Duta Besar RI pertama yang berasal dari Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah,H.Mukhtaruddin ,H.Abdul Kadir Djamil ,Laksmana Syofyan Huri,SH, Letnan Jenderal.H.Chalid Karim Leo,SH, H.Abu Hasan,MA ,H.Miftah Yunus H.Rusdi Sayuti,BA ,Kolonel Fahmi Mukhtar, Prof.Dr.H.Yakub Isman,Prof.Dr.dr.H.Havid Ardy, Prof.Dr. H.Amir Hakim Usman,MA, Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA, Dr.H.Husaini Ardy,H.Husaini Kadir,SH,Dr.H.Nasrun Rusli.H.Herman Mukhtar,SE
Pasca Pemekaran Kabupaten Kerinci menjadi dua daerah otonom baru Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, Kota yang berada di Puncak Andalas Pulau Sumatera yang akrab disebut Kota Sungai Penuh terus menata diri dan berupaya untuk mengembalikan kejayaan Kota Sungai Penuh sebagai Kota terdepan dalam Pendidikan,paling tidak di kawan barat Propinsi Jambi.
Lewat Pesta Demokrasi pemilihan secara lansung,Pasangan Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA dan Ardinal Salim,SE mendapat Mandat dan kepercayaan penuh dari sebagian besar masyarakat Kota Sungai Penuh untuk menakhodai Kota Sungai Penuh menuju pantai harapan Kota Sungai Penuh MAPAN 2016.
Untuk mengenal lebih dekat profil Pemimpin Kota Sungai Penuh ,Penulis Budhi VJ Rio Temenggung secara singkat memaparkan potret Pemimpin Kota Sungai Penuh yakni potret Walikota Sungai Penuh Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA dan Wakil Walikota Sungai Penuh Ardinal Salim,SE,yang di cuplik dari berbagai sumber
Prof. DR. H. Asafri Jaya Bakri, MA dilahirkan di Kerinci 10 Oktober 1957.beliau lahir dri keluarga terpandang dan terdidik, beliau merupakan putra seorang seorang ulama terkemuka H.Bakri Rasul Bin Khatib Sapadat
Ayahanda beliau BuyaH Bakri Rasul lahir di Koto Tuo Tanah Kampung 22 April 1922. Dikenal Sebagai sosok ulama yang memiliki pendirian yang teguh serta karena pengetahuan agama dan mengusai hukum hukum syariah beliau dipercayakan menjadi salah seorang anggota majelis Hakim Pengadilan Agama Sungai Penuh yang saat itu kekurangan tenaga hakim.
Ayahanda beliau Buya H.Bakri Rasul dan ibunda beliau Hj. Syamsiah , mendidik kedelapan putra putrid beliau termasuk Asafri Jaya Bakri,MA dengan menanamkan nilai moral dan agama, berkat disiplin dan pendidikan agama yang beliau terapkan salah seorang putra beliau Prof. Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA,dikenal sebagai sosok ulama dan akademisi terkemuka di Propinsi Jambi
H.Asafri Jaya Bakri, menikah dengan Hj.Emizola,S.Ag,MH seorang dosen perguruan Tinggi Negeri di Kota Sungai Penuh, hasil pernikahan beliau dianugerah tiga orang putra putrid yakni Helty Asafri,S.Pd,Fikar Azami,MH, dan Ezzaty Asafri
Walikota yang akrab dipanggil pak AJB sebelum dipilih secara demokratis sebagai Wali Kota depenitif untuk memimpin kota Sungai Penuh ,beliau selama dua Periode dipilih oleh Senat/Civitas Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Thaha Syaifuddin Jambi menjadi Rektor Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Propinsi Jambi
Catatan yang berhasil penulis himpun menyebutkan bahwa sejak kecil beliau telah mendapatkan bimbingan untuk senantiasa menimba menimba ilmu dengan sungguh-sungguh. Dimasa kecil hingga memasuki usia remaja Asafri Jaya Bakri, menempuh pendidikan dasar di Tanah Kampung hingga lulus tahun 1970, kemudian meneruskan ke PGAN 4 Tahun hingga tamat tahun 1974.
Pada masa berikutnya Asafri Jaya Bakri muda melanjutkan pendidikan ke PGA 6 Tahun sampai selesai tahun 1976. Glar Sarjana beliau raih dariJurusan Syariah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1982 dan magister (S2) pada IAIN Syarif Hidaytullah Jurusan Ilmu Agama Islam tahun 1990 dan gelar Doktor beliau raih dari Jurusan Ilmu Agama Islam(Studi Filsafat Hukum Islam) IAIN Syarif Hidaytullah .
Selain pendidikan formal, suami dari Hj. Emi Zola, S.Ag, M. Hum juga aktif dalam organisasi. Beliau pernah menjadi wakil ketua ICMI Provinsi Jambi dari Tahun 1996-2001 dan Tahun 2002-2007. Ketua Penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jambi Tahun 2002-2007. Pengurus Lembaga Adat Provinsi Jambi tahun 2001-2005. Dewan Penasehat MUI Kota Sungai penuh Tahun 2009-2013.Dan Dewan Pakar ICMI Pusat Tahun 2006-sekarang.
Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA memulai karirnya dari menjadi PNS di IAIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Tahun 1984. Beliau pernah bekerja sebagai Staf humas IAIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi tahun 1984-1986.
Dosen Fakultas Syariah IAIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi tahun 1996-1998. Pembantu Dekan I Fakultas Syariah IAIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Tahun 1993-1996. Kepal Pusat Penelitian IAIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi tahun 1996-1998
Prof.Dr.Asafri Jaya Bakri,MA merupakan salah satu . Guru Besar Fakultas Syariah IAIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi dalam Matakuliah Hukum Islam dan Piqih Siyasah tahun 2000 sampai sekarang.
Tokoh Muda ,Cendekiawan dan Ulama Alam Kerinci terkemuka pada selama 2 Periode memangku jabatan sebagai Rektor IAIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi mulai t ahun 1998-2002 dan hingga tahun 2002-2006.
Sebelum terpilij menjadi Walikota Sungai Penuh beliau dipercaya memangku jabatan sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kerinci tahun 2009-2012.dan sebagai Walikota Sungai Penuh Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA beliau dipercaya menjadi Wakil Ketua Apeksi Komwil II Sumbagsel 2011- Sekarang
Sementara catatan yang penulis peroleh menyebutkan Wakil Walikota Sungai Penuh Ardinal Salim, SE dilahirkan di Sungai Penuh 26 Juni 1970. Sejak kecil beliau telahmendapatkan bimbingan untuk senantiasa menimba ilmu dengan sungguh-sungguh. Ardinal Salim menempuh pendidikan dasar di Sungai Penuh hingga lulus tahun 1983, kemudian meneruskan ke SMP Negeri II Kerinci hingga tamat tahun 1986.
Setelah itu, beliau melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri I Kerinci sampai selesai tahun 1989. Kemudian beliau melanjutkan pendidikan ke D3 STIE Jakarta hingga tamat pada tahun 1994. Sedangkan gelar Sarjana beliau raih dari Jurusan Ekonomi STIE Sakti Alam Kerinci pada tahun 2010. Selain pendidikan formal, suami dari dr. Fina Salim juga aktif dalam organisasi. Beliau pernah menjadi sekretaris Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kerinci 1999-2004 dan 2004-2006, Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kerinci tahun 2006-2011. Setelah melalui pemilihan Walikota dan Wakil Walikota oleh masyarakat kota Sungai Penuh dipercayakan untuk memimpin Kota Sungai Penuh sebagai Wakil Walikota untuk periode 2011 – 2016 dan di anggkat sebagai Ketua pertina Kota Sungai penuh , Dikalangan Seniman Ardinal Salim,SE dikenal sebagai sosok seniman dan dikenal sebagai sosok Photografer.

Seperti dengan daerah daerah lain di nusantara,  Kota Sungai Penuh  merupakan bagian  tidak terpisahkan dari suku Kerinci  memiliki arsitektur bangunan rumah tempat tinggal yang unik dan spesifik, rumah rumah tradisional suku Kerinci yang mendiami lembah alam Kerinci dibuat berlarik, antara satu bangunan rumah dengan bangunan rumah lainnya saling berhubungan saling bersambung seperti rangkaian gerbong yang memanjang dari arah timur dan barat, menutut garis edar matahari, konstruksi bangunan  cukup unik dan rumit karena sistim sambungannya tidak menggunakan besi-paku, akan tetapi menggunakan pasak dan sistim sambung silang berkait.

Konsep Landscape rumah berlarik dapat dibagi berdasarkan konsep ruang makro, ruang meso, dan ruang mikro. Pola rumah berlarik berjejer memanjang dari arah Timur ke arah Barat sambung menyambung antara satu rumah dengan rumah yang bersebelahan hingga membentuk sebuah larik ( deretan). Rumah berlarik di  enam luhah Sungai Penuh  merupakan salah satu kawasan rumah tradisional berlarik yang terdapat di Kota Sungai Penuh, pada masa lalu pada umumnya di setiap pemukiman/neghoi atau duseung di alam Kerinci terdapat rumah berlarik panjang

2( Potret rumah tradisional suku Kerinci daerah Kota Sungai Penuh)

Rumah ini menerapkan konsep sumbu vertikal (nilai ketuhanan) dan sumbu horisontal (nilai kemanusiaan). Sumbu vertikal terlihat dari pembagian ruang menjadi tiga bagian, yaitu bagian bawah sebagai kandang ternak, bagian tengah untuk tempat manusia tinggal, dan bagian atas untuk menyimpan benda-benda pusaka. Sedangkan sumbu horisontal dapat dilihat dari pembagian ruang dalam rumah yang tidak bersekat dan saling menyatu antara satu rumah dengan rumah yang saling bersebelahan,hal ini mengandung nilai kemanusiaan yang tinggi.

Pekarangan rumah berlarik yang dibangun dikawasan “Parit Sudut Empat” pada umumnya dimanfaatkan untuk kegiatan menjemur hasil pertanian seperti padi. kopi, dan kayu manis.Pada acara Kenduri Sko halaman rumah berlarik dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas pelaksanaan kenduri Sko, dan pada hari hari besar keagamaan biasanya  pekarangan  dimanfaatkan untuk kegiatan”Melemang” atau memasak Juadah

Umoh laheik jajou (berlarik berjajar),dibangun sambung-menyambung satu dengan yang lainnya sehingga menyerupai gerbong kereta api yang sangat panjang, sepanjang larik atau lorong dusun, dibangun di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan. Pada Konstruksi rumah tradisional suku Kerinci daerah Kota Sungai Penuh, tidak terlihat menggunakan fondasi permanen, hanya menggunakan batu ”Sendai” yakni  memanfaatkan batu alam yang permukaannya telah dipipihkan, batu  sendai ini merupakan penopang  tiang tiang rumah berlarik, Pembangunan rumah berlarik  tidak menggunakan  besi -paku, hanya mengandalkan pasak dan ikatan tambang ijuk.

Dimasa  lalu atapnya  rumah berlarik ini, berasal dari  ijuk yang dijalin, sedangkan dinding rumah berlarik memanfaatkan pelupuh (bambu yang disamak) atau kelukup (sejenis kulit kayu) dan lantainya  papan yang di-tarah dengan beliung. Material-material itu tidaklah memberatkan rumah. Umoh laheik ini merupakan tempat tinggal tumbi ( keluarga besar), dengan sistem sikat atau sekat-sekat seperti rumah bedeng. Setiap keluarga menempati satu “sikat” yang terdiri dari kamar, ruang depan, ruang belakang, selasar, dan dapur.

Setiap sikat memiliki dua pintu dan dua jendela, yakni bagian depan dan belakang. Material pintu  adalah papan tebal di tarah beliung. Antara sekat sikat terdapat pintu kecil sebagai penghubung. Jendela yang disebut “singap” sekaligus merupakan ventilasi angin dibuat tidak terlalu lebar, tanpa penutup seperti layaknya rumah modern saat sekarang, hanya dibatasi jeruji berukir.

Sementara bagian bawah yang disebut “ umou” sering hanya sebagai gudang tempat menyimpan perkakas pertanian, atau terkadang juga menjadi kandang ternak seperti ayam, itik , , kambing, dan domba. Tak jarang juga dibiarkan kosong melompong  menjadi arena tempat bermain anak-anak. Di bagian atas loteng terdapat bumbungan yang

disebut“parra”. Atap di dekat parra itu biasanya dibuat lagi singap kecil yang  bisa  buka-tutup, yang disebut “pintu ahai” atau pintu hari atau pintu matahari. Di situlah keluarga bersangkutan sering menyimpan “sko” (benda-benda pusaka) keluarga. Di luar rumah, tepatnya di depan pintu, biasanya terdapat beranda panggung kecil yang disebut “palasa”, yang langsung terhubung dengan jenjang atau tangga. Di situ pemilik rumah seringberangin-angin sepulang kerja. Bahkan, tak jarang para tamu pria sering dijamu duduk di atas bangku sambil minum sebuk kawo dan mengisap rokok lintingan daun  enau.     Bagian halaman depan rumah sering dipenuhi oleh tumpukan batu sungai sebagai teras sehingga rumah terkesan tidak berpekarangan

Pekarangan rumah keluarga tersebut sebenarnya berada di halaman belakang yang biasanya sangat luas dan panjang. Model dan konstruksi arsitektur rumah tradisional Kerinci mencerminkan betapa masyarakat sangat mengutamakan semangat kekerabatan, kebersamaan, dan kegotongroyongan dalam kehidupannya sebagai falsafah pegangan hidup manusia sebagai makhluk sosial.

1Dinding rumah bagian depan menghadap ke halaman dibuat miring, ada juga tegak lurus. Rumah  tradisional yang disebut “umouh lahek jajou” merupakan rumah panggung yang mempunyai ruang kosong dibagian bawah (kolong) rumah yang disebut  “bawouh Umou”. Untuk memasuki rumah  harus menaikki tangga bertakuk yang disebut ” Tanggoa Janteang” atau tanggu betino

Tiang tiang rumah panggung berlarik yang ada di dusun dusun bersisi delapan dan terdapat ukiran ukiran bermotif  padma gaya lokal, Setiap komponen rumah mempunyai pengertian /falsafah  kehidupan masyarakat. pintu rumah terbuat dari selembar papan lebar dan tebal dan dihiasi ukiran stilir matahari. Konstruksi atap rumah tradisional dinamakan ”Lipak Pandang” (Lipat Pandan, Pen).pemakaian istilah ini diambil dari nama daun tumbuh tumbuhan  yakni daun pandan (pandanus) yang biasa dipakai sebagai bahan materal anyaman.Secara alami daun pandan secara alamiah pada batangnya ¼ bahagian dari ujung,dan membentuk segi tiga yang seimbang seperti rumah tradisional suku Kerinci.

Rumah rumah tradisional yang tersisa di Kota Sungai Penuh hanya  tinggal beberapa buah, dan rumah  rumah tradisional tersebut terhimpit oleh bangunan bangunan baru dengan arsitektur modren, rumah kuno  yang tersisa terdapat di Dusun Baru (2 unit relatif utuh) di Dusun Sungai Penuh (1 Unit relatif utuh) Pondok Tinggi relatif banyak tersisa meski telah mengalami perobahan dan perbaikkan akan tetapi masih mempertahankan keaslian, beberapa diantaranya ditinggalkan penghuni dan semakin tergerus dimakan usia,secara umum bangunan rumah tradisional suku Kerinci daerah Kota Sungai Penuh “Nyaris “punah

Rumah tradisional yang ada di Kota Sungai Penuh  pada umumnya memiliki tipe empat persegi panjang dan berbentuk rumah panggung, antara satu bangunan rumah merupakan sebuah rangkaian yang tidak terpisahkan, untuk melakukan komunikasi dan saling berintegrasi dengan para tetangga pada masa lalu mereka cukup membuka pintu penghubung yang menghubungkan satu rumah dengan rumah lainnya. Setiap larik  dihuni oleh beberapa Keluarga yang disebut Tumbi, gabungan  beberapa tumbi disebut Kalbu, setiap Kalbu di pimpin oleh seorang Nenek mamak

Setiap rumah memiliki ukuran sekitar 8×6 meter yang dihuni satu keluarga, untuk menghindari ancaman binatang buas, nenek moyang membangun rumah dengan konstruksi rumah panggung, dan  bentuk  bagian  bangunan rumah larik merupakan satu kesatuan utuh yang saling berhubungan dengan pembagian sebagai berikut: 1. Bubungan atap. 2 Dinding,3. Pintu Jendela.4. Tiang.5 Lantai.6 Tangga

Secara khusus rumah tradisional suku Kerinci yang terdapat di dusun dusun dalam Kota Sungai Penuh  dibuat atas dua bagian yang terpisah yakni: bagian utama atau bawah teridiri dari tiang tiang besar dan bagian atas terdiri dari tiang tiang bubung dan kasau atap. Keyaqinan masyarakat kuno suku Kerinci yang mempercayai kehidupan terdiri atas dua bagian yakni kehidupan dunia atas yang dinamai”Maliyu” dan dunia bawah yang dinamai”Marena”,keduanya merupakan sisi terpisah. Dunia atas lazim disebut”Langaik” atau langit.dan dunia bawah disebut”Gumui” atau bumi  merupakan hal terpisah. Dunia diatas menurut kepercayaan masyarakat kuno Suku Kerinci merupakan tempat bermukimnya roh roh nenek moyang, Dewa dewa, Mambang dan Peri, sedangkan dunia bawah merupakan tempat pemukiman Manusia,Fauna dan Flora.

Pada umumnya di dusun dusun tradisional disamping memiliki rumah rumah berlarik terdapat rumah rumah ibadah Masjid/Surau dengan atap berbentuk Limas Tumpang Tiga atau Tumpang Dua dan dipuncaknya terdapat”Mustaka” yang terbuat dari baru,dan secara umum pada bangunan terdapat ukiran/ornament bermotif Fatma(Flora) dan geometris,akan tetapi bangunan bangunan sarana Ibadah Masjid/Surau sebagian besar telah rubuh dimakan usia atau mengalami pergantian material bangunan dan di beberapa  pemukiman tradisional biasanya terdapat”Cungkup Tabuh Larangan”yang berbentuk rumah akan tetapi tidak memiliki dinding,dan bangunan cungkup diberi atap dan tiang tiang penyangga bangunan terdapat motive ukiran khas suku Kerinci, Cungkup ini berfungsi untuk melindungi Tabuh Larangan dari terik matahari dan rembesan air hujan.,Tabuh Larangan merupakan  alat untuk pemberitahuan atas  masalah yang terjadi di dalam dusun atau tanda  pemberi peringatan adanya bencana alam

Di dalam dusun dusun tradisional di Kota Sungai Penuh biasanya terdapat ” Pulo Neghoi” (Pulau negeri,Pen) merupakan bangunan batu alam tegak yang berada ditengah tengah dusun,konon pada masa lalu dikawasan “Pulo Neghoi” dimanfaatkan untuk kegiatan upacara ritual’tari asyek”,dan sejak masuknya agama Islam upacara ritual “tari asyek” secara perlahan lahan mengalami pergeseran, karena dipandang tidak sesuai dengan ajaran dan kebudayaan  agama Islam

Bangunan lain yang terdapat di dalam  dusun dusun tradisional adalah”makam nenek moyang atau “ Jirat Nenek” yang berbentuk miniatur rumah yang didalamnya terdapat makam/jirat nenek moyang, pada masa lalu atap bangunan terbuat dari atap ijuk, dan saat ini bangunan jirat hanya terdapat beberapa buah yang masih dirawat oleh masyarakat, diantaranya terdapat di Sungai Penuh, Kumun Mudik, Debai, Pondok Tinggi, Koto Tengah Koto Lolo,Koto Bento,dll

 (Pulo Neghoi/ pusat negeri/dusun dan Jirat nenek moyang)

34

Dalam arsitektur tradisional yang terwujud dalam bangunan Masjid Agung Pondok Tinggi,  dan bangunan rumah rumah tradisional memiliki berbagai ragam  nilai nilai kearifan lokal, Bangunan Mesjid Agung yang dibangun hampir 2 abad yang lalu yang dibangun dengan menggunakan bahan material alam yang tersedia di Kota Sungai Penuh dan arsitek perancang dan pelaksana pembangunan Mesjid telah menunjukkan betapa tingginya daya cipta dan daya kreatif masyarakat di Pondok Tinggi pada waktu itu,meski dengan menggunakan sarana dan prasarana terbatas masyarakat telah mampu mewujudkan sebuah bangunan yang Agung.megah dan bernilai seni tinggi.

Nilai nilai kekeluargaan yang erat dan sifat kegotong royongan dan rasa kesaatuan dan persatuan tinggi  telah menunjukkan bahwa mereka telah mampu mewujudkan sebuah bangunan yang saat itu sangat sulit untuk di wujudkan.Masyarakat suku Kerinci( Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi sejak masa lampau telah mengenal berbagai bentuk ragam  hias,secara umum ukiran yang terdapat di rumah rumah “Laheik Jajou” (berlarik berjajar,Pen) dan ukiran pada bangunan sarana ibadah bercorak tumbuh tumbuhan atau bermotif vegetative, ukiran yang ada terlihat memiliki garis garis sederhana seperti relung, patran, benangan sedikit rancapan dan terawang, bentuk ukiran ini seolah olah berlapis sulur menyulur dalam bentuk garis berhubungan, dan masyarakat setempat menyebutkan “lampit simpea” atau dikenal dengan istilah pilin berganda.

Pada ukiran yang terdapat pada bangunan tradisional corak anyaman terlihat selalu ada pada setiap objek,sedangkan pada bentuk geometris juga merupakan garis yang saling berhubungan,untuk sebutan daerah nama ukiran  antara lain dinamai si mato arai,,mbun buntal.nanguri lahat,si giring giring,ketadu daun,teratai bindui,keluk paku,kacang belimbing,setiap bentuk.motive yang ada memiliki makna filosofis tersendiri,misalnya ukiran teratai bindui yang terdapat pada tiang rumah bermakna kesucian jiwa dan niat yang baik, Diantara ragam hias lain yang tumbuh dan berkembang itu adalah

  • – KelukPaku kacang Belimbing> artinya Anak di Pangku,
  • – Kemenakan dibimbing Relung kangkung>patah tumbuh hilang berganti/kerja yang tiada mengenal lelah
  • – Pilin Ganda (berbentuk abjad S )>  setiap  sesuatu  saling ketergantungan  dan  saling  membutuhkan
  • – Ragam  Hias Turqi( auraka) dalam bentuk daun daun yang berjurai
  • – Ragam Hias Kaff wa darj> berbentuk garis garis melengkung
  • – Ragam Arabes( Zuchrufil-Arabi)>berbentuk anting anting daun dan bunga
  • – Ragam Tampouk klapo,Ragam Selampit empat, Selampit jalein due
  • – Motibe Bungea Matoharai( Bunga Matahari)
  • – Ragam hias Gadoeing Gajeah( Gading Gajah)
  • – Ragam Cino sebatang, samang beradu punggoun, Mentade belage
  • – Ragam bungea betirai, ragam motive relung, dll.

Pada dasarnya semua ukiran  pada masa lalu tidak diwarnai, diduga pada saat itu di alam Kerinci(Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci) belum memiliki bahan bahan zat pewarna untuk media material bangunan kayu/ papan .belakangan ini akibat dampak perkembangan zaman dan tekhnologi, arsitektur tradisional  suku Kerinci khususnya di Kota Sungai Penuh semakin tergerus dan mengalami perubahan, manusia sebagai penggerak utama perubahan semakin terdesak oleh alam dan lingkungannya, berbagai pengaruh tekhnologi dan tuntutan perubahan zaman membuat arsitektur bangunan rumah asli di Kota Sungai Penuh semakin tergeser dan terpinggirkan, dan di khawatirkan untuk abad mendatang  arsitektur tradisional  bangunan di Kota Sungai Penuh akan punah dan akan menjadi kenangan masa lalu.

Bilik Padi

 Sebagian besar (97 %) masyarakat tradisional (pendnduk asli)  Kota Sungai Penuh menggantungkan hidup pada sektor pertanian dengan  perioritas  mengekerjakan lahan persawahan yang diwarisi secara turun temurun,pengolahan lahan persawahan pada masa lampau dilakukan secara manual  dengan “memangkoa” ( mencangkul) lahan sawah,setelah lahan dicangkul untuk beberapa minggu  dibiarkan dan selanjutnya  setelah jerami/rumput membusuk lahan yang telah di cangkul selanjutnya dilakukan kegiatan “Maleik” yakni mencangkul kembali sampai tanah dilokasi persawahan menjadi halus dan rata hingga siap untuk ditanami.

(Bilik padi yang terdapat di alam Kerinci daerah Kota Sungai Penuh)

6-bilik-padi5-bilik-padi

Dimasa lalu masyarakat melakukan kegiatan bersawah  dalam satu tahan untuk satu kali masa tanam,rata rata umur padi  pada masa itu sekitar  6 bulan. Apabila padi telah menguning,berarti saat panen telah tiba,menunai  padi  menggunakan alat yang disebut”tuai”,alat ini terbuat dari kayu dan besi yang biasanya alat tuai ini dibuat sendori oleh petani.

Hasil Panen diangkut dengan alat yang disebut “Jangki”,Jangki terbuat dari rotan yang dianyam sedemikian rupa berfungsi sebagai wadah yang dapat membawa(dengan cara di gendong) dan dapat membawa padi seberat 30 Kg-40 Kg,pada era tahun 1970 an -1980 an padi padi diangkut dengan alat angkut Gerobak”Nton” yang ditarikoleh hewan Jawi( sapi)

Padi yang diangkut dari sawah dibawa kerumah dan di jemur dibawah terik matahari dengan alas”Umbaing”setelah padi padi kering dimasukkan kedalam  rumah padi yang disebut “Biliek Padoi” Bilik padi ini merupakan tempat menyimpan padi dan merupakan warisan nenek moyang yang digunakan untukkepentingan bersama dalam “Tumbi “ atau satu kelompok angggota keluarga terdekat..

Bilik bilik padi ini berbentuk rumah dengan ukuran panjang dan lebar disesuaikan  dengan daya tamping hasil panen yang diperoleh. Blik padi dibangun dengan menggunakan  jenis kayu yang berkualitas dengan  tiang tiang dan pondasi yang kokoh,biasanya pada tiang dan dinding dibuat ukiran ukiran bermotifkan patma.Lokasi bangunan bilik berada dalam lingkungan laheik atau duseoun dalam parit bersudut empat.

Padi yang disimpan di dalam bilik biasnya digunakan sebagai  stok atau penyangga ketahanan pangan untuk jangka waktu  untuk satu kali masa panen,dan padi di dalam bilik padi  baru dimanfaatkan pada saat  dibutuhkan atau sebaai persiapan bagi para kerabatb yang  membutuhkan.

Masyarakat Kota Sungai Penuh memiliki jenis padi local untuk dikonsumsikan,jenis padi yang ditanah oleh masyarakat suku Kerinci daerah Kota Sungai penuh   diantaranya adalah jenis padi:

  1. Padi Silang serukuo
  2. Padi ekor tupai
  3. Padi Payoa
  4. Padi Silang rantai
  5. Padi Pulut(Padi Ketan) yang terbagi dalam:
  • – Padi pulut senja (warna Kuning tua)
  • – Padi pulut ahang/itang (warna hitam)
  • – Padi pulut Sagu(  warnanya seperti padi biasa.

Arsitektur trradisional suku Kerinci Daerah Kota Sungai Penuh termasuk bangunan Mesjid Agung Pondok Tinggi, rumah rumah larik  dan Bilik Padi yang ada di Kota Sungai Penuh merupakan  salah satu identitas yang mampu memberikan gambaran tentang tingkat kehidupan masyarakat di Kota Sungai Penuh pada masa lalu, Dalam arsitektur tradisional terkandung secara terpadu wujud ideal,wujud sosial dan wujud material suatu kebudayaan,karena wujud wujud kebudayaan itu dihayati dan diamalkan,maka melahirkan rasa bangga dan rasa cinta  bagi masyarakat pendukungnya.

Dalam arsitektur tradisional yang terwujud  dalam bangunan Mesjid Agung Pondok Tinggi  ,bangunan rumah rumah tradisional  dan Bilik Bilik Padf memiliki berbagai ragam  nilai nilai kearifan lokal,Bangunan Masjid Agung Pondok Tinggi  yang dibangun  2 abad yang lalu  yang dibangun dengan menggunakan bahan materialalam yang tersedia di Kota Sungai Penuh dan arsitek perancang dan pelaksana pembangunan Mesjid telah menunjukkan betapa tingginya daya cipta dan daya kreatif masyarakat di Pondok Tinggi pada waktu itu,meski dengan menggunakan sarana dan prasarana terbatas masyarakat telah mampu mewujudkan sebuah bangunan yang Agung.megah dan bernilai seni tinggi.

Nilai nilai kekeluragaan yang  erat dan sifat kegotong royongan dan rasa kesaatuan dan persatuan  tinggi  telah menunjukkan bahwa mereka telah mampu mewujudkan sebuah bangunan yang saat itu sangat sulit untu Belakangan ini akibat dampak perkembangan zaman dan tekhnologi,  arsitektur tradisional  suku Kerinci khususnya di Kota Sungai Penuh semakin tergerus dan mengalami perubahan,manusia sebagai penggerak utama perubahan semakin terdesak oleh alam dan lingkungannya,berbagai pengaruh tekhnologi  dan tuntutan perubahan zaman membuat arsitektur bangunan  rumah aslidi Kota Sungai Penuh semakin  tergeser dan terpinggirkan,dan di khawatirkan untuk abad mendatang  arsitektur tradisional  bangunan di Kota Sungai Penuh akan punah dan akan menjadi kenangan masa lalu.

Sebuah harapan dari kalangan budayawan dan seniman agar Pemerintah  segera turun tangan untuk menyelamat dan merawat aset aset bangunan arsitektur tradisional yang masih tersisa, diantara sisa sisa bangunan berarsitektur tradisional  yang terancam tergeru ialah Bangunan Mesjid Agung Pondok Tinggi yang mulai mengalami kerusakan akibat dampak pengaruh alam , disamping Mesjid Agung Pondok Tinggi, terdapat beberapa rumah rumah tradisional asli kota Sungai Penuh yang masih tersisa di Dusun Baru,  sebuah rumah tua di Rio Jayo Sungai Penuh, sebuah bilik padi di pasar Sungai Penuh, dan di Koto Bento  dan beberapa rumah rumah tua yang masih tersisa di sejumlah dusun dusun.

Pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata  dan Kebudayaan perlu segera menginventarisasi dan melakukan pemugaran terhadap bangunan bangunan arsitektur tradisional yang masih tersisa seperti Mesjid Agung Pondok Tinggi,rumah rumah tua ,bilik bilik padi dan beduk beduk/tabuh yang semakin lapuk.

Oleh: Budhi Vrihaspathi Jauhari & Nurul Anggraini Pratiwi

Kueri teratas kerinci time sungai penuh hp realme terbaru kerincitime kabupaten kerinci berita kerinci sungai penuh hari ini smpn 6 kerinci berita sungai penuh smp 6 kerinci vcs sambil mandi vivo v29 seloko adat kerinci al haris a17 bionic propam polda jambi kpu kerinci pj bupati kerinci p3k meta_value Interview cewek boking online open online Pemandu Lagu Nugil pt raihan aditya pratama di merangin jambi guru cewek di perkosa muridnya realisasi laporan kades desa betung kuning proses hukum dugaan korupsi kades betung kuning berita kabupaten kerinci smp di perkosa morgue batas pinjaman umum bri siulak gedang iphone 15 zenfone 10 ngentpt india Flm asik hot malam minggu wanita cantik Avtub com jomba HP 2 jutaan terbaik 2023 gaming foto selfie e-ktp Berita kerinci harga motorola g84 Poto guru pns pamer video mesum emak emak vc hot Cerita tante ngewe waria صور اجمل كس سكس في الشرقيه Harga resmi nokia winner max 5g di indonesia jumlah tweet lila irwan rexona harga realmi c53 di manokwari Cari nama amri bastian oku timur di facebook Dopada jilbab pink viral Berita jambi Cerita bokeh nikita mirzani bersama ptia italia ketagihan tari lukah gilo jambi ada dimana aja Manag imbau masyarakat tak pilih Capres yang pernah pecah belah bangsa ini tanggapan Cak imin hp realme terbaru 2023 berita kerinci hari ini snapdragon 8 gen 3 siasatinfo berapa harga skin chou echo link vina garut berita kerinci siulak dokter spesialis anak sungai penuh pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan kerinci erk kerinci vivo a16 akg togel kota sungai penuh rekomendasi hp gaming 2 jutaan harga skin chou echo rog phone 7 ultimate space togel cek tagihan pdam tirta sakti harga xrp berita kerinci cek tagihan pdam tirta sakti kerinci harga hp realme terbaru kecelakaan di kerinci hari ini lomba balap karung jadwal turnamen badminton 2023 xrp berita kriminal merangin great dragon spear mlbb png pantun, seloko adat jambi lpse kerinci kerinci news pepatah adat kerinci pantun adat kerinci paizal kadni shelter 2 gunung kerinci vivo v29 pro skin chou echo daftar caleg kab kerinci 2024 berita kerinci terbaru twitter abg mesum pembantaian suku uighur china abg pamer memek yandex xnxxx apple a17 bionic big technology co ltd dinas pendidikan kota sungai penuh qualcomm snapdragon pidio mesum hijab ping worldcoin kapan skin echo rilis berita kerinci mudik kapan skin chou echo keluar asafri jaya bakri skin kadita mpl pantun seloko adat jambi twitter jilbab hot coursera jadwal badminton agustus 2023 daftar harga hp oppo di jambi 2023 fungsi rawang bagi ikan adalah bukalapak chip domino bionic a17 air panas sungai medang berita kriminal kerinci hari ini contoh pidato adat kerinci b.i.g technology co ltd b.i.g technology co. limited jadwal dalang yusuf anshori agustus 2023 kapan chou echo rilis tanggal rilis skin chou echo kecelakaan kerinci fitra jaya saleh cerai apakah di surga bisa minta apa saja big technology gaji hansip galaxy tab s9 jilbab mesum cewek pamer memek berita sungai penuh hari ini chou echo kapan rilis yogi swandra penangkapan narkoba harga vivo terbaru berita kota sungai penuh hp gaming 3 jutaan terbaik 2023 memek abg twitter media online jambi makanan khas sungai penuh hp oppo y 16 uighur bintang porno argentina vivo y16 vs oppo a16 vc mesum eppt bkn jayapura 2023 xxnx pramugari a17 apple berita spesifikasi defitra eka jaya kapan chou m4 rilis mobil safa marwa hp relmi terbaru 2023 apriodito umar pidiosex rsud mayjen ha thalib kerinci kasi dinas pertanian merangin inna dunya mata'ul ghurur infinix gt 10 pro harga skin epic lesley samsung hp 5g realme harga hp realme c51 orang terkaya di kerinci tanjung pauh kerinci kecamatan tanah cogok pidio bep dumisake 2023 kapan cair episode recap possessed xrp berita terkini bkpsdmd batanghari hukum shalat jumat saat hujan deras jadwal badminton smartphone gaming 3 jutaan xrp berita batrisyia herbal skincare daftar pinjol ilegal ojk pengumuman anggota bawaslu mutasi polda jambi 2023 kapan rilis hero baru ml penyakit iphone 14 pro max apple homepod mini rsud kerinci bokev india bokep cabe cabean pt sgs jambi pt trans mitra mandiri hp vivo 5g terbaru 2023 sma n 7 merangin smartfren poco guru besar sapu jagat sukabumi telkomsel youtube realme terbaru android 13 hp gaming 2 jutaan prime video tanggal rilis iphone 15 semut ip 15 batrisyia herbal iphone 15 asus togel play store aplikasi enola holmes memek abg iphone 15 release date jakarta macan akar john wick sherlock holmes peta jambi spesifikasi poco f5 poco f5 grand inna kuta selfie time jambi town square kota jambi ulasan ngocok memek rekomendasi hp 2 jutaan gaming avtub vivo terbaru 2023 erk kab kerinci kripto adalah adirozal poco f5 spesifikasi selfie time jambi town square ulasan kadita mpl png bo 350k open bo murah hp gaming terbaik 2 jutaan biaya jahit luka scarlet phantom dihapus e rk kerinci jam tangan digital hp 2 jutaan terbaik 2023 gaming vivo terbaru berita viral kerinci kingwin247 jadwal rilis iphone 15 music youtube harga booking janda hp oppo terbaru murah playstore untuk mengecek absen dan pengangsuran ukt dimana jam tangan togel pantun akreditasi puskesmas hp 2 jutaan gaming viral belasan siswa dibantai bendahara e-rk kerinci no togel jam tangan peta provinsi jambi harga rog phone 7 makanan khas kerinci bigboss4d jadwal dalang yusuf anshori 2023 oppo y16 kerinci sungai penuh luffman mild hp poco f5 sungai penuh kerinci hp vivo a16 kapan skin chou echo rilis balap karung sonic ip 15 kapan rilis pdam tirta sakti arkine obat apa realmi terbaru pre order hp gaming terbaik vivo keluaran terbaru 2023 memek smp erk kabupaten kerinci hp terbaru 2023 harga 1 jutaan google pixel fold tagihan pdam tirta sakti konser rhoma di jambi kapan ip 15 rilis di indonesia rekrutmen hp realme terbaru 2023 dan harganya realme c51 bokeh memek mulus tanggal launching iphone 15 biaya jahit luka di rsud twitter sakit mas 10 larangan buat pacar kepdirjen pendis nomor 4962 tahun 2016 memek mulus vidio bokev siakad unja hp 3 jutaan terbaik 2023 gaming j&t express sungai penuh foto konser rhoma irama jambi layangan ram raman efaldi xiaomi poco f5 handphone terbaik 2023 john wick 1 twitter sakit mas asli ojol search encrypt bokeh memek perawan hp realmi terbaru tribun kerinci sungai penuh hari ini iphone 15 release date indonesia kapan iphone 15 rilis foto selfie ktp ip 15 pro max harga zenfone indihome jambi petai togel chromebook pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan untuk mengecek absen dan pengangsuran ukt dimana… wamal hayat ad dunya desa tertua di kerinci hp oppo a78 redmi note 12 5g hp asus zenfone wanda maximoff hp 2 jutaan terbaik 2023 no togel bendera merah putih sppd istri uas v29 iphone 15 pro max harga slogan caleg muda gubernur jambi kecelakaan di kerinci nfc oppo bening's skincare amazon prime kevin aluwi cerai item scarlet phantom dihapus amazon prime video pt berkat sawit utama bigboss4d togel akg togel login xxnx vidio pamer memek kadita mpl skin contrue janda ngocok memek gambar scarlet phantom video gay viral polisi vs tni terbaru jilbab paskibra wanita iphone 15 kapan rilis spotify family game terbaru 2023 ip 15 kapan rilis di indonesia pap tt twitter skp online tebo model baju dinas jam tangan digital pria tanggal berapa iphone 15 rilis harga iphone 15 wisma alanza harga hp google pixel kisah polwan cantik ajak buronan menikah relmi terbaru distributor kaspersky indonesia struktur jabatan alfamart nomor orang gantung diri togel iphone 14 pro max penangkapan narkoba malam hari bokev arab cek pdam tirta sakti tarif rsud raden mattaher upper bracket mpl s12 abg hot chou echo png prediksi iwan togel lpse esdm fuso canter 715 orang gantung diri di rumah warna iphone 15 pro max jambi provinsi mana noka experience kota sungai penuh foto kapan skin kadita create rilis berkat sawit utama rangga viral video mesum abg logo smk 3 sungai penuh skhu smk top skor liga italia no togel kebakaran rumah peta kota jambi primevideo mesuji berdarah pembantaian satu kampung bkd kerinci hp oppo y16 spin off adalah hp relmi terbaru hp oppo nfc dibawah 3 juta ip 15 rilis apotek sultan jadwal bioskop wtc jambi harga hp rog jarum pentul esposa de biaso foto ktp dan selfie piala dunia qatar 2022 ajudan moeldoko akp herman fauzi hp gaming 2 jutaan 2023 cewek twitter memek abg arab kerinci jambi kwe sungai penuh kincai adalah the continental hasan mabruri hendry lie kopi nur kerinci biaya jahit luka di klinik foto memek perawan twitter ngocok asus togel login kasus korupsi kades dan camat cara mencukur bulu kemaluan yang baik dan sehat yandex coursera grand inna kuta bali kaspersky antivirus indonesia waria jembatan besi pejuang subuh pap anggur merah "plta" pap rokok wakil bupati kerinci realme c51 spesifikasi "teknik pukulan pada permainan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket disebut" ransomware ketua bawaslu palembang harga draft beer 1 dus chord hukum rimba chord pantun janda jasa pengiriman dokumen kilat buka sampai malam بستم كرسي hp google pixel sela salesforce bitcoin tanpa ktp rumah sakit togel struktur organisasi rans entertainment akreditasi baik sekali setara bilangan bajau video call bukti vcs penangkapan narkoba polres kerinci 2023 terbaru pap rokok di kamar ceo adlink danau tertinggi di asia nama istri gubernur jambi surat pengunduran diri osis batman terbaru cek pdam kerinci viral belasan siswa dibantai oleh bendahara kabid propam polda jambi media konsumen bri selfie time jambi town square kota jambi foto rog phone 6 harga ahmadi zubir video abg mesum pt angso duo sawit memekabg sek porno rog phone 6 jadwal sholat jambi harga hp asus vacum mobil coursera yandex harga vivo v9 kaspersky distributor indonesia hp asus terbaru contoh alamat bitcoin contoh nomor pelanggan pdam gantung diri togel video viral gay di atas motor twitter kelas bintang twiter berita narkoba kerinci 2023 harga hp gaming 2 jutaan hp gaming 2 jutaan terbaik 2023 pixel fold cara pakai shang ratu herbal aplikasi play store rog phone 7 cara mematikan daya hp oppo a17 gaji dosen unja pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian dengan raket dinamakan pukulan kubu togel kode pdam kerinci memek abg mulus harga rog 6 batrisyia open booking jambi 2 remaja rekam-sebar video mesum sejoli di kamar hotel kendari ditangkap real me terbaru siakad ummat hp vivo terbaru daftar pinjol ilegal wadah korek harga rog phone 5 cara menghapus penelusuran trending nomor togel jam tangan struktur organisasi blibli no togel petai warna iphone 15 pantun penutup akreditasi kertas layangan tanggal release iphone 15 luffman harga realme terbaru 2023 batrisyia herbal skincare apakah sudah bpom dewa fearless statutory rape tidak shalat jumat karena hujan apotek sultan foto karung soraklintera bokev janda memek perawan smp no togel hujan deras kasus delisya smpn 1 hp pixel yunsak el halcon gambar memek perawan twitter memek abg siakad stie sak kadita harga tiket pesawat surabaya manokwari susu ultra 200 ml harga zuraida hanum 1 mayam berapa gram infinix terbaru harga realme 9 pro cara menambahkan lirik lagu di hp vivo rental mobil aceh cv jam tangan no togel nama kota dalam togel no togel mayat no togel kecelakaan wanita pap rokok di tangan foto pin cowok umur 12 rexona hijau nilai maksimal skd pemilik citra raya jadwal pertandingan badminton 2023 rokok luffman mild pemandian air panas kerinci hp gaming 2 juta blockchain twitter sakit mas pengantin dpt kabupaten kerinci berita xrp jhon wick hari kemerdekaan indonesia wandavision kincai plaza travel safa marwa hp spek gaming 1 jutaan surat pengunduran diri dari osis cek tagihan pdam kerinci pukulan bulutangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan eform bri makanan khas kerinci jambi jadwal dalang yusuf anshori pt. kerinci wisata ekspress kota sungai penuh foto gunung kunyit kerinci bni sungai penuh gaya foto psht keren cowok asus togel 58 vidio xxnx ratu munawaroh tarif dalang yusuf anshori kapan ip 15 rilis bigboss4d login video bokev hukum mematikan lampu saat berhubungan menurut islam chord hujan semakin deras harga rog phone 6 xnx vidio vcs ibu ibu rexona 96 saat harga sedotan jadwal mpl s9 asus zenfone hp gaming murah 1 jutaan cek tagihan fif tanpa aplikasi harga google pixel 4 harga realme 9 apakah coinbase aman cara mencukur bulu kemaluan realme 8 5g harga tarif guru privat ke rumah contoh surat pengunduran diri dari caleg no jam tangan togel no togel 42 no togel layang layang putus tuyul togel surat permohonan tulis tangan kepada aspers kasad akp herman fauzi selfie ktp nama orang papua rokok titan gay padang pariaman desain iphone 15 penangkapan narkoba polres kerinci 10 larangan 1 pesan buat pacar kata-kata psht buat story wa kapan rilis iphone 15 sma tt gede lirik lagu sungai penuh iphone 15 ultra fidya yusri harga iphone 15 pro max sungaipenuh scarlet phantom png calon bupati kerinci 2024 xxnx nenek nenek jalan ness jambi kadita mpl skin png spek redmi note 12 semato berapa gram chord gitar endang sukmawati sampai jumpa chou m4 png nfc adalah pantun kerinci twibbon dies natalis uho ke 42 kapan iphone 15 rilis di indonesia pdt handoyo santoso selingkuh bigboss4d slot alamat rumah dalang yusuf anshori vidio abg mesum bokeh pramugari daftar bo blacklist 2023 memek twitter vina garut full video bawaslu kota sungai penuh manfaat gym untuk wanita rhoma irama ke jambi video ngocok memek chord lagu kerinci 10 terbaik hotel dengan kamar untuk perokok singapura bokeh perawan noka cafe rcs api indonesia login lida extra stark hp vivo terbaru 2023 istri pengganti ceo harga sedotan plastik vivo keluaran terbaru bursa lensa regency at allaire harga google pixel realme 8 harga distributor kaspersky di indonesia biaya coinbase harga vivo y22 rog phone 5 harga adrit roy hp vivo y16 masyaallah tabarakallah artinya harga vivo v25e contoh surat pengunduran diri sebagai guru honorer no togel rumah sakit pisang no togel bentuk iphone 15 foto lagi minum anggur merah pap anggur merah dan rokok peta jambi lengkap pemilik onic esport surat pengunduran diri dari jabatan struktural pt.berkat sawit utama foto lomba karung ktp padang no pisang togel gambar orang kritis di rumah sakit iphone 15 tanggal rilis hp gaming terbaik 2023 2 jutaan manfaat herbal shang ratu b.i.g technology co., limited hp gaming harga 2 jutaan farouk alfero apakah shalat jumat bisa diganti dengan sholat dzuhur karena hujan hp gaming 2 jutaan terbaik apakah sholat jumat bisa diganti dengan sholat dzuhur karena hujan pengganti scarlet phantom memek vina garut grepe twitter harga realme 11 jilbab ngocok memek jadwal dalang yusuf anshori juli 2023 xxn melayu kejadian di kerinci noka puri masurai 2 harga realme terbaru hero ixia kapan rilis bo 350k open bo murah jambi abg hot twitter biaya jahit luka di rumah sakit kasus vcs wa rumah sakit mmc kota jambi foto kecamatan kerinci nuzran joher avtub twitter hp real me terbaru demokrat jambi obat arkine pidio porno istinja adalah tiket pesawat murah ke beijing asus rog phone 6 hasnuri harga rog phone 1 siakad iain ponorogo harga anggur merah merangin tech harga hp asus rog jamtos fuso canter 8.2 harga kursi gaming 50 dolar singapura berapa rupiah handphone lenovo mayang sari express hp vivo y22 harga plat besi tipis hp 4g dibawah 1 juta ram 3gb harga realme narzo identityforce vs lifelock google pixel 3 harga foto pap tt helio g85 setara dengan asus rog phone hp asus hp ram 8gb baterai 6000 mah realme 9 pro harga altcoin terbaik cara mengetahui pajak kendaraan diblokir atau tidak ambulan togel contoh surat pengunduran diri dari caleg partai contoh surat pengunduran diri osis no togel kecelakaan mobil no togel mendaki gunung slogan nomor urut 3 no togel ambulan contoh baliho caleg golkar contoh surat penangguhan pembayaran pinjaman bank struktur organisasi alfamart berenang togel contoh skpd gojek contoh baliho caleg pdip 2024 penusukan autophagy no togel kecelakaan motor lumiere muara bungo melihat orang gantung diri togel lumiere bungo hp gaming 2023 2 jutaan realme c51 harga twitter pak tua akp herman fauzi ajudan moeldoko """nestle"" -facebook.com -beautynesiablog.id -sajiansedap.grid.id -mommyasia.id -fraekmuendt.com site:detik.com or tribunnews.com or kompas.com or antaranews.com or nakita.grid.id or haibunda.com or popmama.com or liputan6.com or kumparan.com" pelantikan pejabat kota sungai penuh 2023 terbaru xrp news erk.kerinci mengganti sholat jumat dengan sholat dzuhur karena hujan cafe kerinci tafyani kasim fif sungai penuh krinci dprd kabupaten kerinci pengganti jarum pentul kompetisi olahraga skin chou echo kapan rilis kenapa scarlet phantom dihapus pelantikan pejabat kota sungai penuh cumlaude upi berapa "baru menikah dengan fahmi, anggi pilih kabur dengan mantan pacar, buya yahya: itu perempuan rendah dan hina" wisma alanza foto hp vivo keluaran terbaru 2023 kapan ixia rilis ethereum hari ini nama kota buah gunung dalam togel tanggal iphone 15 rilis ukt elit fasilitas sulit pap random malam resepsi kenegaraan bts cafe jambi jambi kerinci mas rangga viral chord endang susanti sampai jumpa di grepe guru penjas saat olahraga asus rog 6 xxn perawan hp 4 jutaan terbaik 2023 harga rokok gess bold jadwal rilis ip 15 ojol togel panjat pinang cewek2 cantik celana lepas semerap artinya saiful chaniago twitter pap tt lila irwan mandi kisah polwan cantik nyamar ajak nikah vidio mesum abg autophagy adalah hp realme kamera terbaik video memek abg memek janda twitter dipo nurhadi ilham sex anak sma pelantikan pejabat sim dosen ump iwan togel alternatif wallpaper psht bergerak brosur hp oppo 2023 saleh ngaduk dodol harga sunlight 650 ml nokia g20 lpse tni ad desain spanduk market day aldira chena background plat besi surya asia hotel: ulasan wisatawan no telepon j&t jambi 5g core smartphone pdi hp vivo terbaru 2022 dan harganya vivo terbaru 2022 contoh kartu natal siakad uin jambi viber bot api in indonesia harga plat besi 0.8 mm hp vivo ram 8gb baterai 6000 mah pemain depan dalam permainan sepak bola sering dinamakan hp rog harga spesifikasi oppo a17 harga lensa john wick 4 lossless penangguhan pembayaran bpjs harga hp rog phone 5 helio p22 setara dengan harga asus rog phone 5 kontaktor ac dimensity 1200 setara dengan harga asus rog phone 2 rekomendasi hp vivo ram 8gb helio g99 setara dengan cara menghapus penelusuran trending di google cara melihat no kontrak fif vivo yang kameranya keluar vivo y16 harga harga asus rog phone 3 adudu harga rog phone 3 google pixel 4 harga menikah dengan bos wadah korek api hp realme harga 1 jutaan realme gt neo 2 harga contoh surat penangguhan pembayaran daun kerinci kursi roda togel matahari togel no togel berenang no togel jaket no togel piala no togel toilet petai no togel umk jambi vivo y16 hitam wamal hayatud dunya ayat luffman bold nama orang kampung surat permohonan cicilan ukt surat pernyataan laka lantas contoh surat ganti rugi tanam tumbuh no togel burung beo slogan calon ketua osis nomor urut 3 cara menggambar peta provinsi jambi kaca sabu di apotik togel jam tangan daftar nama orang papua foto caleg pdip kamar 101 akreditasi baik setara dengan rokok gess merah gay smp sulawesi selatan vina dan eki harga realme c51 pap random cewek rekomendasi hp gaming 2 jutaan 2023 hp gaming 3 jutaan 2023 shelter 3 gunung kerinci berita penangkapan narkoba terbaru desain ip 15 bigboss4d promo dana bos apakah boleh tidak shalat jumat karena hujan iphone 15 desain iphone 15 kapan keluar nama-nama orang kampungan zulherman profil wa keren cowok ml dyrroth avtub jilbab muara jambi abg 18 tahun fearless dewa united harga skin echo chou ngocok memek perawan viral jilbab pink angso duo sawit harga hp oppo terbaru di jambi monadi murasman apa itu kripto pengganti jarum pentul untuk jilbab pakaian adat kerinci sungai medang kejadian di kota sungai penuh kab kerinci ip 15 rilis kapan rrq naomi png kapan hero ixia rilis pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket disebut pukulan ulasan selfie time jambi town square kota jambi apakah kita bisa meminta apa saja di surga png chou echo kota sungai pdam kerinci tembakau rokok luffman tari kerinci pantun akreditasi rumah sakit xxnx perkosa berita muara bungo hari ini lpse kabupaten kerinci warga kerinci meninggal saat lomba balap karung caleg dpr ri dapil jambi 2024 oppo nfc abg ngocok memek twiter abg mesum hp oppo terbaru realme kamera terbaik samsung s24 rela tabs mild lemon ngocok twitter cara memuaskan suami ketika sedang haid dalam islam twitter abg hot sewa kamera paket vlog memek hot scarlet phantom ml bungo rayo harga kontaktor apa yang dimaksud dengan istinja klasemen mpl id s9 vidio ngocok memek harga rexona pap lagi di luar malam hari harga lampu lapangan badminton 10 terbaik hotel plus dapur kuta kaspersky tokopedia bpjs ketenagakerjaan jual kaspersky kopi raden galaxy hp gaming 3 jutaan tiket pesawat manokwari surabaya model pintu plat besi rumah hp vivo v25 realme terbaru 2022 kaspersky bambang harga realme 8 harga hp vivo y22 harga zenfone 3 chou mlbb g85 setara dengan snapdragon skp online jambi donny marwa ce ratu distributor resmi lenovo penangguhan pembayaran bpjs adalah harga vivo v25 cara beli xrp vivo v25 harga febri diansyah munarman ditangkap касса акси 5ф vivo y22 harga eo keren grand inna muara hotel stie bukit zaitun kasir pintar pro cara melihat urutan trending youtube harga vivo v25 pro bugkus makanan bila di kirim jauh spesialis huruf timbul hotel bendahara makmur 50 dolar singapura perlindungan tambahan penyakit kritis bunga scarlet cara mengatasi kolam ikan bocor cara cek nomor kontrak fif cara tanda tangan di easy cash harga realme 8 5g harga realme narzo 20 hp baterai 6000 mah cek angsuran fif dengan nomor kontrak kayumanis nusa dua 9 larangan 1 pesan buat pacar berita kerinci sungai penuh contoh surat pengaduan penyelewengan dana bos contoh surat petisi penolakan guru google google iphon 15 no togel kolam renang no togel kursi roda no togel matahari pohon pisang berkembang biak dengan cara tenda togel wanita nakal togel contoh id pelanggan pdam contoh surat permohonan ke pln untuk unbk lambang resmob no togel kemaluan no togel orang tenggelam pemulung togel peta provinsi jambi lengkap contoh surat pengaduan pns selingkuh foto pin cowok sd kelas 4 logo resmob nomor sungai togel rokok escort tagline caleg muda layangan tok mayor contoh baliho caleg gerindra payudara togel contoh baliho calon kepala desa model rambut bang xin wallpaper iphone 15 foto orang lagi minum anggur merah kadita skin bokeh pns kerinci time kerincitime berita rangga viral berita kerinci sungai penuh hari ini berita kerinci berita viral rangga berita sungai penuh sungai penuh kerinci news berita kerinci sungai penuh berita kerinci hari ini rangga viral dinas pendidikan kota sungai penuh yogi swandra seloko adat kerinci pidio mesum hijab ping berita sela berita viral kerinci kerinci kabupaten kerinci berita kerinci mudik struktur organisasi blibli kecelakaan di kerinci hari ini air panas sungai medang polres kerinci makanan khas sungai penuh berita kota sungai penuh dokter saraf di sungai penuh tpp kerinci pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan pemandian air panas sungai medang b.i.g technology co., limited pemandian air panas sungai medang foto daun kerinci b.i.g technology co ltd global kassa sejahtera berita kerinci siulak big technology co ltd biaya jahit luka tribun kerinci sungai penuh hari ini pepatah adat kerinci biaya jahit luka di rsud b.i.g technology co. limited calon bupati kerinci 2024 hendry lie statutory rape pantun kerinci pemandian air panas kerinci daftar harga hp oppo di jambi 2023 kode pdam kerinci viral rangga berita narkoba kerinci 2023 foto berita smp berita smp berita shelter 2 gunung kerinci kasat reskrim polres kerinci karzalo berita sungai penuh hari ini tabrakan maut rangga viral berita media online sungai penuh calon bupati kerinci bukit sungai langit kerinci anak smp berita tpp kabupaten kerinci berita cupi cupita renah pemetik kerinci herman muchtar kepala desa aturan pinjam bendera perusahaan project s kapan iphone 15 rilis cuaca lpse kerinci e-rk kerinci kasus delisya putri mas rangga viral kerinci sungai penuh cek tagihan pdam tirta sakti kerinci infinix terbaru vivo a16 lumiere bungo penangkapan narkoba polres kerinci hasan mabruri zulherman pantun adat kerinci pt.berkat sawit utama foto kopi nur kerinci lumiere muara bungo candra purnama dpo cafe sungai penuh berkat sawit utama berita kerinci terbaru desain iphone 15 kerajaan koying kejadian di kota sungai penuh makanan khas kerinci jambi jalan ness jambi bkd kerinci berita kriminal sarolangun terkini mengganti sholat jumat dengan sholat dzuhur karena hujan dokter anak sungai penuh suku tertua di dunia vidio berita novia jaya beritaxberita berita xxn apakah boleh shalat jumat di rumah karena hujan mutasi polda jambi kapolres kerinci 2023 sma 6 kerinci kombes novia jaya kerinci hari ini stia nusa sungai kerinci defitra eka jaya berita adv gaji dosen unja hukum shalat jumat ketika hujan dpt kabupaten kerinci begal di jambi terbaru polsek kayu aro kincai situs dewasa sunge lah panoh dokter spesialis anak sungai penuh doni efendi harga obat arkine mall di kerinci jumlah dpt kota sungai penuh pemandu lagu berita vina garut link penangkapan sabu merangin mengganti shalat jumat karena hujan cream batrisyia jilbab pink mesum apakah semua permintaan dikabulkan di surga muara bungo ke kerinci belui tinggi joni ngk jambi karaoke tempat maksiat bpk pt star rubber man 1 sungai penuh foto berita muara tebo siulak hotel grand kerinci ikan semah kerinci kasus korupsi kades dan camat temuan bpk berita anak sma kepo batanghari vidio bokev viral rexona viral jilbab pink pulau tengah kerinci info iphone 15 project s tiktok berita bumdes rumah dinas bupati kerinci akbp dwi mulyanto fif sungai penuh kombes heru sutopo pepatah jambi tentang kehidupan sma 1 sungai penuh bri utang bpjs ke muhammadiyah 2023 bmkg kerinci gempa hari ini stia kerinci berita dihutan pinjaman cepat cair jambi tania ayu hot kerinci regency pungutan liar flm xxnx berita pilkades puisi tanah surga pelantikan pejabat realme 5g terbaru 2023 galaxy tab s9 pt aip bangko pelita wira sejahtera pt trans mitra mandiri surabaya escort olahan kambing tanpa santan xnx berita berita.malayu ferdy sambo eksekusi truk bbm "anak dalam kerinci melayu bajau batin kubu dan penghulu merupakan suku yang berasal dari daerah" mtsn model sungai penuh foto keris kerinci negara dengan siang terpanjang alamat rumah sakit budi graha jambi smk negeri 1 kota sungai penuh foto jual kuda murah kombes pol ayi supardan berita xnnx berita guru penjas thr dan gaji 13 pensiunan 2023 terbaru mesum jilbab bbm iphone 15 kapan rilis dana batrisyia herbal erk kab kerinci peta jambi bumdes plta macan akar cek tagihan pdam tirta sakti oppo y16 kapan rilis iphone 15 pdam tirta sakti jam tangan digital makanan khas kerinci sungai penuh kerinci kota sungai penuh iphone 15 rilis kapan tanggal rilis iphone 15 iphone 15 kapan rilis di indonesia e rk kerinci abg hot kapan iphone 15 rilis di indonesia harga sewa truk angkut barang jadwal rilis iphone 15 erk kerinci luffman mild peta provinsi jambi iphone 15 top skor liga italia rangga pahlawan cilik tagihan pdam tirta sakti slogan caleg muda sppd pejuang subuh "baru menikah dengan fahmi, anggi pilih kabur dengan mantan pacar, buya yahya: itu perempuan rendah dan hina" rilis iphone 15 baju dinas sewa fuso istri uas pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan hp 2 jutaan terbaik 2023 model baju dinas arkine obat iphone 15 rilis erk kabupaten kerinci apakah sholat jumat bisa diganti dengan sholat dzuhur karena hujan pancasila adalah jam tangan digital pria j&t express sungai penuh foto ngentpt akp herman fauzi ajudan moeldoko himakerta batrisyia rangga menyelamatkan ibunya contrue adirozal link rangga viral apakah iphone 15 sudah rilis surat pengunduran diri osis akreditasi baik sekali setara foto selebgram cantik bni sungai penuh tidak shalat jumat karena hujan tanggal launching iphone 15 jadwal bioskop wtc jambi partai ummat pemilik citra raya pasar malam ktc skp online kota sungai penuh wisma alanza kerinci jambi cewek twitter berita penangkapan narkoba terbaru pembantaian suku uighur china villa bukit tirai embun foto peta kota jambi delman skhu smk lapangan merdeka sungai penuh obat arkine rsud mayjen ha thalib kerinci kecelakaan di kerinci pt global danapati niaga pt berkat sawit utama harga booking janda pengganti jarum pentul untuk jilbab cafe kerinci krinci contoh kartu natal sungai medang berita kriminal merangin pt angso duo sawit yunsak el halcon akreditasi baik setara dengan foto ktp dan selfie rokok luffman mild pap tt twitter kapan ip 15 rilis plta kerinci kab kerinci pap anggur merah arkine obat apa siakad stie sak selebgram cantik yandexwwwberitacom vivo terbaru 2023 dipo nurhadi ilham oppo y 16 rahmat wibowo travel safa marwa iphone 15 rilis tahun berapa kwe sungai penuh apakah boleh tidak shalat jumat karena hujan berita perawan tagihan tirta sakti villa tirai embun indihome sungai penuh orang gantung diri di rumah angso duo sawit foto ktp selfie jelas danau kerinci desa tertua di kerinci bigboss4d pengganti jarum pentul kabid propam polda jambi kincai plaza kapan iphone 15 rilis? model iphone 15 berita muara bulian hari ini nuzran joher pt widaka indonesia arkine surat penangguhan pembayaran hukum tidak shalat jumat karena hujan rangga meninggal melindungi ibunya daifus berita kriminal kerinci hari ini rexona hijau cek tagihan pdam kerinci berapa biaya jahit luka pip partai gerindra 2023 kapan cair cek pdam tirta sakti rs melati sungai penuh global danapati niaga iphone apotek sultan sungai penuh surat pengunduran diri dari jabatan struktural ip 15 kapan rilis lirik lagu sungai penuh rexona viral ut kerinci umk jambi cerberita x jam digital tangan warna iphone 15 smp 8 sungai penuh ahmadi zubir contoh surat penangguhan pembayaran rentry co smpn minyak telon cara melihat imei iphone farouk alfero noka coffee info kerinci 021 123 handphone harga draft beer botol 1 dus twitter cewek cek id pelanggan pdam dengan alamat harga ip 15 cerita vina dan eki yang dibunuh geng motor nama orang papua roti kukus jambi kincai adalah harga hp infinix hot 30 bolehkah sholat jumat diganti shalat dzuhur karena hujan affan adrit yohan kecamatan kerinci kisah polwan cantik nyamar ajak buronan menikah bkpsdmd kota jambi sipuhh online sungai togel berita terkini polda jambi cek pdam kerinci bolehkah tidak shalat jumat karena hujan semato berapa gram smpn 8 sungai penuh biaya jahit luka di rumah sakit berita muara bungo hari ini iain kerinci gambar tumor di kaki contoh spesifikasi teknis wamal hayatud dunya spbu kerinci alwan ola riantoby bahaya batrisyia herbal kayu manis terbaik di dunia puskesmas kersik tuo kesbangpol ukt elit fasilitas sulit tari kerinci ip 15 merangin tech bukti transfer 10 juta danau tertinggi di asia nama istri gubernur jambi klinik melati sungai penuh sma 4 sungai penuh video rangga viral bantuan langsung tunai contoh surat penundaan pembayaran apa itu vagina avtub ojol apriodito umar iphone 15 release date jakarta biaya jahit luka robek tugu macan kerinci lumiére resto & lounge kabupaten bungo foto contoh pidato adat kerinci noka experience kota sungai penuh foto goa kasah kerinci kejadian di kerinci statutory rape adalah sma tt gede pelantikan pejabat kota sungai penuh safa marwa kerinci harkomoyo mutasi polda jambi terbaru apotek sultan ratu munawaroh kementerian koperasi dan umkm contoh berita acara kesepakatan berita acara sidang skripsi foto rangga pahlawan cilik warna iphone 15 pro max dej convention hall harga hp oppo terbaru di jambi anggota dprd kerinci pantun, seloko adat jambi omnia jambi polwan nyamar ajak nikah buronan jam tangan digital terbaik manfaat gym untuk wanita masyaallah tabarakallah kontaktor surat pengunduran diri dari osis pita hitam png pap lagi minum anggur merah ciri ciri bullying autophagy danau kaldera tertinggi di asia hukum shalat jumat saat hujan indonesia darurat korupsi pdam kerinci ce ratu nama orang kampung rajawali putra contoh surat pengunduran diri bacaleg foto lagi minum anggur merah spanduk calon kepala desa keren gisel zip tagline caleg muda erk.kerinci robert wijaya permata hijau group jambilink muara emat berita polres kerinci hari ini open booking jambi penangkapan narkoba polres kerinci 2023 terbaru gambar iphone pelantikan jabatan fungsional guru kolam rokok gess sma 2 kerinci tempat nongkrong di sungai penuh bayar pdam kerinci online fidya yusri cara membuka pesan enkripsi end- to end instagram yuli setia bakti bursa transfer resmi smk 5 sungai penuh tanggal berapa iphone 15 rilis berita acara kesepakatan cerita vlog pap random malam pap di alfamart sungai air panas foto selfie ktp cowok zolgensma kata-kata psht buat story wa skincare bening's id pelanggan pdam pasar kerinci pelantikan jabatan fungsional tirai embun kecelakaan kerinci bening's skincare harga hp oppo di jambi tidak jumatan karena hujan photo berita tembakau rokok luffman nomor hp safa marwa jambi sungai penuh jambi arkine harga gaji hansip hukum mematikan lampu saat berhubungan menurut islam wisata kerinci plastik bumerang surat permohonan cicilan pembayaran contoh tanda tangan sppd foto ktp dan selfie dengan ktp mantan istri uas innamal khamru wal maisir lumiere cafe muara bungo build terizla lemon sabu klinik kerinci sehat terminal sungai penuh anggota dprd kabupaten kerinci ukt uin jambi keluru stia nusa sungai penuh dinas pertanian merangin hero baru ml bursa transfer liga italia 2023 provinsi puncak andalas polwan cantik nyamar ajak buronan menikah ce-ratu manfaat susu coklat samsat jambi grand inna kuta berita acara ujian skripsi caleg pdi nomor kamar hotel foto iphone contoh spanduk calon kepala desa foto caleg pdip piala dunia qatar 2022 efaldi aksara incung jambi provinsi mana dprd kabupaten kerinci cream batrisyia extra eksklusif tafyani kasim siapa notomiharjo sebenarnya asafri jaya bakri yandex beritaxx siasatinfo villa bukit tirai embun oppo a16 vs vivo y16 peluncuran iphone 15 eform bri link vina garut chord gitar endang sukmawati sampai jumpa ami taher seks dengan lampu mati rumah sakit budi graha herman koto haryomo dwi putranto suku kerinci harga iphone 15 semerap bank rakyat indonesia hp gaming murah 1 jutaan bukti transfer 2 juta logo man 1 sungai penuh delisya putri kasus peta muara bungo contoh baliho calon kades foto ktp orang jelas gambar sabu peta jambi palembang coblos no 3 abetnego tarigan foto selfie ktp desain logo tongkrongan video gisella harga iphone 15 ultra 2023 noka sungai penuh calon kepala desa nekat perkosa knalpot kelamin yudi putus pln sungai penuh cafe di kerinci vivo y16 vs oppo a16 pasar malam bukittinggi sma terbaik di sungai penuh kapolres kerinci jadwal dalang yusuf anshori juli 2023 bambang soesatyo cerai cara memuaskan suami ketika sedang haid dalam islam honor survei imk bps 2022 istinja adalah unand bunga siulan rokok rama pap alfamart gambar pasien wanita di ruang icu nama nama orang papua foto ktp sama orangnya pap lagi minum alkohol percakapan bahasa kerinci nurdin hamzah donny pasaribu iphone 15 biasa bangko ke kerinci berapa jam desa keluru yanti ngocok memek abg 18 tahun yehuwa batrisyia skincare caleg pdip farouk afero travel bangko kerinci berita kimi hime renah pemetik smk 3 sungai penuh sma negeri 4 sungai penuh foto berbagi harga samsung s9 peronema cafe siulak kerinci stie sak dampak positif judi pucuk jambi batrisyia herbal untuk flek hitam jne sungai penuh pdt handoyo santoso selingkuh tiket pesawat ke kerinci pelantikan pejabat muaro jambi ktp padang oppo lawas tumor kaki rokok titan build claude skylar pendeta gilbert kwitansi obat apotik sigit pamungkas hdci bekasi kuliner sungai penuh nomor pelanggan pdam tidak sholat jumat karena hujan nama anggota dprd kabupaten kerinci produk batrisyia kapan.iphone 15 rilis gempa terkini kerinci tanggal keluar iphone 15 syarat wisuda unja noka cafe tanggal release iphone 15 tarif rsud raden mattaher pdip pecat bacaleg yang diamuk massa gegara hamili anak kandung "kala jokowi pamer kemeja produksi smk jambi: saya pesan 2 bulan lalu, langsung saya pakai" transfer liga italia 2023 drg iwan hendrawan pemilik hasnuri surat permohonan penundaan pembayaran bukti transfer bri 10 juta gambar isi perut wanita iphone 15 pro max warna pap belanja di alfamart video call bukti vcs bokeh anak sd rangga yang menyelamatkan ibunya uas istri nilai maksimal skd orang terkaya di kerinci yang dimaksud threshold adalah * nilai skd tertinggi nama-nama orang kampungan twitter manokwari abg viral tpp khairul saleh shalat jumat tapi hujan noka coffee sungai penuh spesifikasi infinix hot 30 gubernur jambi harga oppo a17 ram 8 berita gaya miring lpse kota sungai penuh apa itu enkripsi end to end instagram jumat hujan iphone 15 rilis tanggal sejarah berdirinya provinsi jambi biaya jahit di rumah sakit ivanda awalina rumah sakit melati sungai penuh pasar bawah bangko jambi kerinci sejarah kerinci berita batanghari muara bulian zumi zola bungo rayo daftar nama orang papua sungai duren jambi surat pengunduran diri bumdes contoh surat pengaduan ke bpjs ketenagakerjaan contoh surat pengunduran diri dari bumdes hasil pertandingan dyrroth mvp gambar paru-paru bocor mobil safa marwa gambar pejuang subuh diranjang gontor ponorogo bokeh suami istri laka lantas muara bungo kime hime agregat kelas a nilai sidang skripsi penghuni terakhir bukit sungai langit rektor uin jambi kingwin247 sholat jumat hujan wakil bupati kerinci pemenang penghuni terakhir pantun seloko adat jambi tanda tangan zainal berita esema lc dibunuh sungaipenuh smp negeri 1 sungai penuh foto joe surya uli kozok global astha niaga fungsi rawang bagi ikan adalah koying lpse kab kerinci pokir adalah dipo ilham bupati kerinci umk jambi 2023 travel kerinci jambi jadwal film bioskop wtc jambi hari ini spesifikasi iphone 15 tips nge-gym monadi bukit khayangan eo keren sering ngupil phenomia hukum mencukur bulu kemaluan logo kota sungai penuh gambar baju dinas surat pengunduran diri dari bendahara sekolah foto atlas ml mvp surat permohonan penangguhan pembayaran apakah boleh mencukur bulu kemaluan sabu 1 kg akreditasi baik sekali setara apa tanda tangan hendra akreditasi baik setara dengan apa total nilai skd rangga bocah pahlawan persyaratan daftar tni ad wik wik asli 24 jam bahasa indonesia kertas layangan harga vivo y16 ram 8 www berita kriminal sungai penuh kerinci rangga aceh blokir jembatan gentala arasy foto smp 11 kerinci cek id pelanggan pdam dengan nama pontang panting sholat jumat diganti dzuhur karena hujan sholat jumat hujan deras bio cf skp online kota sungai penuh login berapa harga jahit luka luffman kasi dinas pertanian merangin cara mengganti shalat jumat karena hujan pt. berkat sawit utama berita rangga viral tiktok murasman travel bungo kerinci cream extra exclusive batrisyia herbal permen esdm kompensasi row xxnx pramugari muhammad imaduddin jambi stadion bumi masurai iphone 15 kapan rilis? pt global astha niaga tanah cogok kerinci berita abg berita tirai embun kerinci hp oppo y16 berita narkoba muara bungo terbaru lufman yandex beritax harga obat arkine 2 mg pemakai sabu rsud kerinci berita muara bungo iphone 15 harga harga sedotan plastik ganti rugi jalan tol jambi-rengat tabarakallah artinya bioskop lippo jambi contoh bpjs proyek dimitar berbatov adat kerinci kepala berdarah bukti pelunasan fif agregat a kereta kerinci kursi krat botol tanda tangan sppd gambar orang kritis di rumah sakit iphone 18 pro max foto motor beat kecelakaan anak rusdi kirana autophagy benefits bukti pengiriman uang bri kwitansi obat dari dokter rokok gess merah penangkapan narkoba malam hari wallpaper iphone 15 pap minum anggur merah dana bos adalah twiter grepe bedeng 12 syarat masuk akademi militer wisata rke hp oppo a17 foto macan akar hujan deras boleh tidak jumatan biaya universitas adiwangsa jambi hukum shalat jumat jika hujan travel safa marwa kerinci tata cara istinja ngaduk semen focebook sungai panuah bintang gym provinsi kerinci harga draft beer asyek hujan shalat jumat kelab atau klub ngejaming patria yuda rahadian sma negeri 2 kerinci terminal kumun cara mencicil mandi junub lpse kerinci 2023 indoxxi brainchild universitas adiwangsa jambi foto oppo a17 ram 8 kapan launching iphone 15 persyaratan administrasi tni ad oppo a17 harga dan spesifikasi biaya masuk akmil hp oppo terbaru vc mesum rangga viral link "laporkan rocky gerung atas dugaan menghina jokowi, ferdinand hutahaean diperiksa polda metro - kompas.com" jadwal xxi wtc jambi hari ini transfer resmi liga italia cupi cupita harga rs budi graha jambi ump jambi 2023 manfaat gym bagi wanita jadwal film bioskop jamtos xxi wtc jambi foto bripka ajeng riana putri lumbung hidup adalah distributor nestle cewek hot twiter munarman vonis eliezer muara bulian febri diansyah rental mobil double cabin jambi hotel di kota baru parahyangan masyaallah tabarakallah artinya adudu rambut logo stie sak nomor id pelanggan pdam surat penangguhan bukti pembayaran fif bukti transfer 3 juta contoh surat penangguhan foto rangga yang menyelamatkan ibunya luffman bold peta provinsi jambi lengkap contoh surat pengunduran diri bendahara contoh surat penolakan permohonan gambar provinsi jambi nama area wajah struktur organisasi gojek surat pengunduran diri bendahara foto syur artis gambar peta provinsi jambi cara melihat id pelanggan pdam gambar sholat berjamaah contoh surat pengunduran diri bumdes foto nomor kamar hotel iphone 15 warna yudi perkosa knalpot peta kabupaten muaro jambi warna iphone 15 ultra foto sabu struktur organisasi tokopedia pematang lumut masjid raya rawang berita kecelakaan logo sman 4 sungai penuh mike yolanda provinsi jambi igedz binaraga harga oppo a17 ram 4 ip 15 pro max harga pemilihan kepala desa btn tiara hidayah gay jambi apakah hujan deras boleh tidak jumatan huruf incung kerinci km kerinci tenggelam km kerinci elfaldi casiavera harga draft beer 1 dus viral di twitter jumatan hujan pap twitter persyaratan daftar tni tipe iphone 15 aldira chena dulu bangko kerinci berapa jam pendaftaran akmil 2023 biaya jahit luka di klinik hujan saat shalat jumat hukum jumatan saat hujan google map kerinci logo sungai penuh sman 6 kerinci tidak bisa shalat jumat karena hujan sungai medang kerinci polsek kerinci apakah hujan boleh tidak shalat jumat jdc jambi apakah shalat jumat bisa diganti dengan sholat dzuhur karena hujan smk negeri 3 sungai penuh kota sungai penuh foto lila zuhara enkripsi end to end ig adalah cafe noka pria premos lapangan merdeka kota sungai penuh foto puskesmas koni tanggal rilis iphone 15 di indonesia harga emas di sungai penuh kerinci hari ini link video vina garut tanggal iphone 15 rilis rke sungai penuh beli chip domino 1000 rupiah hari lida aplikasi esek2 ketagihan diperkosa jamtos xxi foto mt kerinci video biru iphone 15 release date indonesia jadwal bioskop wtc jambi hari ini harga emas 1 mayam di bangko tari rangguk demokrat jambi ce-ratu.com manfaat minyak zaitun untuk payudara industri tembakau plat bh maling kutang ethical hacker indonesia zuraida hanum foto smp berita harga truk mitsubishi canter bungkus korek api tvri air got biawak berkembang biak dengan cara contoh surat penangguhan pembayaran pinjaman bank contoh surat permohonan penundaan pembayaran angsuran nilai twk minimal kayu andong mantan mayang sari pap di kasir alfamart surat penolakan permohonan alat tempa besi bo 350k open bo murah jambi bukti transfer 25 juta logo gunung kerinci model baju dinas terbaru petasan hajatan rokok luffman putih gambar caleg pdip
Back to top button
Translate »
>