Dinas Peternakan Kerinci Bentuk Tim Cek Kesehatan Hewan Kurban

KERINCI, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Kerinci akan membentuk tim untuk mengecek kesehatan hewan kurban hari raya Idul Adha tahun 2013 ini. Tim juga akan mensosialisasikan cara memilih hewan kurban yang sehat dan memenuhi syarat kurban.
Aryan, Kabid Kesehatan Hewan Disnakan Kerinci mengatakan, tim itu terdiri dari dokter hewan dan petugas Disnakan. Mereka akan terjun langsung menemui panitia kurban di Masjid-masjid 16 Kecamatan di Kabupaten Kerinci.

Tim yang terdiri dari 5 orang per Kecamatan ini akan memberikan petunjuk teknis kepada panitia kurban tentang cara memilih hewan kurban yang sehat dan memenuhi syarat kurban.
“10 hari sebelum pemotongan kita turun ke pantia kurban di Masjid-masjid. Kalau sudah ada hewan kurbannya kita cek kesehatannya, kalau tidak layak masih ada waktu untuk menggantinya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, jika penyakit hewan merupakan penyakit menular, maka tim akan merekomendasikan agar hewan tersebut tidak disembelih. “Kalau hanya luka biasa, maka dilihat lagi apakah memenuhi syarat kurban atau tidak. Hewan kurban tidak boleh sembarangan,” jelasnya.

Disnakan kata Aryan juga akan mengeluarkan surat edaran kepada panitia kurban yang berisi himbauan agar memilih hewan kurban yang sehat dan layak dipotong.”Kita juga menghimbau, sebelum dipotong hewan kurban dijaga kesehatan dan kebersihan hewan dan kandangnya,” ucapnya.

Sehari sebelum pemotongan tim akan kembali mengecek kesehatan hewan kurban agar daging yang dikonsumsi masyarakat layak konsumsi.”Sehari sebelum disembelih kesehatan hewan akan dicek,” pungkasnya.(jambi ekspres)

There are no comments yet

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful