Gas Elpiji 3kg Mulai Menghilang di Pasaran

Kerincitime.co.id, Kualatungkal – Tiga hari terakhir, ibu-ibu rumah tangga di Kualatungkal resah. Pasalnya, ketersediaan gas elpiji ukuran 3 Kg di toko-toko kecil (kelontong eceran) mulai menghilang. Pantauan media di lapangan, di beberapa toko kecil yang biasanya menjual eceran gas elpiji 3 Kg memang terlihat sepi. Sebagian besar, para pemilik toko hanya memajang tabung-tabung gas yang sudah kosong.

‘’Hilangnya pasokan gal elpiji 3 kg, disebabkan kurangnya pasokan tabung gas dari provinsi,’’ ujar Rudi, pedagang Kelontong kecil di Jalan Sriwijaya Kualatungkal.

Menurutnya, dengan kelangkaan gas elpiji ukuran 3kg, ia mesti mensiasati penjualan hanya untuk pelanggan rutin. “Harganya juga naik jadi Rp 25 ribu. Itupun kita jual kepada pelanggan yang sudah akrab. Kalau tidak, ya terpaksa tidak kita layani, soalnya ngambilnya juga susah,” terangnya.

Akibat kelangkaan ini, para ibu-ibu rumah tangga juga dibuat kelimpungan. Sebagian dari mereka mulai mengakali penggunaan kompor dengan alat elektronik. “Sekarang mau dak mau kita masak pakai Ricecoooker supaya hemat gasnya untuk masak lauk saja. Kami terpaksa beli air galon. Padahal biasanya jarang saya beli dan milih masak air sendiri,” ujar Ani, warga Jalan Sriwijaya Kualatungkal.

Meski sempat dilakukan sidak pasar oleh Pemkab, kenyataanya harga gas elpiji baru stabil hingga beberapa bulan kemudian. Kini kondisi memprihatinkan tersebut bisa segera diantisipasi pihak-pihak terkait terutama dengan memperketat pengawasan distribusi gas Elpiji 3kg yang rawan diselundupkan ke wilayah pulau-pulai oleh segelintir oknum-oknum yang ingin meraup keuntungan pribadi.(je/sun)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful