Gubernur Sumbar Siap Dukung Program HKKN Kembangkan Wisata Kerinci-Sumbar

Kerincitime.co.id, Berita Padang – Jum’at (22/6) siang di Padang dilakukan pertemuan Ketua Umum HKK NASIONAL Brigjen. Pol. Drs. H. Syafril Nursal, SH. MH. dengan Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, M.Si. Hadir mendampingi Bapak Gubernur sejumlah Kadis dan Kabid Pemprov Sumatera Barat.

Sementara itu, Ketum HKK NASIONAL didampingi oleh Ketua Harian Dr. H. Basyarudin Thayib, M.Pd, Sekjen Porseda Risman, S.E., MBA, Ketua Bidang Pariwisata H. Alven Stony, S.IP, Ketua Bidang Pengembangan Usaha dan Ekonomi H. Tafyani Kasim, B.A., yang sekaligus Ketua HKK Sumatera Barat, Ketua Kompartemen Bidang Pengembangan Usaha dan Ekonomi Dr. Zulherman, Kadis Pariwisata Kota Sungai Penuh Zulwachdi, MM, Asisten Bidang Ekonomi & Pembangunan Kabupaten Kerinci Bambang Karyadi, SP. Msi.

Gubernur Sumbar menyambut baik program-program HKK NASIONAL, terutama rencana Conecting Pariwisata Kerinci-Sumbar. Gubernur mendukung usulan Tour de Singkarak melintasi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Untuk itu Pemda Kerinci dan Sungai Penuh diminta mengirim surat kepada Gubernur Sumatera Barat untuk dijadikan lampiran surat usulan kepada Pemerintah Pusat. Gubernur mengingatkan agar jalan lintasan tour harus memenuhi syarat dan standard yang sudah ditentukan, dan disamping itu harus tersedia hotel/penginapan yang layak.

Gubernur Sumbar juga bersedia membantu masalah transportasi Padang-Kerinci. Gubernur Irwan Prayitno akan membantu dan memfasilitasi connecting pesawat dari Padang ke Kerinci yang meliputi maskapai seperti Garuda, Lion/Wings atau Sriwijaya.

Menanggapi masalah kekurangan listrik Kerinci dan Sungai Penuh, Gubernur Sumbar mengatakan bahwa kapasitas listrik di Sumbar sangat berlebih, dan malahan Sumbar saat ini menyumbang daya listrik bagi Provinsi Riau dan Sumatera Utara. Karenanya jika listrik dari Sumbar bisa di-connecting-kan ke Kerinci-Sungai Penuh secara keseluruhan masih sangat cukup. Pemda Kerinci dan Sungai Penuh diminta agar melakukan pembicaraan khusus dengan pihak Sumbar berkenaan masalah listrik ini.

Selanjutnya, Ketum HKKN mengusulkan agar pelabuhan laut Muaro Sakai, Pesisir Selatan bisa diaktifkan kembali agar dapat mendukung perekonomian daerah di sekitarnya yaitu Kerinci-Sungai Penuh, Pesisir Selatan dan Solok Selatan. Menanggapi hal itu, Gubernur Irwan Prayitno akan segera melakukan pengecekan ke lokasi pelabuhan lama yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan tersebut. (jia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful