IAIN Kerinci Tandatangani MoU Dengan Universitas Pannonia Hungaria

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci terus memperkuat kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi (PT), baik PT dalam negeri maupun luar negeri. Kamis (16/11) lalu IAIN Kerinci menandatangani Memori of Understanting (MoU) dengan dua universitas sekaligus, yakni Universitas Jambi dan Universitas Pannonia University Hungary.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dekan FTIK, Dr. Dairabi Kamil, M.Ed dan Direktur Propram Pascasarjana, Dr. Ahmad Jamin, M.Ag. Sedangkan dari Universitas Jambi dan Universitas Pannonia Hungaria diwakili oleh Ketua Program Studi Kependidikan Pascasarjana, Amirul Mukminin, P.hD dan Dekan Faculty of Modern Philology and Sosial Sciences, Prof. Dr. Judit Navracsics. Acara yang berlangsung di ruang pertemuan kampus utama IAIN Kerinci ini disaksikan Wakil Rektor I, Drs. Bahrum, M.Ag.

Ketua Program Studi Kependidikan Pascasarjana UNJA, Amirul Mukminin dalam sambutannya mengatakan, pihaknya siap membantu dosen IAIN Kerinci untuk meningkatkan publikasi ilmiah di dunia internasional. “Saat ini ada 5 orang dosen IAIN Kerinci yang menempuh pendidikan doktoral di UNJA. Kami akan fasilitasi agar mereka menyelesaikan studi selambatnya 3,5 tahun dan setidaknya memiliki satu publikasi ilmiah di tingkat internasional,” katanya.

Sementara itu, Dekan FTIK Dairabi Kamil mengatakan, bentuk kerja sama antara IAIN Kerinci dengan UNJA dan Universitas Pannonia Hungaria tidak terbatas pada publikasi ilmiah saja, tapi juga pertukaran dosen dan pelajar, penelitian kolaboratif, konferensi bersama dan sebagainya. “Ini merupakan pertemuan awal, bagaimana bentuk kerja samanya nanti akan kita rumuskan kembali, yang jelas dengan kerja sama ini,” katanya.

Senada dengan Dekan FTIK, Direktur Program Pascasarajana IAIN Kerinci, Ahmad Jamin berharap kerja sama ini dapat meningkatkan tri dharma perguruan tinggi di lingkungan IAIN Kerinci. “Bentuk kerja samanya nanti bisa macam-macam, bisa di bidang penelitian, atau pengabdian masyarakat. Terutama yang kita harapkan di bidang pendidikan seperti pemberian beasiswa S2 dan S3 oleh Pemerintah dan Universitas Pannonia Hungaria bagi alumni IAIN Kerinci,” katanya.

Acara ditutup dengan kuliah umum oleh Dekan Faculty of Modern Philology and Sosial Sciences University of Pannonia Hungaria, Prof. Dr. Judit Navracsics yang memaparkan budaya riset di Hungaria.

Seperti dilansir okezone.com, Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, Judit Nemeth-Pach menyatakan negaranya memiliki sistem pendidikan maju, salah satu yang terbaik di Eropa. Hungaria memiliki lapangan pendidikan yang beragam, dengan fokus yang kuat pada sains dan teknik. Majunya pendidikan Hungaria terbukti dengan predikatnya sebagai gudangnya peraih hadiah nobel.

“Populasi Hungaria hanya sekitar 10 juta jiwa, namun kami memiliki 13 pemenang nobel,” ujar Dubes Judit, memaparkan presentasi di Ruang Executive Lantai II Universitas Janabadra Yogyakarta baru-baru ini.

Oleh karena itu, kerja sama antara IAIN Kerinci dengan Universitas Pannonia Hungaria ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di IAIN Kerinci serta memotivasi civitas akademika IAIN Kerinci untuk lebih giat melakukan riset dan penelitian dengan output publikasi ilmiah di tingkat internasional. (iainkerinci.ac.id/ija)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful