Korban Kebakaran Lempur Tengah Merayakan Kemerdekaan Ditengah Puing Puing Bencana

Berita Kerinci, Kerincitie.co.id – Bencana kebakaran yang meluluh lantakkan 62 buah rumah warga di  Lempur Tengah Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci menyisakan  derita  bagi korban  dan menimbulkan trauma dan kenangan pahit  bagi  bocah bocah warga Lempur Tengah.

Bencana Kebakaran yang terjadi hari  Sabtu 8 Agustus yang lalu meninggalkan kepedihan yang teramat mendalam bagi para korban musibah  kebakaran, Data dari Posko  penanggulangan Bencana  dan Dapur Umum menyebutkan rumah yang  hangus terbakar  sebanyak  62   rumah dan 2 buah lumbung padi. Dari jumlah tersebut 42 rumah hangus terbakar, 5 unit rusak sedang dan 2 unit rusak ringan.

Jumlah korban yang  menderita akibat  bencana kebakaran sebanyak 78 Kepala Keluarga terdiri dari 119 pria dan 122 wanita dengan total jumlah warga yang kehilangan tempat berteduh 242 jiwa.

Para korban  sebagian  hingga saat ini masih ditampung  di tenda tenda darurat dan  di rumah rumah keluarga dan kerabat dekat, dan hingga  selasa sore untuk keperluan makanan masih dilayani  melalui  dapur umum .

Informasi yang diperoleh dari para korban dilapangan menyebutkan bahwa  penanganan  darurat  dijadwalkan akan berakhir  sabtu  minggu ini, sementara  para  korban  masih sangat berharap agar tanggap darurat agar diperpanjang  dengan berbagai pertimbangan kemanusian.

Menurut  salah seorang korban kebakaran, hingga saat ini  mereka belum  mendapatkan pelayanan optimal, bahan makanan sebagian  memang sudah  mereka terima,  namun hingga  10 hari setelah bencana   bantuan  alat rumah tangga seperti kompor, periuk untuk memasak dan kuali belum  ada sama sekali, jika tanggap darurat atau dapur umum  ditutup lalu dimana mereka mau memasak.

Selain itu   sebagian besar para korban kebakaran  tidak lagi memiliki  rumah dan alat alat rumah tangga karena semuanya sudah habis hangus terbakar, dan hingga saat ini  bantuan bahan bangunan rumah (BBR) hingga  hari ini belum  sampai  ketangan para korban, dan  beberapa kepala keluarga  hinggga selasa sore kemaren masih bertahan  didalam tenda tenda darurat yang sungguh sangat sederhana.

Pantauan dilapangan terlihat sejumlah  anak anak usia sekolah  korban bencana kebakaran sebagian besar hingga saat ini belum mengikuti proses pendidikan, mereka tidak memiliki  sarana prasarana untuk  sekolah, jangankan buku  baju dan sepatu, STTB dan Raport pun semua terbakar ludes, sebagian  anak anak usia  sekolah dasar  terlihat trauma  dan masih di liputi rasa kesedihan yang teramat mendalam.

Untuk Pakaian layak pakai dan kebutuhan  sembako hingga saat ini  dapat diatasi, namun untuk jangka panjang  para korban kebakaran hingga saat ini  belum dapat memastikan kemana mereka akan berteduh.

Para korban bencana kebakaran Lempur Tengah Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci berharap agar  Pemerintah Propinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk segera menyalurkan dan mendirikan  rumah  sederhana untuk mereka berteduh, warga juga berharap agar pihak TNI  (KODIM 0417 Kerinci ) dan Polisi untuk  melakukan  bhakti sosial  bersama warga dan korban bencana kebakaran membangun rumah sederhana   untuk tempat berteduh terutama agar anak anak mereka dapat hidup nyaman dan dapat melanjutkan pendidikan .

Tidak seperti masyarakat lainnya yang dapat merayakan peringatan detik detik Proklamasi/HUT Kemerdekaan RI ke 70, tahun ini  para korban bencana kebakaran  hanya mampu menaikkan bendera merah putih di lokasi perkampungan mereka yang telah hangus terbakar.

Data yang dihimpun dari Posko  di Lempur Tengah  menyebutkan bahwa  jenis dan jumlah bantuan yang telah diterima dan yang akan diterima dari Pemerintah Kabupaten Kerinci cq SKPD terkait antara lain lain ialah atap seng 30 Kodi, seng polos 7 kodi,kayu-papan 30 Meter kubik, semen 300 zak,triplek 150 lembar,selimut 450  lembar ,terpal plastik 500 unit, air minera,mie instand 106 dus, bantuan ini dikabarkan berasal dari BPBD Kabuaten Kerinci,

Sedangkan dari Dinas Sosnakertrans berupa minyak goreng 2 dus, sarden 72 buah,food war 15 paket,kids were 12 paket, beras 4,7 ton. sedangkan  uang kontan  spontanitas dari sumbanga PNS dan sumbangan Bupati Kerinci sebesar Rp. 11 Jut dan dari kepala SKPD sebesar Rp.3 Juta. Total sumbangan yang diterima hingga tanggal 10 A gustus dari  spontanitas  PNS sebesar  Rp.14 Juta , jumlah ini diluar bantuan sembako dan Bahan Banguna Rumah yang direncanakan akan dibantu melalui BPPD Kabupaten Kerinci yang hingga saat ini belu diterima oleh korban kebakaran.

Direktur Eksekutif Lembaga Bina Potensia/ Budayawan Bj Rio Temenggung   secara pribadi telah  mengirim  pesan singkat kepada Anggota dan Pengurus HKK se Indonesia dan Pengurus MPK-Indonesia  untuk  turun tangan  membantu sanak saudara kita warga  Lempur tengah

Sejumlah Anggota HKK dan MPK- Indonesia  telah memberikan respon positif, dan saat ini anggota HKK dan MPK- Indonesia  tengah mengumpulkan  sumbangan sebagai sebuah gerakan moriel  membantu sesama warga alam Kerinci

Melihat  banyaknya  jiwa yang kehilangan tempat tinggal dan kehilangan harta  benda ,  secara pribadi saya menyarankan  agar  para Dermawan Donatur yang berminat membantu agar membantu kebutuhan yang prinsipil seperti membantu  tambahan biaya  pembangunan rumah sangat sederhana , bantuan sarana pendidikan berupa  pakaian sekolah, buku buku  dan alat tulis termasuk sarana dan prasarana ibadah bagi warga korban bencana kebakaran, selain itu perlu dipertimbangkan untuk membantu modal usaha  bagi masyarakat korban bencana kebakaran Lempur Tengah, untuk jangka panjang sebaiknya  pemerintah dan dermawan memberikan  mereka  pancing bukan selalu memberikan  mereka ikan.

Tak kalah pentingnya  agar pihak Dinas Pendidikan Propinsi Jambi dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci untuk  mengirimkan  guru guru conseling(BK) untuk  memulihkan semangat anak anak  korban bencana kebakaran disamping memberikan sarana dan prasarana kebutuhan sekolah bagi mereka.( Aditya.Budhi.Vj)

There are no comments yet

    ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful