Pertama Kali Terbit Buku Sejarah Kebudayaan Islam Alam Kerinci

Budhi Vrihaspathi Jauhari

Budhi Vrihaspathi Jauhari

kerincitime.co.id – Kota sungai penuh
Dalam rangka untuk menjawab tantangan dan kebutuhan akan bahan bacaan bagi mahasiswa dan pelajar di Kabupaten kerinci dan Kota Sungai Penuh dan untuk memperkenalkan perkembangan kebudayaan islam di alam kerinci lembaga bina potensia menerbitkan dan akan melauching “Sejarah Kebudayaan Islam Alam Kerinci”.

Penulis buku budhi vrihaspathi jauhari menyebutkan hingga saat ini sangat sedikit buku atau literature yang membahas tentang sejarah kebudayaan islam di alam kerinci, penerbitan buku ini bekerjasama dengan kantor kementrian agama Kabupaten Kerinci. Menurut budhi berdasrkan catatan sejarah  menyebutkan lebih dari  delapan  abad agama Islam telah tumbuh dan berkembang di alam Kerinci,(Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh). Bersamaan dengan masuknya agama Islam di alam Kerinci, penyebar agama Islam datang dari daerah  Minangkabau,  mereka dikenal dengan sebutan “Siyak”. Ada 7 (tujuh) orang  Siyak  yang  terkenal pada saat itu, ketujuh orang siak itu adalah : Siyak Jelir di Koto Jelir (Siulak), Siyak Rajo di Sungai Medang, Siyak Ali di Koto Beringin (Sungai Liuk), Siak Sati di Koto Jelatang (Hiang), Siak Baribut di Koto Merantih (Tarutung), Siak Ji (Haji) di Lunang, Siyak Majidin (Imam Majidin) di Koto Majdin.

SUARDIN(Kiri)LIBERTY(tengah)EKA PUTRA(Kanan)

SUARDIN(Kiri) LIBERTY (tengah) EKA PUTRA(Kanan)

Fakta sejarah  mengungkapkan  bahwa sampai  akhir  abad ke-18  di setiap  dusun dusun  di alam Kerinci  telah berdiri  bangunan  rumah ibadah , dan pada pada pertengahan abad ke 20  hingga awal  abad  ke 21  telah berdiri  masjid  masjid dan surau – surau  dalam berbagai corak yang ber-aksitektur Islam dan arsitektur modren. Kata budhi Vijai.

Masuknya agama  Islam yang di syiarkan oleh para Syekh dan ulama ulama di alam Kerinci berlansung secara damai, perubahan  tatanan  kehidupan  masyarakat di alam Kerinci secara evolusi terus mengalami perubahan.

Lebih lanjut budhi vijai mengemukakan bahwa dalam perspektif Seni arsitektur yang tumbuh dan berkembang  di  alam Kerinci menunjukkan adanya  perpaduan antara seni tradisional dengan budaya Islam, hal ini dapat kita lihat dari arsitektur masjid masjid kuno yang tersebar di alam Kerinci seperti Mesjid Agung Pondok Tinggi, Mesjid Keramat di Pulau Tengah, Mesjid Kuno di Desa Tarutung, Mesjid Mesjid kuno yang ada di daerah Lempur, dan di daerah Lolo. Mesjid mesjid kuno ini menunjukan ciri ciri khusus yang yang berbeda dengan mesjid mesjid yang  ada di Timur Tengah.

Kekhususan gaya arsitektur ini  dapat kita lihat pada bentuk atapnya yang bertingkat lebih dari satu, dan memiliki corak ukiran yang unik dan mengandung nilai-nilai kearifan lokal yang dipadukan dengan berbagai motif geometris dan motif tumbuh – tumbuhan menjadi ornamen  yang  memiliki nilai seni yang tinggi dalam bentuk desain ornamental  sebagai karya seni dekorasi Islam yang terdapat hampir di seluruh negara negara Islam di dunia termasuk di alam Kerinci.

Demikian halnya pada interior masjid berupa dinding-dinding  dan  tiang kayu yang didominasi dengan ukiran khas Kerinci, motif sulur-suluran, hiasan geometris, dan pada bagian lain dinding  juga  terdapat ukiran terawangan yang juga berfungsi sebagai  Ventilasi udara dan memiliki atap berbentuk tumpang 3 (tiga).

Pada bagian atasnya terdapat mustaka yang puncaknya dihias dengan bulan sabit dan bintang. Dinding masjid terbuat dari kayu dan dihias dengan ukiran motif flora dan mempunyai kisi-kisi yang berfungsi sebagai ventilasi.

Untuk mengenal sejarah perkembangan Kebudayaan Islam di Alam Kerinci ( Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh), kami mencoba menyusun dan menerbitkan buku Sejarah Kebudayaan Islam di Alam Kerinci.imbuh budhi vijai.

Buku  ini,  meski dengan segala kekurangan dan keterbatasan kami persembahkan bagi setiap orang yang ingin mengetahui gambaran perkembangan dan kebudayaan Islam yang tumbuh  dan berkembang di alam Kerinci  dan harapan kami mudah mudahan  buku sederhana ini dapat bermanfaat bagi sidang pembaca.

Ketua DPRD  Kabupaten Kerinci H Liberty Spd.MH menyambut baik dan mendukung ide dan gagasan penulis yang telah  berinisiatif untuk menerbitkan buku sejarah kebudayaan islam di alam kerinci

Menurut liberty buku yang di tulis dan di susun oleh Saudara Budhi Vrihaspathi Jauhari, dan kawan kawan merupakan sebuah  jawaban atas kebutuhan masyarakat terutama generasi muda yang dirasakan semakin dibutuhkan sehubungan dengan tumbuhnya kesadaran dikalangan  umat Islam  khususnya, terutama dikalangan  generasi muda, mahasiswa dan pelajar di alam Kerinci yang semakin  tumbuh kesadarannya untuk memahami, mempelajari dan mengamalkan  ajaran  ajaran Islam.

Kita juga menyadari bahwa Islam sebagai agama yang mempunyai catatan yang  cemerlang  dan  kandungan sistim ajaran yang lengkap, termasuk Sejarah  dan Perkembangan Kebudayaan Islam di alam Kerinci, sudah sepatutnya didukung oleh informasi dan  kepustakaan yang memadai.imbuh Liberty.

H Liberty mengakui bahwa kita akui alam Kerinci mempunyai banyak intelektual dan ilmuawan yang  secara khusus  mendalami Islam, Alam Kerinci (Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci) juga mempunyai barisan ilmuawan dan intelektual yang disamping menguasaai bidang ke ahliannya juga mempunyai wawasan dan komitmen yang kuat terhadap kemajuan agama Islam di alam Kerinci,  seandainya  semua potensi ini di satu padukan,  maka akan terjadi sinergi  yang indah untuk bersama sama membagi keunggulan kepada umat yang lebih luas dalam kerangka ” Mencerdaskan  dan memajukan  kebudayaan  dan peradaban masyarakat  di  alam Kerinci ” yang telah sejak lama telah memiliki  akar sejarah kebudayaan dan peradaban tinggi .

Secara  pribadi  saya  mengharapkan  agar buku yang disusun dan di tulis oleh saudara Budhi Vrihaspathi Jauhari  dan kawan kawan  kedepan agar dikaji  lebih  lanjut dan lebih  disempurnakan oleh tim pakar termasuk para sejarawan, budayawan dan para sesepuh / tokoh adat di alam Kerinci.Kata H Liberty Spd.

Mudah – mudahan dengan diterbitkannya buku Sejarah Kebudayaan Islam di alam  Kerinci ini akan semakin menambah kesemarakan penerbitan buku buku Islam sekaligus untuk meningkatkan kegairahan umat Islam di alam Kerinci untuk mendalami ajaran   agama  yang  telah  kita  yakini  kebenarannya

Kepala  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci Drs Suardin Muhammad mengemukakan bahwa Dewasa ini, kebutuhan akan adanya buku sejarah perkembangan dan kebudayaan Islam di alam Kerinci semakin dirasakan dan semakin mendesak sehubungan dengan semakin tumbuhnya kesadaran dikalangan umat Islam untuk mendalami perkembangan Islam dari masa-kemasa baik secara umum maupun secara  khusus, lebih-lebih bagi kalangan pelajar, mahasiswa dan bagi para pendidik.

            Kita  juga menyadari betul bahwa perkembangan dakwah Islam di alam Kerinci mempunyai catatan sejarah yang cemerlang, dan tidak dapat dipungkiri bahwa  dimasa awal perkembangannya,  Islam  di alam Kerinci ditandai dengan banyaknya ulama-ulama  alam Kerinci yang menimba ilmu dan mempelajari ajaran Islam di Tanah Suci Mekah, disamping itu  juga terdapat berbagai bukti peninggalan sejarah kebudayaan Islam yang bernilai seni tinggi di  alam Kerinci.

            Dari sudut pandang yang lain saya melihat bahwa selama ini  sangat sulit  bagi kita untuk  menemukan buku yang secara khusus  menulis tentang  Sejarah Kebudayaan Islam di alam Kerinci, Kehadiran buku yang disusun oleh Saudara Budhi Vrihaspathi Jauhari  diharapkan  dapat  menjadi salah satu literatur yang dibaca dan dipelajari oleh umat Islam, khususnya bagi para Pelajar dan Mahasiswa  yang ada di alam Kerinci.ujar Drs Suardin Muhammad.

            Setelah saya menyimak edisi percobaan buku Senarai Sejarah Kebudayaan Islam di alam Kerinci,  saya  melihat isi buku ini cukup bagus walaupun masih banyak terdapat kekurangan  dan dengan  tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan penyempurnaan  dimasa-masa yang akan datang. Kata Suardin Muhammad.

            Selaku pribadi dan selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setulus tulusnya kepada Lembaga Bina Potensia Aditya Mahatva Yodha –Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci yang telah menerbitkan buku ini

Assallammu,allaikum.Wr.

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa  karena atas perkenan-Nya  jua, kita masih diberi waktu untuk menjalankan ibadah  kemanusiaan  melalui tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Alhamdulillah, saya menyambut baik dan mendukung ide dan gagasan Saudara Budhi Vrihaspathi Jauhari Gelar Rio Temenggung Tuo dan kawan kawan yang telah menyusun dan menerbitkan “Senarai Sejarah Perkembangan Kebudayaan Islam di Alam Kerinci”, Saya yakin bahwa buku ini akan memberikan manfaat yang besar bagi sidang pembaca khususnya bagi para Siswa dan Mahasiswa di alam Kerinci agar mereka mengenal dan memahami sejarah perkembangan kebudayaan Islam di alam Kerinci. Disamping itu kita di Propinsi Jambi khususnya di alam Kerinci (Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci) merasakan masih kurangnya kepustakaan umum yang membicarakan Sejarah perkembangan Kebudayaan Islam dari berbagai segi dalam suatu seri kepustakaan di lembaga lembaga pendidikan di alam Kerinci.

Diakui selama ini  kita masih kekurangan literature-literatur tentang sejarah perkembangan kebudayaan Islam di alam Kerinci. Sejarah awal perkembangan dakwah Islam di alam Kerinci hanya kita dengar dari tutur dan cerita turun temurun yang disampaikan dari mulut kemulut. Dalam arti kata selama ini Sejarah perkembangan dan  kebudayaan Islam di bumi sakti alam Kerinci sangat perlu diterbitkan sebuah buku yang menjadi acuan untuk mengokohkan perkembangan Islam di kerinci dan diharapkan menjadi referensi untuk kesempurnaan berikutnya.

Dengan terbitnya buku yang ditulis oleh Sdr.Budhi Vrihaspathi Jauhari. dan kawan kawan, suatu hal yang patut di apresiasi adalah kemauan yang kuat dari penulisnya, meski masih memiliki banyak kekurangan yang harus disempurnakan untuk masa-masa yang akan datang,  akan tetapi  saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada penulis yang telah menerbitkan buku ini dengan keterbatasan yang penulis miliki, namun penulis  telah berupaya untuk menghadirkan buku ini ketengah tengah  sidang pembaca.

Ketua Jurusan Syari’ah  dan Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN )Kerinci Eka Putra SH,MpdI dalam kata pengantarnya mengemukakan menyambut baik penerbitan buku Sejarah Kebudayaan Islam di alam Kerinci yang digagas oleh Saudara Budhi Vrihaspathi Jauhari dan kawan kawan, saya yakin bahwa buku yang diterbitkan oleh Lembaga Bina Potensia Aditya Mahatva Yodha  Kota  Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat di alam Kerinci khususnya  bagi  generasi muda, mahasiswa,dan para pelajar di alam Kerinci.

            Disamping itu kita di alam Kerinci merasakan masih kurangnya kepustakaan umum yang membicarakan Sejarah dan Perkembangan Kebudayaan Islam di alam Kerinci.

            Setelah saya membaca draft buku yang diberikan oleh penyusun, saya melihat bahwa buku ini masih banyak yang masih perlu disempurnakan, akan tetapi kita patut menghargai kemauan penulis untuk menyusun buku ini,

            Meskipun demikian, perlu disadari bahwa buku yang memaparkan Sejarah  dan  Kebudayaan Islam di alam Kerinci yang di susun oleh penulis merupakan informasi awal yang sangat berharga bagi masyarakat  khususnya bagi generasi muda, mahasiswa dan  pelajar di alam Kerinci, oleh karena itu kedepan  masih  sangat terbuka luas untuk melakukan penyempurnaan  dan  perluasan  atas isi buku ini.(ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful