Surat Suara Banyak Rusak

Kerincitime.co.id, KERINCI – KPU Kerinci kemarin (28/8) mulai melakukan penyortiran kertas suara untuk Pilkada 08 September 2013 mendatang. Pantauan Jambi Ekspres puluhan kertas suara rusak karena noda tinta kuning yang meleber dan foto calon ada bintik hitam.

Ketua KPU Kerinci, Mulfi saat dikonfirmasi mengaku belum mendapat laporan mengenai kerusakan kertas suara tersebut. Menurutnya, penyoritan dan pelipatan surat suara kemarin baru uji coba dengan menggunakan tenaga staf KPU.

“Maksudnya uji coba kemampuan satu orang berapa bisa melipat kertas suara berapa lembar,” katanya.

Jika diketahui kemampuan satu orang melipat kertas suara, maka KPU akan mengadakan tenaga kerja untuk melipat kertas suara. “Kalau sudah tahu kemampuan satu orang, tinggal hitung berapa kita butuh tenaga,” ucapnya.

Proses penyortiran dan pengepakan tersebut juga mendapatkan pengawalan ketat dari pihak Polres Kerinci. Proses penyortiran surat suara ditargetkan sudah harus siap sebelum H-3, karena pada H-3 logistik semuanya sudah sampai di PPK untuk diteruskan ke PPS.

Pendistrbusian logistic seperti kotak suara, bilik suara, formulir kelengkapan TPS lainnya akan dimulai 1 September. Tapi untuk surat suara dilakukan saat masa tenang.

Sedangkan untuk jumlah surat suara yang sampai di KPU tersebut yakni sebanyak 200.137 lembar ditambah 2,5 persen. “Kertas suara ini spesifikasinya security paper dan security printing,” tandasnya.

Salah satu staf KPU yang melakukan penyortiran juga membenarkan adanya surat suara yang rusak tersebut.

“Belum tahu apakah ini termasuk kertas suara yang rusak apa tidak, komisioner yang menentukan. Diruangan ini baru 30 kertas suara yang kena noda kuning dan bintik hitam. 1 kotak kertas suara isinya 2.000 lembar,” katanya.

There are no comments yet

    ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful