Traning Of Trainer Aksara Incung Digelar Di Umah Empat Jenis

Depati Alimin bersama Depati Amirsyam

Depati Alimin bersama Depati Amirsyam

Kerincitime.co.id, Sungai Penuh – Hari ini sabtu 15/2 sejak pukul 09.30 wib digelar TOT training Of trainer Aksara Incung dengan pemateri Tokoh Budayawan alam kerinci Depati Alimin, dengan peserta mashasiswa seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan swasta di Alam Kerinci, juga hadir Guru SMP dan SMA di Kota Sungai Penuh, termasuk Dinas terkait.

John Afriza salah seorang inisiator Acara kepada kerincitime.co.id menjelaskan bahwa acara tersebut digelar untuk melestarikan asset budaya kerinci yang hamper punah, diperlukan adanya orang yang mampu dan mendapatkan ilmu incung untuk generasi berikutnya. Setelah bapak Depati Alimin dan Iskandar Zakaria.

Salah seorang peserta TOT Dra. Maryati bersama Hj. Afrida, S.Pdi mengungkapkan bahwa aksara incung ini sangat perlu dilestarikan, sebab aksara incung ini hampir punah, “perlu gerakan budayawan untuk kegitan ini, sangat bermanfaat, agar budaya ini tetap lestari, bayangkan tidak ada lagi genera yang mengerti, aksara ini akan punah” tegasnya kepada kerincitime.co.id.

Amirsyam Salah seorang tokok kerinci, meminta agar ada pelajaran muatan lokal di sekolah yang ada di kerinci dan kota sungai penuh, dinas pendidikan terkait harus mampu mengambil peran, “jangan di abaikan akar budaya, caba lihat bali, kuatnya akar budaya, sudah saatnya kerinci dan sungai penuh untuk bangkin, sebab budaya akarpenyatuannya lebih kuat dibanding yang lain” tegas amirsyam.(ton)

There are no comments yet

    ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful