HOT NEWSKerinciPendidikanSungai Penuh

Alih Status Tuntas, Ini Yang Akan Dilakukan Oleh STAIN Kerinci

Ketua STAIN Kerinci, Dr Y Sonafist MA
Ketua STAIN Kerinci, Dr Y Sonafist MA

Berita Kerinci, Kerincitime.co.id – Peningkatan status STAIN Kerinci menjadi IAIN Kerinci sudah diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 74 tahun 2016. Ketua STAIN Kerinci, DR Y Sonafist melalui Kabag Administrasi Umum, Akademik dan Keuangan (AUAK) Ahmad Yani mengatakan saat ini tinggal menunggu pengesahan lembaran negara dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham).

Ia mengataka untuk proses akademik selanjutnya tahap awal, yakni Ketua STAIN Kerinci Dr Y Sonafist MAg akan dilantik menjadi Rektor setelah pengesahan lembaran negara dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) dikeluarkan.

“Tahap pertama pelantikan ketua jadi Rektor. Yang jadi rektornya otomatis ketua STAIN saat ini, pak Sonafist” ujarnya.

Baca juga:  Hutri Randa Nahkodai KNPI Sungai Penuh Periode 2021-2024

Diperkirakan pelantikan dilaksanakan di Kementerian Agama di Jakarta dalam bulan Agustus 2016 ini. Setelah pelantikan rektor, kata dia, barulah dilakukan pembentukan fakultas hingga jurusan serta pembentukan dan penetapan struktur pejabat.

Selain itu untuk tahap awal akan ada tiga fakultas, Fakultas Tarbiyah, Syariah dan Fakultas Dakwah. “Setelah itu kita akan upayakan penambahan,” ujarnya

Sedangkan untuk struktur pejabat akan dibentuk 2 biro, 4 bagian, 17 sub bagian dan TU. Juga akan dilakukan pembentukan atau pengangkatan pembantu rektor, dekan fakultas, hingga ketua jurusan. “Semuanya rancangan itu akan dilakukan setelah pelantikan rektor,” tegasnya.

Kepala Bagian Adminisdi STAIN Kerinci Ahmad Yani,M.Si
Kepala Bagian Adminisdi STAIN Kerinci Ahmad Yani,M.Si

Selain itu kata Yani pengembangan dan perluasan kampus juga akan dilakukan. Saat ini, pihaknya telah merencanakan akan mencari lahan sekitar 10 hektar untuk penambahan bangunan. Yang berlokasi di Desa Koto Tuo Ujung Pasir.

Baca juga:  BRI dan BNI Cabang Sungai Penuh Lupa Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sonafis Ketua STAIN Kerinci mengungkapkan pembangunan gedung IAIN baru itu ditargetkan dibangun pada akhir tahun ini. Ia mengharapkan kedepan akan menjadi ikon dan kebanggaan bagi masyarakat, karena keberadaannya memang sangat dibutuhkan masyarakat Tanco, dan Kerinci umumnya.

‚ÄúPembangunan IAIN akan kita usahakan secepat mungkin, sekarang tinggal menunggu proses hibah tanah dari masyarakat ujung pasir,” katanya

Sementara itu Ketua panitia penghibahan tanah Dr Askar Jaya mengungkapkan proses hibah tanah masih berlanjut, dan dalam waktu dekat ini penyerahan tanah hibah ke pihak STAIN kerinci akan rampung. Saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi ke masyarakat.

“Kehadiran gedung baru IAIN ini tentu sangat membantu peningkatan proses perkuliahan yang lebih maksimal di Kerinci,” ungkapnya.(cr1/adv/tribunjambi)

Baca juga:  BREAKINGNEWS!!! Nasrun dan Lusi Divonis 7 Tahun Penjara dan 2,6 Tahun Penjara

 

Show More
Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>