Catatan Dewan Juri Teater FLS2SN Jambi

Catatan Dewan Juri Teater FLS2SN Jambi

Oleh : Putra Agung

Catatan Dewan Juri Teater FLS2SN Jambi

Catatan Dewan Juri Teater FLS2SN Jambi

Sabtu malam kemarin (20/7), utusan sekolah dari 9 kabupaten/kota di Provinsi Jambi telah tampil dalam FLS2SN.

Khusus mata lomba teater, hanya Kota Sungai Penuh dan Kab. Batanghari yang tak mengirimkan utusan, entah karena apa.

Dari 9 penampilan, secara umum terlihat ada keinginan besar dari para pelajar untuk bermain seni peran & berkesenian. Sayangnya, keinginan ini tak dibarengi dengan keseriusan untuk melakukan persiapan.

Hal ini terindikasi dari beberapa hal, (1). Minimnya riset/penggalian terkait seni tradisi masing-masing daerah (2). Peserta dan guru pendamping tak memahami juklak dan juknis perlombaan, contohnya diminta mementaskan teater tradisi malah menampilkan teater modern (3). Akting dan pemeranan para aktor masih kaku, lemah & datar (4). Artistik, khususnya setting panggung, kebanyakan asal ada & ala kadarnya (5) Secara komunal, tak terbangun kesatuan (unity) pertunjukan (6). Musik “dipaksakan” tradisi dgn mencomot dari instrumental seperti kitaro.

Lalu siapa yang salah, apakah para siswa? Tentu tidak, sebab mereka hanya objek yang mengikuti arahan dari pendamping/sekolah/dinas terkait.

Dalam penilaian saya secara pribadi, Provinsi Jambi TIDAK AKAN MAMPU BICARA DIPENTAS NASIONAL bila seperti ini terus-terusan.

Solusinya, Dinas Pendidikan di daerah harusnya lebih serius menyiapkan para peserta yang akan dikirimkan. Jangan hanya menyuruh & ‘memaksa’ tampil TANPA DIBERI GIZI. FLS2SN adalah kegiatan rutin tahunan, artinya tanpa menunggu aba-aba idealnya tiap daerah sudah bersiap jauh-jauh hari.

Bersiap semisal, buatlah anggaran khusus mengundang dan membayar seniman untuk melatih para pelajar di daerah. Sebab dengan menghadirkan seniman maka proses persiapan dapat dilakukan total dan berkualitas. Istilahnya, right man in the right place in the right time.

Kemudian, lakukan penggalian nilai tradisi secara serius. Mintalah seniman untuk membimbing dan mengajari para pelajar seni peran (teater) dan genre seni lainnya secara kontinyu.

Mencari senimannya tak susah, percayalah. Jambi punya banyak stok seniman handal dari beragam genre.

Smoga…
Dewan Juri III: Putra Agung

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful