AdvertorialKerinci

Drama Kolosal Depati Parbo Pahlawan Kerinci Tampil Sukses

drama-kolosalKerincitime.co.id, Kerinci – Apel Nusantara Bersatu yang yang di gelar secara serentak di seluruh indonesia dengan tujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, pada Rabu 30/11, di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh juga melaksanakan Apel secara bersama yang dilaksanakan di lapangan Pemda Kerinci berjalan dengan sukses.

Menariknya pada apel Nusantara Bersatu tersebut adalah penampilan drama kolosal yang memperlihatkan perjuangan pahlawan Kerinci Depati Parbo melawan penjajah, kolonial Belanda.

Seperti diketahui bahwa Depati Parbo yang lahir di Lolo Kecil, Kecamatan Gunung Raya Kerinci terkenal sebagai ahli strategi perang. Sebagai panglima perang, Depati Parbo memimpin rakyat Kerinci melawan Belanda sejak 1903-1906.

Baca juga:  Menanggapi Terkait Sektor Pariwisata, DEJ: Jikat Tidak Memiliki Anggaran Bisa Tarik Pihak Swasta

Pada pertempuran pertama dengan Belanda, rakyat kerinci berhasil memenangkan pertempuran dan memukul mundur pasukan Belanda. Meskipun beberapa orang meninggal di medan pertempuran.

Selanjutnya pasukan Belanda yang bertambah banyak kembali menyerang sebagian wilayah Kerinci. Dengan akan licik Belanda saat itu minta bertemu dengan Depati Parbo dengan alasan untuk berunding bersama.

Tetap Belanda langsung menangkap Depati Parbo dan dibuang ke Ternate. Singkat cerita karena memiliki kelebihan, Depati Parbo akhirnya dibebaskan dari pengasingan setelah berhasil mengobati anak dari petinggi Belanda saat itu. Depati Parbo pun dibawa kembali Kerinci. Dengan sambutan yang baik dari masyarakat. Hingga Kerinci saat ini tetap dipimpin Depati Parbo. (adv)

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close