Gawat… Mobil Sampah Buang Sampah di Badan Jalan

Betita KUALA TUNGKAL, Kerincitime.co.id – Tanjab Barat khususnya bagian Ilir masih mengandalkan tempat pembuangan akhir (TPA) Betara Sepuluh sebagai pusat pengolahan dan pembuangan akhir sampah, lokasi yang selama ini dianggap tak representatif.

Kondisinya sekarang semakin mengkhawatirkan, pasalnya kini terkesan tak terurus, bahkan tumpukan sampah sudah sampai ke badan jalan utama.

‎Hal ini terjadi karena mobil-mobil pengangkut sampah sengaja menurunkan barang buangan itu di jalan masuk TPA.

Soal ini, Kepala PPKTB Tanjab Barat Nasrul Efendi tak menapik soal aktivitas mobil sampah yang melakukan pembuangan bukan pada tempat sebenarnya, hal itu kata dia terpaksa dilakukan karena kondisi jalan menuju titik pembuangan sedang rusak parah.

Namun menurutnya keberadaan sampah di badan jalan tak akan lama, karena setelah turun selanjutkan didorong oleh alat berat ke lokasi akhir.‎

“Ada dua alat berat yang diletakkan di Simpang Betara Sepuluh, stanby terus di simpang,” jelas Nasrul, beberapa hari lalu.

Lalu mengapa alat berat tidak langsung di tempatkan di TPA, agar penumpukan sampah tidak terlalu tinggi?

Menurut dia karena faktor keamanan, jika kedua alat berat diletakkan di lokasi yang tidak ada penduduk ataupun pemukiman, kemungkinan besar akan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Soal pengolahan sampah di wilayah Ilir memang sejak lama menjadi perbincangan, tingginya produksi sampah masyarakat tidak sebanding daya tampung TPA, terlebih lokasi lama disebut tak lagi representatif.

Ada wacana untuk memindahkan TPA ke lokasi lain, ‎namun sampai saat ini belum menemukan kejelasan, karena lokasi yang baru bukan milik Pemkab melainkan area kawasan milik PT WKS. (Tribunjambi)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful