JambiPolitik

Gubernur Sudah Siapkan Nama Penjabat 3 Daerah Ini

_timthumb-project-code.php

KERINCITIME.CO.ID-  BERITA JAMBI , Masa jabatan bupati dan wakil bupati di tiga kabupaten di Provinsi Jambi akan segera berakhir, yakni Sarolangun, Tebo, dan Muaro Jambi. Ketiga daerah tersebut baru akan menggelar Pilkada 2017 mendatang. Namun demikian, tidak boleh ada kekosongan kepala daerah setelah pejabat lama tidak menjabat lagi.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Jambi, Yazirman, mengatakan tiga jabatan kepala daerah tesebut berakhir dalam waktu dekat. Untuk Muaro Jambi, jabatan bupati dan wakil bupati berakhir tanggal 19 Juli mendatang. Kemudian Sarolangin pada 31 Juli, dan Tebo pada 27 Agustus.

“Ketika masa jabatan habis, pejabat lama berhenti karena undang-undang. Ketika ada cukup waktu dan pejabat hasil Pilkada belum ada, maka diangkat pejabat bupati oleh Kementerian,” kata Yazirman.

Baca juga:  Terjaring Razia Oknum PNS Jaksa Muaro Jambi Positif Mengandung Narkoba

Ketiga kabupaten tersebut dipastikan akan dipimpin oleh Penjabat Bupati setelah masa jabatan bupati lama habis. Untuk pengusulan nama calon pejabat bupati, merupakan kewenangan gubernur.

Penjabat Bupati adalah pejabat eselon II, baik berasal dari kabupaten maupun di lingkup Pemprov Jambi. “Itu kewenangan gubernur,” ujarnya.

Dari tiga kabupaten tersebut, baru Muaro Jambi yang sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jambi. Rencananya tanggal 13 Juni ini akan diadakan paripurna pengusulan pemberhentian bupati yang lama. Kemudian surat usulan itu akan dikirimkan ke kementerian melalui Gubernur Jambi.

“Berdasarkan ketentuan, surat pengusulan pemberhentian itu bersamaan dengan surat pengusulan calon penjabat bupati oleh Gubernur ke Kementerian. Kementerian yang menetapkan siapa penjabat bupati yang cocok,” bebernya.

Baca juga:  Alphard yang Hilang di RS Raden Mataher Jambi Ditemukan

Dikatakannya lagi, kabupaten tersebut akan dipimpin oleh penjabat bupati, bukan Plt Bupati yang wewenangnya sangat terbatas. Kalau Penjabat Bupati, kewenangannya penuh seperti kewenangan bupati. “Kewenangannya penuh, untuk menjalankan pemerintahan. Termasuk penyelenggaraan Pilkada di daerah tersebut,” katanya.

Sementara itu Gubernur Jambi, Zumi Zola, mengaku sudah memiliki beberapa nama untuk menjadi penjabat bupati di kabupaten-kabupaten tersebut. Namun, nama-nama tersebut hingga saat ini masih dikaji.

“Yang paling penting mereka mampu menjaga pemerintahan selama mengisi kekosongan jabatan. Nanti juga akan ada kajian-kajian lainnya,” ujarnya. (metrojambi)

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close