Kerinci

Harus Segera Dibangun Jalan Evakuasi di Kerinci, Pauh Tinggi-Sungai Kuning-Bungo

adirozalBerita KERINCI, Kerincitime.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci saat ini sedang memperjuangkan jalan evakuasi dari Pauh Tinggi-Sungai Kuning-Bungo. Pasalnya, jalan ini melewati TNKS, sehingga membutuhkan izin dari Kementerian Kehutanan.

Bupati Kerinci H Adirozal mengatakan, terkait jalan evakuasi pihaknya telah menyampaikan ke Gubernur Jambi agar diteruskan ke Menteri. Menurutnya, dalam waktu dekat Gubernur akan menemui Menteri untuk meminta izin pembukaan jalan evakuasi ini.

“Kita sudah minta Gunernur bantu jalan evakuasi, kata Gubernur dalam waktu dekat beliau akan menghadap Menteri untuk meminta izin,” ujarnya.

Selain itu dalam Musrembang tingkat Provinsi, Pemkab Kerinci akan memprioritaskan jalan evakuasi ini.

“Besok Musrembang kita sampaikan kalau evakuasi ini. Kita perjuangkan,” ucapnya.

Baca juga:  Rekomendasi PAN Untuk Monadi

Disebutkannya ada 3 jalan evakuasi yang akan dibuka di Kerinci, yakni Pauh Tinggi-Sungai Kuning-Bungo, kemudian Lempur-Merangin dan Lempur-Muko-Muko. “Yang kita prioritaskan Pauh Tinggi-Sungai Kuning-Bungo dan Lempur-Merangin. Kalau Lempur-Muko-Muko itu kalau terjadi sunami orang Muko-Muko ke Kerinci,” ungkapnya.

Disebutkannya, saat kunjungan pihak dari Pemerintah Provinsi Jambi ke Kerinci beberapa waktu lalu, pihaknya merekomendasikan agar jalan evakuasi di Kerinci dibuka. “Akan kita sampaikan lagi nantinya,” pungkasnya.

Kadis PU Kerinci Febrilla Kusnomdo
Kadis PU Kerinci Febrilla Kusnomdo

Untuk diketahui, jika terjadi letusan Gunung Kerinci, maka warga ditiga Kecamatan di Kayu Aro kesulitan dalam proses evakuasinya, karena hanya ada satu jalan menuju ke Sungaipenuh. Selain itu waktu yang dibutuhkan menuju ke daerah tetangga, seperti Merangin melewati jalan ini cukup lama.

Baca juga:  Partai ke 7 Monadi adalah PPP

Sehingga, jalan evakuasi mutlak dibutuhkan. “Jangankan gunung meletus, lebaran saja jalan dari Kayu Aro ke Sungaipenuh saja macet. Kalau ada jalan alternatif lain, maka mudah dalam evakuasinya,” tambah Kepala Dinas PU Kerinci, Febrilla Kusnomdo.(jambiupdate)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button