HBA Resmi Buka FMPDK 14 Di Danau Kerinci

Berita Kerinci, Kerincitime.co.id – Gubernur Jambi secara resmi membuak acara Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) tahun 2015 ke 14 di Danau Kerinci, ribuan masyarakat bumi sakti alam kerinci memadati arena FMPDK di kawasan wisata danau kerinci.
Gubernur Jambi tampak hadir bersama istri dan rombongan di lokasi FMPDK, yakni Danau Kerinci. Kedatangan HBA dan rombongan disambut oleh tarian sikapur sirih dan tari rangguk, yang merupakan tarian khas Kerinci.
Selain Gubernur Jambi dan pejabat Pemprov Jambi, juga hadir seluruh kepala daerah di Provinsi Jambi.
Dalam agenda FMPDK tahun ini, Pemerintah Kabupaten Kerinci menyelengggarakan beragam kegiatan. Bahkan khusus lomba seruling bambu diadakan di Pasar Baru Siulak, Kecamatan Gunung Kerinci.
Kabid Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Kerinci, Adra Nemires mengatakan, didalam FMPDK XIV yang dilaksanakan dari 30 Juli hingga 3 Agustus 2015 berbagai kegiatan dilaksanakan.
Tanggal 30 Juli di objek wisata Danau Kerinci yang dilakukan oleh Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) akan dilaksanakan kegiatan pawai budaya dari 16 Kecamatan se Kabupaten Kerinci, penampilan tari massal, penampilan spesifik unik dari 16 Kecamatan dan penampilan tari kreasi dari Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi.
Pada 31 Juli dilaksanakan lomba seni budaya, sike rebana, marhaban berzanji dan penampilan Kabupaten tetangga. “Kemudian 1 Agustus diselenggarakan lomba tari rangguk, pno adat dan tampilan Kabupaten tetangga,” ucapnya.
Khusus untuk lomba seruling bambu dilaksanakan pada 2 Agustus di Pasar Baru Siulak, Kecamatan Gunung Kerinci. “Peserta lomba-lomba ini dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Kerinci,” jelasnya.
Didalam FMPDK seluruh SKPD di Kabupaten Kerinci harus mengikuti kegiatan, seperti pameran. “Bupati tegaskan bagi SKPD yang tidak ikut akan jadi bahan evaluasi kedepannya,” ujarnya.
Untuk tamu undangan, kata Adra seluruh kepala SKPD Pemerintah Provinsi Jambi, pejabat dari Kementerian Pariwisata dan Kepala Daerah tetangga. “Gubernur 29 Juli sudah di Kerinci,” ucapnya.
Selain itu, dipilihnya Pasar Baru Siulak sebagai lokasi lomba, karena seni seruling bambu banyak berkembang di daerah tengah dan mudik Kerinci. “Peserta dari daerah hilir juga boleh mengikuti lomba ini,” ucapnya.
Pembukaan FMPDK direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) sekitar pukul 09.00 Kamis (30/7). “Pemerintah Provinsi tetangga juga kita undang,” sebutnya.
Selain itu seluruh Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan utusan sekolah SMP dan SMA di Kabupaten Kerinci juga diundang dalam acara pembukaan FMPDK. “Dalam acara pembukaan juga diadakan lomba-lomba, seperti lomba marhaban, parno adat, sike dan lain-lain,” ujarnya.
Disisi lain, Bupati Kerinci, H Adirozal mengatakan, didalam FMPDK juga diluncurkan UMKM dan juga KUR. “Nanti pengusaha kecil akan diberi kartu untuk meminjam uang kepada Bank tanpa agunan, sehingga ekonomi kerakyatan berjalan. Kalau ekonomi kerakyatan berjalan, pertanian, industry hilir juga berkembang,” katanya.
Sehingga, jika masyarakat Kerinci yang merantau pulang ke Kerinci tidak hanya membawa kentang saja kalau habis pulang dari Kerinci, tapi membawa keripik kentang atau serundeng. “Yang dibawa hasil olahan,” tukasnya. (advetortial)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful