Nasional

Indonesia Datangkan Alat Tes Virus Corona dari China

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Alat tes virus corona yang dipesan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI dari China sudah datang ke Indonesia hari ini. Barang impor tersebut sudah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, total alat tes virus corona atau rapid test dari China yang dipesan RNI sebanyak 500 ribu. Untuk hari ini, baru sebagian yang masuk, tapi dia tak hafal jumlahnya.

“Sudah masuk per hari ini, bertahap masuknya setiap hari. Jumlah detailnya aku belum cek,” kata dia dalam wawancara online, Kamis (19/3).

Arya mengklaim alat tes tersebut sudah memenuhi standar dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). Untuk keandalannya, hasil tes virus corona dengan alat ini bisa keluar 15 menit hingga maksimal 3 jam.
Dikutip dari laman Kumparan.com, alat-alat ini nantinya dijual RNI ke berbagai rumah sakit rujukan corona yang telah ditunjuk pemerintah milik BUMN atau pun swasta.

“RS enggak hanya BUMN, tapi RS yang sudah ditunjukan oleh pemerintah. Distribusi oleh RNI ya, tapi belum tahu alokasi per RS berapa,” ujarnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Direktur Utama RNI Eko Taufik enggan memberikan komentar terkait impor 500 ribu alat tes corona tersebut, termasuk realisasi pengadaannya.

“Tanya BUMN saja mas, bingung saya jawabnya, takut salah data,” ucapnya. (Irw)

 

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close