Nasional

Intip Seperti Apa Pengobatan yang Dijalani Ratri Hingga Sembuh dari Virus Corona

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Ratri Anindya, pasien nomor 3 positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh dari virus itu. Ia berbagi pengalaman selama menjalani perawatan di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso.

Ratri dinyatakan positif corona setelah menjalani dua kali tes corona. Sebelumnya ia sempat mendatangi restosan Paloma, Jakarta bersama adiknya (pasien nomor 1) dan mengalami demam selama empat hari kemudian sembuh.

Selama dirawat di ruang isolasi rumah sakit, setiap hari perawat mendatanginya dan menanyakan apa keluhan yang ia rasakan.

“Karena ini virus, self-limiting disease, nggak ada obat tertentu. Kita cuma istirahat, minum banyak, minum vitamin, tidur yang diperbanyak,” kata Ratri dikutip dari BBC News jaringan Suara.com, Rabu (18/3/2020) kemaren.

Suatu hari, Ratri pernah mengeluhkan batuk. Lalu ia diberikan obat batuk oleh dokter dan pemberian obat tersebut dihentikan saat tak ada lagi keluhan batuk yang dirasakan Ratri.

Sejauh ini, belum ada vaksin untuk menyebuhkan virus corona. Oleh karenanya, pasien corona juga diberikan antibiotik agar tubuh pasien menjadi lebih kuat.

“Saya cuma minum antibiotik tiga kali terus habis itu sudah. Jadi semuanya disesuaikan dengan kebutuhanIntip Seperti Apa Pengobatan yang Dijalani Ratri Hingga pasien,” ungkapnya.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, sejumlah pasien dinyatakan sembuh dari virus corona. Di antaranya, ketiga pasien dengan nomor kasus 01, 02, dan 03.

Menurut Yurianto, ketiganya sudah negatif dari Covid-19 seusai melalui pemeriksaan laboratorium sebanyak dua kali.

“Artinya secara fisik sudah tidak ada keluhan sama sekali, sudah nampak sehat, dan kemudian secara laboratoris sudah tidak ada lagi virus yang ada di tubuhnya,” ucap Yuri di RSPI Prof. dr. Sulianti Saroso, Senin (16/3/2020) lalu.

Diketahui, pasien 01 dan pasien 02 adalah anak dan ibu yang pertama kali dinyatakan terpapar virus corona. Kedua warga asal Depok, Jawa Barat itu tertular dari warga negara asal Jepang yang sempat mendatangi Indonesia. Usia pasien 01 adalah 31 tahu, sementara pasien 02 berumur 64 tahun.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memberikan bingkisan jamu kepada tiga pasien virus corona atau Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh. Bingkisan jamu tersebut merupakan buah tangan khusus dari Presiden Joko Widodo alias Jokowi. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close