JambiNasional

Kabar Baik Pasien Sembuh Covid-19 RI Cetak Rekor Kenaikan 1.489 Orang

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Pemerintah melaporkan jumlah pasien virus corona yang telah sembuh bertambah 1.489 orang atau rekor kenaikan hingga Jumat (17/7). Secara kumulatif, total kasus pulih dari positif Covid-19 di RI mencapai 41.834 orang. Sumbangan tambahan kasus sembuh terbanyak hari ini berasal dari Provinsi Jawa Timur dengan jumlah 387 orang. Berikutnya ada Jawa Tengah yang melaporkan adanya 340 pasien sembuh. Di posisi tiga ada DKI Jakarta sebanyak 139 orang.

“Di Sulawesi Selatan ada 112 pasien sembuh,” kata kata juru bicara nasional penanganan corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (17/7).

Secara total, DKI Jakarta menyumbang kasus sembuh corona terbanyak yakni 9.994 pasien. Di posisi dua ada Jatim dengan jumlah 8.313 orang yang telah pulih. Kemenkes memang sudah mengubah definisi sembuh dalam aturan terbaru yakni Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020. Dalam aturan tersebut, penentuan status pulih terutama bagi pasien dengan gejala berat didasarkan penilaian yang dilakukan dokter penanggung jawab.

Baca juga:  13 WNI yang Beruntung Lolos Haji 2020

Sebelumnya kriteria sembuh adalah pasien telah mendapatkan hasil konfirmasi negatif corona dua kali dari laboratorium.

“Dengan mengacu revisi kelima maka kriteria sembuh juga berubah,” kata Yurianto.

Sedangkan kasus positif virus corona di RI bertambah lagi sebanyak 1.462 orang dalam rilis data hari ini. Dengan ini maka total pasien Covid-19 di RI mencapai 83.130 orang atau nyaris setara Tiongkok yang melaporkan adanya 83.622 kasus. Yurianto mengatakan kasus positif tersebut merupakan dari pasien yang menunjukkan gejala dan dirawat di rumah sakit. Selain itu ada pula kasus yang tidak menunjukkan gejala.

“Tidak butuh layanan rumah sakit tapi mutlak tetap harus diisolasi,” katanya. (Irw)

Baca juga:  Sosok Hadi Pranoto yang Mengklaim Temukan Obat COVID-19?

Sumber: Katadata.co.id

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close