Nasional

Kenali Perbedaan Gejala Virus Corona Covid-19 dengan Flu Biasa

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta –Virus corona Covid-19 tengah mewabah di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Namun, apakah Anda sudah mengetahui ciri-ciri orang yang terjangkiti virus itu?

Virus corona yang menjangkiti orang biasanya dimulai dengan gejala demam. Gejala paling umum itu telah ditemukan dalam penelitian di China.

Mengalihbahasakan dari Bussines Insider, penelitian di Rumah Sakit Zhingnan, Universitas Wuhan menyatakan, bahwa 99 persen pasien mulanya mengalami demam tinggi.

Setengahnya juga mengalami kekelahan dan batuk kering. Sementara sepertiga orang dari penelitian itu menunjukkan gejala nyeri otot dan kesulitan bernapas.

Penelitian dari Pusat Pengendalian Penyakit China, menunjukkan bahwa sekitar 80 persen pasien mengalami corona ringan. Sekitar 15 persen menderita corona parah, dan 5 persen kritis.

Ada beberapa tahapan tersendiri saat corona menjangkiti tubuh manusia seperti berikut:

Hari 1: Pasien demam. Mereka juga mungkin mengalami kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil bisa mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.

Hari 5: Pasien mengalami kesulitan bernapas terutama jika termasuk golongan lansia atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Hari 7: Pasien corona ringan bisa saja dalam tahap penyembuhan namun dengan kondisi yang parah maka gejala lain akan mulai datang di hari ke-8.

Hari 8: Pada titik ini, pasien dengan kasus yang parah (15%, menurut CDC Cina) mengalami gangguan pernapasan akut.

Hari 10: Jika pasien memiliki gejala yang lebih buruk, hari ke 10 hingga 17 adalah waktu perkembangan penyakit. Pasien-pasien ini mungkin akan lebih banyak merasa sakit perut dan kehilangan nafsu makan daripada pasien dengan kasus yang lebih ringan. Pasien yang kritis bisa saja meninggal di hari-hari tersebut.

Hari 17: Rata-rata pasien yang berhasil pulih biasanya akan dikeluarkan dari rumah sakit dalam rentang waktu 17 hari.

Beda Covid-19 dengan Flu Biasa

Pilek disebabkan oleh jenis virus yang berbeda dengan Covid-19. Sebagian besar virus corona memang menimbulkan gejala seperti flu biasa. Keduanya sama-sama menyebabkan infeksi ringan pada saluran pernapasan, seperti hidung tersumbat, sakit kepala, dan sakit tenggorokan.

Dilansir Suara.com dengan Menyadur dari Independent,  orang yang terkena Covid-19 merasakan sakit pada sistem pernapasan yang dapat menyebabkan batuk, sesak napas, sulit bernapas, dan demam.

Infeksi corona juga dapat menyebabkan pneumonia, gagal ginjal, hingga kematian.  Sementara itu, flu disebabkan oleh sejumlah virus influenza yang berbeda.

Menurut Bussines Insider, ada cara mudah membedakan Covid-19 dengan flu biasa.

Jika Anda bersin dan hidung meler, maka kemungkinan negatif corona. Sebab, bersin bukanlah salah satu ciri orang yang terinfeksi Covid-19.

Diare juga menjadi gejala yang jarang terjadi pada Covid-19, tetapi gejala gastrointestinal seperti mual dan diare dapat menjadi petunjuk awal infeksi corona. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close