Nasional

Mahfud: TNI Polri Punya Jaringan Telekomunikasi Aman

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan trimatra TNI maupun Polri sebenarnya sudah menggunakan jaringan telekomunikasi aman dan mandiri.

“Masing masing angkatan itu hampir punya, Angkatan Udara punya, Angkatan Darat punya, polisi punya, macam macam. Punya semua,” katanya, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (30/13).

Hal tersebut diungkapkannya usai memimpin Rapat Paripurna Tingkat Menteri (RPTM) mengenai Jaringan Aman Mandiri di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta.

Menurut Mahfud, jaringan tersendiri yang selama ini dipakai TNI dan Polri itu tetap dipertahankan, tetapi dinaungi oleh satu jaringan aman mandiri yang sedang disiapkan pemerintah.

“Ndak apa apa masing-masing punya tetapi di dalam satu jaringan yang kita bangun sendiri dan itu akan segera di-‘follow up’ agar keamanan dan ketahanan kita lebih terjamin,” katanya.

Jaringan aman mandiri yang tengah disiapkan pemerintah berperan dalam berbagai sektor, mulai pencegahan penyelundupan lewat laut, keamanan dan pertahanan, hingga sektor ekonomi.

“Kita sering kebobolan kalau tidak pakai yang mandiri,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Oleh karena itu, Mahfud mengatakan pemerintah menyiapkan pembangunan jaringan aman mandiri yang secara prinsip telah disepakati.

Selama ini, jaringan komunikasi memang masih menggunakan yang komersial dan belum terkoordinasi baik sehingga rentan peretasan dan penyadapan.

“Ini mau bikin yang mandiri, apapun namanya. Mandiri itu artinya dikelola sendiri secara terpusat. ‘Password’-nya kalau istilah sederhana itu milik sendiri juga. Ndak bisa dimasuki oleh orang lain,” tegas Mahfud, dilansir Brito.id media partner Kerincitime.co.id dari laman Antara.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebutkan pemerintah tengah menyiapkan jaringan telekomunikasi yang aman dan mandiri untuk jangka panjang.

Menurut dia, jaringan telekomunikasi itu terbagi dua, yakni pertama terkait dengan pertahanan dan keamanan, dan kedua, terkait pelayanan pemerintahan dan operasional.

Idealnya, kata Mahfud, jaringan telekomunikasi itu harus buatan sendiri agar mandiri dan benar-benar terjamin keamanannya. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close