HOT NEWSMeranginNasionalPariwisata/Budaya

Merangin gelar Geopark Rafting Championship 2013

Kerincitime.co.id, Jakarta – Dijadwalkan Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia  KRMT.Roy Suryo  pada tanggal 14 Desember 2013 akan membuka event Merangin Jambi Geopark Rafting Championship 2013 yang dipusatkan di Desa Air Batu Kecamatan Renah Pembarap Merangin Propinsi Jambi.

Bupati Merangin Al-Haris,S .Sos melalui suratnya nomor 556/340/Disbudparpora/2013  tanggal 2 Desember 2013 telah menyampaikan secara resmi undangan kepada Bapak Menpora RI untuk menghadiri dan membuka Event Merangin. Jambi Geopark Rafting Chanpionship 2013

Asisten Deputi Organisasi kepemudaan Kemenpora RI Drs.Jonni  Mardizal,MM  Selasa  3/12-2013 di Kantor Kemenpora kepada penulis membenarkan adanya undangan Bupati Merangin untuk Bapak Menpora,”Tadi pagi Bupati Merangin  telah  diterima Deputi Menpora Bidang Pemberdayaaan Pemuda Al Fitra Salamm, Rencana Bapak Menteri akan menerima kunjungan Bupati Merangin, namun pagi tadi Bapak Menteri sedang berada di Kupang dalam rangka Musyawarah Nasional gerakkan Pramuka, dan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda yang menerima kunjungan Bupati “ Kata Jonni Mardizal.

Baca juga:  Bambang Hermanto Sebut Kabar Pasien Positif Corona di Sarolangun Kabur Itu Hoax

Jika  tidak ada halangan, Menteri akan hadir di Merangin untuk membuka event olah raga air paling menantang “imbuh Jonni Mardizal. Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM  saat menerima kunjungan Budayawan Jambi Budhi VJ Rio Temenggung yang baru menerima Pin emas  dan anugerah Kebudayaan  dari Mendikbud  mengemukakan, Sabtu 14 Desember 2013 Menpora RI Roy Suryo akan membuka  Event Merangin Jambi Geopark Rafting Championship di Desa Air Batu Merangin. Event ini menurut Gubernur akan berlansung hingga  20 Desember 2013.

Penulis Budhi Vrihaspathi Jauhari yang baru mengunjungi kawasan wisata  Arung Jeram Batang Merangin dan Geopark di sepanjang  Teluk wang hingga Biuku Tanjung melaporkan  potensi arung Jeram  dan Geopark yang berusia Parem

Dari  data dan dari hasil penelitian yang  dilakukan tim badan geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Energi  Republik Indonesia yang melakukan   Penelitian  “JAMBI FLORA” berumur  Perem di Jambi , Sumatera  bekerja sama dengan Pemerintah Propinsi Jambi Dalam rangka   Pembentukkan “GEOPARK”. Hasil penelitain meyebutkan bahwa “Jambi Flora” adalah salah satu keragaman geologi (Geosite) Pulau Sumatra dan Indonesia yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena fosil flora yang dikandungnya merupakan flora yang tertua di Asia Tenggara dan merupakan fauna penghubung antara provinsi flora Cathaysian dan Euramerican

Baca juga:  Hilal Tak Terlihat di Seluruh RI, Lebaran 2020 Jatuh pada Minggu, 24 Mei

Seperti diketahui, fosil flora di Cina Utara sedikit lebih muda dari “Jambi Flora’, sehingga dapat disimpulkan, bahwa “Jambi Flora” merupakan inti titik penyebaran flora (botanical nucleus) ke berbagai arah.Penelitian menunjukkan,bahwa Mintakat Sumatra Barat (West Sumatra Block) dihuni oleh fauna air hangat dan flora Jambi tropis pada zaman Paleozoikum yang berhubungan dengan flora Cathaysian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan Pusat Survei Geologi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral yang dibantu oleh para ahli dari Belanda (Geological Research Institute-Naturalis Leiden, The Netherlands) yang didasarkan pada koleksi fosil flora yang ada di Museum Geologi, Pusat Survei Geologi.

Dalam penelitian ini pengamatan dilakukan terhadap sebagian koleksi yang ada di Bandung yang merupakan tipe jenis (holotype) dan yang sebagian lagi dengan koleksi yang ada di Belanda.Dan hasil penelitian sementara menunjukkan bahwa sejumlah 27 genus dari 30 genus sudah dapat dikenali Penelaahan koleksi fosil flora ini di Bandung (Museum Geologi, Pusat Survei Geologi) dan informasi yang ada sudah dilakukan.“Flora Jambi” ini akan merupakan Warisan Geologi Indonesia yang sangat penting.  “Flora Jambi” adalah salah satu situs geologi yang mengandung fosil flora yang sangat tua di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Umur “Flora Jambi”  ini adalah Assilian (Perem Awal) atau sekitar 300 juta. (budhi/bin)

Baca juga:  Jumat Berkah Jamaah Mesjid Ar-Rahman RT 16 Tiara Hidayah Jilid 2

 

 

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close