Mulai 2015, Jika Ingin Wisuda, Mahasiswa Unja Wajib Penuhi Syarat Ini

Pihak Rektorat Universitas Jambi memberi syarat baru jika Mahasiswa Unja ingin wisuda.

Bagi yang beragama Islam harus khatam Al-Quran. Bagi mahasiswa Kristen, diwajibkan Naik Sidi atau Lepas Sidi. Kristen Khatolik diwajibkan Sakramen Penguatan. Sedangkan agama lainnya menyesuaikan.

Semua mahasiswa yang ingin wisuda harus menyertakan sertifikat bahawa mereka telah melakukan semua prosedur itu. Ini disampaikan Dr Aprizal Lukman, MPd, Pembantu Rektor 3 Universitas Jambi.

“Keputusan ini sudah ada satu setengah tahun lalu. Akan kita terapkan untuk mahasiswa yang akan mengikuti wisuda tahun ini,” ujar Dr Aprizal, kepada jambiupdate.com, Kamis (2/7).

Disebutkannya, ini dilakukan melihat unsur-unsur agama semakin menurun di kalangan mahasiswa UNJA. “Sesuai survei, dari 50 mahasiswa, hanya 2-3 mahasiswa yang khatam Al quran,” jelas Dr. Aprizal.

Untuk mengoptimalkan peraturan itu, pihak UNJA menyedikan 15 guru mengaji yang akan mengajar setiap mahasiswa yang akan mengikuti wisuda. Bahkan mahasiswa yang belum bisa membaca Al quran akan diajarkan dari dasarnya.

“Jika tidak bisa baca huruf hijaiyah akan kita ajarkan dari dasarnya. Bila mahasiswa sudah bisa membaca Al quran kita akan tes saja dan akan kita berikan sertifikat,” tegasnya.

(uci/ jambiupdate.com)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful