Gadget

OnePlus Open: Mengapa Ponsel Lipat Pertama OnePlus Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga dari Awal

OnePlus Open akan dikirimkan dengan “sejumlah kecil” aplikasi pra-instal, demikian pernyataan dari pembuat ponsel pintar asal Tiongkok tersebut. OnePlus Open — ponsel lipat pertama dari perusahaan yang dijadwalkan meluncur pada 19 Oktober — akan dilengkapi dengan beberapa aplikasi pihak ketiga dari awal. Produsen ponsel pintar asal Tiongkok tersebut telah mengonfirmasi bahwa ponsel terbaru mereka akan memiliki beberapa aplikasi non-OnePlus yang akan diinstal sebelumnya oleh perusahaan. Aplikasi pihak ketiga yang diinstal oleh produsen disebut secara tidak resmi sebagai bloatware dan biasanya ditemukan pada ponsel pintar Android. OnePlus belum memberikan daftar aplikasi pihak ketiga yang akan diinstal di OnePlus Open.

Dalam pernyataan resmi yang dikirimkan kepada Gadgets 360 pada hari Selasa, juru bicara OnePlus mengonfirmasi bahwa OnePlus Open akan dikirimkan dengan aplikasi pihak ketiga dari awal. “OnePlus memberikan prioritas untuk memberikan pengalaman pelanggan yang cepat, lancar, dan tanpa hambatan di atas segalanya. Untuk peluncuran OnePlus Open, kami telah bekerja sama dengan berbagai pengembang aplikasi utama untuk memastikan aplikasi mereka kompatibel dengan desain lipat baru kami, meningkatkan pengalaman pengguna,” ujar juru bicara tersebut.

Baca juga:  Detail Kamera Google Pixel 9 Series Bocor Menjelang Peluncuran Agustus

OnePlus menyatakan bahwa Facebook — aplikasi seluler yang banyak digunakan di pasar yang dituju — adalah salah satu dari beberapa aplikasi yang akan diinstal oleh perusahaan di OnePlus Open mendatang. Pada tahun 2020, OnePlus menyatakan bahwa ponsel pintar mereka tidak akan lagi dikirimkan dengan aplikasi Facebook dari awal, dimulai dengan OnePlus 8T, menyusul protes dari pengguna. Pembuat ponsel ini mengatakan bahwa untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik, OnePlus Open akan dikirimkan dengan “sejumlah kecil” aplikasi pra-instal. Namun, OnePlus belum memberikan daftar aplikasi pihak ketiga yang telah dioptimalkan untuk ponsel pintar OnePlus Open, selain dari aplikasi Facebook.

Saat ini belum jelas apakah aplikasi Facebook atau aplikasi pihak ketiga lainnya yang akan diinstal sebelumnya oleh OnePlus di OnePlus Open mendatang dapat dinonaktifkan atau dihapus oleh pengguna. Perusahaan tidak mengungkapkan apakah aplikasi-aplikasi khusus yang telah dioptimalkan ini akan menerima pembaruan yang sama dengan ponsel pintar lain yang telah menginstal aplikasi-aplikasi yang sama melalui toko Google Play.

Baca juga:  Nubia Z60S Pro 3C Dapat Menggunakan Konektivitas Satelit, Pengisian Cepat 80W

Aplikasi dari pengembang pihak ketiga yang diinstal sebelumnya juga dapat membawa risiko terhadap keamanan perangkat Anda, menurut McAfee. Mereka juga dapat mengganggu pengguna dalam bentuk notifikasi dan peringatan yang tidak diinginkan dari aplikasi-aplikasi ini. Samsung Galaxy Z Fold 5 — yang akan bersaing dengan OnePlus Open — juga dikirimkan dengan aplikasi seperti Netflix, Spotify, dan Facebook dari awal. “Kami percaya bahwa pendekatan ini mencapai keseimbangan yang tepat antara memberikan pengalaman pengguna yang baru dan mulus sambil mempertahankan stabilitas dan keamanan produk kami,” ujar juru bicara perusahaan dalam pernyataannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button