JambiPilkadaPolitik

PAN-PKS di Daerah Diprediksidi Koalisi Permanen Berlanjut ke Pilgub Jambi

Kerincitime.co.id, Berita Jambi – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai pertama di Provinsi Jambi yang telah merampungkan seluruh dukungan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Provinsi Jambi.

Di Jambi sendiri ada lima daerah yang melaksanakan Pilkada serentak, yakni Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Batanghari, Bungo dan Kota Sungai Penuh serta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi.

Menariknya, dari beberapa dukungan yang telah dirampungkan DPW PKS Provinsi Jambi dibeberapa daerah selalu komit berkoalisi bersama dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Koalisi dua partai ini diprediksi bakal berlanjut di perebutan BH 1 di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Di Pilbup Bungo misalnya, PKS dan PAN memang telah berlokasi dari sebelumnya, karena kandidat petahana Mashuri-Safrudin Dwi Aprianto merupakan kader dari PAN dan PKS.

Baca juga:  13 WNI yang Beruntung Lolos Haji 2020

Kemudian, di Pilwako Sungai Penuh PKS menyatakan dukungan ke Fikar Azami yang akan maju berpasangan dengan kader PAN, Yos Adrino. Lalu di Pilbup Batanghari, PKS juga mendukung Hafiz Fattah yang juga merupakan kader PAN.

Teranyar, di Pilbup Tanjab Barat PKS juga telah menentukan dukungan ke pasangan Anwar Sadat-Khairan yang kedua-duanya merupakan kader PAN. Namun, untuk di Pilbup Tanjab Timur PKS belum menentukan sikap, karena PKS sendiri tidak memiliki perolehan kursi di parlemen.

Dengan komitnya koalisi PAN-PKS ini, tak menutup kemungkinan hal ini juga akan berlanjut di Pilgub Jambi, pasalnya PKS sendiri telah menyatakan mendukung pasangan Al Haris-Abdullah Sani di Pilgub Jambi.

Baca juga:  Buruan Ke Dej Convention Hall, Hari Ini Band Ibu Kota Akan Mulai Menghibur Masyarakat Sungai Penuh Kabupaten Kerinci

Belakangan juga senter kabar terdengar, jika PAN akan melabuhkan dukungan ke Al Haris-Abdullah. Bahkan, foto kebersamaan Al Haris bersama Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno juga beredar dengan simbol salam tiga jari (ciri khas Al Haris, red).

Menanggapi bakal terjadinya koalisi permanen PKS-PAN di Pilkada serentak Jambi ini, Ketua DPW PKS Provinsi Jambi tak menapik hal itu, apalagi katanya mereka sama-sama partai berbasis massa Islam.

“Alhamdulillah periode ini PKS merupakan partai yang tercepat menyelesaikan mengusung kandidat di Pilkada serentak Jambi, terkait dengan PAN memang kami punya kesamaan karena sama-sama berbasis masa Islam,” katanya, Minggu (26/7/2020).

Lalu bagaimana untuk di Pilgub Jambi, anggota DPRD Provinsi Jambi ini mengatakan kelihatannya juga PKS dan PAN akan disatukan untuk memenangkan pasangan Al Haris-Abdullah Sani.

Baca juga:  Pecahh..! Dihibur Band M.O.B dan Vokalis KDI 5, Ratusan Pengujung Padati Dej Convention Hall

“Kita sama-sama berdoa saja, semoga PKS dan PAN Insya Allah bisa berlanjut di Pilgub Jambi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, H. Bakri ditanyakan beberapa waktu lalu mengenai koalisi permanen PAN-PKS di Pilkada serentak Jambi ini juga tak menapiknya.

Bakri sempat mengangguk saat ditanyakan koalisi PAN-PKS di hajatan paling bergengsi di Provinsi Jambi mendatang.

“Bisa saja itu terjadi, tapi lihat saja nanti. Karena memang hampir semua daerah sama-sama mengusung calon kepala daerah yang sama,” katanya. (Irw)

Sumber: Jambione.com

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close