Nasional

Pasien 03 Berbagi Kisah Cara Sembuh dari Virus Corona

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Memiliki riwayat kontak dengan pasien 01 dan pasien 02, membuat pasien 03 tertular virus cotrona COVID-19. Ketiganya diketahui merupakan warga Depok., dikutip dari laman Kumparan.com.

Pada Senin (16/3) kemaren, pasien 03 bersama dengan pasien 01 dan pasien 01 tampil di hadapan publik. Di saat itu pula, Achmad Yurianto selaku jubir penanganan virus corona mengumumkan bahwa ketiganya telah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Ketiganya telah diizinkan keluar dari RSPI Sulianti Saroso, tempat mereka menjalani isolasi.

Dalam kesempatan itu, pasien 03 berbagi kisah tentang pengalamannya berjuang untuk sembuh dari virus corona SARS-CoV-2 yang menjangkiti tubuhnya. Tak lupa, ia juga berpesan agar masyarakat tak perlu cemas menghadapi wabah penyakit yang telah menyebar ke 141 negara itu.

“Pesannya untuk masyarakat Indonesia yang agak panik untuk enggak panik,” papar perempuan berusia 33 tahun tersebut. “Karena virus ini seperti yang Pak Yuri sudah sering sampaikan, adalah self limiting disease. Jadi sebenarnya kita punya kekuatan dari dalam diri kita untuk menyembuhkannya.”

Pasien 03 pun membagikan tips bagaimana ia berhasil menaklukkan SARS-Cov-2 dengan rutin minum air putih, yang kemudian disokong pula dengan waktu istirahat yang ideal. Soal pola makan, imbuh dia, turut menjadi kunci kesembuhannya.

Menurutnya, penting bagi pasien COVID-19 untuk memperhatikan asupan gizi yang baik seperti mengonsumsi sayur juga vitamin demi menjaga imunitas. Selanjutnya, ia juga menyebut betapa pentingnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PSHB).

“Laksanakan personal hygiene yang ketat, rajin cuci tangan,” sarannya.

Pasien 03 juga menyadari betul manfaat dari social distancing seperti yang disarankan oleh pemerintah. Sebab menurut pengalamannya sebagai pasien yang tidak memunculkan gejala apa pun terkait COVID-19, interaksi sosial yang tetap dilakukan justru bisa membahayakan orang lain.

“Satu lagi, kalau kasus saya yang dinyatakan positif tetapi tidak punya gejala-gejala apa pun itu sebenarnya lebih bahaya, karena kita sebenarnya bisa saja melakukan aktivitas sehari-hari tanpa tahu kita menularkan ke orang-orang yang imunnya lebih lemah daripada kita itu efeknya lebih parah,” pungkasnya.

Pasien 03 diumumkan sebagai salah satu korban terjangkit virus corona indonesia pada 9 Maret lalu. Setelah menjalani perawatan selama sepekan, hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan dirinya telah negatif virus corona alias sudah sembuh. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close