Pendidikan

Selangkah lagi STAIN Kerinci menjadi IAIN AR Dayah Kerinci

Kerincitime.co.id, Sungai Penuh – Proses Alih status Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri (STAIN) Kerinci menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) KH.AR Dayah Kerinci bakal segera terwujud.

Hal ini disampaikan oleh Ketua STAIN Kerinci Dr.Y.Sonafist,M.Ag dan  Kabag Adiministrasi A.,Yani,SE kepada Kerincitime.co.id.  Jumat yang lalu beberapa orang pejabat STAIN Kerinci dipimpin Ketua STAIN  Kerinci telah melakukan Presentasi di Direktorat Jenderal Diktis Kementerian Agama RI.

“Presentasi yang disampaikan oleh Ketua STAIN dan Tim mendapat respon positif dari Kementerian Agama RI, dan pihak Diktis dalam tahun ini akan melakukan Visitasi untuk menilai persiapan dan kesiapan STAIN menjadi IAIN” kata Dr.Sonafis.

Baca juga:  Bagun Jalan Nasional di Kerinci, Diduga PT. Aurora Gunakan Aggregat dan Bahan Illegal

Menjawab pertanyaan tentang kondisi dan persiapan untuk alih status Dr.Sonafis dan A.Yani SE mengemukakan  bahwa  sampai tahun 2013, STAIN Kerinci telah memiliki 3 Jurusan yakni jurusan Syariah membawahi Prodi Ahwal Syaksyiah, Hukum Ekonomi Islam, (Muamalah), Perbankkan Islam. Ekonomi Syariah, Ilmu Al Qur’an dan Tafsir.

Pada jurusan Tarbiyah terdapat Prodi Pendidikan Agama Islam, Management pendidikan Islam. Tadris Biologi, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan  mulai tahun  ajaran 2013 STAIN menambah/membuka jurusan dakwah dengan program studi Managemen dakwah, dan Bimbingan Konseling Islam.

STAIN Kerinci saat ini memiliki 98 orang dosen dengan tingkat pendidikan Strata 2, Strata 3, beberapa diantaranya Guru Besar (Profesor) dan jumlah Mahasiswa 5000 orang mahasiswa dari berbagai jurusan. Memiliki 3 kampus di Koto Lolo, Sungai Liuk  dan Mahad di Tanjung Pauh.

Baca juga:  Bagun Jalan Nasional di Kerinci, Diduga PT. Aurora Gunakan Aggregat dan Bahan Illegal

Alhamdulillah Proses  dan Proposal alih status sudah diajukan dan telah mulai dibahas di Kementerian Agama RI, dan masih menunggu visitasi dari Kementerian Agama RI.

Mudah mudahan pada tahun ajaran  2014 / 2015 STAIN Kerinci dapat berubah status menjadi IAIN,saya mohon doa dan dukungan dari segenap masyarakat di alam Kerinci agar mimpi alih Status STAIN menjadi IAIN segera terwujud. (budhi Vj)

 

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close