HOT NEWSHukumSungai Penuh

Warga Diserang Penyakit Kulit, Diduga Limbah RSU MHA Thalib Bocor

Berita SUNGAIPENUH – Satu persatu warga Kota Sungaipenuh yang berada di Kecamatan Pesisir Bukit terindikasi penyakit kulit. Pasalnya, warga menilai penyakit kulit dikarenakan limbah RSU MHA Thalib Kerinci.
Sebut saja Melati, warga Koto Keras Kecamatan Pesisir Bukit terkena penyakit kulit gatal-gatal. Karena rumahnya dataran rendah dekat aliran drainase yang Intalasi Pengolahan Air Limbah RSU MHA Thalib Kerinci.

“Sudah dua tahun badan saya gatal-gatal, diobati ke Rumah sakit tak kunjung sembuh,” ungkap Melati, kemarin.

Tokoh masyarakat Pesisir Bukit Zulman Anwar ditemui Harian Jambi mengakui beberapa warganya sudah terindikasi penyakit kulit atau kudis. Hal itu, ia mendapat laporan dari warganya.

Baca juga:  Surat Larangan Parkir Tuai Pro Kontra

“Ya, kejadiannya sudah lama. Ada beberapa warga sudah terindikasi penyakit kulit karena limbah RSU MHA Thalib yang bocor,” ucapnya.

Zulman Anwar juga menyampaikan, pihaknya sudah memberitahukan keluhan warga ke pihak RSU MHA Thalib. Namun tidak ditanggapi agar limbah dioleh dan tidak bocor saluran air kepermungkiman warga.

“Tetapi kami tokoh masyarakat sudah penah menyampai, limbah RSU agar dibenahi. Mesin yang tidak berfungsi agar difungsi kapanpun di ganti dan jangan dibiarkan. Kita minta BLHD terkait segera turun dan bertindak, karena BLHD Provinsi sudah turun IPAL RSU tidak berfungsi,” jelasnya.

Sementara itu, Dirut RSU MHA Thalib dr Arman S.Pm dikonfirmasi terkait adanya keluhan dan tudingan limbah RSU bocor dan IPAL tidak berfungsi dibantahnya.

Baca juga:  Mengharukan! Cerita Perjuangan Indah Pratiwi Meraih Duta Pendidikan Indonesia Lingkungan Hidup 2021

“Tidak benar, tidak ada yang bocor. IPALnya berfungsi sesuai dengan jadwalnya,” kata Arman, kemarin.

Harianjambi.com

Show More
Back to top button
>