Gadget

Xiaomi Kembali Rebut Posisi Puncak sebagai Produsen Smartphone Terbesar di India pada Q2 2024

Pertumbuhan Pasar Smartphone di India Q2 2024

Menurut laporan dari firma analis pasar teknologi, pengiriman smartphone di India hanya tumbuh satu persen pada kuartal kedua (April-Juni) 2024 secara tahunan (YoY). Laporan ini menunjukkan bahwa pertumbuhan yang kecil ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk pemilihan nasional, permintaan musiman yang lebih rendah, dan kondisi cuaca ekstrem di beberapa daerah. Di antara merek-merek teratas dengan pangsa pasar terbesar pada kuartal ini adalah Xiaomi dan Vivo. Perlu dicatat, estimasi untuk Xiaomi dalam laporan ini mencakup data dari Poco, sub-merek perusahaan, sementara estimasi untuk Oppo mengecualikan OnePlus.

Statistik Pengiriman Smartphone di India Q2 2024

Laporan dari firma analis pasar Canalys mengklaim bahwa total jumlah unit smartphone yang dikirim di India pada Q2 2024 adalah 36,4 juta, sedikit lebih banyak dari 36,1 juta unit yang dikirim pada Q2 2023. Laporan tersebut menunjukkan bahwa Xiaomi dan Vivo masing-masing mengirimkan 6,7 juta unit dan memiliki pangsa pasar 18 persen masing-masing.

Samsung mengikuti dengan dekat di 17 persen dengan 6,1 juta unit yang dikirim, sementara Realme dan Oppo masing-masing mengirim 4,3 juta dan 4,2 juta unit, dengan pangsa pasar 12 dan 11 persen.

Kontribusi terbesar untuk pangsa pasar yang lebih besar dari Xiaomi dan Vivo adalah seri Redmi Note 13 Pro dan Xiaomi 14 Civi, bersama dengan seri Vivo V-series dan Vivo Y200 Pro, tambah laporan tersebut.

Pertumbuhan tahunan yang kecil pada kuartal ini dikaitkan dengan pemilihan umum nasional, cuaca ekstrem, permintaan yang berfluktuasi, dan migrasi yang lambat dari ponsel fitur ke smartphone. Laporan tersebut juga mengklaim bahwa elemen lain adalah tren yang berkembang untuk mengadopsi smartphone bekas.

Outlook Pasar Smartphone India H2 2024

Laporan tersebut juga menyarankan bahwa sebagian besar merek akan menantikan untuk mengosongkan inventaris mereka dengan penjualan e-commerce selama musim monsun untuk mempersiapkan peluncuran baru yang akan datang. Laporan tersebut juga mengklaim bahwa pembeli diharapkan untuk meningkatkan ke ponsel dengan spesifikasi lebih tinggi dan fitur inovatif dalam beberapa bulan mendatang. Sebagian besar pelanggan diharapkan fokus pada konektivitas 5G dan dukungan AI generatif pada smartphone mereka, menurut laporan tersebut.

Firma tersebut mengharapkan “pertumbuhan dalam angka satu digit menengah baik pada musim festival mendatang maupun pengiriman keseluruhan” di sisa tahun 2024.

Tabel Spesifikasi Pasar Smartphone India Q2 2024

Merek Unit Dikirim (juta) Pangsa Pasar (%)
Xiaomi 6.7 18
Vivo 6.7 18
Samsung 6.1 17
Realme 4.3 12
Oppo 4.2 11

Dengan peluncuran yang dikonfirmasi, para penggemar Nothing dapat menantikan peningkatan spesifikasi dan fitur baru yang mungkin dibawa oleh Nothing Phone 2a Plus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button