2015, Waduk Di Kota Sungai Penuh Akan Dibangun

Kerincitime.co.id, Sungai Penuh – Jika tidak ada halangan yang merintang, dipastikan tahun 2015 mendatang akan di bangun waduk di kota sunagi penuh, tepatnya di aliran sungai air jernih arah puncak. Kepastian ini diungkapkna oleh Maya Kabid Cipta Karya PU Kabupaten Kerinci.

“mudahan tahun depan waduk dibangun di kota sungai penuh” ungkap maya kepada kerincitime.co.id.

Dijelaskannya bahwa petani kerinci dan kota sungai penuh lebih banyak mendapatakn sumber air dari air hujan, jika tidak hujan tidak ada, areal persawahan akan kering, dan petani jadi merugi.

Mesipun di beberapa kecamatan sudah dibangun irigasi, namun masih sangat banyak areal persawahan yang tidak bisa dialiri air, di kecamatan keliling danau misalnya, sumber air yang cukup besar dari sungai di bukit pulau tengah bisa memberikan kontribusi air ke areal persawahan masyarakat dengan membangun irigasi, namun kendalanya adalah untuk membangun irigasi malah pembebsan tanah yang tidak bisa.

“dari tahun ke tahun pembebesan tanah menjadi kendala setiap usulan kegiatan pembangun irigadi di kecamatn keliling danau, dan itu mampub mengaliri sawah warga 20 desa” kata maya.

Terpisah Direktur Utama PDAM Tirta Sakti Sasli Rais kepada kerincitime.co.id mejelaskan bahwa informasi pembangunan Waduk di kota sungai penuh sudah sejak lama di rencanakan, untuk tahun depan mudahan bisa terlaksana.

Yang paling membutuhkan air adalah masyarakat yang memiliki areal persawahan dan perkebunan, juga perikanan, sementara untuk PDAM sendiri hanya sedikit, “waduk ini sangat besar manfaatnya bagi warga dua daerah otonom ini, satu sisi bagi areal persawahan, perkembunan, dan perikanan, di sisi lain stok air untuk PDAM biasa lancar, meskipun musim kemarau” katanya.

Dikatakannya, jika ini terwujud maka upaya untuk meningkatkan pelayanan air bersih pada pelanggan PDAM Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci kedepan dipastikan bisa terwujud.

Disamping itu Kemetrian PU dan Kementrian Kehutanan tahun 2014 juga setuju terhadap PDAM Tirta Sakti Kerinci dalam pemanfaatan air danau gunung tujuh untuk mengaliri air kepada seluruh masyarakat kerinci dan sungai penuh.

“ini sudah luar biasa, kerinci tidak akan kekurangan air, selain waduk, pemanfaatan air danau gunung tujuh pun di bangun tahun ini, untuk pasokan air bersik tidak ada masalah lagi dalam 2 tahun kedepan” katanya. (KE/ton)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful