Air Danau Gunung 7 Segera Mengalir Kerumah Warga

Kerincitime.co.id, Kerinci – Untuk meningkatkan pelayanan air bersih pada pelanggan Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci kedepan, Kemetrian PU dan Kementrian Kehutanan tahun 2014 setuju terhadap PDAM Tirta Sakti Kerinci dalam pemanfaatan air danau gunung tujuh untuk mengaliri air kepada seluruh masyarakat kerinci dan sungai penuh.

Tidak tanggung-tanggung dana yang masuk untuk peningkatan pelayanan air PDAM di kerinci dan Sungai Penuh tahun 2014 ini mencapai angka Rp. 100 miliar lebih, dana tersebut berasal dari APBN, APBD Provinasi Jambi, APBD Kabupaten Kerinci dan APBD Kota Sungai Penuh.

“tahun ini kerinci dan sungai penuh dapat dana Rp. 100 miliar lebih, dari kementrian PU dan Kementrian Kehutanan, dan itu semua langsung di kelola oleh masing-masing kementrian, PDAM hanya sebagai operator atau pengelola” kata Dirut PDAM Sasli Rais kepada kerincitime.co.id.

Terpisah Maya Kabid Cipta Karya PU Kabupaten Kerinci membenarkan informasi tersebut, dikatakannya tahun ini kerinci mendapat anggaran untuk pemanfaatan air danau gunung tujuh untuk dijadikan sumber air PDAM Tirta Sakti.

“tahun ini kita dapat dana dari kementrian PU dan kementrian Kehutanan, namun untuk pelaksanaannya masih kita bahas, sebab jika di kelola oleh PU maka tahun ini dipastikan tidak akan terkejar pemasangan instalasi, hanya pengadaan pipa yang bisa dikerjakan tahun ini” katanya.

Namun demikian pihaknya masih memikirkan jika dana tersebut langsung di kelola oleh pihak PDAM langsung, sebab PDAM swasta, jadi untuk pekerjaan tidak ada batasan waktu, “kalau PDAM waktunya bisa tidak terbatas, karena swasta” katanya.

Terpisah Kadis PU Kerinci Evi rasmianto kepada kerincitime.co.id menjelaskan bahwa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sakti saat ini tahun ini akan membangun Jaringan dari air danau gunung tujuh hingga ke rumah warga di wilayah siulak, dan wilayah IKK (Ibu Kota Kecamatan) yang dekat dengan danau gunung tujuh.

Evi Rasmianto menjelaskan, guna mendukung pemenuhan akan air bersih warga kerinci, kerinci terus melakukan berbagai terobosan. Termasuk untuk membangun waduk, karena pertanian dan perkebunan kerinci, selain mencari sumber mata air baru, sumber air PDAM tirta sakti dari danau gunung tjuh tersebut memiliki kemampuan 1000 liter/detik. (KT/ton)

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful