Gaya HidupNasional

Antisipasi Dini Virus Corona dengan Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta -Dunia sedang digemparkan oleh munculnya virus mematikan yang menyerang manusia, yaitu virus corona atau COVID-19. Saat ini, virus corona mulai meluas di puluhan negara termasuk Indonesia.

Pada 19 Maret lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyebut COVID-19 sebagai sebuah pandemi. Dengan adanya pernyataan ini, diharapkan negara-negara termasuk Indonesia bisa lebih agresif mengambil tindakan pencegahan dan perawatan.

Dilansir Kumparan.com dari laman Immune Deficiency Foundation, virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan serta mudah ditularkan melalui kontak perorangan. Selain itu, orang dengan imunitas rendah juga berisiko tinggi terinfeksi virus corona.

Siapapun bisa saja terjangkit virus corona. Melakukan social distancing atau self-quarantine menjadi cara untuk mengurangi penyebaran covid-19. Lantas, apa sajakah yang perlu dilakukan untuk mencegah virus teresebut menular?

Rajin Cuci Tangan

Salah satu cara meminimalisir penyebaran virus corona adalah dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan berbasis alkohol selepas menyentuh barang apapun. Dilansir The New York Times, selain mencuci tangan Anda juga disarankan untuk berhenti menyentuh bagian wajah seperti hidung, mulut, maupun mata.

Kebiasaan ini dapat membantu membunuh kuman dan virus yang berada di tangan, termasuk virus corona. Apabila mengalami gejala seperti batuk ataupun bersin, gunakanlah tisu untuk menutup mulut atau hidung Anda agar kuman dan virus tersebut tidak menempel pada tangan.

Olahraga Teratur

Rutin berolahraga dapat membantu Anda meningkatkan imunitas tubuh serta membuat tulang sehat dan kuat. Selain itu, olahraga dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa 20 menit berolahraga secara ringan dapat merangsang sistem kekebalan tubuh serta menciptakan respon anti inflamasi atau peradangan pada tubuh.

Aktivitas fisik dinilai dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terkena flu atau penyakit lainnya serta menyebabkan perubahan antibodi dan sel darah putih (WBC) yang berfungsi melawan penyakit.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Berolahraga dan mencuci tangan saja tidak cukup. Anda harus mengimbanginya dengan menerapkan pola makan yang sehat. Hal ini dikarenakan pola makan yang sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam sayur dan buah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh diantaranya adalah sayuran hijau (paprika, brokoli, dan bayam), produk susu, buah kiwi, lemon dan jeruk, serta kacang-kacangan, seperti almond dan jambu mete, yang kaya akan vitamin dan antioksidan.

Periksa ke Dokter jika Muncul Gejala

Jangan sepelekan penyakit ringan, karena bisa saja merupakan tanda dari serangan virus corona. Maka, jika mengalami gejala flu seperti batuk, bersin, sesak nafas hingga demam tinggi, Anda disarankan untuk segera melakukan cek resiko virus corona secara online terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Pemerintah Indonesia sudah menunjuk sejumlah rumah sakit rujukan virus corona. Jika memungkinkan, Anda disarankan untuk melakukan panggilan telepon terlebih dahulu untuk mencari tahu informasi lengkap terkait rumah sakit yang dituju.

Mengonsumsi Vitamin C

Melengkapi upaya pencegahan virus corona, Anda juga perlu mengonsumsi Vitamin C. Ya, Vitamin C dapat membangun sistem kekebalan tubuh Anda serta meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat mencegah infeksi.

Namun, perlu diketahui jika sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda. Faktor-faktor, seperti usia, kebiasaan makan, dan gaya hidup sangat mempengaruhi.

Kini Vitamin C sudah banyak dikemas dalam bentuk kapsul yang sangat praktis untuk dikonsumsi. Namun, tak usah khawatir mencari Vitamin C yang Anda butuhkan.

Anda bisa membelinya secara online melalui aplikasi Halodoc. Terlebih lagi, dengan adanya imbauan akan social distancing, Anda tak repot perlu keluar rumah. Vitamin atau produk kesehatan lainnya bisa Anda temukan dan dapat diantar langsung ke tempat tujuan dengan Halodoc. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close