Gaya Hidup

Buah yang Kandungan Vitamin C dan E untuk Jaga Sistem Imun Tubuh

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia kian meningkat setiap harinya. Kondisi tersebut yang membuat masyarakat melakukan berbagai cara agar meminimalisir risiko terinfeksi. Caranya bisa dengan menjaga kesehatan dan sistem imun tubuh.

Meningkatkan sistim imun ternyata bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin C dan E. Tak hanya didapat dari suplemen, kedua kandungan tersebut bisa ditemui dengan mudah pada buah-buahan, dikutip dari laman Kumparan.com.

Penasaran apa saja buah dengan kandungan vitamin C dan E yang mampu memperkuat sistem imun pada tubuh? Berikut daftarnya.

Jeruk

Jeruk termasuk buah tropis yang paling populer di masyarakat. Selama ini jeruk diketahui sebagai buah paling kaya akan vitamin C nya. Faktanya, buah yang termasuk jenis citrus ini hanya memiliki kandungan vitamin C sebanyak 53 mg. Meski begitu, buah jeruk dianggap cukup mampu membantu meningkatkan sistem imun.

Jambu Biji

Keberadaan jambu biji belakangan ini semakin dicari banyak orang. Buah yang satu ini disebut mampu meningkatkan imun untuk menangkal virus corona.

Jambu biji memang memiliki segudang kandungan yang baik bagi tubuh seperti vitamin C dan E. Buah yang memiliki nama latin common guava itu memiliki kandungan vitamin C tertinggi dibandingkan buah lainnya, yaitu sebanyak 228 mg per 100 gramnya.

Selain C, jambu biji juga memiliki kandungan vitamin E yang mampu membantu penderita diabetes. Apalagi, indeks glikemik dari buah yang satu ini pun terbilang rendah. Konon, jika mengonsumsinya secara rutin, jambu biji juga membantu melancarkan BAB.

Pepaya

Buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, ini memiliki kandungan vitamin C dan E yang cukup tinggi. Vitamin C yang terdapat di dalamnya lebih tinggi ketimbang jeruk, mencapai 61 mg. Sedangkan dalam satu buah pepaya, kandungan vitamin E nya mampu memenuhi kebutuhan asupan harian sebanyak 17%.

Kiwi

Buah yang memiliki ciri khas kulit berbulu agak kasar dan daging buah berwarna hijau ini diperkaya dengan vitamin C dan E. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi diketahui mencapai 93 mg.

Sedangkan, satu buah kiwi berukuran sedang memiliki kandungan vitamin E sebanyak 1,1 mg. Jumlah ini sudah memenuhi sekitar 5% AKG.

Manfaat vitamin E dalam kiwi dipercaya mampu membuat kulit awet muda dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain kedua vitamin tersebut, kiwi juga memiliki sejumlah zat bergizi lainnya seperti kalium, magnesium, dan kalsium.

Mangga

Buah yang berasal dari perbatasan India, Burma, ini kaya akan berbagai vitamin yang baik bagi tubuh. Dalam satu buah mangga ternyata mengandung 1,5 mg vitamin E. Tak hanya itu, mangga juga kaya akan serat, vitamin A, B6, dan C untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Buah mangga juga memiliki kandungan mineral dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan tersebut juga menimbulkan efek antikanker yang potensial serta peningkatan kekebalan, pencernaan, mata, kulit, dan kesehatan rambut. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close