Pendidikan

Apa Itu Hilal dan Kapan Penentuan Hilal Lebaran Idul Fitri 2023?

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Hilal adalah istilah yang digunakan untuk menentukan awal bulan baru menurut kalender Hijriah atau kalender Islam. Biasanya pengamatan hilal atau rukyat hilal dilakukan pemerintah bersama lembaga terkait dengan menggelar sidang isbat.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan hilal, rukyat hilal, dan sidang isbat, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Dalam rukyat hilal penentuan awal bulan ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh tim hisab rukyat. Rukyat hilal biasa dimulai dari jam 5 sore dengan mempersiapkan peralatan pemantau hilal serta mengundang jajaran ormas terkait hingga tim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Adapun hasil dari rukyat hilal atau pengamatan hilal adalah berupa ijtimak. Hasil rukyah hilal yang dilakukan tersebut dilaporkan kepada Menteri Agama RI sebagai salah satu bahan data untuk hasil rukyatul hilal secara nasional.

Mengutip BMKG, secara astronomis ijtimak adalah batas antara bulan yang sedang berlangsung dengan bulan berikutnya dalam kalender hijriah. Oleh karena itu, dalam astronomi ijtimak disebut sebagai awal perhitungan bulan baru.

Apa Itu Sidang Isbat?

Pemerintah melalui tim hisab rukyat melaksanakan rukyat hilal dengan menggelar sidang isbat. Pengertian sidang isbat adalah sidang yang dilakukan untuk menetapkan atau menentukan awal bulan dalam kalender Hijriyah.

Sidang isbat dilakukan untuk menentukan hilal atau awal bulan antara lain:

Hilal awal bulan Ramadan (penentuan awal bulan puasa)
Hilal awal bulan Syawal (penentuan Hari Raya Idul Fitri)
Hilal awal bulan Zulhijah (penentuan Hari Raya Idul Adha)

Pelaksanaan sidang isbat dilakukan oleh Kemenag RI beserta pihak-pihak terkait. Dalam pelaksanaannya, sidang isbat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

  1. Pemaparan posisi hilal
  2. Pelaksanaan sidang isbat
  3. Telekonferensi pers hasil sidang isbat.
Pelaksanaan Sidang Isbat Idul Fitri 2023

Sebagai informasi, sidang isbat hilal 1 Syawal 1444 H akan digelar pada Kamis, 20 April 2023. Sidang isbat tersebut untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023.

“Insyaallah tanggal 29 Ramadan/20 April,” kata Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Selasa (11/4/2023).

Sidang isbat Lebaran 2023 tersebut bakal mengundang sejumlah pihak, mulai Komisi VIII DPR RI, Majelis Ulama Indonesia (MUI), hingga perwakilan ormas-ormas Islam. Sidang isbat akan dilaksanakan di Gedung Kemenag RI, Jakarta Pusat.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan ada potensi perbedaan waktu Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini. Oleh karena itu, dia meminta semua pihak untuk menunggu hasil sidang isbat Idul Fitri 1444 H.

“Walau ada potensi perbedaan kita tunggu hasil sidang isbat,” ujar Kamaruddin, Selasa (11/4/2023). (*)

Sumber : detik.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button