Sungai Penuh

Bangun Pasar Kota Sungai Penuh, Pusat Kucurkan DAK 3,8 M

Kerincitime.co.id, Berita Sungai Penuh – Luluh lantaknya Pasar Kota Sungai Penuh beberapa waktu lalu akibat kebakaran, 319 pelaku usaha tidak dapat lagi melakukan kegiatan usaha.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariansyah, titik terang bantuan terhadap pedagang yang mengalami kerugian sudah tampak dari Dirjen Perdagangan.

“Akhir Januari kita sudah menghadap, dan dalam waktu dekat perhitungan akan dilakukan,” katanya. Ia juga mengatakan, terkait dengan besaran bantuan yang akan diberikan, pemerintah pusat belum menentukan berapa jumlahnya. Karena masih harus dilakukan peninjauan lapangan.

“Mereka mau menghitung dulu. Yang pasti kita ajukan bantuan untuk 319 pedagang berupa tenda dan peralatan,” jelasnya.

Baca juga:  Yukk Ikutan Funny Selfie Contest Di DEJ Convention Hall Berhadiah Jutaan Rupiah

Kemudian, kata Ariansyah, terkait dengan pembangunan kembali pasar yang terbakar, bantuan juga akan diberikan oleh pemerintah pusat. Bantuan diberikan berupa bantuan keuangan.

Untuk membangun kembali Pasar Kota Sungai Penuh, pemerintah pusat mengucurkan dana yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 3,8 M. “Dana ini di luar bantuan yang akan diberikan kepada 319 pedagang,” katanya.

Kini yang menjadi permasalahan, lanjut Ariansyah, adalah lokasi pembangunan pasar. Ada beberapa opsi terkait pembangunan pasar ini. Pertama dilakukan di lokasi lama, atau dibangun di lokasi yang baru.

“Kendalanya di lokasi dan tanahnya,” jelasnya. Kemudian, kata Arianyah, dana baru akan dikeluarkan setelah status tanah yang akan dijadikan lokasi pembangunan Pasar Kota Sungai Penuh haruslah resmi milik Pemkot Sungai Penuh. “Nantinya status tanahnya itu hibah,” katanya.

Untuk itu, dijelaskan oleh Ariansyah, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemkot Sungai Penuh, dalam pembanguan pasar ini. Dorongan terus dilakukan pemrpov dalam upaya pembangunan kembali. “Kita hanya sebagai jembatan,” katanya.

Baca juga:  Beredar Kabar, 8 Warga Sungai Penuh Positif Rapid Tes

Sumber: metrojambi.com

[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close