Baru Saja Selesai, Jalan KM 11 – Renah Padang Tinggi Sudah Amburadul

Kerincitime.co.id, Berita Sungai Penuh – Meskipun baru saja selesai dikerjakan Proyek Jalan KM 11 – Renah Padang Tinggi Kecamatan Pesisir Bukti Kota Sungai Penuh, kondisinya saat ini malah semakin amburadul.

Kondisi ini sepertinya wajar terjadi, karena sejak awal pekerjaan jalan ini memang asal jadi, material pengerasan yang dilakukan material pilihan, namun anehnya timbunan pilihan tersebut terdapat banyak batu besar, yang ukurannya ada yang sebesar kepala Sapi, timbunan material piliah tersebut sepertinya perlu dipertanyakan.

Investigasi LSM Perisai Kobra rabu 19/09/2018 dengan menelusuri proyek jalan tersebut sampai batas ujung pekerjaan, banyak menemukan banyak titik jalan sudah rusak, bahkan dikabrakan jalan ini juga ada penambahan timbunan, namun tetap terkesan asal-asalan, banyak badan jalan yang tipis kelihatan tanah ponadi.

Bukan itu saja jalan dengan menggunakan material timbunan pilihan, yang diduga tidak sesuai dengan spesifikasi teknis, material cadas adalah tanah kelas satu yang keras, namun yang jika jalan tersebut item pekerjaannya pengkerasan maka material timbunan pilihan agaknya perlu dipertanyakan.

“kalau item pekrjaannya pengkerasan, maka materialnya harus split, bukan cadas, jika timbunan maka gunakan tanah, yang ada adalah material cadas” ungkapnya.

Di banyak titik terdapat banyak sekali batu yang ukurannya besar, bahkan ada yang sebesar kepala sapi, kemudian ada tembok gorong-gorang tidak berpondasi “apa material yang ada batu besar tersebut masuk dalam kategori material pilihan, nah.. pihak PPTK PUPR, Pengawas harus mampu menjelaskan ini” ungkapnya.

Parahnya lagi, material yang digunakan adalah material setempat dengan menggunakan alat berat, tempat pengambilam amterial tersebut sudah dipastikan illegal, lantas pajak galian C dibayar, “sudah materialnya yang tdiak jelas, kemudian material yang digunakan dari tempat illegal, terus membayar pajak galian C tentu illegal juga, apa dasar  pemungutan pajak galian C itu, aneh!” tegasnya.

Informasi yang didapatkan Jalan tersebut dikerjakan oleh CV. Momentum Sakti dengan nilai Rp. 984.480.000,-, pekerjaan Rehabilitasi Jalan KM 11-Renah Pdang Tinggi, sementara itu pihak rekanan dan pihak PU PR hingga berita ini dipublih belum ada tanggapan. (ega)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful