Pariwisata/Budaya

Bule Juga Kagumi Aksara Incung

Berita Kerinci, Kerincitime.co.id – Menariknya pada kegiatan FMPDK tahun ini, Sanggar Seni Incung Alam Kerinci bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Danau Kerinci untuk pertama kali melaksanakan pameran aksara Incung Suku Kerinci dan penampilan musik Gong Buluh.

Ratusan Pengunjung dari Belanda, Belgia dan Malaysia serta mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, dan sejumlah akademisi dari luar Kerinci memenuhi stand pameran Aksara Incung. 

Sebagian besar pengunjung mengaku baru melihat secara lansung Aksara Suku Kerinci yang saat ini nyaris tenggelam dalam  kemajuan zaman.

Dua wisatawan dari Belanda dan Belgia sangat tertarik dan mengagumi aksara Incung Suku Kerinci. Menurut keduanya,  kehadiran Aksara Incung menunjukkan bahwa masyarakat suku Kerinci sejak masa lampau telah memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi dan telah memiliki kebudayaan dan peradaban yang tinggi.

“Semestinya aksara Incung dan benda-benda budaya yang tersebar di alam Kerinci dijadikan sebagai sebuah warisan dunia yang harus tetap dipelihara dan diabadikan bagi ilmu pengetahuan,” kata salah satu diantaranya dengan bahasa Indonesia yang masih terbata-bata.

Selain itu, mereka mengungkapkan rasa kagum terhadap wisata alam Kerinci,”Alam Kerinci itu memang amboi indahnya, ia ibarat putri cinderela yang cantik, tapi sayangnya belum di dandani dengan baik, saya kira jika destinasi wisata itu dikelola dengan baik kami yakin wisata alam dan kebudayaan di Kerinci akan lebih mendunia,” katanya.

Ardinal, Kadisporabudpar Kabupaten Kerinci mengungkapkan, pihaknya bersama Dinas Pendidikan akan menggali dan mengangkat Aksara Incung, termasuk adat dan kebudayaan suku Kerinci. 

“Kita akan perkenalkan dan kita ajarkan kepada peserta didik melalui mata pelajaran kurikulum muatan lokal”, kata Ardinal. (bvj)

 

Related Articles

1
Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Sonea Octavia Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Sonea Octavia
Guest

Izin share

Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close