Sungai Penuh

Cegah Covid-1, Mahasiswa KKN UNDIP Rancang Touchless Handsanitizer

Kerincitime.co.id, Berita Sungai Penuh – Masa pandemi memasuki babak baru setelah pemerintah Indonesia menetapkan diberlakukannya kebijakan new normal  atau tatanan kehidupan baru pada seluruh masyarakat Indonesia. Semua aktivitas keseharian masyarakat diharapkan bisa kembali pulih dengan bekerja seperti biasa menggunakan protokol kesehatan, termasuk masyarakat Kelurahan Dusun Baru, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh.

Demografis masyarakat Kelurahan Dusun Baru  yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai wirasawasta, mengharuskan mereka untuk kembali beraktifitas diluar ruangan. Oleh karena itu, Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang bernama Zhody Oskar dari jurusan Teknik Industri dan 2 koleganya bernama Vira Alda dari jurusan Ilmu Komunikas dan Dilla Putri dari Jurusan Kedokteran melalui program KKN “Pulang Kampung”  yang digugus oleh P2KKN UNDIP berupaya berkontribusi positif pada masyarakat Kelurahan Dusun Baru dalam hal menghadapi COVID-19.

Baca juga:  Ini Data 14 Pasien Covid-19 Jambi

Proses Pelaksanaan Program

Mahasiswa KKN UNDIP Rancang Touchless Handsanitizer

Sebelum  menentukan program yang akan dibuat selama masa KKN, mahasiswa UNDIP tersebut melakukan perizinan dan perkenalan kepada perangkat kelurahan, mulai dari Lurah Dusun Baru, Ketua Lingkungan 3, hingga pengurus PKK. Bukan hanya perkenalan, mereka berdiskusi mengengai gambaran kondisi kelurahan saat in serta permasalahan dan program pencegahan COVID 19 yang dilakukan oleh Kelurahan Dusun Baru.

Selama 2 minggu pertama pelaksanaan KKN, Zhody dan kawan-kawan tidak hanya fokus pada persiapan program pencegahan COVID-19, akan tetapi mereka juga turut serta berbaur dengan masyarakat setempat dengan mengikuti beberapa kegiatan yang sedang diselenggarakan, seperti membantu pelaksanaan kegiatan pelatihhan Dasa Wisma oleh pengurus PKK Kecamatan Sungai Bungkal hingga membantu dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu pada Lingkungan 3 Kelurahan Dusun Baru.

Baca juga:  Blusukan Fikar – Yos di 5 Luhah Sungai Penuh

Setelah melakukan survey lingkungan kelurahan Dusun Baru, mahasiswa UNDIP menumakan fakta bahwa masyarakat masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan ketika beraktifitas diluar, termasuk di sekitar masjid dan sekolah. Oleh karenan itu, mahasiswa UNDIP bersama Kelurahan Dusun Baru bekerja sama untuk memberikan inovasi dimasa pandemi COVID-1

9 dengan memberikan contoh kepada masyarakat secara kreatif dengan membuat TouchlessHand Sanitizer.  Produk TouchlessHand Sanitizermemungkinkan masyarakat dapat menjaga kebersihan tangan dari berbagai virus dan kuman tanpa tercemar tangan orang lain yang menggunakan Hand Sanitizer yang sama.

Prinsip kerjanya sederhana, pengguna tinggal menekan pedal kaki untuk mengeluarkan cairan disinfektannya tanpa menyentuh botol menggunakan tangan. Dengan adanya Hand Sanitizer Touchlessyang nantinya ditempatkan pada tempat kerja masyarakatini diharapkan bisa mengedukasi masyarakat untuk beraktifitas diluar ruangan dengan tetap mematuhi salah satu protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga:  Kabar Baik, Bupati Muarojambi Dikabarkan Sembuh dari Covid-19

Ditulis oleh : Zhody Oskar S

Editor : Fajrul Falah, S.Hum, M.Hum

 

Tags

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>
Close
Close