Dengan HATINYA Kita Bangun Tanah Kampung

Laporan: Aditya Maha Putra dan Nurul Bj Rio Temenggung

Sungai Penuh. Secara historis Kota Sungai Penuh merupakan daerah otonom baru hasil pemekaran Kabupaten Kerinci,terbentuk berdasarkan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2008 dan disyahkan oleh DPR-RI Tanggal 21 Juli 2008, dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri H.Mardiyanto tanggal 8 November 2008. Hingga tahun 2013, Kota Sungai Penuh memiliki 8 Kecamatan yakni:Kecamatan Sungai Penuh,.Kecamatan Tanah Kampung, Kecamatan Sungai Bungkal, Kecamatan Kumun Debai,Kecamatan Pondok Tinggi,Kecamatan Pesisir Bukit,Kecamatan Hamparan Rawang, Kecamatan Koto Baru

Kota Sungai Penuh memiliki total luas wilayah 391,5 Km2  meliputi kawasan TNKS seluas 231,776Km2( 59,2%) dan lahan budidaya/luas hunian seluas 159,724Km2(40,8%).Kota Sungai Penuh merupakan salah satu dari dua Kota yang ada di Propinsi Jambi (salah satu dari 11 Kabupaten/Kota di Propinsi Jambi.

Kota Sungai Penuh merupakan sebuah kota kecil yang bernuansa agraris berada dikawasan dataran tinggi puncak pengunungan andalas ( bukit barisan), membentang sepanjang gugus barat Pulau Sumatera. Bentang alamnya yang terdiri dari kawasan perbukitan yang berlapis lapis dan dikelilingi oleh daerah hulu dan daerah hilir Kabupaten Kerinci. Gugusan pegunungan bukit barisan dengan panorama alam  “Bukit Kahyangan” Bukit Batu Puti Senang, dan pengunungan yang ada di dataran tinggi Kota Sungai Penuh seakan ikut menjaga irama dan denyut nadi kehidupan masyarakat.. Dilain pihak berbagai peninggalan benda cagar budaya yang berada di negeri  atas angin ini menunjukkan Kota Sungai Penuh merupakan bagian tidak terpisahkan dari salah satu pusat peradaban tertua yang pernah ada di atas permukaan bumi.

Kota kecil yang berada dalam wilayah Alam Kerinci memiliki kiondisi alam yang indah dengan panorama alam yang aduhai, tempat kehidupan berbagai spesies flora dan fauna langka, telah menginspirasikan seorang pujangga Ghazali Burhan Rio Djayo mengumpamakan daerahnya bagaikan  Sekepal tanah dari surga. Bentang alamnya – yang terdiri dari gugus pegunungan senantiasa diselimuti awan putih dan embun serta lembah menawan yang terhampar luas membentuk kantung (Engclave) yang uniek spesifik dan merupakan bagahagian engclave yang terluas yang pernah di huni manusia di dunia. sebahagian dari kawasan ini diselimuti hutan belantara liar dan basah dengan berbagai tingkat keragaman hayati yang tumbuh pada ketinggian yang berbeda dengan tiga ekosistim.

Dalam wilayah tiga ekosistim, Kota Sungai Penuh yang merupakan bagian tidak terpisahkan  dari  alam Kerinci memproduksi udara segar dan sejuk yang dihirup oleh sebahagian penduduk dunia,- Mata air bening dari kaki kaki pegunungan yang mengalir pada sejumlah anak anak sungai dan bermuara di danau Kerinci, selanjutnya kembali mengalir melalui alur sungai  Batang Merangin menuju  sungai Batanghati

Kecamatan Tanah Kampung merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kota Sungai Penuhmerupakan Kecamatan pemekaran dari Kecamatan Sitinjau laut, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kerinci  Nomor 21 Tahun 2005 tanggal 15 Desember 2005 tentang Pembentukan  Kecamatan Tanah Kampung .

ü  secara geografis berada pada posisi antara 101 0 14’32”BT sampai dengan 101 0 27’31”BT dan  02 0 01’40”LS sampai dengan 02 0 14’54”LS, dan Berada pada ketinggian 500 – 1000 mdpl;

ü  Luas Keseluruhan  11 km

ü  m2 (1.100 Ha) atau 2,81 % dari Total Wilayah Kota Sungai Penuh yang terdiri dari kawasan hunian dan budidaya;

ü  Terdiri dari 13 Desa dan 52 RT, dengan penduduk sebanyak 11.272 jiwa (Laki2 5.253 Jiwa, Perempuan 6.090 Jiwa) dan 3.202 KK.

Sesuai dengan Visi nya  Mewujudkan Kecamatan Tanah Kampung Yang Lebih Maju di Bidang Pemerintahan, Pembangunan Kemasyarakatan, Pertanian dan Industri Rumah Tangga Serta Aman dan Tertib,Camat Tanah Kampung dan Ketua Tim PenggerakPKK Kecamatan Tanah Kampunh Hj.Suryani Alamrus,S.Pd  menggerakpembangunan  dengan pendekatan “Hatinya”

 

Dengan HATINYA (Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) Camat dan segenap  aparatur yang berada di Kecamatan Tanah Kampung terus berupaya untuk  menciptakan  Hatinya menuju kearah yang lebih baik.

Mayoritas masyarakat di Kecamatan Tanah Kampung  adalah masyarakat petani yang menggarap sawah milik keluarga besar secara turun temurun,selama perpuluh puluh tahun kondisi sarana infrastruktur jalan,irigasi,jembatan dan kondisi  adaerah aliran sungai sangat memperihatinkan.

Sejak beberapa tahun terakhir secara bertahap pemerintah Kota Sungai penuh terus melakukan penataaan dan peningkatan kwalitas sarana infra  struktur di kawasan ini,perlahan namun pasti Tanah Kampung semakin berbenah,penataan lokasi perkantoran dan sarana pelayanan sosial terus dilakukan termasuk melakukan program SAMISAKE/.

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful