Gaya HidupNasional

Dongkrak Daya Tahan Tubuh dengan 7 Bahan Herbal Untuk Cegah Virus Corona Covid-19

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Virus corona Covid-19 dipastikan positif berada di Indonesia usai dua warga asal Depok terjangkit virus yang berasal dari China tersebut.

Tapi, masyarakat diimbau tak perlu khawatir berlebihan dengan adanya kasus ini. Salah satu guru besar biologi molekular Universitas Airlangga Surabaya, Prof. C.A. Nidom, berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk dapat mengonsumsi rempah-rempah asli Indonesia yang bisa menangkal virus corona Covid-19 masuk ke dalam tubuh.

“Rempah-rempah itu biasa kita sebutnya mpon-mpon seperti jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, dan sebagainya. Rempah-rempah itu diharapkan dapat mengendalikan sitokin (sel yang keluar akibat terkena virus) agar tubuh tidak terinfeksi,” jelasnya, seperti dikutip Suara.com dari laman VivaNews pada Selasa (3/3/2020) kemaren.

Akan tetapi, menurut dr. Danang Ardiyanto, peneliti atau koordinator Rumah Riset Jamu Hortus Medicus Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu, anjuran konsumsi rempah dan ramuan lain yang kini viral menjadi bias.

Baca juga:  KOC, TLCI, KTC Jelajah Alam Kerinci Wilayah Lempur Lekuk 50 Tumbi

“Seolah obat corona bisa dilawan dengan jahe dan kunir dan sejenisnya. Belum ada uji klinik atau uji kepada manusia yang membuktikan hal ini,” tuturnya kepada Suara.com melalui pesan singkat, Rabu (3/3/2020) kemaren.

Memang betul bahwa rempah yang disebut di atas mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dan salah satu cara menyikapi wabah virus corona adalah dengan melakukan peningkatan daya tahan tubuh sebagai upaya pencegahan, namun bukan untuk pengobatan.

Maka, Danang menegaskan hal yang perlu digarisbawahi dari viralnya anjuran konsumsi rempah ini adalah untuk pencegahan dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dan, inilah beberapa tanaman yang secara turun-temurun (empiris) telah dikenal luas oleh masyarakat dapat meningkatkan daya tahan tubuh:

  1. Kunyit

Kunyit atau Curcuma longa memiliki senyawa aktif utama kurkumin yang memiliki aktivitas antiinflamsi, analgetik, dan imunomodulator. Selain itu kunyit juga mengandung zat aktif yang khas, yaitu curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C, dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh.

  1. Pegagan (Centela asiatica)
Baca juga:  KOC, TLCI, KTC Jelajah Alam Kerinci Wilayah Lempur Lekuk 50 Tumbi

Merupakan tanaman tradisional yang mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral. Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

  1. Kayu Manis

Kayu manis kaya akan antioksidan, bahkan menjadi salah satu rempah dengan kandungan antioksidan tertinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari beberapa penyakit, misalnya flu.

  1. Temu mangga (Curcuma mangga)

Temu mangga mempunyai aktifitas fagositosis terkuat dibandingkan empon-empon lain yang dikenal untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Bawang putih (Allium sativum)

Keunggulannya adalah untuk menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormon, meregulasi aliran darah, meningkatkan gairah bercinta, dan banyak lainnya.

Kalau diperhatikan lebih jauh, bawang putih ini memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan yang mengesankan.

Bawang putih mengandung allcin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

  1. Echinacea
Baca juga:  KOC, TLCI, KTC Jelajah Alam Kerinci Wilayah Lempur Lekuk 50 Tumbi

Banyak sekali manfaat yang didapat dari bunga echinacea. Umumnya echinacea digunakan untuk pengobatan influenza, infeksi saluran kemih, pembengkakan kelenjar getah bening, dan juga dapat mengatasi infeksi kulit, luka, dan eksim.

Berdasarkan penelitian ilmiah, echinacea memang dapat meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh karena mampu meningkatkan kadar interferon, menstimulasi fagositosis untuk mendukung sel darah putih dan limfosit melalui pelepasan tumor necrosis factor, interleukin-1, dan interferon beta-2 hingga mampu menyerang organisme asing yang masuk ke dalam tubuh.

Aksi echinacea yang lebih spesifik yaitu dengan cara meningkatkan jumlah dan aktivitas sel imun termasuk sel antitumor, meningkatkan aktivasi sel T, menstimulasi pertumbuhan jaringan baru untuk penyembuhan luka, mengurangi inflamasi pada artritis (radang sendi), dan kulit yang terkena inflamasi.

  1. Sereh

Sereh mengandung beberapa jenis antioksidan, yang bisa membantu memberantas radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit.

Antioksidan di dalamnya termasuk asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin.

(Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close