Independensi Dan Kredibilitas Lembaga Survei Idea Institute Dipertanyakan

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – Pasca munculnya hasil survey Lembaga Idea Institute di media masa, dengan menempatkan Zainal – Arsal diposisi pertama, sementara dua kandidat lainnya di posisi kedua dan ketiga.

Hasil survey itu pun saat ini dibantah banyak pihak, bahkan ada yang menilai Lembaga Survei Idea Institute tersebut harus dipertanyakan Independensi dan Kredibilitasnya, salah satu yang memberikan bantahan di akun facebook Von Rehhardy yang isinya;

“Saya Pendukung Modis dari Kerinci Bagian Hilir. Saya akan memilih beliau dan dilain sisi saya juga menghargai Pak Zainal Abiddin dan Arsal Apri secara personal. Barusan saya menemukan sebuah berita dari satu lembaga survei yanh menempatkan ZA-AA sbg pemenang pemilukada Kerinci. Sebenarnya, sah-sah saja mereka mengklaim demikian utk menaikkan “Nilai Jual” nya dalam mempengaruhi fsikologi voters”

Ini merupakan status di akun Facebook yang bernama Agoest Von Rehhardy, ini menarik untuk di kupas lantaran informasi yang disampaikan logis dan tidak mengada-ada.  Ada beberapa alasan logis yang dibeberkannya yakni  terkait Independensi dan Kreadibilitas Lembaga Survei Idea Institute yang perlu dipertanyakan mengingat ada beberapa faktor yang masih debatable seperti;

1. Bagaimana track record lembaga survei ini?

2. Apakah IDEA Institute terdaftar di KPU sbg lembaga survei formal yang diakui keberadaannya?

3. Bagaimana metode pengambilan sampel, apakah sudah sesuai dengan kaidah penelitian??? Netralkah atau bagaimana?

Dari angka-angka yang dikeluarkan oleh Idea itu sebenarnya ada satu hal yang perlu dicermati, yaitu UNDECIDED VOTERS!

UNDECIDED VOTERS adalah orang-orang yang belum menjatuhkan pilihannya, dan faktor terbesar yang mempengaruhi UNDECIDED VOTERS adalah KETIDAKPERCAYAAN TERHADAP INCUMBENT, dan kita tahu bahwa ada dua calon incumbent di pilkada kali ini.

Jadi, sebagai masyarakat yang terdidik, kita harus jeli melihat isu-isu yang disebarkan oleh kelompok tertentu. Klaim boleh dan tidak dilarang, akan tetapi kita harus kritis terhadap isu-isu yang muncul.

Berikut saya paparkan angka-angka survei IDEA tsb :

-Survei Pertama :
ZA-AA = 25%
MODIS = 20%
ADI-AMI = 19%
UNDECIDED VOTERS =36%

-Survei Kedua :
ZA-AA = 23%
ADI AMI = 20,2%
MODIS = 20%
UNDECIDED VOTERS = 36,6%

Dari data di atas kita dapat melihat bahwa jumlah UNDECIDED VOTERS sangat banyak. Dan itu menunjukkan bahwa klaim IDEA Institute yang menyatakan ZA AA pemenang pilkada Kerinci masih sangat prematur.

Sebagai pendukung MODIS, saya berharap timses MODIS mampu menarik para UNDECIDED VOTERS ini karena faktor yang paling mempengaruhi UNDECIDED VOTERS adalah KETIDAKPERCAYAAN terhadap incumbent.

Semoga Modis bisa memenangkan kontestasi pilkada tahun 2018 ini.

#gueHILIRgueMODIS
SALAM DARI SITINJAU LAUT

(jia)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful