Olahraga

Ini Profil Afridza Munandar, Pebalap Indonesia yang Hampir Jadi Juara Asia

Kerincitime.co.id. Berita Olah Raga – Afridza Munandar, pebalap Indonesia, tewas setelah mengalami insiden kecelakaan di ajang Idemitsu Asia Talent Cup, di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu.

Munandar mengalami kecelakaan di Tikungan 10 di lap pertama balapan dan bendera merah pun dikibarkan.

Pebalap berusia 20 tahun itu menerima tindakan medis di sisi trek sebelum diterbangkan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan helikopter. Munandar dinyatakan meninggal tak lama setelah itu, demikian laman resmi Asia Talent Cup.

Pembalap Muda Indonesia yang Berlaga di Idemitsu Asia Talent Cup Tewas di Sirkuit Sepang, Malaysia pada Sabtu (2/11/2019). (Instagram/asiatalentcup)

“Dengan berat hati kami menginformasikan kepergian Afridza munandar yang terlibat insiden dalam Race 1 Idemitsu Asia Talent Cup di Sepang. Kami ingin menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga dan teman-teman Afridza,” demikian cuitan Asia Talent Cup dalam akun Twitter.

Baca juga:  Mega Proyek PLTA Merangin, “Penjajahan terhadap Masyarakat Kerinci”

Mengutip Antara, Afridza Munadar merupakan pebalap yang gemilang di IATC musim 2019 dengan mengemas dua kemenangan, dua tempat runner-up dan dua peringkat ketiga di musim di mana ia mampu berjuang untuk gelar kejuaraan.

Pebalap kelahiran Tasikmalaya 13 Agustus 1999 ini cukup punya nama kok dan ia tercatat beberapa kali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Termasuk beradu cepat di ajang Asia Talent Cup.

Tak heran saat tampil di balapan selevel Kejuaraan Nasional, Afridza Syach Munandar menjadi magnet dan berada di posisi papan atas. Termasuk pada gelaran Oneprix yang diselenggarakan PT Oneprix Motorsport Manajemen (OMM) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Baca juga:  Mega Proyek PLTA Merangin, “Penjajahan terhadap Masyarakat Kerinci”

Di gelaran Oneprix sendiri, Afridza Syach saat ini memuncaki klasemen dengan torehan 66 poin, dan tercatat 2 kali meraih gelar juara. Ia bersaing dengan dua rekan setimnya Fitriansyah Kete (65 poin) dan Dicky Ersa (53 poin).

Di bawah tangan dingin Rudy Trijaya, Afridza semakin bersinar. Tentu masih segar dalam ingatan saat lagu Indonesia Raya berkumandang di Race 1 Asia Talent Cup di Thailand awal tahun ini setelah Afridza menjadi yang terdepan. Saat itu ia berhasil mengalahkan para pembalap unggulan terutam dari Jepang yang dikenal kuat di level Asia.

Aksinya tampil di sirkuit Sepang hari ini, ia tengah berada di peringkat tiga dengan 142 point, dan menyisakan 27 point lagi untuk menyalip Takuma Matsuyama di puncak klasemen, dan hanya terpaut 15 angka dari Sho Nishimura di urutan  kedua.

Baca juga:  Mega Proyek PLTA Merangin, “Penjajahan terhadap Masyarakat Kerinci”

Afridza Munandar pun memiliki peluang untuk jadi juara Asia dan mengharumkan nama Indonesia. Namun sayang takdir berkata lain.

FIM, FIM Asia, Dorna Sport dan semua yang terlibat di Idemitsu Asia Talent Cup mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian Afridza, dilansir Jambiseru.com media partner Kerincitime.co.id.

Berikut Catatan Prestasi Afridza:

2017: Juara Nasional MP3 dan MP4
2016: Medali perak PON Jabar
2015: Juara II Kejurnas MP Seri V kelas MP3
2014: Juara Umum II Kejurnas MP Kelas MP5 dan Juara Umum II Kejurnas MP Kelas MP6
2013: Juara Umum Jabar MP5 dan Juara Umum MP6

(Irw)

Tags

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>
Close
Close