HOT NEWSKerinciPendidikanSungai Penuh

Jelang Alih Status ,STAIN Kerinci Berbenah Diri

kampus stain kerinci
kampus stain kerinci

Kerincitime.co.id, Sungai Penuh –  Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Sungai Penuh- Kerinci DR.Y.Sonafist,M.Ag  memastikan  jelang akhir tahun 2014 STAIN  akan di alih statuskan menjadi IAIN KH .AR Dayah  Kota Sungai Penuh-Kabupaten Kerinci dan  awal april 2014 selama 2 hari  tim alih status  melakukan konsinyering  dengan pihak Biro Ortala Kementerian Agama Republik Indonesia di  Hotel Ibis Jakarta.

Hal ini disampaikan  Ketua STAIN Kerinci Dr.Y.Sonafist, M.Ag dan  Kepala Bagian Administrasi STAIN Kerinci Ahmad Yani, SE, M.Si. dalam wawancaranya dengan wartawan kerincitime.co.id.

Menurut DR.Y. Sonafist  dan Ahmad Yani, M.Si hingga tahun ini STAIN Kerinci telah  memiliki 3 Jurusan yakni jurusan Syari’ah yang membawahi Prodi Ahwal Syaksyiah, Hukum Ekonomi Islam, ( Muamalah), Perbankkan Islam, Ekonomi Syariah, Ilmu Al Qur’an dan Tafsir.

Baca juga:  Kasus Dugaan Potongan Dana Tagana Kerinci Ternyata Sejak 2017

Pada jurusan Tarbiyah terdapat Prodi Pendidikan Agama Islam, Management pendidikan Islam, Tadris Bilogi, Matematika, Bahasa Inggeris, Bahasa Arab, dan  mulai tahun  ajaran 2013 STAIN menambah/membuka jurusan dakwah dengan program studi Managemen dakwah, dan Bimbingan Konseling Islam.

STAIN Kerinci saat ini memiliki 98 orang dosen dengan tingkat pendidikan Strata 2, Strata 3, beberapa diantaranya Guru Besar (Profesor) dan jumlah Mahasiswa lebih 5000 orang mahasiswa dengan  berbagai jurusan.

Para Mahasiswa melakukan kegiatan studi  dengan  3 lokasi  campus yakni Campus di Koto Lolo, Sungai Liuk  dan Mahad Tanjung Pauh. Khusus untuk Rektorat berpusat di Campus STAIN Sungai Liuk Kota Sungai Penuh.

Baca juga:  6 Tahun Menjabat Bupati Kerinci, Kinerja Adirozal Dipertanyakan

Menjawab tuntutan dan dinamika perkembangan zaman, STAIN Kerinci saat ini tengah berupaya untuk meningkatkan status dari Sekolah Tinggi menjadi Institut. Proses  dan Proposal alih status sudah diajukan ke Kementerian Agama RI, dan masih menunggu visitasi dari Kementerian Agama RI. Diharapkan pada tahun ajaran  2014 / 2015 STAIN Kerinci dapat berubah status menjadi IAIN dan mengabadikan nama  dekan pertama almarhum KH.AR.Dayah

Dengan berubahnya statusnya STAIN menjadi IAIN membuka peluang  bagi IAIN  KH.A.R.Dayah Kerinci  untuk mendirikan Fakultas Fakultas dan menambah jurusan jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan Mahasiswa. Insya Allah sesuai dengan kemampuan dan kapasitas selaku Kepala Daerah Pemerintah Kota Sungai Penuh Kota Sungai Penuh dan Pemerintah Kabupaten Kerinci akan membantu IAIN dalam berbagai bentuk  sesuai dengan kebutuhan. (budi/adv/red)

Baca juga:  Warga Gerah Dengan PDAM Tirta Merangin

 

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close