Nasional

Jokowi Sebut RS Darurat Corona di Pulau Galang Bisa Beroperasi Senin 6 April

Kerincitime.co.id, Berita Kepulauan Riau – Joko Widodo meninjau kesiapan Rumah Sakit Darurat Penanganan Corona di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Rumah sakit ini rencananya bisa menampung pasien-pasien terkait kasus virus corona.

Jokowi mengakui ada keterlambatan dalam merampungkan pembangunan rumah sakit ini. Karena semestinya, RS darurat ini ditargetkan rampung 28 Maret kemarin.

“Ada keterlambatan kemarin 3-4 hari karena ada transportasi untuk bahan material yang terkendala karena cuaca,” kata Jokowi usai meninjau kesiapan RS Darurat di Pulau Galang, Kepulauan Riau, Rabu (1/4).

Meski terlambat dari target awal, Jokowi memastikan RS darurat corona ini bisa mulai digunakan pada Senin (6/4) mendatang.

Baca juga:  Muhammad Nuh Pemenang Lelang Motor Listrik Bertandatangan Jokowi Diamankan Polisi

“Maksimal Senin sudah bisa dioperasikan,” ucap Jokowi.

Ia menjelaskan, RS darurat corona ini memiliki kapasitas 360 tempat tidur dan juga ruang isolasi. Namun, Jokowi berharap fasilitas ini tidak harus digunakan. Ia tak ingin korban corona makin banyak, dikutip dari laman Kumparan.com.

“Kita harapkan ini enggak dipakai, tapi kita siapkan, kita siap. Sejak awal saya sampaikan ini dibangun untuk siapkan itu,” tutupnya.

Rumah sakit khusus penyakit menular yang memanfaatkan bangunan eks camp Vietnam di Pulau Galang itu mulai dikerjakan sejak 8 Maret 2020. Saat itu, Presiden Jokowi menargetkan pembangunannya bisa rampung pada 28 Maret 2020 atau hanya dalam waktu 20 hari.

Baca juga:  M Nuh Tak Menyangka Bayar Rp 2,5 M, Dia Pikir Menang Undian Motor Jokowi

Namun, akibat cuaca buruk, pengiriman material lewat laut terhambat. Sehingga, Kementerian PUPR yang bertanggung jawab menyelesaikan proyek ini menargetkan tempat ini siap digunakan Minggu (5/4).

“Karena pengiriman terkendala, ditambah masa pengerjaan akhir, serta jadwal instalasi alat kesehatan dan mobilisasi petugas medis, diperkirakan fasilitas penampungan, observasi, isolasi Pulau Galang dapat difungsikan mulai 5 April 2020,” jelas Kepala Biro Komunikasi Publik PUPR, Endra S. Atmawidjaja, Senin (30/3) kemaren. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close