PendidikanSungai Penuh

Kasus COVID-19 Semakin Bertambah, Mahasiswa UNDIP Beri Edukasi Protokol Kesehatan

Dan New Normal KIT Untuk Warga Dusun Baru

Kerincitime.co.id, Berita Sungai Penuh – Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin meningkat,  Universitas Diponegoro akhirnya mengubah metode KKN untuk mahasiswanya dengan menerapkan KKN di kampung halaman masing masing. KKN tahun ini bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat diengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

Kota Sungai Penuh memiliki 8 kasus posistif, 321 Orang Tanpa Gejala (OTG), 1 korban meninggal dan 10 kasus yang dinyatakan sembuh. Kecamatan Sungai Bungkal sendiri memiliki 1 kasus positif dan 37 OTG. Berdasarkan data diatas maka warga Lingkungan 3, Kelurahan Dusun Baru termasuk daerah yang rawan terhadap penularan Covid-19 karena adanya kasus positif dalam satu kecamatan.

Sayangnya keberadaan kasus positif di Kecamatan Sungai Bungkal tidak membuat warga di Lingkungan 3 untuk menerapkan protokol kesehatan secara optimal. Dibuktikan dari masih ditemukannya warga yang tidak memakai masker atau membuka masker di tempat umum, dan tidak menerapkan physical distancing.

Melihat penerapan protokol kesehatan yang masih belum optimal, kami mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan edukasi Protokol Kesehatan Optimal dan New Normal Kit.

Selama program, mahasiswa melakukan sosialisasi atau edukasi dari rumah ke rumah di RT VII, IX, dan X yaitu RT yang termasuk dalam wilayah Lingkungan 3 dan tempat ramai di Lingkungan 3 yaitu warung. Edukasi berisi bahaya Covid-19, penerapan protokol kesehatan yang optimal, pengenalan istilah new normal, dan kebiasaan yang perlu diterapkan selama new normal berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Baca juga:  Pj. Sekda Alpian Kukuhkan Pengurus PPDI Kota Sungai Penuh

Sebelum dan setelah pemberian edukasi, warga akan diberi beberapa pertanyaan umum terkait Covid-19 dan nantinya akan terlihat apakah edukasi dari mahasiswa dapat menambah dan memperbaiki pengetahuan warga terhadap Covid-19.

Selain edukasi di tempat ramai, mahasiswa juga nempelkan poster yang berisi materi edukasi di warung tempat warga biasa berkumpul. Setiap warga yang ikut sosialisasi akan diberikan New Normal Kit yang berisi masker kain, handsanitizer yang kami buat, dan poster serta leaflet yang berisi informasi lebih lanjut dalam menghadapi era new normal ditengah pandemi Covid-19. Mahasiswa juga membagikan masker dari Kelurahan Dusun Baru kepada warga Lingkungan 3 yang tidak menggunakan masker di tempat umum

Baca juga:  Fikar-Yos Konsepkan Pengembangan Pariwisata Olahraga

Diharapkan dengan adanya program edukasi ini, warga Lingkungan 3 dapat lebih paham dan mampu menerapkan kebiasaan baik di tengah pandemi Covid-19 yang semakin berbahaya tanpa adanya paksaan ataupun pantauan dari pihak lain, seperti menerapkan physical distancing dan tetap memakai masker dengan baik dan benar di tempat umum. (red)

Tags

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>
Close
Close