NasionalPolitik

Kata Unicorn Muncul di Debat Capres! Ini Penjelasannya

Debat Capres Kedua
Debat Capres Kedua

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Presiden Joko Widodo (jokowi) yang merupakan Calon Presiden Nomor Urut 01 melontarkan pertanyaan kepada Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto tentang unicorn.

“Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk dukung pengembangan unicorn-unicorn di Indonesia?” tanya Jokowi kepada Prabowo dalam debat kedua yang diselenggarakan KPU di Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019) dilansir cnbcindonesia.com.

Prabowo sempat bertanya balik justru. “Yang bapak masuk unicorn? unicorn? yang apa itu online-online itu?” tanya Prabowo.
Walaupun Prabowo sempat bingung namun Prabowo meyindir Jokowi karena unicorn tersebut mempercepat uang lari ke luar negeri.

Investor DIbalik Unicorn Indonesia
Investor DIbalik Unicorn Indonesia

Sebetulnya apa arti unicorn itu?

Beberapa literatur sampai lembaga riset internasional menuliskan unicorn adalah sebuah perusahaan startup yang memiliki valuasi nilai hingga US$ 1 miliar.

Baca juga:  PB HKK Nasional Gelar Rakernas Ke 2 dan Seminar Nasional Februari

Valuasi startup sendiri adalah nilai ekonomi dari bisnis yang dilakukan sebuah startup.

CB Insight menuliskan riset pada Januari 2019, saat ini sudah ada 300 unicorn di seluruh dunia. Kemudian, yang lebih tinggi kastanya adalah decacorn di mana bervaluasi US$ 10 miliar. Adapun hectocorn bernilai US$ 100 miliar.

  • Unicorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 1 miliar
  • Decacorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 10 miliar
  • Hectocorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 100 miliar

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pernah menyampaikan, di tahun 2019 ini pemerintah menargetkan akan ada lima startup unicorn di Indonesia.

Indonesia saat ini, berdasarkan beberapa riset yang disebut Presiden Jokowi, memiliki empat unicorn. 4 unicorn tersebut adalah Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

Baca juga:  Kakak Pembina Pramuka Paksa Ciuman Bibir Siswinya di Ruang Guru

Indonesia pun berpotensi memiliki dua decacorn tahun ini. “Potensi (decacorn) dua tetapi setidaknya satu. Saya gak mau sebut namanya,” ujar Rudiantara di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close