Pendidikan

KKN SISDAMAS IAIN Kerinci 2024

Lepas Mahasiswa KKN SISDAMAS 2024, Rektor IAIN Kerinci Sebut ini Kontribusi Pendidikan dalam Pembangunan Masyarakat

Kerincitime.co.id, Kerinci – Sebagai perwujudan nyata komitmen pendidikan dalam pembangunan masyarakat, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Prof. Dr. H. Asa’ari, M.Ag, hari ini secara resmi melepas mahasiswa yang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN SISDAMAS) 2024 di berbagai wilayah Kabupaten Kerinci. Senin (10/05).

KKN SISDAMAS IAIN Kerinci 2024 akan dilaksanakan di lima kecamatan di Kabupaten Kerinci dengan jumlah peserta mencapai 557 mahasiswa. Mereka akan terbagi dalam 44 desa di lima kecamatan, termasuk Tanah Cogok, Danau Kerinci, Air Hangat Timur, Air Hangat, dan Depati VII. Pelepasan mahasiswa KKN juga dilakukan serentak di kantor-kantor kecamatan terkait, dengan perwakilan dari jajaran pimpinan IAIN Kerinci.

Baca juga:  10 Siswa PAUD Muslimat 1 Desa Pendung Hiang Diwisuda

Dalam sambutannya, Prof. Asa’ari menegaskan pentingnya peran perguruan tinggi dalam mendukung pembangunan masyarakat, khususnya di daerah pedesaan. Beliau menekankan kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan masyarakat sebagai kunci keberhasilan program-program yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Kami berharap melalui KKN ini, mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memecahkan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, serta mengembangkan potensi-potensi yang ada di wilayah lokasi KKN hingga bisa mengingkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan,” ungkapnya.

Kepala Kecamatan Tanah Cogok, Fauzi, menyambut baik kedatangan para mahasiswa KKN, dengan harapan bahwa kerjasama antara mereka dan masyarakat lokal akan memberikan dampak yang signifikan dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan daerah.

Baca juga:  Memaknai Hari Raya Kurban

Acara pelepasan KKN ini juga dihadiri oleh para pejabat dan staf akademik dari IAIN Kerinci, termasuk dekan FTIK dan sekretaris lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mereka akan memberikan dukungan serta bimbingan kepada mahasiswa selama menjalankan kegiatan lapangan.

Pelepasan mahasiswa KKN ini bukan hanya sekadar tugas akademis, tetapi juga merupakan momentum bagi mereka untuk menerapkan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan KKN ini akan memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan masyarakat di Kabupaten Kerinci serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah tersebut. (red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button